Sponsors Link

13 Cara Suami Memperlakukan Istri dengan Baik

Sponsors Link

Dalam hubungan rumah tangga terdiri dari seorang suami dan seorang istri dimana didalamnya terdapat cara-cara tertentu untuk menjalin hubungan yang harmonis. Seorang suami merupakan pemimpin rumah tangga yang berperan sebagai pemicu kebahagiaan rumah tangga itu sendiri. Cara komunikasi atau perlakuan suami kepada istri dapat menjadi poin penting untuk kebahagiaan keluarga.

ads

Sikap sederhana suami kepada istrinya ini dapat mencerminkan seberapa dalam  kasih sayang diantara keduanya dan memiliki ciri ciri pria setia. Namun tidak jarang, seorang suami belum faham bagaimana memperlakukan istrinya dengan baik. Bahkan tragisnya terjadi kekerasan fisik dan non fisik yang dilakukan suami kepada istrinya. Hal mendasar yang perlu diketahui seorang suami untuk menunjukan rasa sayangnya kepada istri dapat terlihat dari perlakuan paling sederhana yakni dengan cara berlaku baik kepada istri. Lalu bagaimana cara suami memperlakukan istri dengan baik?

Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara suami memperlakukan istri dengan baik :

1. Minta Pendapat Istri Sebelum Memutuskan Sesuatu

Dalam berumah tangga, keputusan sebaiknya tidak diambil secara sepihak saja. Meskipun seorang suami merupakan pemimpin dalam rumah tangga, namun istri juga punya kesempatan untuk berpendapat. Seorang istri akan merasa dihargai ketika suaminya meminta pendapat sebelum memutuskan sesuatu. Hal ini tentunya akan semakin mempererat jalinan hubungan suami istri.

Tidak bisa dipungkiri bahwa seoarang istri merupakan poros penting dalam berumah tangga. Pasangan suami istri yang selalu menjaga perasaan antara satu sama lainnya tentu akan mempunyai kedekatan pikiran dan keselarasan dalam bertindak. Setidaknya dengan meminta pendapat istri, suatu permasalahan akan menemukan titik temu, terlebih jika persoalan tersebut berkaitan dengan rumah tangga keduanya.

2. Tidak Sungkan Membantu Pekerjaan Istri

Pada umumnya, seorang istri akan merasa sangat senang apabila suaminya tidak sungkan membantu pekerjaan rumah tangga. Perlu diketahui bagi suami bahwa pekerjaan rumah tangga yang biasa dikerjakan wanita tidak mutlak terlarang dikerjakan oleh pria. Justru dengan membantu istri untuk membereskan pekerjaan rumah, hubungan anda dan istri akan semakin harmonis.

Hal sederhana ini tentu terlihat sangat menyenangkan hati seorang istri ketika diakhir pekan suaminya tidak sungkan membantu membereskan rumah bahkan memandikan anak. Kegiatan memasak bersama istri juga dapat meninggalkan kesan baik dimata istri. Pria sejati tentu tidak akan membiarkan wanita yang dicintainya kerepotan serta kelelahan merawat buah hati dan istananya bukan? Hal kecil ini tidak akan membuat reputasi dan harga diri seorang suami hancur. Justru sebaliknya, apa yang anda bangun bersama istri akan semakin kokoh pendasinya.

3. Menenangkan dan Mendamaikan Perasaan Istri

Seorang istri tak ubahnya makhluk lembut yang membutuhkan kehadiran sosok pelindung yakni seorang suami. Cara melindungi istri tidak hanya bisa ditunjukan secara fisik semata namun hal – hal yang berbau non fisik seperti perasaan justru merupakan pondasi kuat atau tolak ukur sejauh mana suami mampu melindungi istrinya. Tak jarang hal kecil yang mengganggu perasaan dan kedamaian hati seorang istri justru datang dari suaminya. Untuk itu, ketika istri anda menumpahkan keluh kesah dan kerisauan yang ia alami, dengarkanlah dan tenangkan hatinya.

Hal ini sangat penting diperhatikan oleh seoarang suami yang ingin memperlakukan istrinya dengan baik. Rasa cinta itu datang melalui sebuah perasaan jadi jagalah perasaan hati istri anda sebaik mungkin. Bukan tidak mungkin cinta mudah terkikis apabila perasaan kedua belah pihak tidak lagi dijaga dengan baik. Hal mendasar yang membuat hati seorang wanita terluka yakni  ketika ia membutuhkan kasih sayang yang lebih tapi sang suami justru membentak atau berkata kasar kepadanya. Jika seorang suami ingin memperlakukan istrinya dengan baik maka tenangkan risaunya dan usap air mata istrimu dengan kasih sayang.

4. Bersikap Lembut Meski dalam Keadaan Marah

Menahan emosi bagi seorang pria memang bukan merupakan hal mudah. Namun pikirkan lagi sebelum emosi tersebut terluap kepada istri anda. Hati wanita akan selalu mengingat bagaimana dan seperti apa anda memperlakukannya sebagai istri. Terlepas istri telah memaafkan atau belum. Dalam hubungan rumah tangga, perselisihan atau beda pendapat bukan hal yang bisa dihindari. Namun hal tersebut membutuhkan pemikiran dingin antar keduanya.

Kesabaran seorang suami diuji ketika menyingkapi istri yang berbuat kesalahan. Tegurlah istri anda dengan baik dan lembut supaya hatinya terbuka menerima nasehat anda. Kemarahan dan emosi yang ditahan juga akan berdampak pada perlakuan anda kepada istri. Apabila seorang suami tidak mampu mengontrol emosi dan tetap bersikap lembut kepada istri sebaiknya menjauhlah sementara dari istri anda dan mencari cara menenangkan hati dan pikiran anda. Hal ini akan menghindarkan anda untuk berbuat tidak baik kepada istri. Setelah emosi mereda, temuilah istri anda kembali.

5. Sesekali Manjakan Istri

Sponsors Link

Tidak jarang seorang istri menampakan sifat manja didepan suaminya. Memanjakan wanita tidak hanya berlaku sebelum menikah saja. Justru pasca menikah, manjakanlah istri anda lebih baik lagi. Asalkan tidak melanggar prinsip dan tidak berlebihan, memanjakan istri juga dapat menguatkan rasa cinta antar keduannya.

Boleh jadi ketika istri anda menunjukan sifat manjanya, itulah tanda bahwa perhatian dan kasih sayang anda sedang diharapkan. Meski tidak jarang, sifat manja istri ini akan nampak menyebalkan bagi suami jika kondisinya memang tidak mendukung. Memanjakan istri dengan menuruti keinginan serta bersikap lembut merupakan tanda cinta dari seorang suami.

6. Mencium Kening Istri

Suami yang selalu mencium kening istrinya sebelum berangkat berkerja dapat membahagiakan perasaan istri. Ciuman dikening merupakan tanda cinta yang diberikan oleh suami kepada istrinya. Dengan tetap menjaga keharmonisan hubungan suami istri maka hubungan rumah tangga akan semakin baik.Suami maupun istri yang mampu memperlakukan pasangannya dengan baik akan terhindar dari persoalan rumah tangga yang tidak diinginkan.

Mencium kening istri tidak hanya dilakukan sebelum pergi bekerja pada pagi hari. Namun pulang kerumah dan sebelum beranjak istirahat juga merupakan momen yang pas. Mengapa suami perlu mencium kening istrinya pada saat-saat tertentu? Karena hal tersebut merupakan simbol kasih sayang diantara keduanya sehingga hati istri pun akan merasa terlindungi.

7. Terima Kekurangan Istri dengan Lapang Dada

Didunia ini tidak ada manusia yang sempurna bukan? Untuk itu, ketika anda mendapati kekurangan istri anda maka sebagai suami anda harus bisa menerimanya dengan lapang dada. Karena sebagai suami pun anda juga tidak lepas dari kekurangan bukan? Suami istri adalah sepasang kekasih yang bersatu untuk saling melengkapi kekurangan masing-masing. Terlebih apabila kekurangan itu berasal dari hal – hal yang bersifat fisik. Tunjukan cinta anda sebagai suami kepada istri anda sebaik mungkin. Salah satu caranya yakni dengan menerima kekurangan istri secara lapang dada. Jika seorang istri mampu menerima kekurangan anda sebagai suami maka anda juga harus mampu berlaku demikian.

8. Tidak Membentak dan Berkata Kasar

Apapun kondisinya, sebagai seorang suami yang harusnya melindungi dan menenangkan perasaan istri tidak boleh membentak bahkan  berkata kasar. Luapan emosi sebaiknya dihindari karena dapat melukai perasaan istri. Cara yang benar ketika menyingkapi kesalahan istri yakni dengan tetap berkata lembut kepadanya. Karena seperti yang kita ketahui bahwa untuk meluluhkan hati wanita yakni dengan air dingin bukan air panas.

Menasehati dengan lembut pastinya akan membuka hati istri untuk menerimanya secara lapang. Dengan membentak dan berkata kasar justru akan berdampak pada masa depan rumah tangga yang kurang harmonis dan bisa menambah keganjalan dalam pernikahan yang tidak diinginkan seperti perselingkuhan, sehingga suami harus banyak tau mengenai ciri ciri wanita suka selingkuh. Hal ini memang tidak mudah bagi suami, namun ingatlah kembali seberapa keras usaha anda untuk memenangkan hatinya dahulu sebelum ia bersedia membuka hatinya untuk anda seperti saat ini.

9. Menjaga Aib Istri

Yang dimaksud dengan menjaga aib istri yakni dengan tidak mengumbar kejelekan istri kepada orang lain. sebagai suami, anda turut bertanggung jawab pada kehormatan istri anda sendiri. Sejatinya, ketika seorang istri terlihat nista maka bukan tidak mungkin hal itu juga akan berimbas pada harga diri dan kehormatan suami.

Tetap menjaga istri anda dari pergaulan atau tindakan yang mencemarkan menurut norma sosial dan agama merupakan langkah tepat sebagai suami. Melindungi istri dari hal-hal yang tidak baik juga merupakan tugas seorang suami.

10. Sesekali Berilah Hadiah

Masih ingat seberapa keras perjuangan anda ketika ingin memenagkan hati wanita yang kini menjadi istri anda bukan? Seharusnya segala perlakuan baik yang pernah anda berikan selalu diterapkan meskipun kini telah menjadi terikat tali pernikahan. Justru dalam hubungan rumah tangga membutuhkan bumbu – bumbu kebaikan yang lebih komplek.

Sponsors Link

Memberikan hadiah atau kado disaat hari pernikahan atau ulang tahun istri merupakan hal paling spesial bagi wanita. Istri anda akan merasa dihargai dan dicintai sehingga sebagai istri iapun akan berlaku demikian kepada anda. Sebagai seorang suami, melihat kebahagiaan istri juga merupakan bentuk dari kebahagiaan anda sendiri bukan?

11. Mengajarkan Perkara yang Baik kepada Istri

Tugas dan kewajiban suami tidak sebatas memberikan nafah lahir dan batin. Namun terdapat jag tanggung jawab yang dipikul oleh seorang suami, salah satunya mengajarkan perkara yang baik kepada istrinya. Untuk melindungi saja belum cukup, tapi dibutuhkan bimbingan dari seorang suami mengenai beragam perkara yang baik.

12. Memenuhi Hak Istri

Tidak hanya seorang suami yang mempunyai hak atas istrinya. Namun bagi seorang istri beberapa hal seperti menafkahi dan menanggung kehidupannya merupakan salah satu hak yang wajib diberikan oleh suami. Ketika hak satu sama lain telah terpenuhi maka kebahagiaan rumah tangga tidak akan berakhir dimeja hijau karena perceraian.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 05th, December 2015 / 04:10 Oleh :
Kategori : Suami Istri