Sponsors Link

14 Cara Menghilangkan Galau saat Putus Cinta

Sponsors Link

Bahasa galau sudah menjadi bahasa ngetren kalangan remaja saat ini. Tidak bisa makan, galau. Di putus pacar, galau. Pacar ngga balas sms, galau. Uang habis, galau. Tidak bisa mengerjakan tugas, galau. Kosa kata bingung, khawatir, dan susah beralih fungsi dengan satu kata yang lagi ngetren tersebut. Galau. Menjadi salah satu kata yang booming akhir akhir ini.

ads

Menurut bahasa, kata galau merupakan suatu perwujudan makna yang bisa di artikan sebagai perasaan yang tidak menentu. Misalnya seperti gundah dan gulana. Hal ini akan membuat diri kamu terpaku, menetap pada suatu hal yang di nilai tidak menyenangkan. Pada situasi ini, orang akan cenderung mager atau malas bergerak. Sehingga membuatnya malah berdiam diri dalam waktu yang cukup lama. Perasaan galau murni bisa di rasakan oleh siapa saja. Tak terkecuali yang muda dan tua.

Rasa galau siap melanda siapa saja, tanpa permisi masuk. Hingga tanpa ampun mau keluar jika sudah bersarang di dalamnya. Mereka yang tengah berada dalam suasana hati galau, biasanya cenderung mendengarkan lagu lagu bertema slow.Kebanyakan mereka yang tengah berada dalam masa kegalauan, merasa kehilangan semangat dalam hidupnya. Ada yang hanya bisa menangis tidak henti, tidak mau bergerak, dan lain sebagainya. kasus yang paling parah adalah sampai ada kasus wanita bunuh diri karena rasa galau yang tidak ketulungan.

Galau sebenarnya berasal dari perasaan hatimu saat itu. Bisa saja sekarang ini kamu bahagia tidak ketulungan. Tapi siapa sangka, satu menit ke depan kamu bisa jadi galau tidak ketulungan? Karena ini semua bergantung pada perasaan dan hati, maka sebenarnya bisa di atur. Mengontrol hati memang tidak semudah kamu mengembalikan telapak tangan. Termasuk mengontrol galau. Memang bisa di atur caranya. Bisa di atasi.

Berikut adalah cara menghilangkan galau :

1. Coba mendengarkan musik favoritmu

Kamu sedang merasa galau di rumah? atau berada dalam kondisi mengemudi di dalam mobil? Maka cobalah untuk memutar musik dalam volume keras. Ikutilah bernyanyi di dalamnya. Berteriaklah. Hempaskan rasa galaumu di sana. Namun jangan sembarangan musik yang boleh kamu perdengarkan. Pakailah musik musik yang memiliki nada keras dan gembira. Yang bisa membuatmu bersemangat lagi. Dengan begitu, lagu yang sedang kamu putar bisa mempengaruhi hormon yang ada dalam tubuhmu untuk kembali bahagia.

Hormon tersebut bernama serotonin. Merupakan salah satu hormon pengatur kebahagiaan seseorang. Jika ia berada dalam kondisi sedih dan murung, hormon ini tidak akan mampu berproduksi. Sebaliknya, jika ia berada dalam kondisi senang dan bahagia, hormon ini bisa menggerojok dengan derasnya.Putarlah lagu lagu yang menyenangkan, membahagiakan, atau lagu jatuh cinta. Jangan malah mendengarkan lagu putus cinta, lagu cinta segitiga, lagu di tinggal nikah pacar. Yang ada bukan kamu tambah semangat, tapi rasa galau mu malah semakin menjadi jadi.

2. Coba untuk bermain game kesukaaanmu

Cara ke dua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa galau adalah dengan bermain game. Biasanya mereka yang suka bermain game, akan cenderung melupakan masalahnya dan berfokus pada game. Apalagi jika dalam game tersebut kamu menang. Pastilah rasa galaumu hilang.

Maka, dalam point ini di namakan dengan ‘bermain game kesukaanmu’. Agar dalam permainan game ini, melatih fokusmu. Lalu kamu akan melupakan sejenak masalahmu, dan menggantinya dengan kegiatan yang menurutmu kamu sukai. Di tambah jika kamu menang dalam game ini.

Maka rasa semangatmu akan bertambah berkali kali lipat. Jika dalam permainan game ini justru kamu malah memainkan jenis yang susah, akan membuat rasa galaumu bertambah dua kali lipat. Sudah galau, kalah pula. Hati siapa yang tidak kesal? Kecuali memang kamu memiliki semangat berjuang yang tinggi. sehingga kalah game malah membuatmu terus berusaha dan berjuang, bagaimana caranya agar bisa menang. Ini lain lagi masalahnya.

3. Buang semua hal yang membuatmu semakin galau

Banyak hal yang bisa membuat kita galau. Slaah satunya galau karena cinta. Jika kamu galau memang karena cinta, misalnya di putus sama pacar, di tinggal selingkuh, maka satu satunya cara untuk menghilangkan galau tersebut adalah dengan menghilangkan segala benda tentang cinta.Misalnya jika di berikan barang barang dari kekasih anda. seperti jam tangan, boneka, dan lain sebagainya.

Maka sebaiknya di singkirkan dari hadapan anda. keberadaan dari barang barang tersebut malah semakin membuat anda semakin mengingat kekasih hati anda. Akan lebih baik untuk di singkirkan lebih dahulu. Nantinya setelah perasaan hati anda sudah mulai membaik, bisa di kembalikan lagi barang barang tersebut pada tempatnya. Untuk sementara waktu, biarkan ruangan anda kosong dari barang barang tersebut. Hal ini semakin membuat pikiran dan perasaan anda tenang sebab tidak ada pengaruh barang dari luar.

4. Curhat bersama Teman atau Keluarga

Salah satu cara mengatasi rasa galau salah satunya dengan katarsis (dalam bahasa psikologi) atau biasa di kenal dengan curhat. Biasanya mereka yang sedang galau memiliki kosakata banyak sekali. Lebih gemar bercerita atau tepatnya membutuhkan orang lain untuk berada di sampingnya. Orang yang sedang galau akan cenderung terlihat lebih cerewet. Tak jarang, mereka akan menceritakan keluh kesahnya dengan menangis.

ads
Salah satu tips sebelum anda bersiap menceritakan segala kisah hidup yang mampu mebuat perasaan hati anda galau. Pilihlah seseorang yang memang paling dekat dengan anda, mereka yang anda percaya dan selalu ada buat anda. jangan lupa, untuk meminta orang orang tersebut merahasiakan apa yang sudah anda ceritakan. Sebab orang yang tengah galau akan lebih mudah membeberkan apa rahasianya. Mereka cenderung berubah menjadi orang yang terbuka kala itu.

Maka hati hati untuk menumpahkan perasaan hati pada orang lain. Selain itu, pilihlah mereka yang cocok mendengarkan cerita anda. mereka yang paling setia mendengarkan cerita anda, tanpa sedikit pun menyela. Mereka yang bisa mengerem mulutnya untuk berhenti bercerita sementara waktu dan membiarkan mu bisa bercerita bebas. Sebab saat galau, yang paling di butuhkan saat itu adalah mereka yang mau menderngarkan cerita. Yang di butuhkan saat itu adalah mereka yang mau menjadi pendengar setia yang baik.

5. Menonton film yang bisa memotivasi

Bisa saja kamu galau karena urusan pekerjaan. Misalnya karena pekerjaan yang tak kunjung selesai. Malah yang ada setiap hari kian banyak [ekerjaan yang menumpuk. Merasa bosan? Pasti. Jenuh? Iya. Apalagi kalau saat itu perasaanmu sedang tidak enak. Merasa galau. Tapi harus tetap pergi ke kantor. Bagaimana bisa tetap fokus pada pekerjaan, jika pada diri anda sendiri saja tidak bisa mengatasi?

Salah satu solusinya adalah dengan menonton film. Bukan film cinta yang mana si cewek di tinggal pacarnya kawin dengan wanita lain. Tapi film yang bisa memotovasi kamu untuk bisa bergerak lebih maju. Carilah film motivasi yang bisa membuat anda menjadi lebih semangat. Karena temanya kamu sedang bosan dan galau dengan pekerjaan anda,maka carilah film motivasi menjadi orang yang sukses.

Salah satu jenis filmnya adalah Persuit of Happyness. Kisah ini menceritakan seorang suami yang di tinggal oleh istrinya karena jatuh miskin. Ia bekerja sebagai pembuat alat medis. Sayangnya tidak kunjung di terima buatan alat tersebut. Will Smith, sang aktor terus berusaha untuk menyambung hidupnya. Mulai dari tinggal di gereja agar bisa mendapatkan makan malam gratis, dan berbagai kegiatan lainnya. Hingga akhirnya ia menjadi sukses. Karena mereka yakin, kebahagiaan tidak bisa datang sendiri. kebahagiaan adalah sesuatu yang harus mereka kejar.

6. Belilah makanan kesukaan mu

Beberapa orang yang sedang mengalami masa galau, larinya pada makanan. Mereka akan cenderung membayangkan masalah itu seperti makanan. Lalu dengan bebas bisa di makan langsung habis, dan hilang. Mereka yang galau tingkat dewa mengharapkan masalah juga cepat kunjung selesai. Agar semuanya juga segera beres.

Cobalah untuk membeli makanan yang manis. Sebab menurut penelitian, makanan yang manis mampu membuat diri anda kembali berenergi lagi. Kandungan manis dalam makanan cepat untuk di olah dan segera berubah menjadi energi.

Selain itu, dengan makanan yang manis akan membuat perasaan hati anda lebih tenang. Ini sangat membantu sekali jika anda berada dalam kondisi galau. Mood yang berubah karena suatu hal akan sangat mudah di pengaruhi dan agresif. Ketika galau, anda akan cenderung lebih mudah marah, lebih mudah menangis, lebih mudah menyangkut sangkutkan segala sesuatu dengan perasaan. Bahkan susah untuk sekedar di ajak bercandaan.

7. Dekati teman teman dan keluargamu

Mungkin memang benar, bahwa sebaik baik tempat kembali adalah keluarga. Mereka adalah orang orang yang tak akan tega membiarkanmu terjatuh. Mereka juga tak akan meninggalkanmu sendirian dalam ruang kosong. Karena mereka, kamu ada.

Siapa sajakah yang di anggap keluarga?

Semua orang yang saat ini dekat denganmu. Jika kamu masih memiliki orang tua, maka mereka berdualah keluargamu. Orang tua yang baik tak akan pernah membiarkan anaknya berada dalam jurang. Sekurangajar anaknya, se jahat jahatnya orang tua, mereka tidak akan membiarkan anaknya sendirian. Maka jika kamu merasa beban hidupmu terlalu berat, kamu merasa galau, kembalilah pada keluargamu.Ceritakan pada mereka apa yang sudah kamu lakukan. Habiskan waktumu bersama mereka. Saya yakin mereka akan memberikan pundak terkuatnya untuk anda kembali ke kehidupan yang lebih baik lagi. Jangan ragu untuk kembali pada keluarga kalian.

8. Buatlah Proyek bersama teman, atau mandiri

Kata siapa orang galau tidak bisa produktif? Buktikan bahwa kamu adalah orang yang kuat. Salah satunya bisa kamu buktikan dengan membuat proyek atau pekerjaan baru yang bisa mengalihkan perhatianmu. Salah satu proyek misalnya dengan mendirikan kafe atau sekedar kedai kecil kecilan. Yang penting, dekorasinya oke dan di sesuaikan sama umur sasaranmu.

Yakin, kamu bakal bisa sedikit move on dari rasa galaumu. Kalau kamu galau karena di tinggal cowok, maka dengan melampiaskan pada proyek baru akan menggeser ingatan tentang cowokmu. Apalagi proyek ini adalah salah satu bagian dari hobimu. Jangan biarkan perasaan galaumu terus merusak masa depanmu. Lalu bagaimana kalau rasa galau muncul saat kamu sedang pusing mikir proyek? Rasanya tidak lucu sekali, jika sedang bingung mikir proyek, tiba tiba teringat sang mantan. Sudah proyek tidak kunjung usai, ingatan tentang dia juga tak pernah tersingkirkan.

Ini menandakan kamu kurang serius menggarap proyek tersebut. Buktikan kalau kamu bisa tanpa dia. Buktikan kalau kamu tetap maju, meskipun ia tidak lagi di sisimu. Toh nantinya ia yang sekarang pergi akan di gantikan dengan yang lebih indah lagi. toh nantinya yang sekarang ini bilang cinta ribuan kali tetap kalah sama dia yang berani datangi orang tua. Santai sajalah.

9. Cobalah untuk berpuisi dan membuat lirik

Musisi terkenal dunia juga pernah merasakan galau, gundah, dan gulana. Lalu apa yang mereka lakukan? Apakah mereka harus berlarut larut dalam kesedihannya? Tentu saja tidak. Mereka mencoba untuk tidak menjebak diri dalam masalah yang membuatnya galau. Tapi mereka meluapkan rasa galaunya dengan membuat proyek produktif. Bagaimana? Salah satunya dengan menerbitkan puisi atau menelurkan sebuah lagu.

Jika anda cukup jeli dengan keadaan saat ini, bukankah lagu lagu yang laris di pasaran adalah lagu galau? Dengan lirik sedih, menyanyi dengan mempraktekkan bagaiamana rasanya di tinggalkan, rasanya di cabik orang tersayang. Betapa sakitnya? Jika anda membayangkan, mungkin akan terasa sakit sekali. Tapi cobalah anda buang rasa itu sedikit.

Mulailah dengan meluapkan perasaan dan emosi anda lewat tulisan. Dengan membuat puisi sendu misalnya. Maka merupakan cara meredam emosi yang ada dalam puisis akan terlihat, bahkan mampu melambangkan apa yang sedang kalian alami saat ini. Bisa jadi puisi tersebut menggantikan puisi Chairil Anwar, Jalaudin Rumi, dan sebagainya.

Selain puisi, anda juga bisa menelurkan sebuah lagu yang menarik. Utarakan liriknya sesuai dengan perasaaj hati anda saat ini. Yang sedih, gundah, gulana karena di tinggal sang kekasih. Ataukah yang stress dengan pekerjaan yang tidak selesai. Bisa jadi karena bos anda yang kurang ajar memberikan beban. Tuliskan semuanya. Setelah itu cobalah untuk mengiringinya dengan sebuah musik yang pas. Bisa jadi ini adalah langkah awal anda menjadi penulis lagu dan komposer yang sedang di cari oleh produser.

10. Ukir prestasimu dimana mana

Orang yang sedang galau tidak berarti ia tidak bisa berbuat apa apa. Justru saat inilah yang tepat untuk membuktikan padanya, bahwa kamu memang yang lebih baik dari pada siapapun. Kamu adalah orang yang kuat dan tegar meskipun sudah di campakkan. Bagaimana caranya? Dengan mengukir prestasi gemilang. Tapi aku kan tidak pandai. Nilai ku pas pasan. Bahkan aku masuk ke dalam golongan siswa pintar tingkat bawah. Bagaimana cara mengukir prestasi?

Hentikan pemikiran kamu tidak bisa, kamu tidak mampu. Camkan dalam benakmu bahwa kamu bisa melakukannya. Kamu pasti mampu. Jika memang saat ini kamu bukan orang yang pandai, maka belajarlah. Buang kata malas, karena memang sejatinya tak ada manusia yang bodoh. Hanya ada manusia yang tak mau belajar. Buktikan pada mantanmu, bahwa kamu bisa di andalkan. Bilang pada dunia, bahwa kamu adalah orang yang hebat.

Untuk itu, buang rasa galaumu. Mulailah untuk belajar dari pelajaran yang kamu anggap mudah. Baru setelah itu ke tahap yang sulit. Ingat, memulai sesuatu yang baru itu sulit. Tapi janganlah berhenti untuk berusaha. Cobalah untuk sedikit bersabar dalam belajar. Pernah ada cerita bahwa ada seorang gadis yang di tinggal pergi calon suaminya. Wanita tersebut merasa menyesalkan karena telah menolak laki laki soleh tersebut. Bahkan lelaki tadi adalah seorang hafidz Al Quran. Karena merasa galau, akhirnya wanita tadi berusaha untuk bisa menghafalkan Al Quran. Begitulah ia mengatasi rasa galau.

11. Perbaiki ibadahmu kala itu

Kamu galau? Mungkin karena kamu kurang beriman. Bagaimana bisa? Biasanya orang yang sedang galau, hatinya akan gundah dan gulana. Mereka lebih mudah sensitif, mduah di singgung. Maka satu satunya tempat yang paling baik untuk kembali adalah pada Tuhan. Orang yang senantisa menambatkan hatinya pada Tuhan, tidak akan pernah merasa galau yang keterlaluan.

Sponsors Link

Sebab mereka yakin, Allah punya seribu rencana terbaik untuknya kelak. Ia akan yakin, bahwa Allah tahu mana yang paling baik untuknya. Ketika kamu galau karena di putus pacar, maka kembalilah pada Allah. Dia lebih tahu kamu, dari semua orang yang sudah mengenalmu. Cobalah untuk dekati Nya. Jika memang kamu putus, Allah tahu bahwa laki laki itu bukanlah orang yang tepat untuk mu.

Dengan mendekatkan diri pada Allah, saya yakin kamu akan jauh lebih tenang. Bahkan bisa berpikir dengan jernih. Kamu akan tahu apa yang harusnya di lakukan. Bahkan mengerti apa yang kamu galaukan ini benar atau salah. Bisa saja apa yang kamu galaukan ini malah justru yang terbaik buat kamu. Siapa yang akan menyangka? Dan siapa pula yang akan mengajari arti indahnya kehidupan selain Tuhan Yang Maha Kuasa?

12. Tenangkan dirimu

Selain itu, yang paling anda butuhkan saat galau adalah menenangkan diri. Biarkan kamu terlelap dalam kehidupanmu. Harus kamu sadari, bahwa ada kalanya kamu membutuhkan waktu untuk kamu sendiri. manfaatkan waktu itu untuk merenungi kesalahanmu. Temukan alasan paling tepat mengapa kamu galau, bahkan sampai dalam kondisi yang sekarang ini dan selalu memiliki cara menenangkan hati dan pikiran anda.

Bisa di mulai dengan bermuhasabah diri. Mengingat apakah yang kamu lakukan selama ini ada yang salah. Apakah yang sudah kamu lakukan sampai saat ini pernah menyinggung orang lain. Semakin kamu bermuhasabah diri, kamu juga akan lebih mengerti diri kamu sendiri. hal ini semakin memantapkan pikiran dan hatimu. Apakah ini pantas untuk kamu galaukan. Biarkan dirimu tenang. Biarkan galau itu nantinya hilang sendiri. siapa yang mampu melakukan hal itu? Tentu saja dirimu sendiri dan waktu yang sedang berjalan saat ini.

13. Jangan terlalu menyalahkan diri

Kadang masalah yang datang kepadamu adalah suatu takdir. Maka jangan terlalu menyalahkan diri sendiri, bahwa semua penyebab dan akar masalah terletak pada pribadi anda. cobalah untuk memikirkan diri anda sendiri, apakah benar memang kamu yang salah.

Jika memang benar, maka cobalah untuk memperbaiki diri sendiri. Pikirkan pula masak masak, apakah ada orang lain yang kira kira bisa berpotensi menyebabkan kamu bersikap seperti itu. Jika memang ada yang membuatmu berbuat demikian, maka ini semua bukan salahmu. Berpikirlah terbuka. Berpikirlah bahwa semua orang bisa melakukan kesalahan. Tidak terkecuali diri kamu sendiri. untuk itu, jika memang kamu tidak 100% yang salah, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri

14. Pergi ke ahlinya

Kamu merasa bahwa masalah yang datang dan hadapi tidak kunjung selesai? Padahal kamu sudah berusaha untuk berbuat sebaik baiknya? Mungkin ini saatnya untuk pergi ke ahlinya. Siapakah mereka? Psikolog atau seorang hipnoterapis.

Dua orang tersebut sudah di ajari untuk menjadi seorang pendengar setia yang baik. Mereka di didik untuk menjadi orang yang siap di curahkan masalah orang lain. Cobalah berkonsultasi pada mereka. Biasanya psikolog atau hipnoterapist akan membantu mengusutkan benang yang ada. Mereka tidak akan memberikan keputusan yang pasti. Namun akan membantu anda menguraikan masalah, agar lebih terang dan jeli. Sehingga anda menjadi pribadi yang mampu memecakan masalah sendiri.

Demikianlah artikel mengenai cara menghilangkan galau . Semoga bermanfaat.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 26th, January 2016 / 09:48 Oleh :
Kategori : Tips Percintaan