15 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Berlebihan

Sebagai manusia, kita dapat mengalami berbagai perasaan seperti marah, senang, sedih, dan cemburu. Semua perasaan itu tentu tidak asing lagi bagi kita terutama rasa cemburu. Biasanya cemburu kita rasakan terhadap lawan jenis apabila kita sedang menjalin hubungan dan mempunyai rasa sayang terhadap seseorang. Kata orang, cemburu adalah bumbunya suatu hubungan. Akan tetapi, bumbu yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab gagalnya sebuah hubungan.

ads

Tidak hanya orang yang sedang berpacaran, orang yang sudah berumah tanggapun bisa mengalami rasa cemburu. Penyebab suami istri sering bertengkar diantaranya adalah karena rasa cemburu juga yang berlebihan dan tidak dikendalikan. Bila pertengkaran dalam rumah tangga karena masalah kecemburuan tidak segera diatasi, hal itu bahkan bisa menjadi penyebab perceraian suami istri.

Menghilangkan Kecemburuan

Tips pacaran yang sehat adalah bila masing – masing bisa mengelola rasa cemburu dengan baik. Karena itulah rasa cemburu tersebut harus diatasi agar tidak merusak hubungan dengan orang lain. Bagaimana cara menghilangkan rasa cemburu itu, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Cari dulu alasannya

Sebenarnya perasaan cemburu ini bisa timbul sebagai akibat dari beberapa permasalahan yang ada. Cari tahu dulu mengapa kita sampai merasa cemburu. Apakah kita takut kehilangan perhatian dari orang yang disayangi, ataukah karena sebab lain yang bahkan tidak disadari. Bila kita bisa mengatasi penyebabnya, itu akan menjadi cara membuat pacar nyaman berada bersama kita selalu.

2. Lupakan masa lalu

Salah satu penyebab perasaan cemburu adalah karena kita tidak bisa menemukan cara melupakan masa lalu yang membekas. Padahal bila kita sudah berniat menjalani hubungan dengan seseorang, maka itulah saatnya melihat ke masa depan dan mencari cara melupakan rasa sakit hati apapun yang berkaitan dengan pengalaman yang lalu.

3. Usahakan untuk selalu bersikap jujur dan terbuka.

Keterbukaan dan kejujuran dalam suatu hubungan sangat penting supaya bisa menjadi cara menjaga hubungan dengan pacar agar langgeng. Jika masing – masing pihak bisa bersikap jujur dan terbuka, maka tidak akan ada alasan untuk merasa cemburu, apalagi sampai berlebihan.

4. Berhenti berpikir negatif

Pikiran yang negatif akan mendatangkan kecemburuan. Karena itu kurangilah untuk membiarkan pikiran kita melantur kemana – mana dan berimajinasi berlebihan, supaya tidak sering menunjukkan ciri orang sedang cemburu kepada orang yang kita sayangi dan menjadi penyebab putus cinta.

5. Cari kegiatan yang bermanfaat

Cemburu bisa muncul karena kita tidak punya kegiatan untuk mengisi waktu atau menyibukkan diri sebagai cara menghilangkan kejenuhan. Jika kita tidak punya kegiatan, maka pikiran akan mudah melayang ke berbagai hal yang buruk. Salah satu hasil dari pikiran buruk itu adalah rasa cemburu yang berlebihan. Isilah waktu dengan kegiatan yang bisa membuat kita tetap sibuk dan tidak punya waktu untuk memikirkan soal kecemburuan tersebut.

6. Upayakan selalu berpikir positif

Selalu berpikir positif akan memudahkan kita untuk menjadi pribadi yang optimis. Orang yang optimis tidak mudah diintimidasi oleh keberadaan orang lain yang akan membuatnya cemburu. Rasa optimis dalam memandang kehidupan juga akan menjadi cara merubah sifat menjadi dewasa.

7. Belajar membangun rasa percaya diri

Jika kita mempunyai rasa percaya terhadap diri sendiri maka tidak akan mudah untuk dihinggapi perasaan cemburu. Cemburu seringkali berakar pada rasa rendah diri, merasa orang lain akan dengan mudah menyakiti hati kita karena kurangnya kualitas diri. Bangunlah cara meningkatkan keyakinan diri dengan meningkatkan sifat – sifat baik kita sebagai cara agar percaya diri bertambah.

8. Biasakan berpikir realistis

Mempunyai pola pikir yang realistis akan baik untuk menghilangkan perasaan cemburu yang berlebihan. Jika kita berani menghadapi kenyataan, maka kita akan bisa mengambil sikap yang sesuai dengan keadaan saat itu. Kita harus mencoba berpikir dengan melihat fakta yang ada, dan bukannya berpikir dengan emosi yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain.


9. Hindari bersikap berlebihan

Cemburu membuat kita cenderung melakukan perbuatan yang berlebihan yang tidak menggunakan akal sehat. Misalnya, karena cemburu kita bisa menjadi posesif, marah – marah, bahkan menangis tidak terkendali. Hal itu bisa membuat orang lain yang jadi sasaran kecemburuan kita merasa jengkel dan tidak nyaman. Carilah cara meredam emosi agar kita tidak bersikap berlebihan.

10. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Cara menjadi lebih dewasa dalam berpacaran yaitu berhenti membandingkan hal yang tidak perlu dengan keadaan orang lain. Pikiran seperti itu adalah pemicu kecemburuan yang berlebihan. Kita akan merasa selalu tidak aman dan nyaman dengan diri sendiri jika terus membuat perbandingan dengan orang lain dalam segala hal. Pada akhirnya, kita akan selalu merasa kalah dan tidak percaya diri, sehingga sulit untuk mengatasi rasa cemburu.

11. Cari teman untuk bicara

Terkadang perasaan cemburu itu sangat sulit diatasi dan membuat kita sulit membendung emosi. Dalam keadaan seperti ini ada baiknya mencari seseorang untuk berbagi perasaan. Mengeluarkan isi hati kita lebih baik daripada mencoba memendam semuanya sendirian, karena suatu saat semuanya bisa keluar dalam bentuk yang lebih buruk daripada sebelumnya. Bercerita kepada seseorang juga merupakan kesempatan yang bagus untuk meminta nasihat dan saran agar kita bisa medapatkan cara bersikap tenang ketika ada masalah.

12. Belajar untuk mempercayai

Percaya adalah hal yang penting dalam suatu hubungan. Tanpa rasa saling percaya, akan sangat mudah untuk mendapatkan pembenaran dari kecemburuan yang berlebihan dan menjadi penyebab hubungan renggang. Jika kedua pihak dalam suatu hubungan memiliki rasa percaya yang kuat, maka tidak perlu ada rasa cemburu.

13. Jangan mencampuri privasi

Berhenti berusaha mendobrak pivasi pasangan bila tidak ada alasan kuat untuk melakukannya. Itu adalah ciri – ciri pria posesif dan ciri – ciri wanita posesif. Terkadang karena dibutakan oleh emosi, kita sulit melihat dengan jernih dan mudah curiga. Maka, kita akan berusaha mengorek semua detil dari kegiatan pasangan. Jika dilakukan dengan alasan yang kuat tentu masih bisa diterima, namun jika tidak ada alasan maka hal itu bisa mengacaukan hubungan kita dengan pasangan.

14. Kurangi ketergantungan pada orang lain atau pasangan

Penyebab kecemburuan diantaranya karena kita terlalu terikat pada seseorang. Akibatnya, kita akan merasa sangat tergantung kepadanya dan akan merasa tersisih apabila ada hal lain atau orang lain yang masuk ke dalam kehidupan orang yang kita sayangi. Kurangilah ketergantungan itu dengan mencari kegiatan lain untuk menyibukkan diri sendiri. Mulailah belajar bersikap mandiri dan mempunyai kegiatan sendiri sebagai aktivitas yang dilakukan ketika bosan, jadi tidak ada waktu untuk bersikap cemburu buta.

15. Libatkan diri dalam kegiatan dan lingkungan pasangan


Biasanya, cemburu bisa dirasakan karena kita tidak terlalu mengenal lingkungan pergaulan orang yang sedang dekat dengan kita. Kita bisa berusaha mencari cara menyenangkan pacar dengan mengenal siapa saja orang yang dekat dengannya, juga keluarganya. Dengan mengenal lingkungan kesehariannya, tidak akan ada alasan untuk merasa curiga dan cemburu. Begitu pula sebaliknya. libatkan pasangan dalam lingkungan kita supaya dia juga tidak merasa cemburu pada kita.

Rasa cemburu tidak hanya berasal dari satu pihak saja, melainkan bisa juga dialami oleh kedua pihak dalam satu hubungan. Untuk mengatasinya kita dan pasangan harus bisa menemukan cara berkomunikasi yang baik agar masalah yang menjadi penyebabnya dapat segera teratasi. Dan, jangan biarkan kecemburuan menjadi alasan untuk merusak hubungan dengan pasangan kita.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 17th, September 2016 / 06:31 Oleh :
Kategori : Tips Percintaan