10 Tips Menjadi Istri yang Baik dan Disayang Suami

Sponsors Link

Salah satu menjaga keharmonisan sebuah rumah tangga adalah dengan selalu menjaga kehangatan hubungan suami istri. Setiap wanita yang telah menikah sudah tentu selalu menginginkan suami yang selalu mencintai dan menyayanginya. Namun sudah tentu untuk memperoleh kasih sayang dari suami yang bertambah dari hari ke hari harus melalui usaha. Usaha itu tidak lepas dari pemenuhan berbagai kewajiban dari istri kepada suami. Namun, tidak hanya dari istri saja. Perilaku yang selaras saling mengasihi antara suami dan istri adalah kunci untuk mempertahankan keharmonisan rumah tangga.

Nah, untuk mempertahankan keharmonisan itu ada beberapa tipsTips Menjadi Istri yang Baik dan Disayang Suami :

1. Selalu Taat Kepada Suami

Kewajiban seorang istri adalah taat kepada suaminya. Ibarat berlayar dengan sebuah kapal, maka suami adalah nahkoda kapal tersebut. Maka istri harus mematuhi perintah suami selama tidak bertentangan dengan aturan agama. Seorang suami dengan segala kelebihan yang dimilikinya telah dijadikan Allah swt sebagai seorang pemimpin di dalam sebuah keluarga dan selalu taat kepada suami merupakan tips menjaga keharmonisan rumah tangga. Bahkan dalam Rasulullah saw. bersabda yang artinya:

“Seandainya aku memerintahkan agar seseorang bersujud kepada orang orang lain maka pasti (yang paling dulu) aku memerintahkan agar seorang wanita (istri) bersujud kepada para suaminya.” (HR at-Tirmidzi).

Ketaatan seorang istri akan menjadi bagi seorang istri untuk mengabdi kepada suami sehingga bisa dianggap sebagai istri yang baik.

2. Menjaga Amanat sebagai Seorang Ibu

Kodrat dan amanat seorang ibu di dalam rumah tangga adalah merawat, membesarkan, dan mendidik anak-anaknya. Jadi, mengabdi kepada suami tidak hanya diwujudkan melalui tindakan-tindakan ketaatan kepada suami saja, tetapi juga dalam bentuk tindakan yang mencerminkan rasa cinta kasih kepada anak. Anak adalah generasi penerus di dalam keluarga. Saat anak dirawat, dibesarkan, dan juga dididik dengan cara yang baik sesuai syariat Islam tentu saja kelak anak tersebut akan menjadi generasi penerus yang bisa membanggakan baik bagi agama, keluarga, nusa, dan bangsa.

3. Menjaga Amanat sebagai Ibu Rumah Tangga

Tugas pokok seorang istri tidak hanya mengabdi kepada suami dan merawat anaknya saja, tetapi juga menyadari kodratnya sebagai seorang ibu rumah tangga. Salah satu tugas seorang ibu rumah tangga adalah mengatur kebersihan rumah. Menjaga kondisi rumah tetap rapi, bersih, dan juga nyaman secara konkrit akan membuat suami merasa nyaman berada di rumah. Jadi meskipun terkesan konvensional, namun tugas sebagai ibu rumah tangga tidak bisa dianggap sebagai tugas sepele.

4. Pintar Menjaga Diri, Kehormatan, dan Juga Harta Suami

Saat suami tidak ada di rumah, tugas seorang istri adalah menjaga dirinya dan juga harta suami dengan sebaik-baiknya. Seorang istri tidak bisa menerima tamu sembarangan, terutama laki-laki yang bukan muhrimnya. Bahkan, seorang istri tidak boleh memasukkan seorang tamu ke dalam rumah jika suami tidak menghendakinya untuk masuk ke dalam rumah. Seorang istri juga harus menjaga kehormatan suaminya. Saat ini banyak sekali para istri yang secara sadar atau tidak sering merendahkan martabat suami. Misalnya, berbincang-bincang dengan tetangga kemudian membicarakan keburukan-keburukan yang dilakukan oleh suami. Perilaku tersebut merupakan salah satu contoh sikap seorang istri yang tidak bisa menjaga kehormatan suami.

5. Memberikan Penghargaan dan Juga Pujian Kepada Suami

Memberikan penghargaan bukan berarti memberikan hadiah dalam bentuk materi. Memuji suami karena telah membantu pekerjaan rumah tangga adalah salah satu contoh perilaku yang bisa Anda lakukan untuk membuat suami senang. Suami akan merasa dihargai dengan hal-hal kecil namun sangat berkesan semacam itu. Memberikan pelukan mesra, memberi pujian, sekedar menanyakan sudah makan atau belum pada saat suami bekerja adalah contoh hal-hal berkesan yang akan menambah rasa cinta suami kepada istri.

6. Menyenangkan Jika Dipandang

Bisa jadi sudah menjadi kodrat seorang wanita untuk selalu ingin berpenampilan menarik. Namun, berdandanlah hanya ketika berada di depan suami. Namun, perlu Anda tahu bahwa kecantikan fisik juga bukan segalanya karena kelak kita juga akan bertambah tua dan kecantikan fisik itu akan memudar dengan sendirinya. Seorang suami akan sangat senang memandang istrinya ketika sang istri senantiasa memberikan kesetiaan yang tulus ikhlas, selalu menunjukkan senyuman hangat saat dipandang, serta selalu menunjukkan rasa cinta dan pengorbanan. Bahkan memanggil suami dengan panggilan yang disukainya bisa menjadi hal sepele namun berdampak besar bagi kehangatan hubungan suami istri.

7. Lemah Lembut Saat Bertutur Kata

Sponsors Link

Selalu bertutur kata dengan lembut merupakan salah satu wujud nyata kesopanan kepada suami. Suami akan sangat senang mendengarkan suara istri yang lembut. Dalam kelembutan itu, suami akan merasa ditentramkan hatinya. Bahkan saat Anda berselisih paham dengan suami usahakan agar selalu bertutur kata dengan lembut. Bisa jadi metode seperti itu justru akan meredamkan perselisihan. Ketika suami merasa lelah, menghadapi masalah, ataupun merasa putus asa, niscaya berbagai perasaan itu akan lenyap ketika istri bertutur kata lembut kepada suaminya dan suami akan selalu memiliki cara suami memperlakukan istri dengan baik.

8. Membantu Menemukan Solusi

Apakah setiap kehidupan rumah tangga selalu tanpa masalah? Tentu saja tidak. Masalah adalah bumbu dalam kehidupan rumah tangga. Jika seorang suami menemukan masalah selama mencari nafkah di luar rumah, maka bantulah ia untuk menemukan solusi terbaik. Jangan menambah persoalan baru dengan banyak mengeluh kepada suami. Hal tersebut justru menambah beban bagi suami. Bantulah suami mencari solusi terbaik terhadap masalah yang dihadapi. Bersyukurlah terhadap segala nikmat yang diperoleh selama berumah tangga.

9. Melayani Suami dengan Baik

Melayani suami tidak hanya seputar “tempat tidur” saja. Melayani suami adalah berusaha untuk menyiapkan segala keperluan suami, bisa makanan, pakaian untuk bekerja, atau bahkan memasak. Suami akan merasa lebih dihargai dan juga lebih senang ketika dilayani oleh istri dibandingkan oleh pembantu. Lakukan segala hal dengan ikhlas dan cinta agar suami merasa diperhatikan dan ini merupakan cara menjaga rumah tangga yang baik.

Sponsors Link

10. Berterima Kasih dan Memaafkan

Jangan pernah malu atau sungkan mengucapkan terima kasih kepada suami karena telah menyenangkan Anda. Sekedar berterima kasih membuat suami merasa dihargai. Namun, jangan pula serta merta menyalahkan suami jika ia melakukan kesalahan. Manusia sudah sewajarnya melakukan kesalahan. Maafkanlah kesalahan suami, jika perlu upayakan agar suami istri saling mengingatkan jika melakukan kesalahan. Jangan lupa, ingatkan suami dengan tutur kata yang lemah lembut. Berterima kasih dan memaafkan adalah dua hal penting untuk mencegah perselisihan suami istri.

Demikian beberapa tips menjadi istri yang baik dan disayang suami. Saling menghargai satu sama lain dan juga saling mengingatkan jika membuat kesalahan akan menjadi pondasi penting untuk meningkatkan cinta kasih suami istri.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 31st, March 2016 / 10:24 Oleh :
Kategori : Suami Istri