Sponsors Link

15 Cara Menghadapi Masalah Rumah Tangga Agar Harmonis

Sponsors Link

Kehidupan rumah tangga sering diibaratkan seperti roller coaster, naik turun, penuh lika-liku. Menyatukan dua ide, pemahaman, juga visi dan misi memang tidak selalu mudah, sehingga tidak jarang muncul konflik dalam rumah tangga, mulai dari konflik kecil hingga konflik besar. Ada kalanya suami dan istri meributkan hal-hal kecil atas dasar ego dan keinginan menang sendiri. Setiap rumah tangga tentunya mengharapkan kehidupan berkeluarga yang selalu harmonis dan rukun, meski permasalahan rumah tangga tidak bisa dihindari. Seiring berjalannya waktu beberapa permasalahan seperti kondisi finansial, perbedaan pendapat, berkurangnya romantisme, masalah anak, dan sebagainya mulai bermunculan dan tidak jarang menimbulkan perseteruan yang berakibat pada perceraian.

ads

Berikut ini beberapa cara cara menghadapi masalah rumah tangga yang bisa anda dan suami terapkan : (baca juga: Cara Menjaga Rumah Tangga Yang Baik)

1. Hilangkan Ego Masing-masing

Menyelesaikan permasalahan rumah tangga harus dilakukan dengan kepala dingin dan penuh pertimbangan tidak bisa hanya melibatkan ego dan menuruti kemauan salah satu pihak saja. Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan suatu hubungan yaitu keinginan untuk berkompromi, tidak terkecuali dalam kehidupan rumah tangga. (baca juga: Kewajiban Dalam Rumah Tangga)

2. Kerjasama

Mencapai keberhasilan dan kebahagiaan rumah tangga tidak bisa dilimpahkan hanya pada salah satu pihak saja, dalam hal ini istri atau suami. Anda dan suami perlu bekerjasama dalam menyelesaikan permasalahan rumah tangga dan mencapai tujuan bersama. Mencari jalan keluar berdua dan mendiskusikan hal-hal yang menjadi akar permasalahan rumah tangga kemudian mencari solusi yang menguntungkan Anda dan suami tanpa mengorbankan kepentingan dan kebutuhan salah satu pihak.

3. Mau Mengalah

Ada kalanya dalam beberapa situasi Anda harus rela mengalah demi kepentingan keluarga, begitu juga dengan suami. Anda atau suami tidak bisa selamanya memaksakan keinginan. Saat berada dalam situasi seperti ini tidak ada salahnya menjadi pihak yang mengalah guna menyelesaikan permasalahan rumah tangga dan menghindari pertengkaran serta  menjalin keluarga yang harmonis.

3. Komunikasikan Dengan Baik

Komunikasi yang baik merupakan salah satu faktor paling penting dalam mempertahankan keutuhan hubungan rumah tangga. Tidak sedikit kehidupan rumah tangga yang harus berakhir hanya karena maslah sepele seperti kurangnya komunikasi. Jika ada memiliki kekesalan, keinginan atau jika Anda merasa suami kurang perhatian, dan sebagainya cobalah untuk membicarakannya dengan baik, dan dengarkan juga keluhan suami terhadap Anda. (baca juga: Penyebab Suami Istri Bertengkar)

4. Saling Terbuka

Keterbukaan ditujukan untuk menghindari kesalahpahaman yang bisa berujung pada konflik. Semakin Anda terbuka terhadap pasangan, akan semakin besar kemungkinan terhindar dari konflik dan permasalahan rumah tangga, meskipun ada beberapa permasalahan yang tidak terkait dengan hal ini. Utarakan harapan dan keinginan Anda, juga apa yang dirasa menjadi kekurangan dalam rumah tangga Anda. (baca juga: Penyebab Keluarga Tidak Harmonis)

5. Hindari Penggunaan Kata Kasar

Menggunakan kata-kata kasar saat Anda sedang emosi yang akan memperburuk keadaan. Selain menyakiti perasaan suami, akhirnya suami justru malah akan menjauh dari Anda dan malas membicarakn pokok permasalahan. Sebelum mengungkapkan kekesalan Anda, cobalah untuk memikirkannya secara matang, dan pilih kata-kata yang justru menenagkan dan membuat maksud Anda tersampaikan tanpa menggunakan kata-kata yang menyinggung. (baca juga: Penyebab Suami Istri Tidak Harmonis)

Sponsors Link

6. Kontrol Emosi

Marah-marah sudah pasti tidak akan menyelesaikan permasalahan rumah tangga Anda. Tidak bisa dipungkiri mengontrol emosi adalah hal yang tidak mudah terutama bila Anda dihadapkan dalam situasi tertentu yang menguras emosi Anda. Jangan tergesa-gesa menyelesaikan konflik dan permasalahan rumah tangga. Saat Anda merasa sangat marah dan emosional tunggulah sampai emosi mereda. Utarakan permasalahan dengan kepala dingin untuk menghindari konflik lanjutan. (baca juga: Cara Mencegah Agar Suami Tidak Selingkuh)

7. Hindari Saling Menyalahkan

Anda dan suami adalah satu tim, dan harus bekerjasama dalam menyelesaikan permasalahan rumah tangga. Menyalahkan satu sama lain hanya akan memperkeruh suasana dan berujung pada konflik yang lebih besar. bersikaplah dewasa dan coba memahami bahwa permasalahan yang mucul bukan hanya kesalahan salah satu pihak. (baca juga: Sifat Durhaka Kepada Istri)

ads

8. Bicarakan Pada Waktu Yang Tepat

Jangan pernah membicarakan masalah dalam keadaan marah dan emosional. Pilih waktu yang tepat untuk mendiskusikannya dengan pasangan Anda. Gunakan waktu luang untuk berkomunikasi dengan pasangan. Mood dan waktu yang tepat berdampak postif terhadap kententraman pikiran Anda dan pasangan. (baca juga:

9. Perhatikan Kebutuhan Pasangan

Tidak sedikit masalah yang timbul dalam rumah tangga dipicu oleh kurangnya perhatian dari suami kepada istri dan sebaliknya. Banyak pasangan menikah yang merindukan masa-masa pacaran karena romantisme dan perhatian yang diberikan pasangan begitu intens. Setelah menjalani kehidupan rumah tangga perhatian tersebut sering kali berkurang. Beberapa hal salah satunya seperti kesibukan menjadi penyebab berkurangnya perhatian. Tapi jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa pasangan sudah tidak mencintai Anda lagi. Anda dan suami tentu memiliki prioritas masing-masing. Cobalah untuk tetap memberikan perhatian kepada pasangan meski di sela-sela kesibukan dan rutinitas yang Anda jalani agar pasangan Anda tidak mengeluh dan tetap merasa dicintai.

10. Jadi Pendengar Yang Baik

Banyak permasalahan rumah tangga yang diawali dengan kurangnya kemampuan pasangan dalam mendengarkan satu sama lain, terumata yang berkaitan dengan keluhan dan harapan dari masing-masing pasangan. Jangan mengabaikan apa yang diutarakan oleh pasangan Anda, harapannya maupun kekesalannya. Cobalah untuk lebih bersabar dan menjadi pendengar yang baik. (baca juga: Cara Menjadi Pribadi Yang Baik)

11. Jari Jalan Tengah

Penyelesaian masalah rumah tangga jangan sampai hanya menguntungkan salah satu pihak saja. Jari jalan tengah yang adil dan sama membuat Anda dan pasangan merasa puas. Jalan tengah bertujuan agar Anda dan pasangan sama-sama merasa dihargai dengan keputusan yang dibuat.

Bacan Lain:

12. Ingat Komitmen Yang Anda Buat

Ketika kehidupan rumah tangga Anda dipenuhi konflik dan permasalahakan coba untuk saling menguatkan dan mencari solusinya bersama. Ingatkan diri Anda tentang komitmen yang dibuat dengan pasangan. Mengigat kembali komitemen-komitmen ini membantu Anda dan psangan dalam melewati cobaan kehidupan rumah tangga. (baca juga: Cara Mencegah Selingkuh Dan Cerai)

13. Introspeksi Diri

Menilik kedalam diri mengenai kekurangan dan kehilapan sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan rumah tangga. Sering melakukan introspeksi diri dapat meningkatkan hubungan Anda dan pasangan menjadi lebih baik. Ada dan pasangan bisa lebih memahami kekurangan masing-masing dan mencoba saling menerima kekurangan tersebut. Perbedaan pendapat adalah hal wajar, Anda hanya perlu menyampaikannya dengan baik untuk menghindari konflik. (baca juga: Cara Suami Memperlakukan Istri Dengan Baik)

14. Saling Memaafkan

Cobalah saling memaafkan setelah Anda menyadari apa yang menjadi akar permasalahan rumah tangga dan membicarakannya secara baik-baik dengan suami. Tidak perlu menunggu suami meminta maaf duluan, tapi ambil inisiatif. Saling memafkan dapat mencairkan suasana dan membawa dampak positif setelah pertengkaran dan konflik, selain itu juga membuat pikiran dan hati Anda dan pasangan menjadi tenteram. (baca juga: Cara Mendamaikan Keluarga Yang Bertengkar)

15. Konseling

Jika segala cara diatas sudah Anda dan suami tempuh namun tidak juga menyelesaikan konflik dan permasalahan dalam rumah tangga, saatnya Anda menggunakan bantuan pihak ketiga, atau jasa konseling rumah tangga untuk menjembatani perbedaan pendapat dan menerima pandangan baru dari sudut seorang professional. (baca juga: Penyebab Suami istri Sering Bertengkar)

Demikian beberapa cara dalam menghadapi permasalahan rumah tangga. Ingatlah setiap permasalahan pasti ada solusinya, komunikasikan dengan baik apa yang menjadi pokok permasalahan dengan pasangan Anda,bersikap terbuka dan jangan mecoba memendam keinginan Anda. Semoga bermafaat!

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 27th, July 2017 / 06:31 Oleh :
Kategori : Pernikahan