Sponsors Link

11 Cara Mengatasi Perselingkuhan dalam Rumah Tangga

Sponsors Link

Selingkuh adalah kata yang paling ditakuti setiap orang yang telah memiliki pasangan. Perbuatan selingkuh dalam satu hubungan bisa berdampak sangat besar terhadap orang yang diselingkuhi. Mulai dari sakit hati hingga hilangnya kepercayaan diri bahkan menjadi sulit mempercayai orang lain untuk jatuh cinta dan menjalin hubungan yang baru. Terlebih lagi jika perselingkuhan itu terjadi dalam sebuah rumah tangga. Berselingkuh dalam pernikahan berarti mengingkari janji yang dibuat di hadapan Tuhan.

Konon ada yang berkata bahwa selingkuh itu bisa berawal dari niat. Jika ada niat sekecil apapun maka hal itu bisa menjadi bibit untuk memulai perselingkuhan. Dalam suatu hubungan pernikahan, jika salah satu sudah mengkhianati kepercayaan dan cinta pasangannya maka perkawinan tersebut akan goyah, bahkan kerap kali selingkuh menjadi salah satu penyebab perceraian suami istri dan penyebab perceraian di Indonesia yang tinggi. Lalu apa yang harus dilakukan jika pasangan sudah melakukan perselingkuhan? Apabila ingin mencari cara mempertahankan rumah tangga, Anda bisa menempuh langkah – langkah berikut ini yang merupakan cara mengatasi perselingkuhan :

1. Mencari bantuan

Memperbaiki suatu hubungan yang retak ada kalanya tidak bisa dilakukan hanya berdua saja. Mungkin saja Anda dan pasangan membutuhkan bantuan seorang ahli, atau lebih tepatnya seorang terapis. Terapis ini akan bertindak sebagai pihak ketiga yang akan menjembatani kesenjangan komunikasi Anda dan dapat memberi saran yang profesional untuk perbaikan hubungan. Hal ini akan menjadi cara mengatasi perceraian di awal pernikahan yang disebabkan karena perselingkuhan.

2. Ungkapkan emosi Anda

Sekali ini Anda tidak perlu mencari cara meredam emosi atau cara mengendalikan diri. Keluarkan semua perasaan sakit hati, kecewa dan amarah kepada pasangan. Hal ini sangat perlu Anda lakukan selama masih tidak bersifat destruktif atau melukai diri sendiri dan orang lain. Dalam keadaan seperti ini, memendam rasa sakit hati sendirian hanya akan memperburuk keadaan.

3. Jujur

Kejujuran akan sangat mempengaruhi perbaikan hubungan Anda dan pasangan, entah itu Anda atau pasangan yang berselingkuh. Perlunya mengungkapkan semua hal yang terjadi, termasuk penyebab istri selingkuh dari suaminya atau penyebab pria selingkuh dari istrinya. Semua hal disini yang dimaksud tentunya semua kebenaran, namun tanpa membuat pasangan terpojok atau merasa disalahkan karena salah satunya selingkuh. Dan juga tidak perlu memberi tahu semua detail yang terlalu intim karena pasangan akan merasa makin sakit hati dan tidak ingin memperbaiki hubungan.

4. Jauhi pasangan selingkuh

Anda tidak akan dapat memperbaiki hubungan dengan pasangan apabila si pihak ketiga masih berada dalam lingkungan yang sama. Apabila benar – benar ingin memperbaiki kesalahan, maka sebaiknya tidak bergaul lagi dengan pasangan selingkuh Anda atau tekankan kepada pasangan untuk tidak berurusan lagi dengan selingkuhannya. Bila Anda atau pasangan benar – benar berniat menghentikan perselingkuhan, seharusnya tidak akan sulit untuk benar – benar memutuskan hubungan dengan orang tersebut.

5. Batasi waktu emosional Anda

Anda boleh meluapkan emosi untuk melampiaskan amarah dan kekecewaan karena dikhianati, namun ingatlah bahwa Anda juga harus membatasi waktunya. Tentukan sampai kapan Anda ingin memulihkan diri dan kapan waktunya untuk bangkit, karena jika tidak maka kekecewaan batin Anda akan menjadi semakin berlarut dan makin sulit untuk disembuhkan. Setelah merasa cukup meluapkan perasaan yang sedang kecewa, mulailah mencari cara melupakan masa lalu dan cara melupakan sakit hati untuk kembali menata hidup ke depan.

6. Lakukan perubahan yang positif

Kadang kala melakukan perubahan itu perlu di saat sedang mengalami hal semacam perselingkuhan. Tentu saja perubahan yang berbentuk hal positif. Misalnya memperbaiki segala kesalahan atau kekurangan diri dengan cara menjadi pribadi yang baik dan benar serta cara merubah kepribadian dengan menghilangkan sifat – sifat yang kurang baik.

Sponsors Link

7. Hormati ikatan Anda dengan pasangan

Mengatasi perselingkuhan sangat mungkin apabila masing – masing masih menghormati ikatan yang dijalin dengan pasangannya. Dengan adanya rasa saling menghormati, maka tidak akan terlalu sulit untuk memulai cara memperbaiki hubungan dalam perkawinan. Anda dan pasangan juga dapat belajar cara menghargai orang lain dan cara menjaga perasaan orang lain sebagai tips menjaga keharmonisan rumah tangga.

8. Jangan membicarakan keburukan pasangan dengan orang lain

Dalam keadaan seperti ini, usahakan untuk tidak membicarakan keburukan pasangan kepada orang lain yang tidak tahu apa – apa. Mungkin karena ingin membalas dendam maka Anda menyebarkan kelakuan buruk pasangan yang berselingkuh kemana – mana. Namun itu bukanlah cara mengatasi perselingkuhan yang baik. Menjelekkan pasangan akan menjadi cara yang cepat untuk memastikan hubungan Anda berdua hancur selamanya.

9. Berusaha memaafkan

Memaafkan adalah hal yang paling sulit jika mengalami diselingkuhi oleh pasangan sendiri. Namun bagaimanapun Anda harus belajar memaafkan jika masih ingin meneruskan rumah tangga dan mengatasi perselingkuhan pasangan. Mencoba memberi maaf kepada pasangan akan menjadi jalan pertama untuk meneruskan proses pemulihan hubungan setelan perselingkuhan, karena terus memelihara dendam atau perasaan pahit hanya akan mempersulit dan menghalangi langkah Anda untuk kembali menata rumah tangga dengan pasangan.

Sponsors Link

10. Perhatikan penampilan

Cara mengubah penampilan juga bisa Anda lakukan agar tidak terus menerus merasa sedih dan sakit hati. Memiliki penampilan yang baru dan segara dapat turut menaikkan suasana hati yang sedang menurun dan memberi semangat kepada Anda untuk terus berjuang mengatasi perselingkuhan dan memperbaiki keutuhan rumah tangga.

11. Jangan mengungkit masa lalu

Jika telah memutuskan untuk meneruskan rumah tangga dengan pasangan yang berselingkuh, itu berarti Anda telah siap untuk meninggalkan semua kepahitan dan masalah yang menyakitkan di belakang. Hal itu termasuk juga perselingkuhan yang dilakukan salah satu pihak dalam rumah tangga. Pastikan cara membuat hati ikhlas untuk melupakan kesalahan pasangan agar hal tersebut tidak akan diungkit kembali dalam pertengkaran atau perdebatan.

Memperbaiki suatu rumah tangga yang retak dan nyaris hancur karena pengkhianatan salah satu pihak akan menjadi jalan yang terjal dan sulit. Diperlukan kemauan yang kuat dari keduanya untuk mau berusaha dan berjuang bersama. Cara mengatasi perselingkuhan dalam rumah tangga akan berhasil apabila pihak yang berselingkuh dan pihak yang dikhianati keduanya bersedia untuk meninggalkan semua ego dan berjuang untuk memenuhi janji serta komitmen yang dibuat ketika menikah, walaupun telah ternoda oleh perselingkuhan.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 03rd, January 2017 / 09:38 Oleh :
Kategori : Selingkuh