Sponsors Link

12 Cara Menghadapi Pacar yang Egois dan Keras Kepala

Sponsors Link

Berpacaran adalah salah satu cara untuk saling mengenal dengan lawan jenis, dan menjadi salah satu cara juga untuk mencari cinta sejati kita. Tentu saja orang yang sedang menjalin hubungan pacaran ingin bahagia, dan tidak ingin terus menerus mengalami masalah. Bila kedua pihak berkomitmen pada hubungan dan saling menjaga perasaan satu sama lain, pasti hubungan itu bisa berlangsung langgeng.

ads

Idealnya, tips pacaran yang sehat yaitu terdapat rasa saling peduli antara kedua pihak. Tetapi bagaimana jika dalam suatu hubungan ada satu pihak yang selalu ingin merasa menang sendiri dan tidak mau tahu kejengkelan pasangannya? Orang yang bersikap seperti itu adalah orang yang egois, yaitu orang yang hanya peduli kepada dirinya sendiri.

Bagaimana jika pacar egois?

Jika kebetulan kita menjalin hubungan dengan orang yang senang bersikap egois, maka bisa jadi kita sudah sangat lelah dan jengkel dengan perlakuannya itu. Cara menghadapi orang egois memang harus dengan beberapa trik tertentu supaya kita tidak terus menerus makan hati. Jika bisa, kita usahakan agar dia juga tahu cara menghilangkan sifat egois pada dirinya dan menjadi orang yang lebih baik. Cobalah lakukan langkah – langkah cara menghadapi pacar yang egois :

1. Hadapi dengan sabar

Terdengar klise, tetapi bersikap sabar memang ampuh untuk menghadapi situasi apapun. Termasuk dalam menghadapi pacar yang egois. Usahakan ada cara meredam emosi agar tidak terpancing menghadapi keegoisan pacar. Ketika dia sedang bersikap egois, kita bisa menahan diri, karena sikap egois tidak bisa dihadapi dengan emosi tinggi pula. Sabar akan menjadi cara bersikap tenang saat ada masalah.

2. Usahakan bicara baik – baik

Berbicara dengan baik merupakan cara menghindari masalah dengan pacar. Katakan padanya bahwa kita tidak merasa nyaman dengan sikapnya yang egois dan hal itu akan menjadi masalah dalam hubungan dengannya jika dia tidak berusaha mengembangkan sedikit sikap tenggang rasa kepada kita dan orang lain. Jangan katakan semuanya sekaligus, tetapi cobalah sampaikan perlahan – lahan agar mengena di hati pacar kita.

3. Beri peringatan jika dia sedang egois

Terkadang seseorang yang kita sebut egois itu justru tidak mengerti kalau dirinya sedang bersikap menyebalkan. Jika perlu, kita bisa mengingatkannya ketika sikap egoisnya sedang muncul. Tunjukkan kepada pacar sikapnya yang mana yang termasuk ke dalam perbuatan yang egois. Ajari dia pelan – pelan bagaimana cara menjadi pacar yang baik.

4. Turuti dulu kemauannya

Mungkin kemauannya akan terdengar atau tampak tidak masuk akal, tetapi selama itu tidak menjurus ke hal yang buruk, maka cobalah menurutinya. Dengan begitu kita bisa mengetahui apa sebenarnya tujuan pacar bersikap egois. Bisa jadi dia memang mempunyai tujuan tertentu yang tidak kita ketahui. Mungkin saja, ada hal yang baik dibalik sikapnya yang memaksa tersebut.

5. Pujilah dia sesekali jika bersikap baik

Mengapa sikap egois patut dipuji? Bukan keegoisannya yang kita puji, melainkan jika dia berhasil menampilkan sisi lain dari dirinya yang positif. Dengan memujinya setiap kali dia berbuat baik, siapa tahu hal itu akan bisa menjadi cara membahagiakan pacar dan cara membuat pacar nyaman dengan kita, dan perlahan – lahan sikap egoisnya bisa berkurang karena dia sudah mulai merasa dekat dan diperhatikan oleh kita.

6. Mengalah jika bisa

Tahu kapan harus mengalah adalah cara mempertahankan hubungan yang sudah lama dengan pacar. Ketika dia sedang mulai bersikap egois, cobalah untuk mengalah kepadanya. Mengalah bukan berarti kita mengaku kalah di depannya, akan tetapi kita mengalah agar masalahnya tidak menjadi semakin berlarut – larut. Bisa jadi dengan mengalah kita justru mendapatkan ketenangan pikiran daripada jika terus menerus ribut dengan pacar.

7. Coba lebih memahami penyebab keegoisannya

Untuk menghadapi orang yang egois terkadang kita tidak bisa langsung menilai bahwa sikapnya itu buruk. Mungkin saja ada alasan yang membuat dia bersikap demikian. Cara pacaran yang baik dan benar adalah dengan menjadi pacar yang penuh empati dan pengertian. Karena itu kita bisa berusaha memahami alasan di balik sikap egoisnya terlebih dulu.

Sponsors Link

8. Coba buat dia merasa bersalah

Orang yang mempunyai sifat egois disebabkan karena ia tidak punya rasa empati kepada perasaan dan kebutuhan orang lain. Bila sikap egoisnya sudah merugikan dan membuat jengkel banyak orang, kita bisa mencoba taktik lain. Cobalah agar dia bisa merasa bersalah atas kelakuannya tersebut. Bagaimana caranya, kita bisa menyampaikan kepadanya apa yang dialami oleh orang – orang yang dirugikan dan dibuat jengkel olehnya. Katakan agar dia membayangkan bagaimana perasannya jika dia yang mengalami hal seperti itu.

9. Kurangi waktu bersamanya

Sikap egois memang akan menjadi penyebab hubungan renggang. Mungkin kita akan merasa lelah dan kesal terus menghadapi tingkah laku pacar yang egois. Jika begitu, coba untuk memberi jarak kepadanya sementara. Kurangi frekuensi bertemu atau mengirim kabar. Gunakan waktu ini untuk berpikir tentang kelanjutan hubungan kita. Apakah kita masih sanggup menghadapi sikap pacar yang egois ini lebih lama lagi.

10. Bersikap cuek

Sesekali kita bisa menunjukkan sikap cuek jika dia sudah mulai bersikap egois. Kita sudah mencoba mengalah, mengikuti apa maunya, bahkan memahami penyebab dibalik sifat egoisnya tersebut. Kini waktunya untuk mulai menunjukkan kepada pacar kalau sikap egoisnya itu sudah keterlaluan. Sikap cuek akan menjadi ciri – ciri cinta mulai pudar. Jika dia memang takut untuk kehilangan, mungkin saja dia akan berusaha berubah.

Sponsors Link

11. Coba beri dia ultimatum

Keegoisan sering menjadi penyebab wanita minta putus dari pacarnya. Kalau pacar tidak juga menunjukkan perubahan sikapnya menjadi lebih baik yaitu mengurangi kecenderungannya untuk bersikap egois, kita bisa memberinya batas waktu. Kapan dan berapa lama batas waktu tersebut, sepenuhnya terserah kepada kita untuk menentukannya.

12. Putus!

Bila semua cara tidak menunjukkan keberhasilan, maka kita harus menerima bahwa mungkin saja pacar tidak benar – benar peduli dengan perasaan kita, apalagi perasaan orang lain. Kalau dia tidak mau melakukan cara merubah kepribadiannya menjadi lebih baik, sudah waktunya kita bisa mencoba memikirkan cara putus dengan pacar secara baik – baik dan cara meninggalkan pacar tanpa menyakiti perasaannya.

Sifat egois adalah salah satu sifat buruk yang sukar dikalahkan oleh seseorang. Karena itu, mencoba dekat dengan seseorang yang egois memang akan membuat kita lelah secara mental dan batin. Jika kita sedang mengalami hal seperti ini, jangan biarkan keegoisan orang yang kita sayangi membuat kita terpuruk. Keberanian untuk mengambil langkah besar dengan mencari cara membahagiakan diri sendiri harus ditumbuhkan agar kita selalu berada dalam arus kehidupan yang positif.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 19th, September 2016 / 13:25 Oleh :
Kategori : Pacaran