Sponsors Link

8 Ciri Orang Sedang Cemburu

Sponsors Link

Cemburu merupakan fenomena tersendiri yang hadir dalam dinamika percintaan. Cemburu menjadi nuansa dan bumbu tersendiri antara pasangan dalam menjalani hubungan cintanya, entah pasangan yang telah menikah atau pasangan yang masih berstatus pacaran ala anak-anak muda jaman sekarang. Cemburu dalam tingkat yang wajar biasanya dapat mempererat hubungan karena merupakan salah satu indikasi bahwa dia sangat sayang dan cintai kepada pasangannya. Namun cemburu yang berlebihan atau biasa disebut istilah cemburu buta, tak sedikit yang menjadi pemicu rusaknya hubungan percintaan dan penyebab putus cinta bahkan berujung perpisahan atau putus.

Cemburu bisa dialami oleh siapapun, baik wanita maupun pria. Ciri-cirinya pun secara keseluruhan hampir sama meskipun ada beberapa ciri-ciri yang cenderung menjadi dominasi tersendiri, entah itu oleh kaum wanita maupun kaum pria. Hal ini wajar-wajar saja mengingat karakter perasaan dan logika yang dimiliki oleh wanita dan pria memiliki perbedaan proporsi.

Wanita lebih bermain dengan perasaannya, sedangkan pria lebih mengandalkan logika berpikirnya sehingga rasa cemburu yang muncul memiliki tingkat proporsi yang berbeda antara keduanya pada satu ciri-ciri sikap cemburu tersebut. Oleh karena itu, adapun beberapa ciri-ciri orang sedang cemburu yang mungkin bisa diamati pada pasangan kita ataupun rasa cemburu tersebut muncul dalam diri kita terhadap pasangan.

Berikut beberapa ciri orang sedang cemburu yang bisa muncul dalam diri wanita maupun pria dalam hubungan cinta yang mereka jalani, diantaranya:

1. Diam

Ciri yang satu ini bisa muncul dalam diri siapapun, baik pria maupun wanita. Pria maupun wanita yang mengalami rasa cemburu pada pasangannya biasanya akan menjadi pendiam secara tiba-tiba. Istilah diam adalah emas sepertinya cocok disematkan pada ciri ini. Orang yang cemburu dengan ciri diam cenderung memendam rasa cemburu tersebut hingga benar-benar tak tertahankan lagi.

Namun di sinilah bahayanya, baik pria maupun wanita yang rasa cemburunya sudah tidak tertahan dengan diam, mereka bisa saja meluapkan emosinya secara tiba-tiba kepada pasangannya. Ibarat gunung meletus yang sudah bertahun-tahun melakukan prosesnya di dalam perut bumi, lalu tiba-tiba melakukan erupsi atau meletus secara tiba-tiba.

2. Muka cemberut

Muka cemberut merupan salah satu ciri yang bisa terlihat apabila seseorang mengalami rasa cemburu. Ciri yang satu ini biasanya berpasangan dengan ciri pada poin 1 di atas. Pria maupun wanita yang cemburu saat terdiam disertai dengan muka yang ditekuk atau cemberut meskipun ada juga yang ekspresi mukanya datar-datar saja.

Apabila hal ini sudah terjadi, cemberut sambil diam, pasangan yang bersamanya spontan akan bertanya baik di dalam hati atau diutarakan langsung. Pasangan yang cemberut karena cemburu tersebut terkadang tak akan menanggapinya, walaupun ditanggapi biasanya akan merespon sekenanya dan enggan untuk mengakuinya, seperti “Nggak, nggak ada apa kok”, jawabnya dengan dingin.

3. Marah

Ciri yang satu ini merupakan ciri yang cenderung dimiliki oleh pihak pria yang cemburu daripada wanita. Hal ini merupakan hal yang wajar mengingat kebanyakan pria lebih suka mengandalkan ototnya hingga mudah terpancing emosinya.

Pria yang sudah tak kuat menahan rasa cemburunya biasanya akan tiba-tiba marah pada pasangan wanitanya, apalagi bila tahu wanita terlalu dekat dengan salah satu pria selain dia meskipun hanya sebatas teman dan sebagai wanita sebaiknya anda memiliki cara meredam emosi pasangan anda. Berbeda dengan wanita yang kadang menyembunyikan marah tersebut dalam luapan tangisnya meskipun ada juga wanita yang bisa marah-marah pada pasangan prianya.

4. Menangis

Menangis selalu identik dengan wanita meskipun pria sebenarnya juga bisa melakukannya. Menangis merupakan salah satu media yang sering dilakukan oleh wanita untuk meluapkan perasaan mereka, baik kecewa, marah maupun cemburu. Tak jarang wanita yang cemburu akan menangis sebagai ungkapan rasa kecewa ataupun marah kepada pasangan prianya. Entah tangis tersebut diluapkan di depan pasangannya ataupun tanpa sepengetahuan pasangannya, seperti di dalam kamarnya.

Lantas bagaimana dengan pria, akankah dia menangis saat cemburu? Bisa saja, karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini termasuk dalam dunia percintaan. Meskipun kemungkinannya hanya 1% dari 100% tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga pria yang menangis saat cemburu. Bedanya, kalau pria pasti akan menangis tanpa sepengetahuan pasangan wanitanya. Mental lelaki dan rasa gengsinyalah yang cenderung menahannya untuk tidak menangis atau menangis secara tersembunyi.

5. Kepo

Kepo atau suka tanya-tanya juga merupakan salah satu ciri orang yang sedang cemburu, baik pria maupun wanita. Pria atau wanita yang cemburu pasti akan kepo kepada pasangannya tentang apa yang dilakukannya terutama saat pasangannya akan pergi ke suatu tempat tanpa mengajaknya. “Mau kemana, say?”, “Sama siapa?”, seperti itulah biasanya yang ditanyakannya.

Salah satu objek kepo yang biasanya menjadi sasaran saat pria maupun wanita sedang cemburu adalah handphone pasangannya. Dia akan selalu memeriksa handphone pasangannya setiap kali bertemu sehingga seperti polisi atau detektif yang sedang memeriksa barang bukti seorang tersangka.

6. Sensitif

Baik pria ataupun wanita yang sedang cemburu biasanya akan lebih sensitif daripada biasanya sehingga mudah sekali untuk terpancing emosinya. Terutama apabila sedang dalam pembicaraan tiba-tiba ada seseorang lawan jenisnya (wanitanya menyinggung seorang pria atau prianya menyinggung seorang wanita) yang sering disinggung-singgung, terlebih seseorang tersebut adalah mantan kekasih yang sebelumnya.

Sering menyinggung mantan akan lebih berbahaya daripada orang lain karena rasa sensitif akan semakin menjadi. Dan perlu diketahui bahwa seorang pria bisa sensitif melebihi wanita yang sedang PMS dan dibutuhkan cara menenangkan hati dan pikiran dari salah satu pasangan.

7. Stalking dan Posesif

Sponsors Link

Stalking
atau mengunkit juga merupakan indikasi bahwa seseorang sedang cemburu. Orang yang sedang cemburu diam-diam akan menguntit semua aktivitas yang dilakukan pasangannya terutama dalam dunia maya, seperti FB, twitter, dan lainnya.

Dia akan membaca setiap status yang ditulis dan dibagikan pasangannya dalam akun sosial yang dimilikinya dan menjadi posesif terhadap status-status mencurigakan yang membuatnya merasa cemburu, seperti memposting komentar yang menyindir. Contohnya adalah “Wow, lagi mesra nih (devil emoticon)” dan lain sebagainya.

8. Mengalihkan perhatian

Pria maupun wanita yang cemburu biasanya akan ngambek atau seperti yang disebutkan pada poin 1 dan 2, yaitu diam dan cemberut sehingga apabila sedang diajak bicara oleh pasangannya suka mengalihkan perhatian dengan pura-pura cuek meskipun dia peduli dan mendengarkan pembicaraan tersebut. Rasa cemburunya membuatnya berpura-pura gengsi untuk menanggapi pembicaraan tersebut.

Ciri-Ciri Pria dan Wanita yang Cemburu

Dalam sebuah hubungan hak untuk memiliki rasa cemburu masing-masing dalam menjalani sebuah hubungan memang sudah tidak heran lagi yang bisa dilakukan oleh pria dan wanita yang akan menunjukkan ekspresinya masing-masing jika sedang cemburu dengan pasangannya.

Berikut adalah ciri ciri pria dan wanita yang cemburu :

1. Ciri ciri pira yang cemburu

Sudah tak heran dalam suatu hubungan percintaan mengalami pertengkarang dikarenakan salah satu pasangan cemburu dengan pasangannya termasuk dengan pria, pria bisa melakukan hal nekad jika sudah cemburu dengan pasangannya.

Berikut adalah penjelasan mengenai ciri ciri pria yang cemburu :

  • Bertindak ekstrim – Inilah yang membuktikan bahwa pria seringnya mengandalkan ototnya. Pria yang cemburu akan tiba-tiba emosi dan beradu jotos dengan pria yang terlihat sedang genit atau menggodamu di hadapannya. Berkelahi merupakan salah satu cara ekstrim pria untuk meluapkan kecemburuannya pada pasangan wanitanya.
  • Langsung berkata “AKU CEMBURU” – Pria memang bukan tipe yang pandai memendam rasa termasuk rasa cemburu. Tak heran bukan kalau memang prialah yang seringkali memulai dalam hubungan percintaan, dalam artian mengungkapkan perasaan cintanya terlebih dahulu termasuk mengungkapkan rasa cemburunya. Tetapi disitulah letak rasa gentle yang dimiliki pria.
  • Membuktikan kalau kamu miliknya  – Ciri yang satu ini akan dilakukan seorang pria di hadapan orang banyak. Contohnya apabila tiba-tiba melihat wanitanya sedang asyik berbicara dengan pria asing atau wanitanya digoda pria asing, maka dengan tiba-tiba dia akan menggandeng tangan wanitanya dan berkata “Kenalin, gw pacarnya” kepada pria asing tersebut sebagai bukti bahwa wanita itu adalah miliknya.
    Sponsors Link

2. Ciri-Ciri Wanita yang Cemburu

Dalam hubungan percintaan, wanita lebih posesif dan over protektif kepada pasangannya sehingga tidak heran jika wanita selalu mengekspresikan kecemburuannya kepada pasangannya.

Berikut adalah ciri wanita yang cemburu :

  • Banyak makan atau tidak nafsu makan – Pada ciri inilah terjadi fenomena aneh pada wanita. Ada aspek psikologis yang berbau biologis di sini. Wanita yang sedang cemburu secara psikologis akan sering memilih memendam rasa cemburunya daripada meluapkannya hingga membebani pikirannya. Beban pikiran inilah yang menyerap energinya sehingga menimbulkan rasa lapar dan ingin makan sebanyak-banyak. Anehnya, tak sedikit pula wanita yang justru tidak nafsu makan meski dalam keadaan demikian. Cara lain untuk meluapkannya adalah dengan menangis.
  • Membanding-bandingkan keadaan – Wanita yang cemburu biasanya akan membanding-bandingkan keadaan, yaitu keadaan yang dulu dan sekarang. Dia akan membanding-bandingkan keadaan saat dulu PDKT dan awal pacaran, di mana prianya sangat perhatian kepadanya. Dan keadaan yang sekarang, di mana prianya sudah kurang perhatian lalu menyinggung salah seorang wanita yang dinilainya lebih diperhatikan dan akan menjadi penyebab rasa cinta berkurang dalam sebuah hubungan. Itulah salah satu contoh yang dibahasnya.
  •  Membahas kekurangan dan kejelekan dirinya sendiri – Ini juga yang sering dilakukan wanita apabila sedang cemburu, yaitu membahas kekurangan dan kejelekan dirinya sendiri. Dia akan menyebutkan bahwa dirinya bukan wanita yang sempurna bagi pasangan prianya, lalu menyinggung wanita lain yang dinilainya lebih sempurnya darinya. Yang mana wanita lain yang disinggung tersebut adalah wanita yang membuatnya cemburu karena pasangan prianya dinilai lebih akrab atau sering jalan bersama dengan wanita tersebut. Meskipun penilaian tersebut hanya bersifat dugaan kepada pasangan prianya.

Demikian beberapa ciri orang yang sedang cemburu pada pasangannya, baik secara umum maupun khusus yang ditunjukkan oleh pria dan wanita. Cemburu merupakan hal yang sah-sah saja tetapi harus diingat batas kewajarannya. Jadi apabila kita cemburu pada pasangan, cemburulah dengan wajar. Jangan sampai melayangkan cemburu buta yang pada akhirnya akan merusak dan mengakhiri hubungan cinta indah yang telah dijalin bersama. Oleh karena itu, ingatlah akan perjuangan dan perjalanan kisah indah cintamu sehingga tidak termakan ganasnya cemburu buta. Keep Loving!

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 18th, December 2015 / 09:38 Oleh :
Kategori : Pacaran