Sponsors Link

Pacar Protektif : Penyebab, Ciri-ciri, dan Cara Menghadapinya

Sponsors Link

Semua orang di dunia ini pasti ingin mencintai dan dicintai. Salah satu bentuknya adalah memiliki seorang kekasih atau pacar. Ketika seseorang memiliki pasangan, ia pasti ingin melindungi pasangannya sebaik mungkin karena ia menyayangi pasangannya seperti ia menyayangi dirinya. Jika perlindungan pada kekasih dilakukan dengan cara dan porsi yang tepat, maka semua akan baik-baik saja dan menjadi semakin baik bagi kedua belah pihak.

ads

Akan tetapi, ketika perlindungan itu dilakukan secara berlebihan, maka hal itu bisa berakibat buruk bagi kedua belah pihak. Hal itulah yang sekarang lebih dikenal dengan bahasa pacar protektif. Seperti yang sudah saya jelaskan selintas di atas tadi, bahwa pacar protektif adalah pacar yang tidak ingin kehilangan pasangannya dan berani melakukan apapun yang diperlukan, tanpa disadari akibatnya bisa jadi buruk bagi dirinya sendiri atau bagi kekasihnya.

Penyebab Pacar Menjadi Over Protektif

Pasangan anda tidak mungkin mendadak menjadi over protektif pada anda. Perilaku semacam itu pasti ada penyebabnya. Banyak orang yang menduga bahwa pacar protektif itu muncul begitu saja dan merasa dirinya tidak melakukan hal-hal yang membuat kekasihnya khawatir secara berlebihan. Bagaimana pun, perilaku kekasih yang protektif juga bisa muncul akibat dari kekasihnya yang selalu membuatnya khawatir akan kehilangan dia. Berikut ini beberapa penyebab kenapa pacar menjadi over protektif.

1. Tidak Percaya

Salah satu alasan yang paling jelas dan paling sering muncul adalah rasa tidak percaya. Lantas siapa yang memulai rasa tidak percaya ini muncul? Hal itu bisa terjadi karena salah satu tidak menyadari keinginan kekasihnya. Tidak muncul pengertian dan saling memahami satu sama lain.

Utamanya, ketika hal-hal sepele anda lakukan, semisal, anda berjanji untuk ketemuan di suatu tempat, mendadak anda terlambat dan tidak memberi kabar, dan itu terjadi berulang kali. Tidak dapat dipungkiri bahwa kekasih anda akan menjadi tidak percaya pada anda dan ketika ia tidak percaya, maka muncullah sifat protektif itu, semata-mata karena tidak ingin kehilangan anda dan tidak ingin anda menjadi lebih buruk.

2. Pernah dikhianati

Pada dasarnya, kepercayaan adalah dasar sebuah hubungan yang baik. Selain rasa percaya, keadaan dimana kekasih anda, atau bahkan anda sendiri merasa pernah dikhianati oleh kekasih anda yang sebelumnya bisa memunculkan perilaku over protektif pada kekasih anda yang sekarang. Orang-orang yang rasa percayanya pernah dikhianati, akan sulit untuk disembuhkan kembali. Lantas ketika ia memiliki kekasih lagi, ia akan menjadi lebih waspada dengan kekasihnya karena takut untuk kembali dikhianati.

3. Takut Kehilangan

Salah satu alasan yang paling sering muncul dan menjadi penyebab utama dari perilaku over protektif adalah takut kehilangan. Biasanya hal ini terjadi karena kekasih anda, atau bahkan mungkin anda sendiri selalu serius menjalani hubungan tapi selalu kandas di tengah jalan. Pelajaran itu yang kemudian membuat seseorang menjadi takut kehilangan karena rasa sayang yang begitu besar terhadap pasangannya dan ketika ia mendapatkan pasangan yang menurutnya tepat, ia akan dengan serius melindunginya dan takut kehilangannya. Rasa takut kehilangan yang berlebihan ini lah yang kemudian menyebabkan perilaku over protektif itu.

Ciri-ciri Pacar Protektif

Setelah mengetahui tentang apa itu pacar protektif, dan hal-hal yang menyebabkan pacar atau kekasih anda menjadi over protektif pada anda, sekarang saya akan menjelaskan secara sederhana mengenai beberapa hal yang menjadi ciri dari pacar protektif itu sendiri. Ciri-ciri pacar protektif antara lain :

1. Selalu Merasa Curiga

Ciri pertama dari pacar yang protektif adalah bahwa ia selalu merasa curiga pada anda. Apapun yang anda lakukan, ia selalu over aware atau kelewat awas. Semua gerak-gerik anda diperhatikan betul. Salah satu contoh, ketika anda sedang tidak bersama dia dan anda sedang berhubungan lewat pesan singkat, akan tetapi, anda mendadak tidak bisa membalasnya dengan cepat, hal itu bisa membuatnya semakin curiga dan akan terus menghubungi anda. Bentuknya bisa dengan menelpon beberapa kali, mengirim pesan singkat beberapa kali, atau bahkan mencari dan datang ke tempat dimana anda berada.

2. Cemburu Buta

Ciri berikutnya dari kekasih yang over protektif adalah cemburu buta. Yang dimaksud dengan cemburu buta disini adalah kekasih anda atau bahkan anda sendiri cemburu pada hampir setiap orang yang dekat dengan anda atau kekasih anda. Ketika seseorang merasa cemburu, secara normal, ia akan mencari tahu siapa orang itu, akan tetapi jika orang itu adalah sahabat, saudara, atau teman dekat anda, atau rekan kerja, maka ia tidak akan cemburu. Ia akan bisa menempatkan dirinya di posisi yang benar. Akan tetapi ketika kekasih anda cemburu buta, tak perduli siapapun yang dekat dengan anda akan dianggap mengancam posisinya atas anda. (baca : ciri orang sedang cemburu)

3. Mulai muncul pertanyaan interogatif

Ketika kekasih anda mulai bertanya tentang banyak hal yang menjurus pada pertanyaan-pertanyaan interogatif, maka bisa dipastikan kekasih anda over protektif. Akan tetapi jangan langsung menyimpulkan ketika pertanyaan interogatif itu tidak muncul terlalu sering. Pertanyaan interogatif adalah pertanyaan yang isinya menanyakan anda dimana, sedang apa, bersama siapa, dan terus-terusan dipertanyakan. Ketika hal itu terjadi, maka bisa dipastikan kekasih anda over protektif.

4. Melarang dan tidak mau dibantah

Berikutnya yang menjadi ciri dari pacar protektif adalah sikap tidak mau dibantah dan selalu melarang anda. Bahkan melakukan hal-hal yang menurut anda baik untuk anda, dan baik untuk masa depan anda, ia melarangnya. Selain itu, ia juga tak ingin anda membantah larangannya. Ketika hal itu muncul dalam hubungan anda, maka bis dipastikan kekasih anda adalah kekasih yang over protektif.

5. Harus selalu dituruti

Ketika kekasih anda berperilaku over protektif, salah satu cirinya adalah keinginannya yang harus selalu dituruti. Hal ini terjadi karena ia merasa bahwa dirinya adalah kekasih anda dan berhak atas segala sesuatu yang berhubungan dengan anda termasuk semua keinginannya harus dituruti. Apabila keinginannya tidak dituruti, ia akan marah. Jika hal itu terjadi pada hubungan anda, maka anda perlu waspada dan menyadari bahwa kekasih anda adalah orang yang protektif dan merasa sebagai pemilik anda seutuhnya dan berhak melakukan apapun pada anda.

6. Bertindak kasar

Ciri berikutnya dari kekasih yang memiliki perilaku over protektif adalah tindakannya yang mulai menjurus kepada tindakan kasar. Ketika ia merasa bahwa dirinya adalah pemilik anda seutuhnya, dan berhak melakukan apapun pada anda, maka ketika anda tidak menuruti apa yang ia minta dan apa yang ia butuhkan atas anda, ia bisa bertindak kasar pada anda. Ia bahkan mungkin tega untuk memukul anda dan mengancam anda. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi pasangan yang menjalani hubungan tersebut.

7. Egois

Setelah ia menuntut banyak hal pada anda dan ingin anda melakukan semua yang ia inginkan, kekasih yang over protektif juga memiliki sifat egois. Dimana ia berhak mengatur anda, tapi anda sama sekali tidak berhak mengatur dia. Ia berhak melakukan semua yang ia inginkan terhadap anda, tapi sebaliknya, anda tidak berhak sedikit pun memerintah atau meminta, atau melakukan sesuatu pun pada kekasih anda. Egois menjadi ciri yang seakan-akan melengkapi ciri dari seorang yang over protektif. Misalnya ketika anda selalu dibatasi ruang geraknya oleh kekasih anda, ketika anda mencoba untuk membatasi ruang gerak kekasih anda, ia serta merta menolak hal itu dan melakukan semua sesukanya.

8. Mengkritik terus-terusan

Perihal berikutnya yang menjadi ciri dari pacar protektif adalah kritikan yang terus-terusan datang dari dia untuk anda. Entah itu mengkritik cara berpakaian anda, cara anda berjalan, cara anda makan, cara anda bicara, cara anda makan, cara anda melihatnya, dan hal-hal yang lain yang berhubungan dengan anda. Mungkin awalnya anda mengira bahwa yang dilakukannya adalah usaha untuk membuat anda menjadi lebih baik, akan tetapi ketika kritikan itu terus-terusan datang, maka bisa dipastikan bahwa ia adalah orang yang sangat protektif pada anda dan ingin semua keinginannya terhadap anda dipenuhi  termasuk kritikannya yang terus-terusan muncul yang lama kelamaan mungkin hadir tanpa disertai logika yang tepat.

9. Menjauhkan anda dari kawan-kawan anda

Seorang kekasih yang protektif biasanya tak ingin anda dekat dengan orang lain selain anda. Ia tak ingin anda menghabiskan seluruh waktu anda tidak dengannya. Kapan pun dan dimana pun anda harus selalu bersama dengannya dan tidak boleh ada orang lain yang turut campur dengan hubungan anda dan kekasih anda. Awalnya mungkin terkesan bahwa kekasih anda ingin memiliki waktu yang lebih banyak dengan anda. Akan tetapi, ketika itu terus-terusan terjadi, maka anda tidak akan memiliki orang lain lagi dan hanya memiliki kekasih anda. Hidup anda akan menjadi sedikit agak hambar karena apa-apa mesti dihabiskan bersama dengan kekasih anda.

10. Menentukan segalanya

Dalam hubungan, interaksi positif, berbagi pendapat adalah hal yang sangat baik untuk kedua belah pihak. Akan tetapi, ketika anda mendapati kekasih anda seorang yang protektif, maka ia akan merasa dirinya berkuasa penuh pada anda dan menuntut anda untuk menuruti semua yang ia inginkan. Termasuk dalam segala hal yang ia tentukan. Mulai dari tempat nonton, tempat makan, baju anda, bahkan cara bicara anda, ia yang menentukan. Sekali lagi, anda harus menuruti itu. Begitulah kira-kira kekasih yang protektif dengan sikap ingin menentukan segala-galanya.

11. Ingin anda mengenali hidupnya secara utuh

Memang dalam sebuah hubungan, mengetahui semua hal seluk beluk mengenai kekasihnya itu bukan lah hal yang buruk, malah justru merupakan hal yang sangat baik. Akan tetapi, jika anda dituntut terus oleh kekasih anda untuk mengenali kehidupan kekasih anda secara utuh dan mengerti tentang kehidupannya, sementara di sisi lain ia tak ingin tahu sedikit pun mengenai kehidupan anda, maka bisa dipastikan bahwa kekasih anda orang yang protektif karena hanya ingin dirinya sendiri saja yang dimengerti dan enggan mengerti tentang kehidupan anda.

Cara Menghadapi Kekasih yang Protektif

Sponsors Link

Setelah mendapatkan penjelasan singkat mengenai beberapa hal yang menjadi ciri dari kekasih yang protektif, maka sekarang saya akan mencoba menjelaskan mengenai beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghadapi kekasi anda yang over protektif tersebut. cara-cara untuk menghadapi kekasih yang over protektif antara lain;

1. Meyakinkan kekasih anda

Rasa curiga yang muncul berlebihan memiliki solusi yang sederhana. Anda hanya perlu meyakinkan pada kekasih anda bahwa dirinya tidak perlu curiga terhadap anda sedikit pun. Anda bisa melakukan hal-hal positif yang sepele, seperti datang tepat waktu ketika janjian, menepati semua janji yang anda ucapkan pada kekasih anda. Selain itu, anda bisa berbicara serius dengan kekasih anda dan berkata bahwa tidak perlu khawatir akan kehilangan anda dan tidak perlu merasa curiga. Hal itu nantinya akan menumbuhkan rasa aman pada kekasih anda dan mengurangi rasa curiga yang berlebihan.

2. Pertahankan Privasi anda dan beri pengertian

Seserius apapun seseorang menjalani hubungan, ia tetap akan membutuhkan privasi bagi kehidupannya sendiri. Hal itu lah yang perlu anda tegaskan pada kekasih anda yang mungkin nampak sedikit protektif. Anda tidak harus menuruti semua perkataannya dan memberikan semua hal yang menyangkut privasi anda pada kekasih anda. Akan tetapi, berilah pengertian yang tepat pada kekasih anda sehingga ia paham bahwa anda juga punya kehidupan sendiri dan mesti menjalani kehidupan itu dengan baik.

3. Kenalkan dengan kawan-kawan anda

Rasa curiga dan melarang anda bergaul dengan orang lain selain dia mungkin muncul karena ia tidak tahu siapa yang bergaul dengan anda. Karena itu, alangkah baiknya anda mengenalkan kekasih anda pada kawan-kawan anda. Akan menjadi lebih baik lagi ketika kekasih anda bisa berteman baik dengan kawan-kawan anda. Maka perihal kekasih yang protektif tidak perlu anda takutkan karena hal itu tidak akan muncul.

4. Memberikan waktu bersama

Kadang perilaku over protektif ini muncul karena ia jarang memiliki waktu bersama dengan anda. Entah karena anda terlalu sibuk atau masing-masing dari kalian berdua terlalu sibuk dengan kegiatan masing-masing. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan meluangkan waktu yang berkualitas untuk anda dan kekasih anda. Disana anda bisa barbagi banyak hal dan berbincang banyak hal dengan kekasih anda. Jangan terlalu sering berhubungan lewat pesan singkat terkecuali anda sedang menjalani hubungan LDR. Anda menjalin cinta dengan manusia, bukan dengan gadget!

5. Sadari Perilaku anda

Perilaku over protektif dari kekasih anda ini tidak mungkin muncul begitu saja. Mungkin saja hal ini muncul karena perilaku anda yang membuat kekasih anda merasa tidak aman dan menjadikannya takut akan kehilangan anda. Maka anda perlu introspeksi diri dan menyadari perilaku anda. Ketika anda sudah menyadarinya, alangkah baiknya anda berubah dan menjadi seorang kekasih yang lebih baik untuk kekasih anda. Mungkin rasa takutnya muncul karena perilaku anda. Jadi jangan sepenuhnya menyalahkan kekasih anda atas tindakan over protektifnya.

6. Mengakhiri hubungan

Ini adalah jalan terakhir bagi anda yang merasa sudah tidak bisa menjalani kehidupan anda bersama dengan kekasih anda yang over protektif. Ketika hal-hal yang saya sebutkan di atas tadi tidak bisa mengakhiri perilaku over protektif dari kekasih anda, maka satu-satunya cara adalah dengan memutuskan hubungan anda dengan kekasih anda. Hal itu karena perilaku over protektif yang terus muncul dan tidak bisa ditanggulangi bisa merugikan bagi anda. Jaga diri anda baik-baik!.

Keuntungan dan Kerugian memiliki kekasih protektif

Memiliki kekasih yang protektif tidak sepenuhnya buruk bagi anda. Ada juga beberapa sisi baik ketika anda memiliki kekasih yang over protektif. Dengan catatan, perilaku protektif anda atau kekasih anda berada di moment yang tepat. Berikut ini akan saya jelaskan beberapa keuntungan dan kerugian memiliki kekasih yang protektif.

Keuntungan

  • Perhatian Lebih – Keuntungan memiliki kekasih yang protektif salah satunya adalah kekasih anda menjadi lebih perhatian pada anda. Siapa yang tak ingin diperhatikan oleh kekasihnya? Tentu semua orang yang memiliki kekasih ingin dirinya diperhatikan sepenuhnya. Keadaan dimana hubungan anda kekurangan perhatian juga tidak baik. Perhatian yang ada di dalam hubungan anda mestilah sesuai dan pas porsinya. Mungkin sesekali perhatian lebih bisa menyenangkan anda dalam menjalani hubungan tersebut dan merupakan cara menjaga hubungan dengan pacar agar langgeng.
  • Perlindungan Lebih – Setiap kekasih pasti ingin kekasihnya melindunginya dari apapun yang membahayakan orang yang disayanginya. Ketika anda memiliki kekasih protektif, maka anda bisa mendapatkan hal tersebut. Anda bisa mendapatkan pengamanan lebih yang membuat anda jadi lebih aman. Meskipun mungkin terkadang terkesan terlalu cerewet, tapi perlindungan pada kekasihnya itu penting. Maka sadarilah bahwa anda juga butuh dilindungi.
  • Lebih sering dimanja – Ada waktunya ketika anda menjalani sebuah hubungan, anda ingin ada moment dimana anda bisa bermanja ria dengan kekasih anda. Anda bisa menemukan hal ini lebih banyak ketika anda menjalani hubungan dengan orang yang protektif. Ia akan dengan baik memanjakan anda dan membuat anda selalu bahagia ketika berada di dekatnya. Tentu saja dengan catatan bahwa porsi saling memanjakan ini sesuai dan dilakukan oleh keduanya, bukan hanya satu pihak saja. Coba lah, maka hubungan anda akan jadi jauh lebih menyenangkan.
    Sponsors Link

Kerugian

Jika kita berbicara tentang kerugiannya, secara garis besar sudah saya jelaskan di atas yang tersirat dalam beberapa poin mengenai ciri dari kekasih yang protektif. Meski begitu akan kembali saya paparkan secara singkat mengenai beberapa hal yang merugikan anda ketika anda memiliki seorang kekasih yang protektif.

  • Membatasi ruang anda – Ketika anda memiliki seorang kekasih yang protektif, hal pertama yang mungkin terjadi adalah ruang gerak anda menjadi lebih dibatasi. Artinya, anda tidak bisa seleluasa sebelumnya. Hal itu bisa karena kekasih anda tidak percaya, takut kehilangan, atau hal-hal lain yang sudah saya paparkan di atas. Ketika anda merasa bahwa ruang anda terbatasi, ada baiknya anda berbicara dengan kekasih anda dan mencoba mencari jalan keluar bersama atas masalah itu
  • Tidak bebas berteman dengan siapapun – Kekasih yang protektif, seperti yang saya utarakan di atas adalah kekasih yang menghalangi kekasihnya untuk berteman dengan orang sembarangan. Hal itu muncul karena ia takut akan kehilangan anda. Maka anda pun tidak bisa sembarangan berteman dengan siapapun. Jika hal tersebut muncul, maka solusi yang mesti anda lakukan adalah mencoba untuk mengajak kekasih anda untuk bertemu dengan kawan baru anda itu dan bersama-sama mengenal teman anda.
  • Cepat Bosan – Ketika kekasih anda menjadi orang yang protektif pada anda, perilaku-perilaku yang muncul, seperti menghalangi anda berteman dengan orang lain, selalu ingin menghabiskan waktu hanya bersama anda, menuruti semua keinginannya, dan menjalani apapun yang ia perintahkan, akan membuat hubungan yang anda jalani jadi membosankan. Ini satu hal yang berbahaya ketika seseorang menjalani hubungan dan ia bosan dengan hubungan yang dijalaninya dan akan menjadi penyebab putus cinta. Karena hal itu kemudian bisa berakhir dengan kata putus yang bisa menyakiti satu sama lain.

Demikian adalah beberapa hal yang bisa saya jelaskan tentang pacar protektif. Apakah pacar protektif itu berbahaya? Pacar protektif itu tidak sepenuhnya berbahaya, dengan catatan bahwa penempatan perilaku protektif itu berada di tempat yang seharusnya. Maka selalu pupuklah kepercayaan dalam hubungan yang anda jalani. Semoga bermanfaat!

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 12th, March 2016 / 05:07 Oleh :
Kategori : Pacaran