Sponsors Link

11 Cara Menghindari Perselingkuhan dalam Rumah Tangga

Sponsors Link

Diantara hubungan yang dijalin oleh dua orang, sangat rentan untuk dimasuki pihak ketiga apabila tidak ada ikatan yang kuat diantara keduanya. Dengan kata lain, rentan oleh perselingkuhan apabila salah satu atau keduanya tidak memelihara hubungan tersebut dengan baik. Selingkuh bisa juga dipicu oleh keadaan dan kesempatan. Mungkin tidak ada seorang pun yang awalnya memiliki niat untuk berselingkuh, namun ketika kesempatan itu datang maka seribu satu macam alasan akan dijadikan pembenaran untuk mendukung perselingkuhannya.

Perselingkuhan adalah sebuah dosa besar yang seharusnya dihindari oleh setiap orang. Apabila kedua orang yang terlibat dalam suatu hubungan memiliki niat yang kuat untuk terus bersama selamanya, maka masalah perselingkuhan ini akan dapat dihindari oleh keduanya. Dengan begitu tidak perlu mencari cara mengatasi pasangan selingkuh. Cara menghindari perselingkuhan dalam sebuah rumah tangga yaitu dengan menghindari berbagai penyebab pria selingkuh dan penyebab istri selingkuh. Beberapa cara menghindari perselingkuhan dalam rumah tangga yaitu:

1. Memelihara komunikasi

Buruknya komunikasi antara pasangan suami istri kerap dijadikan alasan untuk mencari orang lain yang bisa diajak bicara atau curhat. Bahkan akan membuka jalan bagi penyebab perselingkuhan dalam rumah tangga. Perselingkuhan bisa dimulai dari curhat tersebut, karena itu usahakanlah untuk memelihara komunikasi dengan pasangan sebaik – baiknya.

Tingkatkan kualitas komunikasi bersama pasangan, misalnya selalu saling memberi kabar, menyempatkan untuk berdiskusi dan mengobrol di rumah. Komunikasi yang buruk bisa menjadi awal hubungan yang buruk dengan pasangan, karena suami dan istri akan menjadi asing satu sama lain. Memiliki komunikasi yang baik antara suami dan istri dapat menjadi cara mencegah selingkuh dan cerai.

2. Menahan emosi

Dalam satu rumah tangga pasti akan ada pertengkaran antara suami dan istri. Emosi yang memuncak selama pertengkaran tersebut apabila terjadi terus menerus akan membuat suasana rumah tangga tidak nyaman sehingga salah satu pihak atau keduanya akan mencari kenyamanan di luar rumah. Cobalah lakukan cara mengendalikan diri dan cara meredam emosi ketika sedang kesal kepada pasangan agar suasana rumah tangga tidak selalu panas dan penuh pertengkaran,

3. Menerima pasangan apa adanya

Mengusahakan cara membuat hati ikhlas untuk menerima semua kekurangan pasangan adalah cara yang baik untuk mencoba diri pasangan seperti apa adanya. Menerima seseorang berarti kita bisa memaklumi sisi kekurangan dari kepribadiannya. Namun bukan berarti menerima apa adanya lalu kita tidak berusaha mengingatkan akan kekurangannya, justru kita harus berusaha untuk membantunya menemukan cara merubah kepribadiannya yang dirasa kurang nyaman.

4. Selalu menghargai pasangan

Mengetahui cara menghargai orang lain sangat diperlukan dalam suatu hubungan. Kalau kita tidak tahu bagaimana memberi penghargaan kepada orang lain, maka kita juga tidak bisa menghargai pasangan sendiri. Terimalah dengan baik apa yang dilakukan pasangan jika itu adalah hal yang benar. Beri penghargaan atas segala usahanya untuk menjalankan kewajibannya dalam rumah tangga dengan baik. Ungkapkan hal tersebut melalui pujian, karena dengan memuji kita akan dapat membesarkan hati pasangan untuk terus berusaha agar mendapatkan cara menjadi pribadi yang baik dan benar.

5. Sisihkan waktu untuk pasangan

Memelihara keharmonisan hubungan adalah kewajiban bagi setiap pasangan suami istri. Salah satu penyebab suami istri tidak harmonis dan penyebab keluarga tidak harmonis adalah karena satu sama lain tidak memiliki waktu untuk mempererat hubungan. Ada kalanya suami dan istri sibuk masing – masing dan tidak menyisihkan waktu untuk pasangannya, misalnya untuk sekedar mengobrol, makan bersama di rumah, berlibur, sekedar refreshing dan lain – lain.

6. Menjauhkan diri dari godaan

Tips menjaga keharmonisan rumah tangga adalah dengan menjauhkan diri dari godaan, baik  berasal dari sebab lain atau  seperti yang kerap kita perhatikan, karena gangguan pihak ketiga. Godaan inilah yang akan menyebabkan kita mudah sekali terjerumus ke dalam perselingkuhan. Sebaiknya lakukan cara menjaga pandangan mata dan menjaga pergaulan dengan lawan jenis agar tidak mudah terpikat atau tergoda.

Sponsors Link

7. Memperhatikan penampilan diri sendiri

Tentu saja, tidak ada orang yang senang bila bersama pasangan yang tidak suka memelihara penampilannya sendiri. Memperhatikan penampilan sangat berguna jika kita tidak ingin pasangan berselingkuh dengan alasan bahwa kita kurang tahu cara berpenampilan menarik. Tidak perlu selalu menggunakan barang – barang bermerk dan mahal, namun dengan berpenampilan rapi, bersih dan wangi setiap hari maka kita akan dapat terlihat selalu menarik hati di mata pasangan.

8. Mengingat dosa

Berselingkuh tentu saja adalah perbuatan dosa, karena selingkuh menurut islam adalah perbuatan yang mengarah kepada zina. Selain itu orang yang berselingkuh juga akan berdosa karena mengingkari sumpah secara agama yang dibuatnya saat menikah. Kita dapat menghindari perselingkuhan asalkan selalu mengingat kepada dosa yang akan kita dapatkan jika melakukan perbuatan tersebut. Sebagai orang yang mengetahui ajaran agamanya, maka manusia seharusnya selalu berusaha untuk menghindari perbuatan dosa.

Sponsors Link

9. Tunjukkan rasa cinta kepada pasangan

Jarang menunjukkan rasa cinta kepada pasangan bisa membuatnya merasa tidak dicintai. Kalau kita bisa menunjukkan rasa cinta kepada pasangan dengan tepat maka ia akan selalu merasa senang dan bahagia berada di samping kita, karena ia merasa dihargai dengan baik.

10. Jangan berpisah terlalu lama

Terkadang ada pasangan yang terpaksa berpisah untuk beberapa lama karena beberapa penyebab. Namun usahakanlah untuk tidak berpisah terlalu lama, karena jarak yang memisahkan akan membuat suatu hubungan merenggang. Hubungan LDR dalam suatu pernikahan adalah suatu situasi yang rentan bagi kedua belah pihak yaitu suami dan istri. Akan sukar untuk menemukan cara menghilangkan rasa curiga kepada pasangan jika suami istri terlalu lama mengalami hubungan jarak jauh.

11. Tidak memperpanjang konflik

Ketika bertengkar dengan pasangan, usahakan untuk menyelesaikan masalah sesegera mungkin dan jangan pernah memperpanjang konflik yang ada. Hal itu termasuk juga tidak mengungkit – ungkit masalah lama yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan konflik yang sedang dialami dengan pasangan. Fokuslah pada masalah yang perlu dicari penyelesaiannya saja dan jangan biarkan masalah menjadi semakin pelik.

Menjalani kehidupan rumah tangga yang ideal bukanlah perkara yang mudah. Menghindari perselingkuhan bisa dilakukan asalkan suami dan istri memiliki niat dan tekad yang kuat untuk mempertahankan rumah tangganya agar tetap rukun dan langgeng selamanya. Termasuk cermat mengamati tanda – tanda orang selingkuh dan juga mempersiapkan diri dengan cara mengatasi perselingkuhan untuk mempersiapkan diri jika benar terjadi, walaupun tidak mengharapkan hal tersebut.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Saturday 07th, January 2017 / 12:45 Oleh :
Kategori : Selingkuh