10 Hak Anak Terhadap Orang Tua Menurut Islam

Sponsors Link

Ketika dua pasang manusia sudah menjadi suami dan istri, kebanyakan akan diberi anugerah oleh Allah dengan hadirnya seorang buah hati. Kehadiran buah hati adalah amanat dan titipan dari Allah. Dengan menjadi orang tua, akan ada banyak jalan yang terbuka bagi perkembangan kepribadian dan keimanan seseorang. Para orang tua akan mempelajari berbagai hal yang membuka mata mereka tentang kehidupan melalui cara mendidik anak perempuan dan cara mendidik anak laki – laki yang benar.

Seorang anak yang lahir didalam sebuah keluarga juga memiliki berbagai hak yang harus dipenuhi oleh kedua orang tuanya. Hak – hak anak ini harus dipenuhi oleh orang tua agar anak dapat tumbuh menjadi manusia yang berguna dan juga berkepribadian baik, serta memiliki ciri  – ciri orang baik hati dan tahu cara menghindari perilaku tercela. Apa saja hak anak terhadap orang tua, simaklah dalam pembahasan berikut:

1. Hak untuk hidup

Anak adalah insan manusia sama dengan orang tua dan manusia lainnya. Sebagai seorang manusia, anak juga memiliki hak untuk hidup dan menjalani kehidupannya dengan utuh. Orang tua adalah perantara yang akan mengenalkan anak kepada kehidupan. Bagaimana anak mempelajari semua yang dia butuhkan untuk bertahan hidup, orang tua akan mengajarkan berbagai nilai kehidupan tersebut.

2. Hak mendapat nama yang baik

Tidak salah ungkapan bahwa nama seseorang adalah doa. Jika memberi nama kepada anak, hendaknya orang tua memberi nama yang mengandung arti yang baik. Dalam ajaran Islam, pemberian nama kepada anak adalah merupakan sebuah doa agar anak pun menjadi pribadi yang baik sesuai dengan nama yang diberikan kepadanya. Dengan nama yang baik, diharapkan anak akan memiliki akhlak yang baik sesuai dengan cara mendidik anak yang tepat jika diterapkan orangtua sejak kecil.

3. Hak menerima air susu ibu

Tugas ibu rumah tangga salah satunya adalah untuk memberi ASI kepada anak. Peran ibu dalam keluarga adalah sebagai penyambung kehidupan sang anak melalu pemberian ASI yang dia berikan sejak anak lahir . Anak juga memiliki hak untuk menerima air susu ibunya selama dua tahun.

Jika kurang dari itu diperbolehkan selama ada alasan yang dapat diterima. Hal ini disebutkan dalam ayat Al Qur’an Surat Al Baqarah 233 yang menyatakan bahwa seorang anak memiliki hak untuk diberi ASI selama dua tahun oleh ibunya atau oleh seorang ibu susu jika ibunya tidak bisa menyusui. Melalui air susu ibu, seorang anak mendapatkan energi untuk bertumbuh dan berkembang sebagai seorang manusia.

4. Hak mendapatkan pendidikan

Salah satu kewajiban anak di rumah adalah belajar, maka hak anak terhadap orang tua adalah juga mendapatkan pendidikan. Cara mendidik anak yang baik adalah dengan memastikan bahwa anak juga mendapatkan pendidikan secara formal. Pendidikan adalah cara yang tepat untuk mengembangkan kepribadian anak dan kemampuan otaknya. Seorang anak yang dididik dengan baik melalui pendidikan keluarga dan pendidikan di sekolah dapat menjadi anak dengan akhlak dan tingkah laku yang baik serta cerdas.

5. Hak untuk mendapat makanan dan minuman yang baik

Seorang anak juga memiliki hak untuk mendapatkan makanan dan minuman yang halal baginya. Karena itulah orang tua terutama ayah harus berusaha untuk mendapatkan rejeki yang halal agar apa yang dimakan dan diminum anaknya adalah berasal dari rezeki yang halal pula. Anak yang terbiasa diberi rezeki halal kelak juga akan  menyadari pentingnya untuk mendapatkan segala sesuatu dengan cara yang halal, hidupnya pun akan menjadi lebih bersahaja.

6. Hak untuk dipelihara kesehatannya

Hak anak yang lain adalah untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang memadai. Kesehatan anak sangat penting dan akan mempengaruhi tumbuh kembang serta kecerdasan berpikirnya kelak. Anak memiliki hak untuk dipenuhi kebutuhan kesehatannya, misalnya membawa ke dokter ketika sakit, mengurusinya ketika sakit, dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima yang diusahakan oleh orang tua.

Sponsors Link

7. Hak untuk mempelajari agama

Agama merupakan bagian penting dari hidup seseorang, dan merupakan penuntun agar manusia tidak melupakan tujuan hidup dalam Islam yaitu beribadah kepada Allah. Peran keluarga dalam pendidikan anak sangat penting dan fungsi keluarga adalah merupakan gerbang pertama dalam menanamkan berbagai nilai kehidupan kepada anak. Pendidikan agama dalam keluarga akan menjadi cara yang baik untuk menuntun anak dan memperkenalkan anak kepada akhlak yang baik dan sesuai dengan kepribadian manusia yang beragama.

8. Hak mendapat kasih sayang

Hak anak yang paling utama yang bisa didapatkannya dari orang tuanya adalah bahwa anak bisa mendapatkan kasih sayang yang tulus dari kedua orang tua. Memberi kasih sayang tulus kepada anak dengan porsi yang tepat akan berguna dalam pendidikan karakter anak kelak.

Pentingnya pendidikan karakter anak akan dicapai hasilnya jika orang tua menggunakan pendekatan kasih sayang kepada anak – anaknya. Mendapatkan kasih sayang yang cukup akan membuat anak menjadi seseorang yang cerdas dan berani menghadapi kehidupan.

Sponsors Link

9. Hak untuk bermain

Seorang anak kecil sudah sepantasnya jika masih memiliki keinginan untuk bermain dan mengembangkan kreativitasnya melalui permainan yang disukainya. Selama aktivitas bermain anak tidak mendatangkan bahaya atau keburukan bagi dirinya dan lingkungannya, orang tua tetap wajib untuk memberikan anak hak tersebut.

Ada orang tua yang menginginkan anaknya untuk selalu belajar dan belajar agar pintar tanpa mau memperhatikan kebutuhan anaknya untuk bermain. Hal itu dapat merusak masa kecil anak jika tidak ada keseimbangan antara belajar dan bermain.

10. Hak untuk mendapatkan perlindungan 

Rumah, orang tua dan keluarga adalah tempat perlindungan yang utama bagi seorang anak. Perlindungan kepada anak berupa berbagai macam hal yang tidak dapat dilakukan anak untuk dirinya sendiri. Contohnya, melindungi anak dari pengaruh buruk, penyakit, kelaparan, orang jahat, kekurangan pendidikan, dan lain sebagainya.

Semua perlindungan yang diberikan orang tua ini hendaknya tidak berlebihan agar anak tidak menjadi orang yang terlalu tergantung kepada orang lain. Melindungi anak dapat dengan cara menunjukkan kepadanya hal  – hal yang diperlukan untuk bertahan hidup dan bagaimana cara menjadi pribadi yang baik dan cara agar disukai banyak orang dimanapun.

Hak dan kewajiban anak di rumah memang harus dipenuhi secara seimbang, jika orang tua terlalu banyak memberikan cara memanjakan anak maka kelak anak tidak akan mengerti keseimbangan antara hak dan kewajiban yang harus ia penuhi. Anak akan selalu menuntut hak nya tanpa memperhatikan bahwa ada kewajiban yang harus ia kerjakan lebih dulu sebelum menuntut hak. Jika demikian, anak tidak akan menyadari berbagai tanggung jawab yang harus ia emban dalam kehidupannya kelak.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 31st, December 2016 / 08:36 Oleh :
Kategori : Anak Anak