15 Penyebab Istri Minta Cerai dari Suami

‘Cerai’ adalah kata sihir yang tidak ingin didengar atau bahkan diucapkan oleh pasangan suami istri yang sudah menikah. Tapi tetap saja, masalah dan rintangan berumah tangga selalu ada. Emosi pun juga bisa saja keluar dengan sendirinya tak memperhatikan waktu. Tak heran kata ‘cerai’ tersebut sering diucapkan ketika mereka sedang beradu argumen, yang berikutnya menghasilkan pertengkaran.

ads

Pasangan yang mendapatkan solusi dalam pertengkarannya mungkin akan melupakan kata ‘cerai’ yang pernah sempat terucapkan tersebut. Namun beberapa pasangan ada yang masih tersendat dalam pertengkaran tersebut. Tidak menemukan solusi, akhirnya memutuskan untuk tidak saling berbicara. Ketika tidak ada salah satu dari keduanya memulai pembicaraan, kata ‘cerai’ yang pernah terucapkan tersebut akan muncul kembali. Karena mereka berpikir mungkin itulah satu-satunya solusinya.

Pria sebagai seorang suami dan kelapa rumah tangga memiliki kewenangan dalam memutuskan segala hal yang terjadi pada rumah tangga. Pria juga merupakan orang yang emosional dan bertindak cepat tanpa dipikir ketika dalam perasaan emosi. Itulah mengapa tidak sedikit kata ‘cerai’ tersebut keluar dalam mulut Pria. Namun tahukah Anda, bahwa Wanita pun juga bisa mengucapkan kata ‘cerai’? Berdasarkan kasus – kasus yang pernah terjadi, sebesar 30% kasus perceraian disebabkan oleh permintaan sang Istri. Lalu hal – hal apa saja yang menyebabkan Istri meminta perceraian? Ini dia penyebab istri minta cerai :

1. Tidak Merasa Nyaman

Sebuah pasangan yang sudah menikah seharusnya sudah memiliki perasaan nyaman satu sama lain. Mereka akan berbagi kasih sayang, perhatian, menceritakan momen bahagia, sedih dan lain sebagainya. Rasa cinta muncul karena rasa nyaman. Dan rasa nyaman muncul karena adanya kasih sayang. Ada sebuah quote yang mengatakan, “Kebahagiaan itu akan ada ketika kita saling mengasihi dan dikasihi”. Ya, memang benar. Jika pasangan suami istri saling kasih dan mengasihi, tentu rasa nyaman tersebut akan selalu ada. Namun, rasa nyaman akan hilang jika ada yang mengasihi tetapi tidak dikasihi dan dikasihi tetapi tidak mengasihi.

Istri meminta cerai dapat disebabkan karena tidak merasa nyaman. Hal ini dikarenakan karena adanya sesuatu yang hilang diantara kata mengasihi-dikasihi. Ada kalanya sang Istri mengasihi dan menyayangi suaminya, namun Ia tidak mendapatkan timbal balik kasih sayang dari suaminya tersebut. Hal ini dapat menjadi penyebab Istri meminta perceraian. (Baca juga : Penyebab Rumah Tangga Tak Bahagia)

2. Tidak Harmonis

Rumah tangga yang tidak harmonis akan memiliki banyak perselisihan, pertengkaran, adu mulut dan adu yang lainnya. Jika diteruskan, kedua suami dan istri akan saling menyalahkan satu sama lain, menjelek-jelekkan, mementingkan ego masing-masing serasa tidak ada yang ingin mengalah. Dan pada akhirnya tidak ditemukan titik temu yang dapat menyatukan keduanya. Hal ini dapat merusak keharmonisan rumah tangga Anda dan juga menjadi penyebab mengapa Istri meminta perceraian. (Baca juga: Penyebab Rumah Tangga Sering Cekcok)

3. Terbebani

Menjadi seorang Istri memang tidaklah mudah. Mengerjakan pekerjaan rumah, menjaga dan mendidik anak dan disaat yang bersamaan juga harus melayani suaminya di rumah. Istri memang sangat sabar dan ulet dalam melakukan tanggung jawabnya, terutama sebagai seorang Istri. Namun pekerjaan yang terlalu berat akan sangat membebaninya.

Rumah tangganya memang masalah yang penting. Tetapi hal-hal seperti menghabiskan waktu bersama suami dan keluarga, mendapat kejutan dari suami atau travelling berdua bersama suami adalah apa yang sebenarnya Istri ingin lakukan. Jadi jangan terlalu membebani Istri Anda dalam bekerja di rumah. Beri Ia penghargaan dan waktu Anda juga. (Baca juga: Tips Hidup Bahagia Dalam Rumah Tangga)

4. Tidak Dinafkahi Secara Batin

Waktu adalah hal yang harus Suami berikan lebih banyak ketika dalam berumah tangga. Ringankan tekanan dan beban yang dirasakan Istri Anda dengan menghabiskan waktu berdua lebih lama dan lebih sering. Nafkahi Istri Anda secara ‘batin’. Terkadang yang Wanita butuhkan bukanlah harta atau kekayaan Anda. Namun yang Ia inginkan adalah perhatian Anda, kasih sayang Anda dan waktu berdua bersama Anda.


5. Kurang Dinafkahi Secara Materil

Tidak hanya dari segi batin, materiil pun harus Suami nafkahi. Memberikan nafkah kepada Istri dari segi materiil memang merupakan kewajiban dari seorang Suami. Ketika Anda tidak menafkahi Istri Anda, maka tanggung jawab Anda telah lalai sebagai seorang suami. Seorang Istri tidak akan segan-segan meminta cerai kepada suami yang tidak menafkahi dirinya dan telah melalaikan tanggung jawabnya. (Baca juga: Kewajiban Laki-Laki Setelah Menikah)

6. Kekerasan

‘Kekerasan’ juga bisa menjadi penyebab Istri meminta perceraian kepada Suami. Tidak ada seorang pun Istri yang ingin diperlakukan secara kasar dan tanpa kasih sayang seperti itu. Sebuah pertengkaran tidak seharusnya berakhir dengan sebuah kekerasan. (Baca juga: Cara Menghadapi Masalah Rumah Tangga)

7. Berbeda Pendapat

Membangun rumah tangga berarti menjalin hidup bersama, menjalani komitmen dan tujuan bersama. Seorang Istri akan merasa asing dalam sebuah rumah tangga dan ingin meminta perceraian ketika Ia memiliki pendapat, tujuan dan komitmen yang berbeda dengan suami. (Baca juga: Penyebab Istri Sering Marah)

8. Jarang Pulang

Kewajiban menafkahi terkadang membuat Suami bekerja keras banting tulang hingga jarang pulang ke rumah. Hal inilah yang sering membuat Istri tidak tahan dan tidak betah menjalani rumah tangganya bersama Anda. Bagi Suami yang jarang pulang, mengertilah kondisi Istri Anda yang juga membutuhkan perhatian Anda. Sempatkanlah pulang beberapa saat atau hanya berbicara dan bertanya kabar.

9. Kurang Tegas

Menjadi seorang kepala keluarga harusnya Suami memiliki sifat yang wibawa dan tegas. Istri sering menjadi kesal ketika suaminya bahkan tidak bisa tegas dalam mengatasi suatu hal. Ini dapat mengganggu kepercayaan Istri terhadap Anda.

10. Tidak Ada Waktu Bersama

Salah satu penyebab Istri meminta perceraiannya juga bisa karena tidak ada waktu bersama. Suami tidak menyempatkan waktu berdua bersama atau hanya sekedar berbicara bersama. Hal ini dapat membuat Istri Anda depresi, stress dan tekanan yang berat dalam berumah tangga. (Baca juga: Cara Membahagiakan Istri Tercinta)

11. Kurang Perhatian

Istri juga akan menjadi kesal dalam berumah tangga ketika suaminya bahkan tidak memberikan perhatian kepadanya.

12. Tidak Pernah Memberi Pujian

Istri membutuhkan sesuatu yang sederhana seperti memberi pujian kepada Istri, mengelus rambutnya, memuji masakannya dan lain sebagainya. Sebagaimana Anda yang menginginkan perhatian, berikanlah perhatian Anda pula dengan sedikit memberi pujian kepadanya. (Baca juga: Penyebab Suami Cuek)

13. Pertengkaran

Sebuah adu argumen dan pertengkaran juga dapat memunculkan perselisihan dalam berumah tangga. Jangan sampai pertengkaran yang terjadi menyakiti hati Istri Anda dan menghasilkan pertengkaran yang hebat.

14. Masalah Keluarga

Keluarga juga bisa jadi menjadi faktor Istri meminta perceraian. Hubungan baik keluarga dari kedua pasangan suami-istri sangatlah penting. Jika ada celah atau konflik yang terjadi diantara keluarga tersebut, percekcokan pun juga akan terjadi.

15. Masalah Lain

Masalah-masalah lainnya juga bisa saja menjadi penyebab Istri meminta perceraian, seperti: perselingkuhan, orang ketiga, suami yang cuek dan lain sebagainya. (Baca juga: Cara Mencegah Suami Agar Tidak Selingkuh)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 03rd, August 2017 / 04:31 Oleh :
Kategori : Suami Istri