Sponsors Link

15 Cara Merubah Diri Menjadi Lebih Baik Lagi

Sponsors Link

Hampir semua orang mempunyai keinginan untuk menjadi pribadi yang lebih baik daripada diri mereka yang sesungguhnya. Disadari atau tidak, ada sebagian kecil diri kita yang selalu membutuhkan perubahan dalam setiap tahap kehidupan. Dan, perubahan itu haruslah menjurus ke arah yang lebih baik lagi agar kehidupan yang kita jalani pun bisa menjadi bertambah baik.

Memperbaiki Diri

Untuk mengubah diri menjadi seseorang yang lebih baik dalam segala hal tidaklah mudah. Banyak faktor yang bisa menghambat usaha kita untuk memperbaiki diri secara sikap, sifat, moral, dan lain – lain. Supaya kita bisa mengubah diri menjadi lebih baik, ada beberapa cara merubah diri menjadi lebih baik sebagai berikut ini :

1. Mempunyai prinsip kuat

Agar kita bisa menjadi orang yang lebih baik, kita harus memiliki prinsip yang kuat. Sebelum membangun prinsip diri yang kuat, terlebih dulu kita harus mengetahui perbadaan antara hal yang benar dan salah untuk dilakukan. Banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan antara kedua hal ini, berakhir dengan membuat keputusan yang menjadi kesalahan besar seumur hidupnya. Sepintas kelihatan sepele dan mudah, akan tetapi cara menjadi pribadi yang baik dengan mampu membedakan hal yang benar dan salah ini bukanlah perkara mudah. Membutuhkan pertimbangan moral yang didapat dari pentingnya pendidikan karakter yang kita dapat sejak kecil.

2. Mengenali perbuatan kita yang salah

Keuntungan dari mengetahui perbedaan antara benar dan salah, kita jadi mengetahui pula apa dan bagaimana saja perbuatan kita yang salah. Dengan demikian, kita bisa tahu cara mengambil keputusan yang baik dan benar agar dampaknya tidak akan merugikan kehidupan kita kelak.

3. Mempunyai tekad yang kuat

Kita harus bertekad kuat untuk berani dan konsisten mengubah diri menjadi orang yang lebih baik. Tanpa tekad yang kuat, arah kita untuk mengubah diri akan menjadi sangat mudah goyah. Untuk itu kita harus tahu cara membuat keputusan yang tepat agar bisa menata hidup kita dengan lebih baaik lagi.

4. Serap nilai – nilai yang baik

Kapanpun kita menemukan contoh dari hal baik yang bisa kita teladani dalam hidup, seraplah nilai – nilai tersebut dan pelajari serta kita gunakan juga dalam kehidupan kita sehari  – hari. Meneladani nilai – nilai kebaikan dalam hidup merupakan salah satu peran orang tua dalam mendidik anak. Jadi kelak kita akan bisa mengajarkan hal yang sama kepada anak.

5. Cobalah selalu berpikir positif

Pikiran yang positif sangat penting untuk membangun kepribadian yang baik dalam diri seseorang. Dengan selalu berpikir positif, kita jadi tidak mudah gelisah saat mengalami masalah dan mampu untuk selalu bersikap tenang. Pemecahan masalah dan kesulitan hidup pun akan lebih mudah diatasi dengan kemampuan berpikir positif. Berpikir positif juga dapat menjadi cara membahagiakan diri sendiri, karena tidak selalu dirundung rasa cemas dan gelisah.

6. Belajar membangun rasa empati

Empati berarti mempunyai kemampuan untuk ikut merasakan atau memahami perasaan orang lain dan mampu menempatkan diri sendiri di posisi yang sama dengan orang lain. Orang yang memiliki perasaan empati yang baik berarti tahu cara menghargai orang lain, dan membuat kita bisa menjalin hubungan baik dengan orang lain dengan mengurangi sikap egois.

7. Perlakukan semua orang sama rata

Jangan perlakukan tiap orang dengan perlakuan yang berbeda – beda, karena pada dasarnya semua orang adalah sama. Kualitas seperti ini akan membuat kita disenangi oleh orang lain, karena kita tidak membedakan dalam hal apapun misalnya pangkat, harta, kelas sosial, jabatan dan lainnya. Ciri – ciri orang baik hati yang mudah dilihat adalah bagaimana caranya memperlakukan setiap orang yang berbeda dengan dirinya. Janganlah begitu mudah untuk langsung mengambil kesimpulan tentang orang lain atau menilai orang lain dengan terburu – buru untuk memperlakukan semua orang dengan porsi yang sama.

8. Perhatikan perkataan atau ucapan

Belajarlah mengeluarkan ucapan yang baik dan terkendali kepada orang lain. Ucapan buruk tidak akan bisa ditarik kembali setelah diucapkan, karena itu kita harus pandai memilih perkataan yang baik. Berkata baik adalah cara mendidik anak laki – laki dan cara mendidik anak perempuan yang benar.

Sponsors Link

9. Menumbuhkan rasa hormat kepada orang lain

Punya perasaan menghormati kepada orang lain adala hal yang sangat penting. Tidak hanya cara menghormati orang tua tetapi juga menumbuhkan rasa hormat kepada orang lain. Bila kita bisa menghormati orang lain, maka perbuatan kita pun akan bisa dikendalikan agar tidak menyinggung orang lain.

10. Belajar untuk berbesar hati

Terkadang dalam hidup ada saja hal yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita. Cara menenangkan hati dan pikiran bila ada kejadian seperti itu adalah dengan belajar untuk berbesar hate menerimanya dan memaafkan apabila ada yang membuat kita sakit hati.

11. Pilih lingkungan yang baik

Jika kita bergaul dengan lingkungan yang baik maka itu akan mempermudah perubahan diri kita menuju arah yang lebih baik juga. Kenakalan anak jaman sekarang terjadi karena pengaruh lingkungan juga, karena itu sebagai bagian dari cara mengubah diri menjadi lebih baik, kita harus tahu dan berusaha bagaimana cara menjadi orang tua yang baik juga agar anak tidak terjerumus ke dalam lingkungan buruk.

12. Fokuslah pada masa sekarang

Terkadang kita ingin memperbaiki diri untuk mencari cara melupakan masa lalu yang buruk. Kita harus bisa memfokuskan diri pada masa sekarang agar bisa bergerak maju, dan mencari cara melupakan rasa sakit hati. Bila terus mengingat masa lalu yang tidak perlu, kita akan sulit melihat ke masa depan.

13. Meminta maaf bila perlu

Salah satu ciri pribadi yang baik adalah kemampuan meminta maaf bila diperlukan. Meminta maaf tidak selalu berarti mengakui kalau diri kita kalah, akan tetapi meminta maaf menunjukkan bahwa diri kita memiliki kemampuan untuk berbesar hati.

14. Menjadi manusia yang berguna

Cobalah untuk lebih ringan tangan daripada biasanya. Biasakan diri kita untuk membantu orang lain yang membutuhkan dan menjadi manusia yang lebih berguna daripada sebelumnya. Hal ini dapat kita lakukan sebagai cara meningkatkan harga diri dan terhubung secara sosial dengan orang lain, dan menjalin hubungan baik dengan sesama masyarakat.

15. Sering introspeksi diri

Mengubah diri menjaadi lebih baik tidak bisa dilakukan tanpa menjalani introspeksi diri sendiri. Kita harus menelaah ke dalam diri sendiri, kekurangan dan kelebihan yang kita miliki dalam menjalani hubungan dengan orang lain, dan diri kita sebagai pribadi.

Sponsors Link

Cara agar disukai banyak orang adalah bisa menyeimbangkan antara hal yang positif dan negatif dalam diri kita sehingga tidak merugikan orang lain.

Beberapa langkah diatas bisa kita mulai untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Namun ada hal yang perlu kita perhatikan yaitu jangan sampai kita terlalu berusaha untuk menjadi orang baik , tetapi melupakan hal – hal yang penting. Jangan sampai karena ingin dianggap baik, lalu kita berlebihan sehingga sikap baik kita dimanfaatkan oleh orang lain. Cobalah untuk menempatkan segala perbuatan sesuai dengan porsinya agar tidak menyusahkan diri kita sendiri juga.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 14th, September 2016 / 05:06 Oleh :
Kategori : Kehidupan