10 Cara Menghilangkan Rasa Curiga Terhadap Pasangan

Sponsors Link

Didalam menjalin hubungan terkadang sering terbesit rasa curiga kepada pasangan. Rasa curiga ini jika didiamkan akan menjadi sebuah penyakit yang kronis. Curiga yang boleh membuat hubungan dalam berpasangan menjadi renggang. Rasa curiga ini pun menghalangi cara membuat pacar bahagia dan nyaman selama menjalin hubungan dengan anda.

Banyak orang beranggapan bahwa untuk menghilangkan rasa curiga kita harus menunjukkan rasa saling mengerti antar satu sama lain. Namun hal itu tidaklah cukup karena bisa menimbulkan sifat posesif yang berlebihan. Hal itu tidak bisa selalu dilakukan karena dalam berhubungan akan ada cobaan yang menghadang yang diantaranya akan berujung kepada pertengkaran. Sudah pasti banyak penyebab suami istri sering bertengkar dalam rumah tangga. Dari sini kita dapat mengetahui sampai dimana batas kesabaran kita dan batasan rasa saling mengerti yang anda punya.

Menghilangkan rasa curiga membuat pacar bahagia dan nyaman dan mengurangi penyebab hubungan yang renggang dengan pacar. Dalam berpacaran sering juga terjadi momen-momen yang membuat anda saling berbeda pendapat. Segala masalah dengan si dia akan sangat baik jika diselesaikan dengan kepala dingin. Hal itu bisa menimbulkan sifat rasa saling mempercayai.

Rasa curiga terhadap pasangan memang sering kali terjadi ada beberapa tips untuk cara menghilangkan rasa curiga terhadap pasangan. Anda bisa memulainya dengan diri anda sendiri.

  1. Saling memahami karakter

Anda dan pasangan anda ditakdirkan bersama bukan karena anda memiliki persamaan, tetapi anda memiliki karakter yang saling melengkapi. Karakter saling melengkapi inilah yang membuat hubungan anda saling berkelanjutan. Anda harus tahu cara bersikap sabar dalam segala hal.
Karena seingkali perbedaan karakter ini yang membuat satu sama lain memiliki tingkat kesabaran yang berbeda. Ketidaksabaran ini mengarahkan kepada sikap curiga karena pasangan anda dapat memiliki pemikiran negatif jika apa yang diharapkannya tidak sesuai dengan apa yang terjadi. Hal ini juga memicu kepada sifat bosan sehingga tidak tertutup kemungkinan rasa curiga akan bertambah besar. Menjaga keharmonisan rumah tangga adalah tugas bersama.

  1. Saling terbuka

Cara yang paling ampuh dalam menghilangkan rasa curiga adalah memiliki sikap saling terbuka. Segala hal permasalahan dan keberuntungan yang anda dapatkan baik dalam hal kerja seperti kenaikkan gaji atau bonus, harus anda ceritakan kepada pasangan anda. Jangan sampai pasangan anda menganggap ada yang anda sembunyikan. Saling terbuka terhadap apapun juga adalah cara menghilangkan kejenuhan dalam hidup karena anda memiliki tempat untuk mencurahkan hati. Sifat keterbukaan juga bisa membantu anda mendapatkan kepercayaan dalam berhubungan serta pasangan anda akan siap membantu karena telah diberikan kepercayaan oleh anda. Sifat dasar manusia pada umumnya ingin dipercaya karena ini menstimulus keinginan untuk saling membantu yang memang pada awalnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial dan dapat merubah kepribadian menjadi lebih baik.

  1. Lebih banyak memberi

Tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah. Peribahasa itu berguna juga dalam berhubungan dan membangun kepercayaan. Dalam hal ini bukanlah dalam persoalan materi tapi pengorbanan yang seharusnya kita berikan kepada pasangan anda. Ini adalah salah satu cara memanjakan pasangan kita.
Memiliki sikap memberi dapat membangun empati pasangan. Empati ini muncul untuk mendapatkan kepercayaan pasangan. Jika anda dan pasangan anda sudah memiliki kepercayaan tidak akan ada yang bisa dicurigai dalam kehidupan anda. Untuk menghilangkan rasa curiga terhadap pasangan anda dan pasangan harus saling memberi dan menunjukkan waktu dan hidup anda hanya untuk pasangan anda.

  1. Jangan cepat berprasangka buruk

Salam paham dan prasangka buruk sering terjadi dalam berhubungan. Jika anda menemukan lipstik di kemeja pasangan anda, jangan langsung menuduh selingkuh. Mungkin saja pasangan anda sering digoda, namun dirinya tetap setia dengan anda. Penyebab perceraian di Indonesia jika memang pasangan anda berniat serong tentu saja semua jejak perselingkuhannya akan dihapus sebelum pulang ke rumah.

  1. Belajar bersikap bijak

Berpikiran terbuka dan menanggapi segala hal dengan bijak merupakan suatu keahlian yang tidak semua orang mengetahuinya. Dengan bersikap bijak segala pikiran negatif dapat dihilangkan dan setiap masalah bisa terselesaikan dengan baik. Tidak langsung menjatuhkan tuduhan atau terlalu cepat mengambil kesimpulan adalah ciri dari sikap bijak. Pribadi yang bijak biasanya menelaah terlebih dahulu semua kejadian yang dialaminya dengan kepala dingin, mengumpulkan semua bukti-bukti baru menjatuhkan tuduhan. Kita harus tahu betul cara mengatasi masalah keluarga.

Sifat curiga terkadang dikeluarkan tanpa adanya pertimbangan. Perasaan atau sifat curiga muncul karena emosi yang tidak terkendali sehingga sering dilampiaskan dengan amarah, yang sebenarnya justru merugikan diri sendiri dan hubungan dengan pasangan. Rasa curiga sering menutupi akal sehat sehingga menutupi kebenaran-kebenaran yang ada. Semua penjelasan pasangan sering diabaikan sehingga memuncukan pertengkaran yang hebat dan bisa berujung kepada hubungan yang kandas. Praktekkan cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan.

  1. Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Rasa minder terhadap diri sendiri juga bisa membangun rasa curiga terhadap pasangan. Sifat membandingkan dengan diri orang lain adalah suatu tindakan rendah diri. Kita harus tahu cara meningkatkan harga diri. Setiap ada seseorang yang mendekati pasangannya dan merasa orang tersebut mempunyai kelebihan baik dari postur tubuh atau dari segi penampilan, mereka akan segera mencurigai pasangannya jika sedang dekat, atau berada di samping pasangannya tersebut.

Sponsors Link

Sifat membandingkan ini terkadang menuju ke sifat obsesif yang berlebihan. Semua cara akan dilakukan untuk membuat dirinya melebihi atau minimal menyamai orang lain. Sehingga identitas dirinya hilang dan dia tidak menjadi dirinya sendiri. Orang yang memiliki sifat ini tidak tahu cara agar menjadi percaya diri.

  1. Menjadi pemaaf

Menghilangkan curiga yang efektif juga dapat dilakukan dengan memafkan pasangan anda. Sifat pemaaf adalah sifat yang suci karena dengan memaafkan terlebih dahulu bisa meredam semua prasangka buruk. Kita harus tahu cara menghilangkan sifat egois diri sendiri dengan tidak egois hati akan lebih mudah menerima. Semua permasalahan akan dapat dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Memiliki sifat pemaaf diantara satu sama lain bisa membuat hubungan dengan pasangan menjadi langgeng. Saling memaafkan dianjurkan oleh setiap agama samawi di dunia. Memiliki sifat pemaaf bahkan sebelum orang meminta maaf menunjukkan sikap mulia.

  1. Murah senyum

Senyum adalah jendela kebahagiaan, dengan tersenyum manusia akan melepaskan hormon kebahagian. Hidup dengan bahagia dapat membuat semua masalah bisa terselesaikan dengan cepat. Sebaliknya sedikit senyum membuat wajah terlihat kecut dan terkesan memendam emosi yang dalam. Murah senyum adalah sikap yang disukai oleh semua orang karena dengan tersenyum orang akan menyukai anda dan akan senang berada disekitar anda. Namun jangan jadikan diri andan ciri-ciri lelaki genit.

  1. Jangan membandingkan pasangan dengan orang lain

Sifat membandingkan tidak baik dalam hubungan. Jika anda melihat pasangan orang lain selingkuh anda jangan membandingkan pasangan anda seperti itu. Setiap orang memiliki sifat yang berbeda. Terkadang kita memilih pilihan yang salah, namun jangan menganggap pilihan masa kini dan masa lalu kita adalah orang sama.

Sponsors Link

Orang yang memiliki karakter yang sama belum tentu memiliki sifat yang sama walaupun dalam beberapa hal memiliki kemiripan. Kita harus bisa cara melupakan masa lalu yang menyakitkan.

  1. Belajar Ikhlas

Belajar ikhlas adalah ilmu yang dapat dipelajari sendiri namun sangat sulit untuk dipraktekkan, dengan ikhlas kita dapat menerima segala seuatu dengan lapang dada dan tidak terbawa emosi. Ciri cinta sejati adalah ikhlas. Ikhlas adalah tingkat tertinggi dari kesabaran. Karena orang yang sabar belum tentu ikhlas. Membawa sifat ikhlas didalam berhubungan membuat hubungan tanpa prasangka. Jangan menjadi orang munafik. Karena sangat bahaya menjadi orang yang munafik dan berpura-pura ikhlas.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 18th, September 2016 / 03:34 Oleh :
Kategori : Pacaran