Sponsors Link

8 Penyebab Pria Selingkuh Dari Istrinya

Sponsors Link

Memiliki istri cantik memang menjadi dambaan hidup semua pria. Meski ternyata istri cantik bukanlah jaminan untuk menghindarkan pria dari ironisnya hubungan perselingkuhan. Zoya Amirin, seorang psikolog seksual mengatakan, “Sifat pria itu secara sosiobiologi seperti sifat spermanya yang agresif dan cenderung sulit monogami”. Artinya, dalam sebuah pernikahan, pria memiliki kecenderungan lebih besar untuk berselingkuh. Zoya juga berpendapat dari sekian banyak penelitian bahwa faktor utama pria selingkuh adalah tidak mampu mengkomunikasikan kebutuhannya. Contohnya saat dia menginginkan perhatian dari istrinya, namun tidak bisa untuk meminta atau mengatakannya dan sebaiknya memiliki cara mencegah selingkuh dan cerai.

Oleh karena itu, wanita setidaknya memang harus lebih peka dalam memahami apa yang diinginkan oleh sang suami. Karena perselingkuhan itu merupakan hal nyata yang bisa menghantui siapa saja termasuk pria yang sudah beristri sekalipun. Kepekaan wanita pu tidak hanya sampai pada memberikan perhatian saja, namun juga kepekaan pada hal-hal yang bisa saja menyebabkan suaminya melakukan perselingkuhan dengan wanita lain.

Berikut adalah beberapa faktor pria selingkuh dari istrinya :

1. Komunikasi yang buruk

Dalam dunia percintaan komunikasi merupakan salah satu faktor penentu sebuah hubungan, apabila bagi pasangan yang telah menikah. Justru komunikasi harus semakin ditingkatkan karena menikah bukanlah seperti pacaran yang mungkin yang bisa mencari penyebab putus cinta seenaknya. Oleh karena itu, menjaga komunikasi dengan baik dengan pasangan juga merupakan kunci sukses suatu hubungan.

Kurangnya komunikasi atau komunikasi yang terjalin terbilang buruk, maka bisa saja menjadi faktor penyebab terjadinya perselingkuhan. Begitu pula pria, apabila komunikasi yang dijalin bersama istri buruk, maka tidak menutup kemungkinan bagi pria untuk menjalin hubungan dengan wanita lain tanpa sepengetahuan istrinya. Artinya, dia telah melakukan perselingkuhan dari istrinya.

2. Kurangnya kepuasan biologis

Meskipun tujuan utama dari sebuah pernikahan bukanlah berhubungan intim melainkan membangun rumah tangga, tetapi ketahuilah bahwa hubungan keintiman merupakan sebuah media untuk bisa mengikat hubungan secara emosional dan jiwa menjadi lebih kuat. Sedemikian sehinggga apabila kegiatan di atas ranjang tidak berjalan dengan baik dan menimbulkan kurangnya kepuasan, maka bisa jadi itu menjadi salah satu penyebab terjadinya perselingkuhan.

Begitu pula dengan pria, kepuasan biologi yang tak terpenuhi dari istrinya biasanya akan membuat dia mencari wanita lain untuk dijadikan sebagai selingkuhannya. Sehingga menjaga hubungan keintiman di atas ranjang sangatlah perlu dilakukan oleh kedua belah pihak agar tidak menimbulkan perselingkuhan terutama bagi pria yang terbilang lebih rentan untuk melakukannya.

3. Faktor lingkungan dan pergaulan

Perlu diingat bahwa lingkungan dan pergaulan memiliki pengaruh dalam membentuk karakter dan perilaku seseorang. Seperti kata pepatah yang berbunyi, “Air akan menjadi panas apabila ditaruh di atas api dan akan menjadi dingin apabila ditempatkan di dalam es”.

Pria yang salah memilih lingkungan dalam dunia pergaulan bisa saja terjebak dalam ironi perselingkuhan meskipun dia sudah beristri sekalipun karena suami memiliki peran penting dalam cara menjaga rumah tangga yang baik Oleh karena itu, seorang istri juga harus berani untuk bisa mengontrol lingkungan dan pergaulan yang dilakukan oleh suaminya. Namun jangan terlalu berprasangka buruk pula kepada setiap pergaulan yang dilakukan suami apabila belum ada bukti yang jelas.

4. Susah memperoleh keturunan dari istrinya

Salah satu tujuan makhluk hidup dalam menjalani kehidupannya ialah untuk melestarikan jenisnya dengan memiliki seorang keturunan. Begitu pula pasangan yang telah menikah, mereka pasti akan mendambakan kehadiran sang buah hati dalam kehidupan rumah tangganya.

Oleh karena itu, seorang pria akan lebih besar kemungkinannya untuk berselingkuh apabila susah memperoleh keturunan dari istrinya. Bahkan tak jarang pria yang langsung menceraikan istrinya karena tak lekas mendapat keturunan. Sedemikian sehingga apabila ingin menghindari adanya perselingkuhan, maka cobalah lakukan pemeriksaan ke dokter mengenai kesehatan reproduksi, baik pria maupun wanita.

Sponsors Link

5. Kurangnya perhatian dan kasih sayang dari istrinya

Rasa kasih sayang dan perhatian merupakan hal-hal yang harus selalu dijaga, dipupuk, dan dicurahkan kepada pasangan untuk bisa mempertahankan sebuah hubungan, terutama pernikahan. Kalau dalam sebuah lagu dikatakan bahwa wanita ingin dimengerti dan disayangi, maka begitu pula dengan pria. Pria yang sudah menikah tentunya juga ingin mendapat perhatian dan kasih sayang dari pasangan wanitanya, yaitu istrinya.

Sehingga apabila istri kurang memberikan perhatian dan kasih sayang kepada suaminya, maka bisa dikatakan suami nantinya akan merasa bosan dan cenderung mencari perempuan lain yang sekiranya mampu memberikan perhatian dan kasih sayang yang lebih intens serta besar daripada istrinya sendiri. Dengan kata lain, suami akan mencari wanita lain untuk dijadikan selingkuhannya di belakang istri sahnya sendiri.

6. Kurang dihargai dan dihormati di rumah

Seperti yang telah digariskan Tuhan bahwa pria adalah seorang pemimpin dalam rumah tangga dan tergantung juga dengan cara suami memperlakukan istri dengan baik. Oleh karena itu, sudah sepatutnyalah seorang istri menghargai sekaligus menghormati suaminya dalam rumah tangga. Meskipun sebenarnya harus saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Salah satu penyebab kurang dihargainya seorang pria dalam rumah tangga adalah sikap dominan atau superior yang dimiliki oleh sang istri. Sikap itu yang menimbulkan anggapan dalam diri suaminya bahwa dia kurang memiliki arti bila dibandingkan dengan istrinya. Sehingga dia bisa saja mengambil keputusan untuk mencari wanita lain yang sekiranya lebih menghargai sekaligus menghormatinya.

Jadi untuk seorang istri yang memang lebih dominan atau superior dalam rumah tangga sebaiknya tetaplah bersikap rendah hati terutama di depan suaminya. Tunjukkanlah rasa hormat kepada suami seperti meminta pendapat suami sebelum melakukan sesuatu meskipun sebenarnya tanpa bertanya pada suami pun bisa dikerjakannya langsung.

Sponsors Link

7. Ajang balas dendam

Pengkhianatan yang pernah dilakukan seseorang kepada orang lain memang akan sulit untuk dimaafkan. Begitu pula apabila seorang wanita pernah mengkhianati suaminya untuk berselingkuh dengan pria lain. Hal ini bisa saja memicu suami untuk melakukan pembalasan dengan cara melakukan selingkuh juga bersama wanita lain. Apabila hal ini terjadi dalam suatu rumah tangga, maka penyelesaian yang paling bijaksana adalah melakukan pembicaraan secara pribadi di antara keduanya, yaitu pihak suami dan istri.

8. Rasa cintanya yang memudar

Penyebab terakhir pria selingkuh dari istrinya adalah pudarnya rasa cinta yang dimiliki terhadap istrinya yang menjadi penyebab rasa cinta berkurang merupakan komplikasi dari penyebab-penyebab yang telah disebutkan dan dijelaskan di atas. Dengan kata lain, memudarnya rasa cinta suami terjadi karena komunikasi yang buruk, kurangnya kepuasan biologis, faktor lingkungan dan pergaulan, susah memperoleh keturunan dari istri, kurangnya perhatian dan kasih sayang dari istri, kurang dihargai dan dihormati di rumah, dan balas dendam. Hal ini bisa saja terjadi sehingga memancing suami untuk melakukan perselingkuhan dengan wanita lain.

Oleh karena itu, wanita haruslah pintar-pintar dalam menyenangkan dan membuat nyaman suaminya terlebih saat berada di dalam rumah. Jadikanlah suasana yang nyaman dan menyenangkan di dalam rumah bagi sang suami. Seperti kata pepatah, “Rumahku Surgaku”.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 21st, December 2015 / 13:12 Oleh :
Kategori : Suami Istri