Sponsors Link

10 Kewajiban Dalam Rumah Tangga yang Wajib Diterapkan

Sponsors Link

Dalam kehidupan berumah tangga, suami istri layaknya seperti direktur dan manager dalam sebuah perusahaan. Keduanya  saling bahu membahu demi jalannya organisasi dengan baik. Suami istri harus bisa membagi tugas dengan baik supaya kehidupan rumah tangga berjalan teratur, serta anak-anak juga bisa dididik sebaik mungkin.

ads

Tidak hanya berbagi tugas, sepasang suami istri juga harus saling memberi hak satu sama lain. Dengan hak suami istri yang terpenuhi, mereka akan bisa melakukan cara membina rumah tangga yang baik. Tidak boleh dalam kehidupan rumah tangga jika ada salah satu pihak yang tidak dipenuhi haknya. Jika sampai hal itu terjadi, tidak menutup kemungkinan akan timbul pertengkaran dalam rumah tangga, atau bahkan penyebab perceraian suami istri.

Oleh karena itu, pasangan suami istri harus mengetahui apa saja hak dan kewajiban dalam rumah tangga yang harus dipenuhi. Dengan begitu, akan tercipta keluarga sakinah mawaddah warahmah sesuai ajaran Islam. Yuk, simak pembahasan berikut ini mengenai kewajiban dalam rumah tangga :

  1. Saling menjaga kehormatan suami/istri

Kewajiban pertama yang harus dipenuhi adalah saling menjaga kehormatan suami atau istri. Dilarang bagi pasangan suami istri untuk menyebarkan aib atau rahasia pasangannya. Ketahuilah bahwa aib suami adalah aib istri. Begitu pula sebaliknya, aib istri adalah aib suami. Jika salah satu ada yang membuka aib yang lainnya, maka artinya sama saja dia membuka aib dirinya sendiri.

Untuk itu, suami istri juga harus melakukan cara menghindari perilaku fitnah. Jangan sampai salah satu dari suami atau istri bertindak sesuatu yang bisa menjatuhkan kehormatan dirinya atau pasangan. Hal ini sangat berkaitan dengan kewajiban untuk menjaga nama baik keluarga.

  1. Saling mengingatkan

Melakukan kesalahan merupakan kodrat bagi manusia. Tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang tidak pernah berbuat salah. Begitu pula dengan pasangan hidup Anda dalam rumah tangga. Anda harus memahami bahwa pasangan Anda juga manusia yang bisa berbuat salah. Hal yang harus Anda lakukan adalah bersabar dalam mengingatkannya.

Sudah merupakan kewajiban suami istri dalam rumah tangga untuk saling mengingatkan dalam kebaikan. Hal ini bisa menjadi cara merubah diri menjadi lebih baik. Jangan pernah sekalipun dalam hidup Anda merasa sudah cukup baik. Terus lakukan introspeksi sebagai cara merubah kepribadian yang lebih baik.

  1. Memelihara dan mendidik anak dengan baik

Memiliki anak pasti merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Padahal anak merupakan amanah dari Allah yang harus dijaaga dan dididik dengan baik. Oleh karena itu, memelihara dan mendidik anak merupakan kewajiban bagi setiap orang tua.

Memelihara, berarti melindungi, mencukupi kebutuhan dan memenuhi hak-hak anak di rumah. Anda mungkin perlu mengetahui hak dan kewajiban anak di rumah agar Anda mengetahui apa saja kewajiban Anda terhadap anak Anda.

Selain itu, sebagai orang tua, Anda juga wajib mendidik anak dengan ilmu agama dan ilmu pendidikan lainnya yang akan bermanfaat bagi kehidupannya. Ini merupakan salah satu kewajiban orang tua kepada anak. Dengan pendidikan agama yang baik, anak bisa terhindar dari kenakalan anak jaman sekarang. Selain itu Anda bisa juga memasukkan anak ke sekolah atau instansi pendidikan lain untuk mengembangkan bakat dan pola pikir anak.

  1. Memberi kebebasan berpikir dan pendapat

Kebebasan berpikir dan berpendapat merupakan hak sdasar semua manusia. Begitu pula dalam rumah tangga, Anda wajib memenuhi hak tersebut bagi setiap anggota keluarga.

Libatkan istri, bahkan anak-anak jika memungkinkan, dalam membuat keputusan yang menyangkut keluarga. Misalnya tujuan liburan, rencana membeli TV baru, pilihan sekolah dan lain-lain. Hal ini akan membuat anak-anak belajar melakukan cara membuat keputusan yang baik. Seluruh anggota pun akan senang jika dilibatkan dalam merencanakan dan memutuskan sesuatu bersama-sama.

  1. Saling setia

Suami istri wajib untuk setia kepada satu sama lain untuk mewujudkan keluarga yang harmonis. Setia artinya saling menjaga hati agar tidak terbersit pikiran untuk selingkuh sedikit pun. Ingatlah alasan mengapa Anda dan pasangan dulu memutuskan untuk hidup bersama. Lakukan juga cara mencegah suami agar tidak selingkuh. Anda juga perlu melakukan cara menjadi istri idaman suami demi menjaga kesetiaan satu sama lain.

  1. Bersikap jujur

Dalam kehidupan rumah tangga, suami istri wajib menjaga kepercayaan masing-masing. Untuk itu, kejujuran wajib untuk dijadikan sebuah prinsip. Kejujuran adalah kunci dari sebuah hubungan, apalagi hubungan suami istri. Dengan menjaga kejujuran dan kepercayaan, Anda dan pasangan akan bisa melakukan cara menghilangkan rasa curiga terhadap pasangan yang berlebihan.

Sponsors Link

  1. Anak wajib menaati orang tua

Seorang anak wajib untuk berbakti pada orang tua. Salah satu bentuk bakti anak kepada orang tua adalah taat kepada perintah orang tua, selama perintah tersebut sesuai ajaran agama. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda wajib menanamkan sifat berbakti anak sejak dini. Anda bisa mengajari anak agar berbakti dengan menceritakan kisah anak berbakti kepada orang tua. Kenalkan juga padanya kewajiban anak kepada orang tua menurut Islam.

  1. Mengatur keuangan dengan baik

Dalam rumah tangga dibutuhkan kerja sama yang baik antara suami dan istri, salah satunya adalah suami bekerja mencari nafkah sementara istri mengelola nafkah dari suami sebaik mungkin. Suami istri harus bisa melakukan perencanaan keuangan yang baik. Suami memperhitungkan apakah nafkah yang dia dapatkan telah mencukupi kebutuhan dan istri sebisa mungkin memanfaatkannya seefisien mungkin. Lakukan tips mengatur keuangan rumah tangga.

Sponsors Link

  1. Menghargai privasi anggota keluarga

Meski suami dan istri telah berjanji untuk saling terbuka dan menghilangkan rahasia, tidak bisa dipungkiri bahwa privasi harus tetap dimiliki. Bukan berarti menutupi sesuatu dari pasangan, namun masing-masing anggota keluarga berhak untuk memiliki waktu ‘me time’. Suami harus memahami ada saat-saat istri ingin beristirahat dan menikmati waktu sendiri. Istri juga harus paham bahwa suami kadang kala ingin hang out sebentar bersama teman-temannya.

  1. Saling memberi dukungan

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa dibalik suami yang sukses terdapat seorang istri yang hebat. Hal ini benar adanya, karena dalam kehidupan rumah tangga suami istri harus saling memberi dukungan. Suami wajib untuk mendukung istri menggali potensinya dan memaksimalkan perkembangan dirinya. Begitu pula seorang istri wajib untuk mendukung usaha suami meraih target hidupnya dengan penuh kepercayaan.

Bahkan, orang tua pun harus mendukung anak meraih cita-citanya sendiri, tanpa memaksakan anak melakukan ambisi orang tuanya. Dengan seluruh anggota keluarga yang saling mendukung, maka akan mungkin sebuah keluarga menjadi harmonis dan saling menghargai satu sama lain.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 28th, December 2016 / 14:13 Oleh :
Kategori : Suami Istri