8 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Membangun mahligai rumah tangga tentu saja sudah menjadi impian hampir semua orang di dunia ini. apalagi membangun rumah tangga dengan pasangan idaman yang selama ini sudah menjadi sepasang kekasih. Indahnya cinta akan lebih sempurna jika disematkan pada bahterai perkawinan. Namun kadang kalanya hal yang diharapkan memang tidak selalu akan sesuai dengan rencana. Hal ini tentu saja harus disadari oleh semua orang termasuk juga orang yang membangun biduk rumah tangga.

ads

Cek-cok dan permasalahan kecil atau besar tidak jarang akan menerpa sebuah hubungan yang sudah lama di impikan di dalam rumah tangga. Adanya selisih paham tentu saja menjadi hal yang normal karena pasangan juga manusia yang selalu memiliki sifat bosan, marah dan salah dan sebaiknya memiliki cara menghadapi masalah dalam keluarga. Oleh karena itu ada baiknya bagi anda yang hendak mempersiapkan hubungan ke jenjang perkawinan sebaiknya mengetahui bagaimana cara membuat rumah tangga agar selalu harmonis.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga selengkapnya, simak berikut ini:

  1. Saling Mengetahui dan Mengerti

Setiap pasangan baik itu istri atau suami pasti akan memiliki sifat atau latar belakang lingkungan yang tidak sama meskipun mereka dahulu juga tumbuh di lingkungan yang sama. Suami dan istri pasti akan memiliki perbedaan sifat meskipun tidak mencolok. Nah, perbedaan ini kerap kali juga menimbulkan masalah di kemudian hari walaupun hanya karena perbedaan kecil. Jadi sebaiknya suami dan istri sudah mengetahui sifat dari masing-masing pasangannya, baik dan buruknya seperti apa. Jika sudah mengetahui sifat masing-masing maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengerti mengenai sifat yang dimilikinya tersebut dan mencoba tidak marah jika memang ada perbedaan yang terjadi dan sebaiknya memiliki cara meredam emosi dalam menghadapi setiap perbedaan.

  1. Selalu Berbagi

Suami dan istri merupakan partner di dalam kehidupan yang disahkan melalui jalur pernikahan. Karena suami istri ini tujuannya adalah untuk hubungan sampai maut memisahkan maka tidak pelak lagi baik suami atau istri harus bisa saling berbagi. Saling berbagi di sini seperti berbagi suka dan duka, ketika suami sedang terpuruk sang istri hendaknya memberikan semangat dan mengevaluasi bersama kenapa bisa terpuruk, bukannya malah memarahi sang suami. Sebaliknya, jika suami sedang berada di atas, istri juga harus memberikan semnagat terus dan mengelola bagaimana baiknya supaya posisi tersebut dapat bertahan lama. Selalu seperti ini akan membuat rumah tangga menjadi harmonis.

  1. Saling Menghormati

Baik istri maupun suami harus bisa saling menghormati hak dan kewajibannya masing-masing. pada budaya Indonesia memang wanita menjadi kaum yang berada di bawah namun ini tidak bisa menjadikan suami bisa semena-mena denga istri. Suami harus tetap memiliki cara suami memperlakukan istri dengan baik, lembut dan penuh kasih sayang. Begitu pula dengan istri sebaiknya untuk menghormati suami sebagai kepala rumah tangga dan harus menjaga kewibawaan suami. Dengan saling menghormati ini bisa menjadikan rumah tangga semakin harmonis karena suami dan istri tidak ada yang merasa dirugikan satu sama lain.

  1. Berusaha Membahagiakan Pasangan

Guna mempererat tali kasih sayang di dalam mahligai pernikahan dan dalam kehidupan rumah tangga sebaiknya pasangan suami istri untuk berusaha saling membahagiakan satu sama lain. Hal ini sebenarnya tidak harus selalu dengan materi, misalnya istri mengetahui makanan kesukaan suami dan dia memasakan masakan tersebut untuk suami, itu juga merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk membahagiakan suami. Begitu pula dengan suami, jika istri sedang lelah karena mengurus rumah tangga, suami bisa memijitnya dengan kelembutan supaya istri terus merasa bahagia di dalam pernikahan ini.

  1. Mengatasi Masalah Bersama

Pernikahan itu sejatinya menyatukan dua diri yang menjadi satu. Di dalam diri yang satu itulah mereka akan selalu bersama-sama baik dalam suka maupun duka. Nah, salah satunya adalah ketika pasangan suami istri sedang mengalami masalah, jika salah satu dari mereka ada yang mengalami masalah sebaiknya harus diselesaikan bersama-sama dan selalu mencari cara menghadapi masalah yang berat yang terjadi dalam hubungan rumah tangga untuk antisipasi, dengan catatan bahwa pihak yang memiliki masalah harus memberitahukan apa saja yang tengah menjadi masalah supaya tidak ada dusta antara suami dan istri.

  1. Mampu Menerima Satu Sama Lain


Di dalam pernikahan baik suami maupun istri harus bisa saling menerima sifat satu sama lain bukan hanya pada hal yang baik saja namun juga hal yang dipandang tidak baik. Hal ini tentu saja juga berlaku pada masalah fisik. Jika memang salah satu dari pasangan suami istri memiliki kekurangan fisik sebaiknya pihak lainnya agar selalu menerimanya dengan lapang dada. Hal ini sangat penting karena hubungan rumah tangga tidak akan berjalan dengan baik jika pasangan suami istri tidak bisa menerima satu sama lain.

  1. Terbuka

Jujur dan percaya adalah kunci dari langgengnya sebuah hubungan termasuk dalam hubungan rumah tangga. Mungkin bisa diteliti bahwa pasangan suami istri yang saling jujur dan saling berterus terang pasti akan lebih bahagia dibandingkan dengan pasangan yang tidak jujur dan menyembunyikan hal lain di belakang mereka.

Jujurlah kepada pasangan apapun hal itu, jika memang pasangan memiliki rasa cinta yang kuat pasti seburuk apapun keadaan akan selalu diterima dan dijalani bersama karena sifat jujur dan saling terbuka merupakan cara mencegah selingkuh dan cerai. Jujur juga akan membuat pasangan suami istri semakin saling menghormati, menghargai dan saling mengerti satu sama lain.

  1. Peduli

Peduli tentu saja menjadi hal yang penting yang harus dimiliki oleh kedua pihak baik dari suami maupun dari pihak istri. Saling peduli mengenai apa yang dilakukan, apa yang tengah menjadi masalah dan lainnya adalah salah satu kunci untuk bisa mempertahankan rumah tangga dan selalu dalam keadaan harmonis.


Peduli juga bisa menanamkan rasa percaya dan rasa cinta yang lebih dalam diantara keduanya. Jadi, jika ingin membangun rumah tangga yang langgeng dan harmonis bisa mulai dengan menanamkan rasa saling peduli.

Demikian informasi mengenai tips menjaga keharmonisan rumah tangga. Setiap rumah tangga pasti memiliki masalahnya masing-masing namun paling tidak hal yang telah dipaparkan di atas bisa menjadi salah satu solusi untuk bisa membuat hubungan rumah tangga menjadi lebih harmonis lagi. Sekian dan terima kasih telah membaca artike ini.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 13th, January 2016 / 08:07 Oleh :
Kategori : Suami Istri