Hubungan LDR – Cara Mempertahankan dan Tantangan LDR

Long distance relationship atau yang populer disebut dengan LDR merupakan jenis hubungan yang dilakukan oleh 2 orang dengan kondisi fisik yang berjauhan dan rentang dengan penyebab putus cinta dalam suatu hubungan LDR. Pasangan yang seperti ini tentu memiliki tantangan tersendiri dalam menjalani kisah percintaan mereka. LDR memiliki dampak positif dan negatif tergantung dari pasangan yang bersangkutan dalam menyikapinya. Dampak negatif yang didapat biasanya karena rawan tertarik dengan orang lain sehingga lebih memilih untuk memutuskan hubungan dan mulai menjalin hubungan baru dengan jarak yang lebih dekat. Sementara itu dampak positifnya adalah rasa semakin menghargai pertemuan dengan pasangan serta terjauh dari perilaku menyimpang.

ads

Hubungan jarak jauh bukanlah suatu hal yang mudah dan tidak semua orang dapat melakukannya. LDR sendiri membutuhkan banyak kesabaran sehingga hubungan tersebut dapat berlangsung lama. Bagi kamu kamu yang tidak bisa menanamkan rasa percaya dan rasa sabar menunggu pasangan lebih baik tidak coba- coba karena kalau nekat maka pertengkaran dan rasa curiga akan selalu mewarnai hubungan kalian.

Berikut ini ada tips- tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat hubungan LDR kamu dan pasangan menjadi lebih bertahan lama :

Cara Mempertahankan

Supaya hubungan jarak jauh dapat terjaga dan bertahan lama tentu diperlukan trik- trik khusus dalam mempertahankannya, dan faktanya tidak banyak pasangan yang bisa bertahan lama dengan hubungan LDR karena terpisahkan oleh jarak dan waktu dalam menjalani hubungan sehingga harus memiliki cara untuk mempertahankan hubungan LDR .

Berikut adalah cara mempertahankan hubungan LDR :

1. Saling percaya

Saling percaya merupakan salah satu kunci suksesnya hubungan LDR. Untuk menjalani hubungan yang seperti ini sebaiknya kamu dan pasangan menyakinkan diri dalam melanjutkan hubungan LDR tersebut dan memiliki cara menjaga hubungan dengan pacar agar langgeng. Kepercayaan yang dibangun membantu kamu untuk terhindar dari rasa cemburu dan curiga yang berlebih pada pasangan yang ada di jauh sana. Jika sedari awal  tidak ada rasa percaya satu sama lain yang cukup kuat, ada baiknya untuk tidak melanjutkan LDR karena akan ada banyak pertengkaran didalamnya. Hal ini dipicu rasa cemburu dan curiga yang berlebihan.Sikap percaya pada pasangan tidak boleh hanya sebelah saja melainkan harus dilakukan berdua. Akan menjadi percuma jika kamu mati- matian percaya sama dia namun dianya malah curigaan dengan kita.

2. Butuh kesabaran

Tidak bisa bertemu dengan orang yang kita sayangi setiap waktu tentu membutuhkan kesabaran yang kuat.  Rasa sabar akan benar- benar diuji ketika kamu melihat pasangan lain tengah berduaan atau bahkan bermesraan didepanmu. Saat- saat begitu, kamu bakal merasa kesal dan tidak berhenti mengeluh dengan keadaan. Jika sudah begitu, menahan rasa kangen sama si dia bakal lebih besar dari sebelumnya.

3. Jaga komunikasi

Komunikasi merupakan salah satu hal utama yang penting dan perlu dijaga selama melakukan hubungan jarak jauh. Tidak adanya komunikasi membuat hubungan  semakin renggang dan akhirnya hilang. Hal ini dapat menyebabkan pasangan yang telah terpisah jauh semakin renggang karena tidak ada komunikasi yang menghubungkan mereka. Sekarang ini komunikasi lebih mudah untuk dilakukan dengan ada banyaknya media sosial serta smartphone.

4. Saling pengertian

Bukan hanya berlaku bagi pasangan yang terbatas oleh jarak yang jauh, namun pengertian harus dilakukan pada tipe relationship yang mana saja. Saling pengertian membuat satu sama lain dapat lebih menghargai pasangannya dalam keadaan apapun. Kita tidak boleh memaksakan ego masing- masing karena hanya akan memicu datangnya masalah dan memicu perpecahan.

Saling pengertian membantu kita untuk dapat bersikap lebih sabar dalam menghadapi sikap pasangan masing- masing yang terkadang dapat berubah- rubah. Kita yang berada di tempat jauh dari pasangan tentu tidak tahu secara spesifik apa yang tengah dialami oleh pasangan kita di tempat sana. Entah pasangan sedang dalam keadaan sedih ataupun senang, sebagai pasangan yang baik kita harus dapat berusaha mengerti perasaan masing- masing serta saling dukung.

5. Jangan lupa kirim foto

Rasa kangen dengan pasangan karena jarak jauh sehingga tidak dapat bertemu satu sama lain dengan leluasa dapat terobati dengan cara berkirim foto. Kirim foto terbaru pada pasangan beserta aktivitas yang tengah dilakukan mampu mengobati rasa rindu karena tidak dapat bertemu langsung.

6. Hindari komunikasi yang berlebihan

Komunikasi menjadi salah satu cara baik dalam mempertahankan hubungan. Namun sayangnya komunikasi yang berlebihan tidaklah dianjurkan. Kemudahan dalam berinteraksi walau dengan pasangan yang jaraknya jauh sekalipun bukan berarti harus kamu manfaatkan habis- habisan. Gunakan media yang sekiranya mendukung saja dan buat percakapan ringan yang tidak terlalu sering. Kamu tidak perlu mengiriminya pesan setiap waktu atau bahkan satu jam sekali.

Pesan atau interaksi yang berlebihan dapat membuat kesan spesial dapat menghilang begitu saja. Walau niat awalnya adalah untuk menunjukkan rasa perhatian, namun pasangan dapat mengartikan lain dan menuduhmu sebagai orang yang penuh rasa curiga dan penasaran.

7. Tumbuhkan keyakinan

Hubungan apapun itu entah yang dekat atau bahkan yang berjarak jauh sekalipun membutuhkan keyakinan akan suksesnya hubungan di masa depan. Yakin dan katakan pada diri sendiri jika segala sesuatu akan indah pada waktunya. Hanya butuh kesabaran untuk mendapatkan hasil akhir yang baik.

Keyakinan ditumbuhkan untuk memastikan jika hubungan kalian tidak akan sia- sia. Akan ada akhir yang indah untuk kalian berdua. Tanpa adanya keyakinan dalam menjalani LDR maka hubungan akan mudah diterpa masalah dan rentan terhadap kata “ putus”.

8. Beri kejutan yang menyenangkan

Tidak perlu setiap hari memberi pasangan sebuah kejutan, namun cukup berikan kejutan- kejutan tersebut pada hari spesial. Ada banyak sekali hari spesial yang dimanfaakan untuk memberi pasangan kejutan mulai dari valentine day, hari ulang tahun atau bahkan hari saat kamu dan pasangan jadian. Kejutan yang diberikan pada pasangan, tidak harus dengan benda- benda yang mahal, karena puisipun akan terasa lebih bermakna ketika didalamnya kamu selipkan kata- kata romantis dan berkesan.

9. Sesekali bertemu

Perlu diingat, hubungan jarak jauh memang dapat disikapi dengan video call ataupun dengan beragam banyaknya media sosial yang ada sekarang, namun tidak serta merta komunikasi dapat selalu berjalan lancar dengan alat komunikasi tersebut. Kamu dan pasangan perlu moment khusus untuk bertemu satu sau lain. Moment ini bisa digunakan untuk memperkuat komitmen bersama sehingga hubungan dapat lebih hangat dan tentunya dapat bertahan lama. Kalian juga bisa sharing secara lebih leluasa saat bertemu secara langsung. Kamu akan lebih menghargai waktu kebersamaan dengan pasangan karena tidak setiap waktu dapat bertemu.

Selain itu, kamu juga dapat saling berkunjung ke tempat pasangan. Pastikan kunjunganmu memberi kesan yang mendalam dan tidak telupakan.

10. Buat komitmen bersama

Membuat komitmen bersama merupakan sebuah bentuk keseriusan dalam menjalin hubungan. Berikan alasan yang pasti dan tepat untuk apa hubungan jarak jauh kalian layak untuk dipertahankan. Katakan dengan jelas padanya tentang posisinya dalam hidupmu. Rencanakan banyak hal yang dapat kamu dan pasangan lalui di masa depan.

11. Bersikap terbuka dan jujur

Keterbukaan dan kejujuran merupakan hal yang perlu dipertahankan dalam sebuah hubungan. Ketika mendapat masalah usahakan untuk tetap secara jujur dan terbuka membicarakannya bersama pasangan. Cari solusi berdua atas masalah yang tengah dihadapi dan dengan begitu, pasangan akan merasa lebih dianggap dan merasa lebih dibutuhkan. Berbeda jika kamu lebih suka memendam semua masalah sendiri dan cenderung berbohong untuk menutupi semuanya, maka pertengkaran dan sikap saling curiga akan mudah terjadi. (baca : ciri ciri pria setia)

12. Lakukan kegiatan yang menyenangkan

Untuk memendam rasa rindu dengan pasangan karena perjumpaan yang jarang terjadi, kamu dapat menggunakan waktu- waktu luang untuk mengerjakan hal yang kamu sukai. Jangan jadikan hubungan jarak jauh dengan pasangan menjadi hal yang harus dikeluh kesahkan setiap hari. Hidup tetap jalan jadi lakukan hal yang bermanfaat yang berguna untuk diri sendiri dan orang- orang yang disayangi.

Tantangan Bagi Pasangan yang Menjalani LDR

Ada banyak sekali tantangan yang harus ditaklukkan pasangan supaya hubungan yang dibangun tidak lekas berakhir melainkan tetap berlanjut hingga tahap serius pernikahan. Tantangan- tantangan dalam menjalani LDR dapat berupa:

1. Masalah dalam komunikasi

Tantangan yang satu ini dirasakan oleh hampir semua pasangan yang menjalani LDR. Hal ini dapat terjadi karena salah satunya dalah perbedaan waktu. Ketika salah satu pasangan berada di luar negeri, umumnya perbedaan waktu menjadi hal yang cukup wajar. Pasangan yang seperti ini harus menunggu waktu- waktu tertentu untuk saling berhubungan. Jangan sampai menghubungi ketika salah satu pasangan sedang menggunakan waktunya untuk beristirahat karena tidak akan ada respon jika demikian.

2. Rasa jenuh yang meningkat

Rasa jenuh menjadi salah satu tantangan yang harus ditaklukkan oleh para pelaku LDR. Rasa jenuh biasa terjadi karena jarangnya bertemu atau mungkin susahnya menghubungi pasangan. Jika pelaku LDR kurang dapat menahan rasa jenuhnya, maka putus hubungan bisa saja terjadi. Rasa jenuh pada awalnya bisa diatasi dengan sering berkirim foto atau bahkan melakukan video call namun hal tersebut akan ada batasnya dan tidak serta merta dapat berlangsung lama sehingga jika rasa jenuh mulai meningkat sebaiknya anda memiliki cara menenangkan hati dan pikiran agar hubungan anda akan baik-baik saja.

3. Timbulnya krisis kepercayaan

Krisis kepercayaan tejadi karena kita tidak dapat memonitoring pasangan secara langsung. Hal ini membuat khayalan- khayalan aneh mulai tumbuh sehingga mulai banyak dugaan- dugaan tentang apa saja yang dilakukan pasangan di sana. Setiakah atau mungkin berselingkuhkah?

4. Rawan berselingkuh

Bagi pasangan yang tidak dapat menumbuhkan rasa percaya antara satu dengan yang lain, biasanya akan tumbuh rasa ingin mencari pasangan baru. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya kasih sayang yang didapat dari pasangan yang jauh atau mungkin karena merasa tidak diawasi sehingga bebas dalam melakukan apapun. (baca : ciri ciri wanita selingkuh)

5. Timbulnya rasa malas

Bagi yang menjalani LDR, umumnya akan merasa semangat di awal- awal hubungan. Namun semangat tersebut mulai luntur seiring dengan berjalannya waktu. Rasa malas yang muncul membuat salah satu pasangan atau mungkin keduanya merasa malas untuk saling memberi kabar hingga akhirnya komunikasi hilang sendiri. Jika sudah demikian, maka putus menjadi salah satu hal yang cukup umum terjadi.

Hubungan LDR yang Tidak Sehat

Hubungan jarak jauh memang memiliki banyak sekali rintangan. Jika kesabaran dan komunikasi tidak lagi terjaga, tentu pertengkaran serta rasa curiga yang berlebihan dapat memicu tumbuhnya kerenggangan. Beberapa tanda- tanda hubungan jarak jauh yang dilakukan tidak lagi sehat seperti:


1. Komunikasi yang tidak lagi lancar – Komunikasi yang tidak lancar bisa jadi dikarenakan komunikasi yang hanya dilakukan sepihak saja. Jika sudah demikian, bisa jadi kamu tengah mengalami yang namanya cinta bertepuk sebelah tangan. Hal ini bisa saja terjadi karena kita kurang peka pada pasangan sehingga pasangan menunjukkan sikap mulai cuek dan jenuh untuk melanjutkan hubungan.

2. Rasa sayang yang mulai memudar – Rasa sayang yang mulai memudar ditandai dengan beberapa hal seperti obrolan yang mulai tidak berkesan sehingga terasa monoton, komunikasi tidak lagi seinsten dulu, kejutan-kejutan yang biasanya dilakukan mulai berhenti total dan lain sebagainya. Memudarnya rasa sayang terhadap pasangan bisa menjadi masalah besar mengingat rasa sayang merupakan alasan terbentuknya suatu hubungan yang tulus.

3. Terlalu banyak hal yang dirahasiakan – Menyimpan rahasia tentu dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk pada pasangan sendiri. Ada beberapa hal yang tidak bisa diceritakan dengan pasangan dan itu merupakan hal yang cukup umum dan wajar. Namun ketika sudah terlalu banyak rahasia, entah karena enggan bercerita atau mungkin karena tidak ingin ketahuan karena hal itu merupakan hal yang buruk, maka perpecahan bisa sewaktu- waktu terjadi. Ada baiknya untuk sharing dengan pasangan dan mencari solusi atas apa yang tengah anda pikirkan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 08th, December 2015 / 05:37 Oleh :
Kategori : Pacaran