Sponsors Link

25 Cara Mempertahankan Hubungan Persahabatan, Suami Istri dan Pacaran

Sponsors Link

Belakangan ini mempertahankan sebuah hubungan tidaklah mudah, bahkan bukan hanya hubungan suami istri saja, hubungan yang dapat dijalin pada individu sangatlah banyak diantaranya hubungan pasangan suami istri, hubungan saat berpacaran, hubungan pertemanan dan hubungan persahabatan.

Mempertahankan masing-masing hubungan ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, selalu  memerlukan cara-cara yang efektif yang ampuh digunakan untuk mmempertahankan hubungan ini. Baik itu hubungan teman, persahabatan suami istri ataupun hubungan ketika pacaran. Banyak alternatif cara yang dapat digunakan untuk mempertahankan itu semua. tentunya sangat penting sekali cara untuk mempertahankan setiap hubungan tersebut, maka dibawah ini akan diuraikan bagaimana cara mempertahankan hubungan agar dapat tahan lama.

Mempertahankan Hubungan Persahabatan

Untuk mempertahankan hubungan persahabatan yang memang sudah cukup lama dijalin ini agak sulit, meskipun hubungan ini sudah bertahan lama tetapi jika salah satu berbuat kesalahan tetnu ha lini akan mempengharrui persahabatan individu itu sendiri, maka untuk mempertahankan hubungan persahabatan bagi individu wajib menghindari hal ini

  1. Berkata bohong

Seorang sahabat, yang memang sudah lama bersahabat pastinya sudah mempercayai satu dengan yang lainnya terutama pada kejujuran seorang sahabat itu, ketika sahabat sudah lama sekali berteman dan berdampingan otomatis dia tidak akan senang bila dibohongi, tentu hal ini akan membuat persahabatan itu menjadi hancur dan renggang.

  1. Mengutarakan perasaannya

Jika persahabatan ini adalah persahabatan antara lelaki dan perempuan maka yang harus dihindari adalah mengutarakan perasaan kepada sahabatnya itu, seorang sahabat biaanya akan lebih ada daripada pacarnya ini akan memungkinkan seseorang lebih merasa nyaman dengan sahabatnya dari pada dengan pacarnya sendiri, seeorang sahabat yang sudah sering berinteraksi, abahkan bukan hanya seorang sahabat saja, seorang yang sering berinteraksi terus menerus dan sangat sering akan mudah untuk merasakan jatuh cinta dibanding oran gyang tidak sering melakukan interaksi, itu sebabnya orang yang bersahabat lama terutama laki-laki dan perempuan akan lebih mudah jatuh cinta karena interaksi yang memang sudah dekat. Selain itu kenyamanan yang didapat akan lebih banyak. Jika hal ini sudah dirasakan jangan sampai mengutarakan perasaan cinta itu kepada sahabat, karena hal ini dapat membuat hubungan persahabatan itu menjadi renggang. Dan bahkan setelah mengutarakan hal itu persahabatan bisa bubar.

  1. Menghina sahabatnya

Menjaga perasaan seorang sahabat sangatlah penting, apalagi menjaga perasaan hatinya, jika memiliki seorang sahabat yang memang pernah berbuat salah, jangan pernah menghinanya dengan kata-kata yang buruk yang membuatnya down, tolonglah ia dengan menyemangatinya dan menasehatinya dengan cara-cara yang halus. Yang paling penting adalah jangan pernah menghina sahabat karena hal ini akan mengurangi rasa percaya sahabat terhadap sahabatnya.

  1. Kurang peka

Sekian lama betahun-tahun bersahabat pasti akan memiliki kepekaan yang lebih daripada yang lainnya tetapi jika kepekaan itu mulai hilang makan kenyamanan yang dirasakan oleh sahabat juga akan hilang. Dengan kepekaan dan kepercayaan yang hilang ini akan membuat persahabatan menjadi renggang pula.

  1. Menghilang

Dalam kondisi susah maupuun senang jangan pernaha meninggalkan sahabat sendiri, jangan pernah menghilang tanpa kaar dari sahabatnya, dengan menghilang tanpa kabar ini justru akan membuat sahabat memiliki prasangkan buruk dan tidak baik. Jangan sampai mengecewakan sahabattnya hanya kaena sahabat menganggap bahwa sahabatnya itu tidak lagi percaya dengan sahabatnya sekarang. Bahkan ketika ada masalah atau apapun tidak mau berbagi malah menghilang begitu saja, kalimat inilah yang dapat merusak kepercayaan antar sahabat.

  1. Introvet

Sifat introfet yang tiba-tiba akan meracuni setiap pikiran positif masing masing sahabat ini. Bisa jadi seroang sahabat memiliki masalah yang besar dan menjadikan dirinya introfet, tetapi kalau bisa katakan pada sahabat bahwa hal itu tidak dapat diceritakan agar tidak terjadi kesalahpahaman terhadap sahabatnya.

  1. Tidak menghubunginya

Ketika persahabatan itu mulai erat maka sesibuk apapun keadaan dan keribetan yang sedang dialami jangan samapi tidak menghubungi sahabanya, paling tidak hubungilah dia minimal 2 minggu sekali. Paling tidak cukup memberi kabar saja bahwa keadaannya baik-baik saja atau dengan menayakan kabarnya. Jadilah orang baik karena ciri-ciri orang baik hati itu mudah dilihat

  1. Menjelek-jelekannya dibelakang

Berbuat baik didepan dan menjelek-jelekan dibelakang merupakan ciri-ciri wanita munafik yang paling tidak disukai antara antar individu, oran gmnafik kelihatan baik didepan sedangkan dibelakang menjelek-jelekan sahabatnya sendiri, jika ini terus-terusan terjadi maka hubungan persahabatan ini tidak akan dapat dipertahankan lebih lama lagi.

  1. Merebut pasangan sahabat

Saking ekatnya dengan sahabat tidak berarti dekat pula dengan pasangan sahabatnya. Bukan fenomena yang langka seorang pasangan dari sahabat selingkuh dengan sahabatnya sendiri dengna berbagai alasan yang memang terkadang alasan itu dapat diterima dan masuk akal. Tetapi mau apapun alasan itu, hal tersebut tidak baik bagi kelangengan hubungan persahabatan sahabat itu.

  1. Tidak peduli dengan sahabat

Kepedulian antar sahabat sangalah penting, jangan sampai menghilangkan rasa kepedulian dan kepekaan terhadap sahabatnya agar sahabat selalu tetap percaya dengan masing-masing sahabat itu.

Dengan menghindari hal tersebut maka mempertahankan hubungan persahabatan bukanlah hal yang tidak mungkin, karena menghindari semua point diatas akan membantu sahabat untuk semakin mempercai sahabatnya sehingga persahabatan itu akan langgeng.

Selain hubungan persahabatan yang harus dipertahankan, hubungan lain juga harus dipertahankan seperti hubungan suami istri dan hubungan kelangengan ketika pacaran. Selanjutnya akan dibahas mengenai cara mempertahankan hubungan suami istri atau pernikahan.

Mempertahankan Hubungan Pernikahan Suami Istri

sponsored links
Mempertahankan hubungan pernikahan bagi suami istri bukanlah hal yang mudah, untuk mempertahankan hal tersebut dibutuhkan tips-tips yang super luar biasa agar hubungan pernikahan itu tidak terancam punah. Karena bukan hal yang tabu lagi pernikahan berhenti atau putus hubungannya hanya karena pernikahan. Berikut adalah hal-hal yang harus dijaga pasangan suami istri agar hubungan dapat dipertahankan dan langgeng.

  1. Saling percaya

Dalam setiap hubungan harus adanya rasa saling percaya agar tidak ada saling menghianati satu dengan yang lainnya meskipun terkadang rasa saling percaya ini disalahgunakan jika salah satunya menghianati pasangannya, memaksa pasangan untuk saling percaya sedangkan pasangan itu tidak jujur atau dalam artian melakukan hubungan dibelakang suami atau istrinya, memang saling percaya merupakan faktor untuk mempertahankan hubungan namun ternyata banyak sekali penyebab pria selingkuh dan penyebab istri seiingkuh yang pada akhirnya menghianati rasa saling percaya itu.

  1. Tidak saling menghianati

Kepercayaan pada pasangannya dengan tidak saling menghianati itu sangatlah baik untuk kelangengan pasangan masing-masing. Dengan tidak menghianati artinya tidak melakukan kebohongan antara pasangannya. Meskipun ada cara melihat kebohongan dari fisik dengan ciri-ciri orang bohong dilihat dari fisik dan kebohongan dari psikologisnya dengan ciri-ciri orang bohong menurut psikologi tetapi tetap saja jika tidak ada kepekaan maka tidak akan mengetahui ataukah suami berbohong atau tidak atau bahkan istri berbohong atau tidak.

Jadi alangkah baiknya untuk saling menghargai dan mempercaayai jangan sampai ada yang menghianati satu dengan yang lainnya jika memang menginginkan hubungannya dipertahankan dengan baik

  1. Mempertahankan ekonomi stabil

Salah satu penyebab istri durhaka terhadap suami adalah masalah ekonomi, jika istri sudah duhaka dengan suami maka hubungan rumah tangga jelas tidak dapat dipertahankan lagi. atau lagi jika penyebab suami bosan dengan istrinya tentu hal ini juga akan mempengharuhi psikologis istri yang nantinya akan membuat psikologi itu berantakan dan memutuskan yagn tidak-tidak seperti halnya meminta cerai dari pasangan masing-masing.

  1. Prinsip yang harus sama

Hal yang harus dipertahankan lainnya adalah mengenai hal prinsip, prinsip yang sama antara pasanganya memang harus dijaga agar tidak ada perbedaan diantara pasangan suami istri itu, meski ada perbedaan paling tidak tidak terlalu jauh dan hal itu memang sudah menjadi toleransi yang disepakati bersama. Dengan demikian prinsip yang sama akan lebih membuat pasangan itu semakin langeng dan saling dapat mudah untuk memahaminya.

  1. Saling memahami satu dengan yang lainnya

Memahami kebiasaan satu dengan yang lainnya merupakan salah satu hal yang dapat mempertahankan rumah tangga, memahami satu dengan yang lainnya dapat menjadikan hubungan rumah tangga menjadi lebih tahan lama bahkan bisa sampai pada hubungan kakek dan nenek.

  1. Keriidhoan

Hal lain yang harus dijaga adalah keridhoan dari suami keistrinya, jika suami sudah ridho dengan istri maka segala sesuatu akan terjaga dengan baik. Hubungan suami istri akan dapat dipertahankan dengan baik bila keridhoan terus terjaga dengan baik. Ridho suami adalah jalan untuk istri jika suami sudah meridhoi apa yang akan dilakukan istri kemungkinan semuanya akan berjalan degnan lancar.

  1. Penampilan

Menjaga penampilan meskipun itu dirumah juga penting, menjaga penampilan apalagi penampilan seorang istri sangatlah penting untuk membuat suami selalu betah dirumah dan tidak melirik wanita lain yang lebih menarik dari istrinya yang ada dirumah. Bahkan ketika istri dirumah bukan hal yang salah ketika istri melakukan pacakan natural agar tetap terlihat segar, ataupun melakukan perawatan yang memang mampu untuk menarik dan membawa suami tetap betah berada dirumah dan merindukan rumah selalu.

  1. Perhatian

Perhatian seorang istri kepada suami juga dapat mempertahankan hubungan suami istri agar tetap harmonis, banyak penyebab kelaurga tidak harmonis tetapi ada juga tips menjaga keharmonisan rumah tangga jadi yang perlu dipelajari adalah bagaimana menjag keluarga agar tetap harmonis dan teap terjaga dengan baik. Keharmonisan keluarga ditentukan dengan sikap masing-masing individu dalam keluarga itu sendiri. Perhatian istri akan menunjang keharmonisan dalam rumah tangga.

  1. Keharmonisan

Keharmonisan dalam rumah tanga memang harus dijaga dengan baik, adapun beberapa cara menjaga keharmonisan rumah tangga dapat dengan mengusahakan untuk menyiapkan sarapan untuk suami, menyiapkan segala keperluan suami, cara berbakti kepada suami, memuaskan seksualitas suami dan hal-hal lainnya.

Apalagi jika istri pintar masak dan pintar menjaga penampilan maka suami akan lebih kangen dengan rumah dan suami akan selalu mengingat rumah sehingga tidak akan ada niat untuk selingkuh dengan wanita lain dari istrinya. Dengan hal yagn dilakukan diatas suami akan dapat lebih setia dengan istri.

  1. Kebahagiaan

Menjaga kebahagian dalam rumah tangga sangatlah penting, kebahagian rumah tangga ini dapat dijaln dengan saling mempecayai antara individu dalam rumah tangga itu, jika semuanya sudah saling percaya tentunya akan bahagia keluarga itu. Selain kepercayaan yang menunjang kebahagiaan lain adalah saling memahami satu dengan yang liannya

Itulah hal-hal yang harus dilakukan suami kepada istrinya atau istri kepada suaminya sehingga keadaan keluarga itu tetap dapat terjaga. Beberapa hal di atas jika dilakukan paling tidak 6 poin dilakukan daengan keikhlasan maka dapat membuat keluarga itu menjadi keluarga yang sakinah mawadah dan warohmah.

Selain itu, menjaga hubungan bukan hanya menjaga hubungan keluarga suami istri saja atau hubungan persahabatan saja, pastinya kebanyakan orang sebelum menikah melakukan hubungan pacaran, untuk menjaga kelangengan hubungan pacaran ini perlu diperhatikan beberapa aspek pula berikut

Cara mempertahankan hubungan Pacaran

Berikut adalah beberapa cara mempertahankan hubungan dengan pacar :

  1. Saling percaya

Lagi-lagi aspek yang dapat mempertahankan hubungan segala hubungan adalah saling percaya, dengan saling mempercayai satu dengan yang lainnya itu berarti akan membuat keharmonisan dalam hubungan itu terjaga

  1. Selalu berfikir positif

Pada masa pacaran, jangan pernah memikirkan hal-hal negatif seperti memikirkan bahwa pasangansudah tidak cinta lagi atau menuduh hal-hal lain seperti halnya pasangan selingkuh dengan temannya atau yang lainnya. Jika sudah ada pikiran negatif seperti ini hubungan sudah jelas tidak akan dapat berjalan dengan lama lagi.

Sponsors Link

  1. Berusaha membuat pasangan bahagia.

Yang tak kalah penting ketika pacaran adalah bagaimana cara membuat pasangan itu bahagia, jika pasangan sudah dapat membahagiakan ketika masa pacaran maka bukan tidak mungkin dia akan membahagiakan anda disaat anda sudah menikah nantinya. Dengan begitu jangan pernah ragu untuk membuat pasangan bahagia.

  1. Pengertian

Rasa saling mengerti satu dengan yang lainnya sangat diperlukan dalam menjalani hubungan, apalagi ketika menjalani hubungan yang dibilang belum ada ikatan ini, masih seperti halnya cinta monyet saja, tentu hal ini akan banyak tantangannya sehingga perlu sekali pengertian dimasa-masa ini. Apalagi ketika pacaran masih usia SMP pasti putus nyambung itu kerap terjadi karena kondisi psikologis anak itu juga belum stabil. Masih memikirkan apa yang menurutnya dapat menyenangkan saja

  1. Berperilaku baik

Berperilaku baik tidak hanya dengan pacar saja, tetapi juga dengan keluarga pacar, dengan melakukan hal-hal yang baik dengan pacar bahkan sampai dengan keluarga pacar akan membuat umur hubungan itu menjadi lebih lama. Karena hubungan itu sudah direstui oleh orang tuanya. Bagaimana tidak direstui jika anaknya saja bisa dibahagiakan oleh pacarnya itu. Tetapi tidak boleh telena. Meskipun direstui tetap harus menjaga agar tidak terjerumus engan hal-hal yang menyesatkan. Jangan sampai terjadi kecelakaan sebelum menikah.

Itulah tips dan cara menjaga hubungan ketika berpacaran. Sebelumnya sudah dibahas mengenai bagaimna cara menjaga hubungan antara persahabatan, hubungan suami istri dalam membina keluarga dan yang terakhir adalah hubungan ketika berpacaran. Tentunya untuk menjaga itu semua tidak lah mudah, dibutuhkan kesungguhan hati untuk melakukan itu semua jadi jangan pernah menyerah untuk melakukan yang terbaik untuk kehidupan yagn lebih baik lagi.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 31st, May 2016 / 23:24 Oleh :
Kategori : Tips Percintaan