13 Cara Mengatasi Suami Pelit Uang Sama Istri

Sebuah rumah tangga bagaikan suatu jalan yang berlika-liku. Hambatan dan masalah terkadang datang di sepanjang jalan. Macet, ngantuk, mogok atau ban yang bocor, bisa saja terjadi. Seperti memulai kehidupan rumah tangga, segala sesuatu harus ada persiapannya. Persiapan fisik, mental dan komitmen dari kedua pasangan berumah tangga. Namun, tidak hanya permasalahan ketika berumah tangga saja yang dapat menjadi hambatan. Sifat atau karakter dari masing-masing pasangan juga harus menjadi lebih dewasa. Kebiasaan-kebiasaan jelek atau sifat dan karakter yang buruk tidak bisa dibawa langsung dalam memulai kehidupan berumah tangga. (Baca juga: Cara Mempertahankan Rumah Tangga)

ads

Salah satu sifat buruk yang mungkin terbawa dalam berumah tangga adalah suami yang pelit. Menjadi seorang suami yang memimpin dan menjadi tulang punggung keluarga tidaklah mudah (Baca juga: Kewajiban Dalam Rumah Tangga). Masalah materiil pun sudah pasti sering dirasakan. Beberapa kondisi dan kebutuhan menjadi pertimbangan. Dan ada pula alasan – alasan lainnya dibalik kepelitan seorang suami. Lalu apa yang harus seorang Istri lakukan ketika Suami pelit? Inilah cara mengatasi suami pelit :

1. Jangan Terbawa Emosi

Menjadi seorang Istri tidaklah seharusnya sering terbawa emosi dan ego semata. Bahkan ketika keluarganya dilanda persoalan pun, Istri adalah orang yang seharusnya menjadi penenang dan pendamai suasana. Saat suami Anda bersifat pelit, jangan langsung terbawa emosi dan melepaskannya begitu saja. Setiap karakter atau sifat tumbuh dan berkembang dalam diri seseorang karena suatu alasan. Maka dari itu, pahamilah pasti ada suatu alasan khusus dibalik sifat kepelitan Suami Anda. Jangan mendahulukan emosi, tetapi berusaha mengertilah dan ajaklah berbicara baik – baik. (Baca juga: Penyebab Rumah Tangga Tidak Berkah)

2. Bicara Baik-Baik

Mengajak berbicara dengan baik – baik adalah satu-satunya jalan yang dapat Anda lakukan sebagai seorang Istri. Ungkapkan keresahan dan kesulitan Anda dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari dan lain sebagainya. Pertanyakan juga alasan dibalik kepelitan Suami Anda tersebut. Jangan sampai komunikasi berjalan hanya satu arah saja. Sampaikan keresahan Anda dan sekaligus menyelesaikan keresahan suami Anda juga.

3. Membuat Rincian Belanja

Membuat rincian belanja akan membantu Suami Anda mengerti akan kebutuhan rumah tangga secara detail. Suami yang dituntut bekerja siang dan malam tidak akan mengerti apa itu belanja dan apa saja kebutuhan rumah yang sedang dibutuhkan. Untuk membuat Suami Anda mengerti dan membantu komunikasi Anda berjalan lebih lancar, buatlah rincian belanja mingguan atau bulanan. (Baca juga: Cara Membina Rumah Tangga Yang Baik)

4. Belanja Bersama

Suami istri membutuhkan waktu bersama berdua. Selain untuk menjalin komunikasi yang baik, hal ini juga dapat menyelesaikan masalah rumah tangga dengan lebih cepat. Mengajak Suami berbelanja bersama juga akan membuatnya mengerti rasanya membeli perabotan dan kebutuhan rumah tangga. Hal ini juga untuk menghindari kecurigaan Suami terhadap Anda tentang alokasi uang belanja yang Ia berikan selama ini.


5. Sampaikan Keberatan

Jangan ragu untuk menyampaikan segala unek-unek yang Anda rasakan kepada suami Anda. Permasalah tidak akan pernah terselesaikan jika Anda pendam begitu saja. Suami juga tidak akan pernah tahu apa yang Anda rasakan dan alami. Dengan berbicara terus terang dan apa adanya akan membantu hubungan rumah tangga Anda. (Baca juga: Cara Menjaga Rumah Tangga Yang Baik)

6. Membuat Plan ABCD

Tidak menutup kemungkinan alasan suami Anda bersikap pelit dalam masalah keuangan adalah untuk berhemat dan menabung untuk masa yang akan datang. Jika memang benar, hormati keputusan Suami Anda dan buatlah beragam rencana atau plan berbelanja. Karena rezeki tidak selamanya mengalir, buatlah gerakan penghematan dengan berusaha mengeluarkan uang perbelanjaan seminimal mungkin.

Jika rezeki sedang gencar-gencarnya keluar, gunakan plan A. Jika keadaan sedang mengalami krisis, gunakan plan B, dan seterusnya.

7. Sering Berdiskusi Bersama

Tidak ada masalah yang tidak akan selesai dengan diskusi bersama. Melakukan diskusi bersama suami Anda tentang permasalahan lika-liku rumah tangga yang sedang dihadapi akan membantu meringankan masalah. Lihatlah permasalahan dan solusi dari sudut pandang yang berbeda, yaitu sudut pandang suami dan sudut pandang Anda sebagai istri. (Baca juga: Penyebab Suami Istri Tidak Harmonis)

8. Sampaikan Kebutuhan Mendesak

Sepelit apapun Suami Anda, Ia pasti akan mengeluarkan sepersen, dua persen tabungannya untuk kebutuhan yang mendesak. Sampaikan tanpa ragu apa saja yang dibutuhkan pada situasi yang mendesak.

9. Mencoba Usaha Rumah Tangga

Membantu Suami dalam urusannya juga merupakan kewajiban seorang Istri. Cobalah membuka usaha kecil-kecilan dalam skala rumah tangga untuk membantu perekonomian keluarga Anda. Penghasilan yang Anda dapatkan dapat digunakan untuk simpanan ataupun kebutuhan rumah tangga lainnya. (Baca juga: Solusi Pertengkaran Dalam Rumah Tangga)

10. Produktif

Menjadi seorang Istri juga seharusnya bertindak produktif. Menghasilkan apapun yang bernilai positif dan dapat membantu Suami dalam perekonomian rumah tangga, adalah inti menjadi seorang Istri yang produktif. Selain itu, di jaman millenium ini sangatlah jarang seorang Istri yang tidak ikut bekerja membantu suaminya. Jikapun seorang Ibu rumah tangga, pastilah menjadi seorang Ibu rumah tangga yang produktif. Entah itu membuka usaha, menjahit atau membuat kerajinan tangan dan lain sebagainya. Sehingga, memiliki Suami yang pelit dan jarang memberikan uang belanjaan tidak lagi menjadi masalah bagi seorang Istri yang produktif.

11. Mengajarkan Berhemat

Selain berhemat dalam belanja dan membelanjakan, ajarkan pula cara berhemat kepada anak – anak Anda. Kebiasaan yang baik harus dimulai sejak dini. Mengajarkan anak untuk berhemat juga dapat mengurangi kebiasaan anak yang sering jajan atau membeli mainan favoritnya. Jangan sering menuruti permintaan anak sehingga anak Anda tidak akan menjadi anak yang manja. Hal ini juga dapat membantu mengatasi Suami Anda yang bersikap pelit memberikan uang belanjaan. (Baca juga: Tanda Pernikahan Tidak Bahagia)

12. Terbuka Masalah Keuangan

Jangan pernah menyembunyikan masalah apapun kepada Suami, termasuk masalah keuangan. Apapun masalah yang terjadi dalam rumah tangga adalah masalah bersama. Oleh karena itu, bersikaplah terbuka kepada Suami Anda. Bicarakan apapun masalah yang sedang Anda hadapi, tidak terkecuali apapun itu.

13. Mencari Solusi Bersama

Sudah menjadi adat berumah tangga untuk selalu menjalani dan memecahkan masalah bersama-sama. Jika Anda telah menyampaikan keluh kesah Anda sebagai Istri, dengarkan pula saran dan pendapat dari Suami. Temukan solusi yang disetujui bersama, bukan sebuah solusi hasil perdebatan dan ego salah satu pihak.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 14th, August 2017 / 07:25 Oleh :
Kategori : Suami Istri