Sponsors Link

25 Hobi Paling Ekstrim di Dunia yang Berbahaya

Sponsors Link

Mungkin anda pernah melihat tayangan di televisi tentang orang-orang dengan keunikan yang berbeda. Manusia memang diciptakan dengan keunikannya masing-masing. Hal inilah yang membuat dunia menjadi berwarna. Keunikan manusia dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Salah satunya dari kegemaran atau hobinya. Artikel kali ini akan membahas tentang hobi paling ekstrem di dunia. Apa saja hobi yang tergolong ekstrem tersebut? Mari kita simak!

ads

1. Bungee jumping

Bungee jumping atau lompat bungee adalah suatu permainan dimana seseorang melompat dari ketinggian tertentu dengan kaki terpasang tali elastis. Biasanya permainan ini ditempatkan di tebing atau di atas perairan dengan pemandangan yang indah. Tali yang digunakan untuk menahan tubuh pelompat, sudah diukur dan disesuaikan sehingga pelompat tidak sampai menyentuh tanah. Bungee jumping akan membuat pelompat terpental beberapa kali di udara setelah melompat sebelum akhirnya menggantung dengan tubuh terbalik atau kaki di bagian atas.

Mulai berkembang luas sejak tahun delapan puluh sampai sembilan puluhan, kini permainan bungee jumping banyak dijadikan sebagai hobi oleh beberapa kalangan. Permainan ekstrem ini dapat memacu adrenaline. Dalam perkembangannya, saat ini permainan bungee jumping dapat dilakukan oleh dua orang dalam sekali lompatan. Biasanya ini dilakukan oleh sepasang kekasih atau sahabat.

2. Paralayang

Paralayang atau paragliding adalah jenis olahraga terbang bebas menggunakan parasut dengan memanfaatkan angin. Karena olahraga ini tanpa menggunakan mesin dan hanya mengandalkan angin, jenis angin yang tepat adalah angin naik yang menabrak lereng atau biasa disebut dynamic lift dan angin naik karena thermal atau biasa disebut thermal lift. Oleh karena itulah permainan ini biasanya dilakukan di daerah perbukitan.

Orang yang ingin melakukan paralayang secara individu, harus berlatih terlebih dahulu dengan para instruktur yang memiliki lisensi atau diakui secara profesional. Namun saat ini, banyak tempat paralayang menyediakan fasilitas terbang bersama dengan pemandu dalam satu parasut sehingga semua orang bisa mencobanya. Syarat yang harus dipenuhi adalah orang yang ingin mencoba harus sehat, tanpa penyakit jantung. Banyak orang mengaku kecanduan dengan paralayang karena dapat menikmati pemandangan alam dari ketinggian.

3. Panjat tebing

Panjat tebing adalah kegiatan memanjat dinding tebing dengan posisi vertikal dimana tubuh sang pemanjat diamankan dengan tali dan pengait serta dibekali dengan perlengkapan lainnya seperti webbing, carabiner, sling, harness, dan lain sebagainya. Ini merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem yang menjadi hobi sebagian orang. Anda harus menjalani proses latihan untuk mendapatkan keterampilan memanjat satu ini. Panjat tebing biasanya digemari oleh para pecinta alam. Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelompok.

4. Street luging

Street luging atau street luge yang berasal dari California, kini menjadi kegiatan favorit yang tersebar ke seluruh dunia. Permainan atau olahraga ini terlihat mirip seperti skateboarding namun dengan posisi tiduran. Awalnya kegiatan ini memang ditemukan oleh sekelompok pemain skateboard yang merasa bosan kemudian mencoba-coba gaya baru sampai menemukan posisi tiduran di atas skateboard sambil meluncur dari jalanan yang menurun. Street luging mengandalkan gaya gravitasi.

Kini street luging telah berusia 20 tahun sejak dilegalkan menjadi salah satu jenis olahraga. Street luging dapat membahayakan keselamatan apabila tidak dilakukan dengan benar. Pemain street luge harus menggunakan pengaman di tubuhnya. Hal ini untuk mengantisipasi apabila tubuh pemain terjatuh dari papan atau menabrak sesuatu ketika meluncur dengan bebas. Kini juga telah tersedia papan khusus untuk street luge yang berbeda dengan skateboard. Papan luncur untuk street luging dirancang lebih lebar dengan roda yang lebih besar untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan saat meluncur.

5. Surfing

Surfing atau berselancar adalah kegiatan mengarungi ombak dengan sebuah papan khusus. Sama seperti kegiatan olahraga ekstrem lainnya, surfing juga memerlukan latihan agar mendapatkan keterampilan untuk melakukannya. Seorang peselancar dapat mengendarai ombak dengan papan yang menjadi pijakan kakinya. Ombak yang dapat dijadikan objek selancar hanyalah ombak yang besar. Ombak akan membawa sang peselancar menuju ke daratan. Kegiatan ini memerlukan keseimbangan tubuh dan keberanian yang besar.

Berbicara mengenai selancar, Indonesia memiliki pantai-pantai yang menjadi surga para peselancar. Negeri ini memiliki pantai dengan ombak yang luar biasa. Setiap tahunnya, banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia untuk merealisasikan hobinya. Mereka bahkan membawa papan selancarnya sendiri. Jenis hobi ekstrem ini banyak dilombakan secara nasional mau pun internasional.

6. Ski

Ski adalah kegiatan meluncur di area yang tertutup es atau salju dengan sepasang papan yang terpasang di kaki serta sepasang tongkat yang dipegang kedua tangan untuk menjaga keseimbangan. Ski menjadi hobi yang hanya dapat dilakukan ketika musim dingin. Ada beberapa jenis ski di dunia, antara lain ski alpen, ski lintas alam, dan biathlon. Jenis ski alpen adalah yang paling populer. Ski ini sering juga disebut sebagai downhill ski dimana pemain meluncur dari atas perbukitan atau lereng menuju ke bawah. Berbeda dengan ski alpen, ski lintas alam cenderung dilakukan di dataran yang rata dengan menggunakan papan ski yang lebih pendek. Olahraga ski selain dipertandingkan dalam olimpiade musim dingin, kini juga menjadi hobi banyak orang yang berada di negara dengan empat musim.

7. Slacklining

Satu lagi kegiatan ekstrem yang membutuhkan keseimbangan. Kegiatan itu bernama slacklining. Slacklining adalah kegiatan meniti webbing (tali yang pipih dan lebar seperti pita) yang dibentangkan dengan ketinggian tertentu. Slacklining memerlukan konsentrasi tinggi untuk menyeimbangkan tubuh di atas tali yang memantul-mantul karena menahan bobot tubuh sang pemain. Para pemain slacklining yang sudah memiliki keterampilan dan mahir mengendalikan keseimbangan, dapat melakukan akrobat dengan melompat dan berputar di udara.

Ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika melakoni hobi slacklining. Di beberapa negara, slacklining bahkan menjadi bagian dari fisioterapi dan yoga untuk melatih konsentrasi. Namun saat ini di Indonesia, kegiatan yang terbilang cukup ekstrem ini belum banyak berkembang seperti jenis hobi lainnya.

8. Downhill

Downhill adalah kegiatan bersepeda kayuh menuruni bukit atau medan terjal di alam bebas. Olahraga ini harus dilakukan dengan latihan terlebih dahulu. Alat pengaman seperti helm dan lainnya juga harus terpasang dengan benar karena kegiatan ini cukup berbahaya. Downhill menjadi salah satu cabang yang sering diperlombakan baik di Indonesia maupun di luar negeri.

8. Offroad

Offroad adalah kegiatan mengemudikan kendaraan beroda empat pada medan yang bukan merupakan jalan pada umumnya. Offroad dilakukan di medan berlumpur, berpasir, berbatu-batu, atau bahkan di sungai. Offroad terbagi dalam banyak jenis, antara lain formula offroad, adventure offroad, fun offroad, extreme offroad, dan speed offroad.

9. Balapan

Kegiatan balapan baik motor mau pun mobil kini menjadi salah satu hobi yang menantang. Kegiatan ini menjadi hobi yang mahal karena memerlukan kendaraan khusus serta lintasan khusus. Balapan bahkan telah menjadi salah satu jenis kompetisi yang prestisius. Seperti pembalap kebanggaan kita yang saat ini tengah mengikuti kompetisi F1, Rio Haryanto.

10. Kayaking

Kayaking adalah kegiatan mengarungi perairan atau sungai dengan aliran air yang deras menggunakan kayak (sejenis perahu kecil yang hanya dapat dinaiki oleh satu orang dengan bagian depan dan belakang tertutup). Penggunaan kayak dibantu oleh dayung. Ada dua jenis dayung yang digunakan, yaitu yang berkepala tunggal dan berkepala ganda.

ads

11. Arung jeram

Arung jeram atau rafting lebih dijadikan sebagai kegiatan rekreasional yang dilakukan di alam bebas. Namun ternyata banyak juga yang menjadi kegiatan tersebut sebagai hobi. Para penyuka kegiatan arung jeram dapat menantang diri untuk mengalahkan ketakutan sekaligus menikmati segarnya udara serta pemandangan alam bebas. Kegiatan ini menggunakan perahu karet serta dayung dan dilakukan secara berkelompok. Para pemain arung jeram harus menggunakan jaket pelampung, helm serta pelindung lutut dan siku untuk mengantisipasi benturan yang mungkin terjadi.

12. Skydiving (terjun payung)

Kegiatan skydiving atau terjun payung sudah populer sejak lama. Terjun payung menjadi salah satu hobi yang ekstrem. Kegiatan ini memerlukan keberanian yang besar. Terjun payung adalah kegiatan melompat dari pesawat yang mengudara dengan membentangkan parasut ketika akan mendarat. Biasanya, kegiatan ini dilakukan secara berkelompok. Para pelaku terjun payung yang sudah terampil dapat melakukan atraksi di udara dengan berbagai manuver atau formasi.

13. Base jumping

Base dalam kata base jumping merupakan singkatan dari building, antenna, span, dan earth. Keempat tempat yang disebutkan ini dapat menjadi tempat bertolak untuk melakukan lompatan. Meski sama-sama melompat dari ketinggian dengan berbekal parasut, base jumping memiliki beberapa keunikan. Berbeda dengan terjun payung, base jumping adalah kegiatan melompat di udara namun pelakunya hanya akan membuka parasut ketika tubuhnya beberapa saat lagi akan mencapai permukaan tanah. Kegiatan ini memerlukan perhitungan yang matang kapan harus membuka parasut. Meski sangat berbahaya, ternyata sebagian orang melakukannya sebagai hobi yang mengasyikkan.

14. Flyboarding

Inilah kegiatan yang saat ini sedang hits. Flyboarding adalah kegiatan yang dapat dilakukan di permukaan air dengan memasang personal water craft dengan tenaga penggerak yang membuat tubuh orang yang melakukannya dapat terangkat dan melayang di atas air. Wahana flyboarding tersedia di pantai-pantai. Kegiatan ini baru ditemukan pada tahun 2012.

15. Snowboarding

Satu lagi jenis kegiatan yang hanya dapat dilakukan ketika musim dingin. Aktivitas yang banyak dijadikan hobi oleh sebagian bangsa Eropa dan Asia ini diberi nama snowboarding. Snowboarding adalah kegiatan meluncur dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah pada area yang tertutup oleh salju. Agar dapat meluncur, papan yang digunakan dipasang pada kaki. Orang yang melakukannya harus dalam posisi berdiri dan menyeimbangkan tubuhnya agar tidak terjatuh. Snowboarding menjadi salah satu cabang yang diperlombakan dalam olimpiade.

16. Sandboarding

Berbeda dengan snowboarding yang menggunakan area bersalju, sandboarding adalah kegiatan meluncur di atas permukaan pasir dengan papan seluncur yang terbuat dari berbagai macam bahan. Ada yang terbuat dari plastik atau kayu. Beberapa suku di daerah pesisir Indonesia, melakukan permainan ini dengan cara tradisional. Biasanya mereka menggunakan pelepah kelapa sebagai papan luncurnya. Agar dapat meluncur, papan ini diikat dengan tali kemudian ditarik oleh orang lain. Biasanya kegiatan ini dilakukan di gumuk pasir. Salah satu tempat snowboarding yang populer di Indonesia adalah gumuk pasir Parangkusumo di Yogyakarta.

17. Cliff diving

Salah satu hobi yang tergolong paling ekstrem dan tidak semua orang berani melakukannya adalah cliff diving. Cliff diving atau loncat tebing adalah kegiatan meloncat dari atas tebing yang di bawahnya terdapat perairan. Biasanya berupa laut, danau, atau sungai yang dalam. Loncat tebing menjadi populer di luar negeri dan dilombakan secara internasional.

Berbeda dengan cabang olahraga loncat indah yang aman karena mendarat di kolam renang dengan ketinggian yang sudah ditentukan, loncat tebing lebih berbahaya karena pelaku loncat tebing harus meloncat dari tebing dengan ketinggian puluhan meter dan mendarat di perairan di bawahnya. Jika tidak berhati-hati, pelaku loncat tebing bisa menderita cidera yang diakibatkan oleh pendaratan yang salah, terbentur bebatuan tebing atau karang di dalam air.

18. Loncat dari Jembatan

Banyak orang, khususnya mereka yang suka dengan kegiatan di pantai atau air, menyukai kegiatan meloncat dari atas jembatan. Ada sebagian yang melakukannya tanpa pengaman. Namun ada juga yang menggunakan tali seperti saat bungee jumping untuk menghindari kecelakaan. Hobi ini dilakukan karena menantang dan memacu adrenalin.

19. Motor cross

Motor cross adalah hobi yang cukup populer di Indonesia dan dunia. Alam indonesia yang indah, menyediakan tempat-tempat terbaik untuk menjadi lintasan motor cross. Banyak remaja, khususnya laki-laki menekuni hobi tersebut dengan latihan yang konsisten hingga dapat menakhlukkan berbagai medan lintasan. Motor cross sering menjadi kompetisi yang menantang. Sama seperti kegiatan ekstrem lainnya, pemain motor cross harus mengutamakan keselamatan diri dengan memakai berbagai alat pengaman di tubuhnya.

20. Rope swing

Rope swing adalah kegiatan berayun dengan menggunakan tali yang diikatkan pada badan dengan pengait. Rope swing dapat dilakukan di pohon besar, jembatan, atau daerah canyon dengan bebatuan yang bercelah dan memungkinkan untuk berayun. Pemasangan tali harus dilakukan oleh orang yang terampil. Setelah tali dipasang, orang yang akan melakukan rope swing kemudian berayun pada tali tersebut.

21. Parkour

Parkour adalah seni berpindah tempat dengan gerakan yang cepat dan akrobatik tanpa alat apa pun, hanya menggunakan kemampuan badan. Kelenturan dan kekuatan badan merupakan hal dasar yang harus dimiliki ketika melakukan parkour. Yang termasuk gerakan parkour adalah berlari, meloncat, dan memanjat. Orang yang melakukan parkour biasanya menggunakan sepatu lari dan pakaian yang nyaman serta menyerap keringat. Kegiatan ini cukup menantang sekaligus bermanfaat karena kita dapat mengetahui dan mengukur sendiri seberapa besar kekuatan tubuh kita. Para penyuka hobi parkour biasanya membentuk atau bergabung dalam komunitas-komunitas untuk berlatih bersama.

22. Naik gunung

Inilah salah satu hobi yang sedang hits di seluruh dunia. Naik gunung atau mendaki gunung banyak dilakukan oleh mereka yang memiliki tubuh, tekad, serta semangat yang tangguh. Tidak semua orang dapat melakukan kegiatan ini. Untuk dapat mencapai puncak yang tingginya ribuan meter di atas permukaan laut, diperlukan stamina dan kegigihan yang luar biasa. Orang yang menyukai hobi mendaki, harus selalu menjaga ketahanan fisiknya dengan melakukan olahraga secara rutin. Orang yang naik gunung juga harus tahan terhadap cuaca dingin. Mereka yang memiliki hobi naik gunung, mempunyai kebanggaan tersendiri karena telah mencapai puncak-puncak yang tinggi.

Para pendaki mengakui bahwa melihat alam dari atas gunung selalu membuat takjub. Sunset, sunrise dan samudera awan menjadi pemandangan yang membuat lelah dan usaha keras serta menakhlukkan medan berat selama pendakian terbayar sudah. Bahkan mereka mengakui bahwa sekali mendaki gunung, akan kecanduan untuk mencobanya lagi.

Sponsors Link

Indonesia merupakan surga para pendaki gunung karena banyak terdapat gunung-gunung dengan alam yang indah. Banyak para pendaki dari seluruh dunia datang ke Indonesia untuk mencoba menakhlukkan puncak-puncak gunung yang terdapat di pulau-pulau kita. Para pendaki biasanya memiliki rasa cinta terhadap alam yang lebih daripada orang kebanyakan. Bahkan tidak jarang ditemui komunitas pendaki yang memiliki misi untuk menjaga gunung tetap lestari dengan memberikan sosialisasi dan kampanye kepada para pendaki lain.

23. Hammocking

Inilah hobi yang juga tidak kalah hits dan menantang. Tahukah anda apa itu hammocking? Hammocking berasal dari kata hammock yang merupakan sebuah alat serupa ayunan. Hammock terbuat dari kain khusus yang mampu menahan beban hingga 100 sampai 150 kilogram. Hammock dapat digunakan untuk posisi duduk atau tiduran. Biasanya para pendaki sudah akrab dengan hammock dan aktivitas hammocking.

Untuk dapat berfungsi, hammock dipasangkan pada dua pohon yang kuat dengan menggunakan webbing. Ketinggian pemasangan hammock dapat disesuaikan dengan keinginan. Namun ada juga orang-orang tertentu yang memasang hammock pada celah tebing yang tinggi. Inilah yang paling ekstrem.

Hammocking dapat dilakukan oleh individu mau pun kelompok. Bagi anda yang suka dengan ketenangan, anda bisa melakukan hammocking sambil membaca buku atau mendengarkan musik. Namun saat ini, baik di luar negeri mau pun di Indonesia sendiri, hammocking banyak dilakukan secara berkelompok.

24. Memelihara binatang buas

Inilah salah satu hobi ekstrem yang dilakukan beberapa orang. Baik di Indonesia mau pun di luar negeri, orang-orang tertentu memiliki kecintaan terhadap binatang buas seperti ular berbisa atau pun buaya. Mereka memelihara binatang tersebut layaknya memelihara kucing. Para penyuka reptil misalnya, mereka tidak takut hidup dengan hewan-hewan yang mungkin bagi sebagian orang terkesan mengerikan. Hewan-hewan itu hidup bersama dengan pemiliknya seperti hewan jinak.

Kini hobi memelihara binatang buas memiliki batasan. Banyak binatang buas yang dilindungi dan tidak seharusnya dipelihara. Mereka yang menyadari hal tersebut banyak yang mengembalikan binatang-binatang ini ke habitat asalnya untuk menjaga keseimbangan alam atau menyerahkan kepada pihak yang mengurusi masalah hewan yang dilindungi. Namun sebagian orang masih menekuni hobinya karena rasa cinta mereka terhadap binatang-binatang tersebut.

25. Selfie dari ketinggian

Tren selfie saat ini masih tetap mendunia. Banyak orang mengunjungi tempat-tempat yang unik atau indah kemudian mengabadikannya melalui foto. Tapi tahukah anda bahwa ada beberapa orang yang memiliki hobi melakukan selfie di tempat-tempat yang tidak biasa? Ya, beberapa orang di dunia, melakukan selfie dari atas gedung-gedung pencakar langit. Hal ini tentu berbahaya apabila tidak menggunakan alat pengaman atau keselamatan diri.

Memiliki hobi ekstrem, memang dapat menjadi kebanggaan tersendiri karena tidak semua orang dapat melakukannya. Orang yang memiliki hobi ekstrem, mendapatkan kepercayaan diri yang tinggi serta kepuasan hidup dan kebahagiaan. Hobi-hobi tersebut juga dapat menjadikan diri lebih bersyukur atas anugerah Tuhan. Jika anda merupakan salah satu tipe orang yang tertarik dengan hobi ekstrem atau ingin mencoba salah satu kegiatan di atas, pastikan untuk berlatih pada orang yang tepat dan tetap mengutamakan keselamatan diri anda. Sekian artikel mengenai hobi paling ekstrem di dunia yang ternyata begitu banyak jenisnya. Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan anda!

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 05th, April 2016 / 09:41 Oleh :
Kategori : Hobi