Sponsors Link

31 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Benar

Sponsors Link

Jika sebelumnya membahas mengenai cara mendidik anak perempuan maka kali ini akan dibahas pula mengenai cara mendidika anak laki-laki. Mendidik anak laki-laki pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan anak perempuan, seperti halnya dalam merawat anak pasti ada beberapa point pokok yang dapat digunakan untuk merawat anak laki-laki maupun anak perempuan. Hanya saja perbedaannya anak laki-laki dalam merawatnya lebih diajarkan bagaimana cara mengendalikan logika dan perasaannya agar logika dan perasaannya itu bisa singkron sehingga nantinya ketika sudah dewasa dan memiliki pasangan istri tidak terlaluu menyakiti dan terlalu egois.

Masih mending jika dengan pacar, hal itu pasti masih tahap pengenalan dan mungkin akan ada rasa maklum, tetapi beda halnya dengan istri. Istri akan setiap kali hidup bersama dan akan sering bertemu bahkan ketika seorang lelaki bohong pun dapat dilihat dari psikologinya dan fisiknya dengan memahami ciri-ciri orang berbohong menurut psikologi dan ciri-ciri orang berbohong dilihat dari fisiknya dengan begitu, sejak dini harus mengajarkan anak laki-laki untuk tidak berbohong karena akibat orang yang sering berbohong apalagi dalam hubungan itu sangat fatal. Baik lah lanjut saja akan dibahaas mengenai cara mendidik anak laki-laki dengan benar itu seperti apa. Berikut adalah penjelasan mengenai cara mendidik anak laki-laki :

  1. Mengajarkan anak untuk menjadi pemimpin

Seorang anak laki-laki pastilah kelak akan menjadi pemimpin untuk keluarganya, salah satu tips menjaga keharmonisan rumah tangga adalah dengan menjadi imam yang baik bagi keluarganya. Merawat keluarga agar tidak terjadi pertengkaran dalam rumah tangga itu, sehingga keluarga akan menjadi tetap harmonis

  1. Mendidik anak agar menjadi pria yang bertanggung jawab

Salah satu penyebab pria selingkuh dari istrinya adalah karena anak laki-laki sejak dini tidak diajarkan mengenai bagaimana tanggung jawab itu, hanya di istimewakan dengan hartanya, padahal seharusnya bukan hanya perempuan saja yang harus dapat menghemat dan memanage uang, namun lelakipun juga harus dapat memanage uang dengan baik, agar masa depannya jelas.

  1. Mengajarkan anak untuk tidak mudah bosan

Jangan biarkan anak sejak dini sudah merasakan mudah bosan, karena hal ini akan membuat kelak suami mudah bosan dengan istri, karena sikap seorang lelaki yang mudah bosan itulah yang menjadi penyebab suami bosan dengan istri. Oleh sebab itu untuk menghindari itu semua orang tua harus mengajarkan anak agar anak tidak mudah merasa bosan.

  1. Mendidik anak agar selalu berkata jujur

Sejak dini, apalagi untuk lelaki harus diajarkan untuk berkata jujur dengan benar. Ceritakan saja pada anak apa saja akibat orang yang sering berbohong itu, agar anak mengerti dan tidak senang berbohong nanti ketika sudah dewasa, apalagi berbohong hanya untuk mendapatkan wanita yang diinginkannya. Karena itu sangat tidak baik, baik itu untuk psikologinya ataupun untuk dirinya sendiri. Ajarkan anak selalu untuk menjadi orang yang baik hati dengan mempelajari ciri-ciri orang baik hati.

  1. Mengajarkan anak untuk selalu menyayangi

Mengajarkan anak untuk selalu menyayangi adalah cara efektif untuk mendidik anak lelaki agar memiliki rasa kasih sayang yang tulus, tidak mudah mempermainkan hati wanita kelak dan mengerti bagaimana cara membahagiakan istri sehingga kelak tidak akan ada penyebab suami istri sering bertengkar karena keduanya sudah saling menyayangi satu dengan yang lainnya, jadi ajarkanlah anak selalu untuk menyayangi dan menghargai orang lain sejak dini. Bahkan sedini mungkin.

  1. Mendidik anak dengan Al Quran

Yang terpenting adalah dapat mendidik anaknya apalagi anak lelaki dengan Al Quran, karena dengan memahami dan mengerti akan isi makna dan kandungan Al Quran akan membuat seorang anak menjadi anak yang sholeh, sehingga akan membuat anak itu dapat menjaga diri dan hatinya sampai kelak nanti ada orang wanita yang sudah pantas untuknya. Jangan sampai anak laki-laki terjebak pada hal-hal yang buruk, apalagi sampai pada pergaulan bebas. Karena dapat dilihat bahwa anak laki-laki untuk pergaulan lebih mudah terpengharuh.

  1. Mengajarkan keimanan pada anak

Selain mengajarkan Al Quran, keimanan juga perlu diajarkan pada anak, dengan adanya keimanan yang diajarkan pada anak sejak dini akan membuat anak akan memberikan dan memancarkan hal-hal yang baik kelak ketika dewasa. Meskipun pada saat kecil agak sulit untuk mengajarkannya kepada anak.

  1. Ajarkan anak bela diri

Tak hanya seorang wanita yang harus bela diri, seorang anak laki-laki juga harus pandai bela diri, bahkan itu adalah wajib, karena seorang laki-laki memiliki fungsi untuk melindungi istri dan anak-anaknya. Sedangkan istri tugasnya hanyalah berbakti pada suami, dan pasti setiap istri sudah memiliki cara berbakti kepada suami sedangkan suami harus punya cara untuk melindungi istri.

  1. Ajarkan anak untuk berbakti

Tidak hanya untuk anak perempuan saja yang diajarkan untuk berbakti kepada orang tua tetapi anak laki-laki juga harus berbakti pada orang tua, sehingga ketika anak sudah memiliki istri tidak lalai dengan orang tuanya.

  1. Ajarkan anak untuk mandiri

Mengajarkan anak untuk mandiri adalah cara efektif untuk membimbing seorang anak laki-laki agar mampu mandiri pula dalam bekerja kelak. Jangan sampai anak selalu membanggakan harta orang tuanya hingga kelak ketika istri tidak mengetahui tips mengatur keuangan rumah tangga anak laki-laki yang sudah dididik mandiri itu akan dapat mengatasi hal itu semua jadi tetap dapat mengetahui cara mempertahankan hubungan dalam kehidupan kelak.

  1. Berikan waktu luang pada anak

Jangan lupa berikan waktu luang kepada anak agar anak tidak terjerat pada pergaulan bebas, ketika anak sudah terjerat pada pergaulan bebas maka orang tua harus memikirkan solusi pergaulan bebas, bahkan tidak hanya itu, orang tua juga harus menanggung beban akibat pergaulan bebas pada pelajar jika anaknya itu memang sedang belajar. Tentu itu akan sulit sekali untuk anak dan orang tua.

Sponsors Link

  1. Berikan anak laki-laki tantangan

Untuk melatih keberanian pada anak, jangan lupa untuk memberi hal-hal yang menantang pada anak itu agar ia juga terlatih mandiri.

  1. Berikan contoh yang baik pada anak

Bagi anak laki-laki sangat penting untuk diberikan contoh yang baik, bahkan tidak hanya anak laki-laki saja, anak perempuan pun juga begitu. Agar kelak perilakunya tetap baik dan tidak terjerat pada pergaulan bebas.

  1. Berilah anak dukungan

Pada setiap apa yang dilakukan anak. Terutama pada anak laki-laki bila itu adalah hal yang baik maka selalu beri dukungan padanya, jangan pernah terllau menekan ia apalagi sampai pada psikologisnya terganggu. Biasanya anak laki-laki yang kerap ditekan akan memberontak dan menjadi anak yang nakal

  1. Jangan terlalu banyak melarang anak

Begitu pula jangan terlalu banyak melarang anak, agar anak tidak menjadi anak yang nakal kelak. Meskipun ada cara mendidik anak nakal tetap saja sejak awal harus menjaga anak agar tidak menjadi anak yang nakal.

  1. Jangan menurutu keinginan anak terus menerus

Ketika kecil, anak pasti menginginkan sesuatu yang bermacam-macam, tetapi meskipun demikian jangan pernah menuruti semua keinginan anak secara terus menerus, karena justru itu akan membuat anak menjadi manja.

  1. Jangan pernah menghukum dengan kekerasan fisik

Untuk mendidik anak laki-laki jangan sekali-kali mendidik anak dengan kekerasan, karena hal itu akan menjadikan anak laki-laki kelak menjadi anak yang kasar dan tidak memiliki perasaan, karena tingkah laku orang tua yang kurang baik pula dengan anaknya ketika kecil.

  1. Ajarkan anak untuk memberi perhatian pada orang lain

Tak hanya anak yang harus diberi perhatian, tetapi anak juga harus diajarkan memperhatikan orang lain agar anak laki-laki ini memiliki rasa peka dan peduli dengan orang lain nantinya.

  1. Pujilah anak tetapi jangan terllau sering

Memuji anak memang perlu, sehingga anak merasa apa yang dilakukan itu dihargai, sehingga ia juga akan belajar menghargai orang lain kelak. Tapi jangan terllau banyak memuji anak agar ia tidak menjadi anak yang sombong

  1. Tegur anak ketika melakukan hal yang buruk

Segeralah menegur anak ketika anak melakukan hal yang buruk, sehingga anak tidak terbiasa melakukan hal yang buruk, dan tau apakah hal yang dilakukan itu baik ataukah tidak.

  1. Jagalah pergaulan anak sejak dini

Menjaga pergaulan sejak dini bagi orang tua itu juga penting, agar orang tua tidak menyesal nantinya ketika anak melangkah terlalu jauh dan menjadi salah langkah sampai ke pergaulan yang bebas

  1. Sesekali ajarkan pada anak untuk mendahulukan orang lain

Bagi anak laki-laki harus diajarkan mengalah, ajarkan pada anak laki-laki untuk mendahulukan orang lain apalagi itu adalah seorang wanita, agar ia terkesan sebagai orang yang sopan dan mau menghargai orang lain.

  1. Biasakan anak untuk olahraga

Untuk anak laki-laki harus dibiasakan olahraga agar memiliki tubuh yang kuat dan tidak lemah, bahkan agar anak laki-laki tidak mudah merasakan sakit, sehingga kekebalannya baik.

  1. Biasakan anak untuk hidup sederhana

Jika anak adalah anak yang dari keluarga berada, ajarkanlah pada dia untuk hidup sederhana, jangan sekali-kali memewahkan anak dengan harta yang dimiliki agar anak tidak menjadi anak yang sombong kelak.

  1. Biasakan anak untuk tidak berkata kotor

Bagi anak laki-laki maupun perempuan harus dapat dijaga perkataannya jangan sampai menjadi anak yang buruk dengan selalu berkata kotor, didiklah anak sebaik mungkin.

  1. Jangan biarkan anak untuk terus membanggakan harta orang tua

Anak juga tidak boleh terlalu membanggakan harta orang tua, benar pada poin sebelumnya, ajarkan anak sederhana, jangan sampai ia membanggakan harta orang tua sehingga besarnya nanti malah menjadi anak yang malas.

  1. Bisakan anak untuk tidak mengambil hal yang bukan miliknya

Anak juga harus terbiasa mengerti apakah itu miliknya ataukah bukan, jangan biarkan anak untuk mengambil apa-apa yang bukan miliknya. Sehingga besarnya tidak terbiasa dan tidak akan menjadi maling.

Sponsors Link

  1. Berilah hiburan pada anak laki-laki yang positif

Berilah permainan ataupun hiburan pada anak itu permainan yang positif, jangan biarkan ia terllau sering bermain game/vidio seperti game/vidio kekerasan. Apalagi posisi anak masih kecil, karena anak yang masih kecil akan mudah meniru perbuatan apa yang telah dilihatnya saaat itu.

  1. Biasakan pada anak untuk taat kepada orang yang lebih tua

Anak laki-lakipun harus diajarkan bagaimana seharusnya bersikap pada orang yang lebih tua. Hal ini perlu diajarkan sejak dini agar besarnya sudah terbiasany dengan hal tersebut. Dengan demikian anak akan tumbuh menjadi anak yang berbudi luhur

  1. Ajarkan pada anak untuk tidak merendahkan orang lain

Ajarkan pula pada anak untuk menghargai apa yang dimiliki orang lain, janga biarkan anak untuk terbiasa merendahkan oranglain, karena itu merupakan perbuatan yang tidak baik. Bahkan bisa dibenci oleh orang-orang yang ada disekelillingnya

  1. Jangan biarkan anak terlalu bebas

Untuk anak laki-laki jangan biarkan dia terllau bebas, tetapi jangan pula terlalu dikekang, agar ia merasa bahwa dirinya dihargai dan dibebaskan tetapi tidak terlalu bebas dalam bergaul.

Itulah tips dan cara mendidik anak laki-laki, pada dasarnya anak laki-laki lebih senang untuk berjelajah atau bermain keluar, jadi biarkanlah anak untuk melakkan hal itu agar kekreatifitasan pada anak terus berkembang.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 16th, June 2016 / 02:28 Oleh :
Kategori : Anak Anak