15 Cara Menjadi Lebih Dewasa Dalam Berpacaran

Berpacaran mungkin menjadi salah satu tren tersendiri yang dilakukan oleh para kaula muda masa kini. Tujuannya pun bermacam-macam bergantung pada sikap dan pribadi pelakunya, mulai dari hanya main-main di masa muda hingga menjadikannya suatu proses perkenalan diri menuju tingkat yang lebih serius seperti pertunangan dan pernikahan. Bahkan sampai saat ini pacaran bukan hanya ada di area anak remaja dan dewasa saja, tetapi juga merambah ke dunia anak-anak setingkat sekolah dasar ataupun anak-anak yang baru mengalami masa pubertas setingkat sekolah menengah pertama, yang dikenal dengan istilah cinta monyet. Walaupun memang terkesan main-main, namun terkadang memiliki cerita tersendiri yang bisa menjadi bahan cerita dan pengalaman ketika dewasa nanti. Intinya, semua tergantung pada pelaku yang melakukan pacaran tersebut.

ads

Lantas bagaimana sebaiknya berpacaran di tingkat remaja bahkan dewasa?

Berpacaran pada tingkat ini biasa sudah timbul pikiran untuk membuat hubungan asmara (pacaran) menjadi tahan lama bahkan hingga sampai ke tingkat yang lebih serius. Oleh karena itu, sikap dewasa sangat diperlukan pada tahap ini sehingga membuat hubungan asmara yang dijalin tahan lama dan bukan hal yang main-main lagi. Sedemikian sehingga pasangan yang berpacaran akan sama-sama saling berpikir bagaimana agar pasangannya bisa merasa nyaman bersamanya, hubungan menjadi tahan lama bahkan berlanjut pada tingkat yang lebih serius. Lalu sikap dewasa yang bagaimana yang bisa diterapkan dalam berpacaran sehingga hubungan asmara yang dijalin menjadi tahan lama bahkan sampai pada tingkat yang lebih serius?

Berikut adalah cara menjadi lebih dewasa dalam berpacaran :

1. Berpikir positif

Berpikir positif ataupun lebih tren dengan sebutan positive thinking di kalangan kaula muda merupakan salah satu cara sikap dewasa yang harus diterapkan dalam berpacaran. Tak hanya kepada pasangan, tetapi juga kepada diri sendiri. Jika kita bisa menerapkan sikap ini dalam menjalin hubungan asmara (pacaran), maka bisa dipastikan hubungan kita dengan pasangan akan baik-baik saja. Kalaupun ada suatu masalah yang muncul, pasti akan teratasi karena memiliki pikiran positif bahwa setiap masalah pasti aka nada jalan keluar atau solusinya. Di samping itu, apabila kita bersikap demikian membuktikan bahwa kita sudah menjadi pribadi yang lebih dewasa dalam berpacaran.

2. Meredam sikap egois

Sikap egois yang hanya cenderung memikirkan diri sendiri merupakan salah satu sikap yang harus dihindari dalam menjalin hubungan asmara. Jangan sampai sikap egois mendominasi dalam diri sehingga hanya mementingkan kepentingan atau keinginan sendiri tanpa memikirkan pasangan. Sikap egois ini harus mampu kita redam. Karena sikap egois yang mementingkan kepentingan pribadi hanya akan membuat pasangan menjadi tidak nyaman bersama dengan kita dan bisa menjadi penyebab rasa cinta berkurang dalam sebuah hubungan.

Oleh karena itu, usahakanlah untuk mengedepankan kepentingan atau keinginan yang sama-sama menguntungkan antara kita dengan pasangan kita sehingga tidak akan ada pihak yang tersakiti. Apabila kita mampu melakukannya, maka kita sudah membuktikan sikap dewasa yang tidak hanya mementingkan diri sendiri namun juga kepentingan orang lain dalam berpacaran, yang tak lain adalah pasangan kita. Sedemikian sehingga kepentingan tersebut menjadi kepentingan bersama yang membuat kita dan pasangan semakin merasa nyaman dalam menjalin hubungan asmara.

3. Sekali-kali perlu mengalah

Sikap mengalah terkadang juga diperlukan dalam sebuah jalinan asmara bersama pasangan. Sikap ini juga menjadi salah satu indikasi tingkat kedewasaan dalam diri seseorang. Oleh karena itu, apabila kita mampu melakukannya saat diperlukan dalam sebuah jalinan asmara bersama pasangan akan menunjukkan bahwa kita sudah melakukan salah satu sikap kedewasaan dalam berpacaran.

Contohnya ketika muncul suatu permasalahan sehingga menimbulkan perdebatan pendapat dengan pasangan. Di situlah kita harus bisa mengalah sementara waktu agar tidak memperkeruh suasana dan menimbulkan emosi dan lebih memilih cara menenangkan hati dan pikiran. Setelah suasana tenang, barulah kita bisa membicarakan masalah tersebut baik-baik dengan kepala dingin.

4. Saling percaya satu sama lain

Sikap saling percaya satu sama lain merupakan contoh sikap kedewasaan dalam berpacaran yang bisa kita dan pasangan lakukan untuk menjaga hubungan tetap nyaman. Namun sebenarnya bukan hanya saling percaya saja yang harus dilakukan, tetapi juga sikap untuk menjaga kepercayaan tersebut di dalam diri sendiri dan juga pasangan kita. Sikap saling percaya dan menjaga kepercayaan inilah yang lambat laun akan menjadikan kepribadian lebih dewasa, tak hanya di dalam diri kita sendiri tetapi juga dalam diri pasangan kita. Sedemikian sehingga jalinan asmara kita akan tetap harmonis dan merupakan cara menjaga hubungan dengan pacar agar langgeng.

5. Menghormati pasangan

Setiap orang tentunya memiliki kewajiban untuk menghormati dan orang lain. Begitu pula dalam berpacaran atau menjalin hubungan asmara, kita harus mampu untuk menghormati pasangan. Itulah salah satu sikap yang bisa dilakukan untuk menjadikan kepribadian lebih dewasa dalam berpacaran. Di samping itu, apabila kita menghormati pasangan akan menghadirkan rasa nyaman pada pasangan dalam menjalin hubungan bersama kita. Ditambah lagi, pasangan kita pasti akan berbalik atau membalas untuk menghormati kita juga sebagai pasangannya.

6. Memiliki rasa tanggung jawab

Rasa tanggung jawab merupakan sebuah sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang, baik pria maupun wanita. Karena rasa tanggung jawablah yang akan menunjukkan kualitas dan kedewasaan seseorang yang ada di dalam diri mereka. Di samping itu, bila kita memiliki rasa tanggung jawab, kemungkinan untuk membuat pasangan kecewa sangatlah kecil dan menjadikan kita orang yang mampu diandalkan serta dipercaya. Sedemikian sehingga pasangan kita merasa bangga, yakin, dan beruntung bisa menjalin hubungan asmara bersama kita, orang yang memiliki rasa tanggung jawab di dalam dirinya.

7. Memupuk kesabaran


Tingkat kedewasaan seseorang juga bisa dilihat dari kesabarannya, entah dalam menghadapi masalah atau hal yang lainnya. Oleh karena itu, kita bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa dalam berpacaran apabila mampu memupuk kesabaran dalam diri.

Kesabaran yang dimaksud bisa jadi kesabaran dalam menghadapi masalah yang muncul dalam hubungan atau kesabaran terhadap sikap dan perilaku yang ada di dalam diri pasangan kita. Karena pasti ada sedikit sikap dan perilaku dari pasangan yang terkadang membuat kita tidak nyaman dan lebih baik kita memilih cara meredam emosiv agar masalah tidak semakin panjang. Maka dari itu, kita harus bisa bersabar dengan itu dan membicarakannya bila diperlukan untuk mencari solusi terbaik.

8. Mampu mengendalikan emosi

Orang dengan tingkat kedewasaan yang tinggi pasti akan mampu mengendalikan emosi atau amarahnya. Dalam menjalin hubungan asmara pun demikian, kita harus perlu mengendalikan emosi yang ada di dalam diri kita terutama ketika menghadapi masalah yang muncul. Karena suatu masalah yang muncul sering kali mampu untuk membangkitkan emosi yang terpendam dalam diri.

Oleh karena itu, apabila dalam hubungan asmara yang kita jalin timbul suatu permasalahan sehingga memancing emosi, maka kita harus mampu mengendalikannya. Dengan demikian, masalah yang muncul mampu diselesaikan dengan kepala dingin tanpa perlu mengadu emosi. Pengendalian emosi itulah yang lambat laun akan makin meningkatkan kedewasaan dalam diri kita sehingga menjadi pribadi yang lebih baik termasuk dalam berpacaran.

9. Memiliki pengertian dan perhatian pada pasangan

Rasa pengertian dan perhatian merupakan sikap yang wajib dimiliki dan ditunjukkan pada pasangan dalam menjalin hubungan asmara. Di samping itu, rasa pengertian dan perhatian juga merupakan bentuk kasih sayang yang kita berikan kepada pasangan.

Bukankah dalam berpacaran kita memang harus saling menyayangi? Terlebih lagi apabila pasangan kita sedang mendapat sebuah masalah, maka sudah seyogyanya kita sebagai pasangannya ialah membantunya. Dengan membantu berarti kita menunjukkan rasa peduli kepada pasangan, yang berarti peduli kepada orang lain. Itulah salah satu sikap yang bisa menunjukkan tingkat kedewasaan seseorang.

10. Memiliki toleransi

Toleransi juga merupakan sikap kedewasaan yang harus dimiliki setiap orang dalam berpacaran, tak terkecuali pria maupun wanita. Sebagaimana kita ketahui bahwa pria dan wanita adalah insan dengan pribadi yang sangatlah berbeda, baik dalam hal kebiasaan, kebutuhan, dan hal-hal lain. Sehingga sudah bisa dipastikan bahwa akan ada kekurangan dan kelebihan yang dimiliki dalam diri masing-masing.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya dalam berpacaran untuk memaklumi atau mentoleransi setiap kekurangan dan menghargai setiap kelebihan yang dimiliki oleh pasangan. Dengan begitu hubungan asmara yang dijalin akan tetap harmonis tanpa menghebohkan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh pribadi masing-masing.

11. Menjaga komunikasi dengan baik

Menjaga komunikasi merupakan salah satu kunci utama untuk menjaga hubungan asmara agar tetap langgeng bersama pasangan. Orang dengan tingkat kedewasaan yang tinggi pasti akan mampu menyadari hal itu. Sedemikian sehingga dia akan tetap menjalin komunikasi dengan pasangannya untuk lebih mempererat hubungan dan saling mengenal satu sama lain.

Oleh karena itu, menjaga komunikasi dengan baik juga merupakan cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan diri kita lebih dewasa dalam menjalin hubungan asmara atau berpacaran apalagi ketika anda sedang menjalani hubungan LDR dengan pasangan anda.

12. Menyenangkan pasangan

Berpacaran bukan hanya untuk menyenangkan diri sendiri, tetapi menyenangkan pasangan juga merupakan hal yang harus dilakukan entah dengan sesuatu yang berwujud fisik ataupun yang tidak berwujud fisik. Menyenangkan pasangan juga menandakan bahwa kita bukanlah orang yang egois, dengan kata lain kita juga memiliki tingkat kedewasaan yang tinggi.

Sedemikian sehingga menyenangkan pasangan juga merupakan cara untuk menjadikan diri lebih dewasa dalam berpacaran. Contoh menyenangkan pasangan dengan berwujud fisik misalnya memberikan kado saat hari ulang tahunnya, sedangkan yang tak berwujud fisik misalnya bercanda, melucu atau melawak di hadapan pasangan sehingga membuatnya tersenyum bahkan tertawa.

13. Berkata jujur

Berkata jujur juga merupakan sesuatu yang harus diterapkan dalam menjalin hubungan asrama terlebih jujur pada pasangan. Dengan berkata jujur menunjukkan bahwa diri kita sudah mampu untuk membedakan antara baik dan buruk serta menerapkannya. Itu menandakan bahwa diri kita sudah dewasa karena mampu berbuat jujur.

Di samping itu, orang dengan kedewasaan yang baik juga pasti jujur karena dia tahu bahwa kejujuran adalah nilai moral yang harus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan dan terutama bagi pria yang harus memiliki ciri ciri pria yang jujur agart tidak menyebabkan kecurigaan antar pasangan. Sedemikian sehingga berkata jujur juga merupakan hal yang harus kita jaga dan terapkan untuk menjadi lebih dewasa dalam berpacaran.


14. Mampu menepati janji

Menepati janji merupakan pencerminan dari penjagaan kepercayaan dan komitmen. Oleh karena itu, menepati janji juga adalah hal yang harus dijaga dan diterapkan dalam menjalin hubungan asmara. Itu berarti menepati janji juga merupakan hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi lebih dewasa dalam berpacaran. Dengan menepati janji berarti kita mampu menjaga komitmen dan membuktikan keseriusan dengan pasangan sehingga hubungan asmara yang dijalin akan terjaga keharmonisannya.

15. Memberi dan menerima nasehat yang baik

Nasehat terkadang merupakan sesuatu yang diperlukan dalam berpacaran, baik oleh kita maupun pasangan. Hal ini dikarenakan nasehat akan mampu membuat orang yang dinasehati dan orang yang memberikan nasehat menjadi pribadi yang lebih baik, selama nasehat yang diberikan adalah nasehat yang baik.

Oleh karena itu, apabila kita ingin menjadi lebih dewasa dalam berpacaran, maka kita harus berusaha dan mampu memberikan nasehat dengan baik kepada pasangan bila diperlukan. Dan kita harus bisa menerima nasehat dari pasangan bila diperlukan juga. Karena untuk memperoleh tingkat kedewasaan yang baik, selain memberi, kita juga harus bisa untuk menerima termasuk dalam hal nasehat.

Demikian beberapa sikap yang bisa kita usahakan dan terapkan agar menjadi pribadi yang lebih dewasa dalam menjalin hubungan asmara atau berpacaran dengan pasangan. Semakin tinggi kedewasaan yang kita miliki, maka bisa dipastikan hubungan asmara yang dijalin bersama pasangan akan semakin harmonis. Semakin dewasa seseorang, semakin baik sikap dan pemikirannya. Sedemikian sehingga dia akan mampu melakukan dan menjaga sesuatu serta mencari dan menyelesaikan masalah dengan baik termasuk dalam hal menjalin hubungan asmara bersama pasangan. Keep your relationship well!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 18th, December 2015 / 10:19 Oleh :
Kategori : Pacaran