10 Tips Menjaga Hubungan Tetap Mesra antara Suami dan Istri

Sponsors Link

Dalam kehidupan, memulai suatu hubungan yang baru terbilang lebih mudah daripada menjaga hubungan yang ada. Hubungan yang harmonis dalam rumah tangga tidak semata-mata timbul begitu saja, didalamnya dibutuhkan usaha yang dilakukan agar suatu hubungan tidak hancur. Hubungan yang harmonis tidak mudah diwujudkan, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Kemesraan bukan hanya pada saat pengantin baru atau pada saat pacaran saja, tapi selama hubungan itu ada.

Apalagi untuk mereka yang sudah menikah dalam waktu yang lama, pintar-pintarlah mencari cara mempertahankan hubungan yang sudah lama dan mensiasati agar tidak ada penyebab pudarnya cinta pada pasangan. Tidak peduli berapa umur pasangan atau berapa banyak anak mereka, kemesraan harus tetap ada dalam hubungan. Kemesraan yang hilang dapat menimbulkan banyak masalah misalnya penyebab suami bosan dengan istri dalam rumah tangga, penyebab suami istri tidak harmonis, dan perceraian antara suami istri.

Mesra disini tidak berarti harus selalu bersama-sama setiap keadaan, kegiatan, atau selalu ditempat yang sama. Tapi adanya kedekatan secara batin atau rasa antara suami dan istri. Kemesraan dalam rumah tangga mendatangkan kedamaian untuk keluarga yang ada didalamnya. Cara berbakti kepada suami dan cara memperlakukan istri dengan baik merupakan bagian dari faktor pendukung hal tersebut. Berikut tips menjaga hubungan tetap mesra selama pernikahan :

          1. Komunikasi yang baik

Komunikasi menjadi nomor satu dalam setiap hubungan. Dengan komunikasi, pasangan akan merasa dihargai dan secara tidak langsung menandai bahwa pasangan adalah orang yang penting dalam hidupnya. Dizaman sekarang banyak kemudahan dalam berkomunikasi, misalnya saja handphone yang sudah banyak orang pakai. Maka tidak ada lagi alasan untuk putus komunikasi. Bagi suami istri yang sama-sama sibuk sempatkanlah untuk mengirim SMS atau menelpon misalnya jam istirahat atau sebelum mulai bekerja.

          2. Tidak membuat celah untuk orang ketiga

Kesetiaan pada pasangan saat pernikahan sangat penting. Jangan biarkan orang ketiga masuk dalam rumah tangga. Dampaknya sangat besar dalam suatu hubungan. Ciri-ciri istri selingkuh dari suami ataupun sebaliknya akan dikenali oleh pasangan, yang terbilang sudah hafal dengan tingkah laku pasangannya. Perselingkuhan bukan hanya karena ada godaan dari luar, tapi mungkin juga karena individu yang tidak bisa mencegah dirinya sendiri untuk berselingkuh. Tidak membiarkan orang ketiga masuk kedalam rumah tangga merupakan salah satu ciri-ciri pria setia dan serius serta bertanggung jawab, begitu juga dengan istri.

          3. Jangan mendikte pasangan

Jangan memaksakan kehendak kepada pasangan jika permintaan itu memberatkan. Harus dipikirkan juga bagaimana perasaan pasangan. Dengan cara suami memperlakukan istri dengan baik, maka dengan sendirinya istripun akan melakukan yang sama pada suami. Pasangan itu adalah teman hidup selamanya yang juga punya tugas dalam rumah tangga.

          4. Beri kepercayaan pada pasangan

Kecurigaan yang berlebihan dapat menjadi penyebab suami istri sering bertengkar dalam rumah tangga. Kepercayaan ini juga berkaitan dengan kesetiaan. Saling percaya akan menimbulkan ketenangan dalam menjalani hubungan. Jangan mengharuskan pasangan memberikan kepercayaan jika diri sendiri belum bisa percaya pada pasangan. Jika kepercayaan sudah terjalin maka cara menjaga rumah tangga yang baik akan terwujud.

          5. Atur waktu untuk bersama

Untuk menciptakan kemesraan tidak harus pergi jauh atau ke tempat mahal. Cukuplah seperti nonton televisi bersama pada akhir pekan atau bersama-sama mendekor ulang rumah. Semakin banyak waktu yang dilalui dengan kebersamaan ini efektif untuk cara mempertahankan hubungan persahabatan suami istri dan pacaran. Jika memungkinkan bisa dengan liburan bersama keluar daerah.

Sponsors Link

          6. Jadi pendengar yang baik untuk pasangan

Masalah kehidupan datang silih berganti dan tidak memandang laki-laki atau perempuan. Sempatkanlah mendengar cerita dan keluh kesah pasangan dalam sehari. Berbagi cerita dan saling sharing akan menambah keakraban satu sama lain. Ketika berbagi cerita dapat memposisikan diri menjadi seorang sahabat, selain itu juga dapat mengurangi pertengkaran dalam rumah tangga.

          7. Utarakan pendapat dengan sopan

Setiap kepala berbeda isi dan penalarannya. Jika ditemukan perbedaan pendapat, utarakanlah dengan sopan pada pasangan. Dan biarkan dia juga menanggapi apa yang Anda lontarkan. Ini berlaku juga pada saat mencari solusi masalah hidup. Perbedaan dalam rumah tangga itu wajar, karena sejatinya setiap manusia terlahir dengan kemampuan dan pemikirannya yang berbeda-beda pula. Yang perlu dijaga yaitu janganlah sampai keluar ucapan yang menyakitkan hati pasangan.

          8. Perhatian kepada pasangan

Pertahankan perhatian yang diberikan sama seperti dulu pada saat memulai hubungan. Kebiasaan seperti memberi kado kecil untuk ulang tahun jangan pernah dilewatkan. Perhatian yang diberikan adalah merupakan cara membahagiakan istri tercinta ataupun sebaliknya. Sekecil apapun perhatian yang diberikan, pasti akan dihargai oleh pasangan. Perhatian ini juga cara mencegah selingkuh dan cerai yang sering terjadi dimasyarakat, dimana pasangan lebih mencari kesenangan diluar rumah karena tidak mendapat perhatian lebih ketika dirumah mereka sendiri.

          9. Jaga keromantisan

Romantis juga berlaku untuk mereka yang sudah lama menikah. Banyak cara hubungan menjadi romantis dan untuk menyampaikan keromantisan diantaranya dengan menyiapkan makan malam romantis berdua dengan pasangan, pergi ke tempat-tempat favorit saat dulu pacaran. Menggenggam tangan ataupun mencium kening pasangan sebelum berangkat kerja juga menunjukkan keromantisan.

Sponsors Link

          10. Saling membantu

Rumah tangga adalah awalnya dibangun oleh sepasang kekasih, kemudian berkembang dengan anak-anak mereka. Pasangan yang baik bukan hanya ada pada saat senang, tapi juga bersama pada saat susah. Tolong menolong didalamnya sangat diperlukan. Karena tidak mungkin membiarkan istri atau suami mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga dan mencari nafkah sekaligus.

Hubungan yang dijaga kemesraannya akan membuat hubungan tersebut langgeng dan tidak hilang termakan usia. Tantangan hidup sebesar apapun akan terasa mudah dilewati bagi pasangan yang sudah kompak dalam kehidupannya. Karena masalah yang datang itu bukanlah hal yang harus dikhawatirkan tapi bagaimana menyikapi masalah tersebut. Pasangan yang baik adalah mereka yang mengetahui kekurangan pasangannya tapi tetap ingin bersama selamanya dan tidak berpikir bagaimana cara untuk berpisah walaupun mendapatkan masalah serumit mungkin. Karenanya tidak semua manusia dilahirkan dengan kesempurnaan, hadapilah itu dengan pengertian satu sama lain.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 08th, June 2016 / 23:57 Oleh :
Kategori : Suami Istri