Sponsors Link

15 Tips Keluarga Harmonis dan Bahagia

Sponsors Link

Bagi anda yang sudah berpasangan dan berkeluarga, tentunya bercita-cita bila kehidupan rumah tangganya berjalan dengan harmonis hingga kapanpun. Hal tersbeut bukanlah hal susah, namun juga bukanlah hal yang mudah. Tentunya setiap pasangan baik istri maupun suami, harus mengetahui kiat-kiat khusus menjaga keharmonisan di dalam keluarga. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menjaga keharmonisan di dalam keluarga.

ads

1. Beri Pelayanan Setulus Hati Pada Pasangan Anda

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah belajar untuk melayani pasangan anda, bukan sebagai pelayan terhadap bosnya. Melainkan sebagai seorang pasangan. Melayani pasangan dengan tulus akan membantu membuat kondisi rumah tangga semakin harmonis. Berikanlah pelayanan anda sebaik mungkin terhadap pasangan, bahkan melebihi seorang bawahan terhadap atasannya. (baca juga: Ciri Ciri Orang Sombong)

2. Selalu Berterus Terang Terhadap Pasangan

Salah satu upaya yang mampu menjaga keharmonisan keluarga anda adalah dengan selalu berterus terang terhadap pasangan anda. Cara ini mampu menjaga keutuhan keluarga anda selama mungkin. Kebanyakan hubungan keluarga yang retak dikarenakan istri maupun suami tidak jujur terhadap pasangannya. Jangan sekalipun mencoba untuk membohongi pasangan anda. Meskipun hal tersebut tidak diketahui pasangan anda, namun kedepannya tentu anda akan terbiasa untuk mengulangi kebohongan tersebut.

3. Saling Percaya Satu Sama Lainnya

Tanpa adanya kepercayaan satu sama lainnya dalam keluarga tentunya kehidupan harmonis yang anda idam-idamkan tak akan mudah tercapai. Bila anda dan pasangan tak saling menanamkan rasa saling percaya, tentu saja yang anda rasakan hanya kegelisahan, kekhawatiran, keucrigaan, dan tidak pernah tenang. Rasa-rasa ini lah yang membuat anda dan pasangan akan sellau bertengkar dan saling menyalahkan. Rasa saling percaya satu sama lainnya penting di dalm sebuah keluarga, hal tersebut dapat membuat kehidupan keluarga anda menjadi nyaman dan aman. (baca juga: Cara Bergaul Yang Baik)

4. Saling Berusaha Mencipatkan Suasana Yang Menyenangkan Dalam Keluarga

Tentunya suasana yang menyenangkan dan menggemberikan dalam keluarga harus selalu ada. Namun karena karakter manusia yang berbeda satu sama lainnya, terkadang sudah untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Apalagi bila rumah tangga tersebut sudah berjalan lama, terkadang sangat sulit menemukan momen-momen kesenangan di dalam keluarga. Jadikan hal ini sebagai tantangan dalam keluarga anda. Anda dan pasangan anda bisa melakukan banyak hal untuk menciptakan suasana bahagia. Lakukan hal-hal yang realistik, misalnya saja dengan membuat suasana selalu baru dan tidak monoton setiap waktunya. (baca juga: Ciri-ciri Teman Tidak Setia)

5. Jaga Komunikasi

Komunikasi merupakan hal penting sebagai salah satu pondasi harmonisnya sebuah keluarga.  Saat ini banyak terjadi kasus dimana suami dan istri sibuk bekerja, anak-anak sibuk dengan kegiatan masing-masing, bahkan tak saling tegur sapa di dalam keluarga. Tentunya jika dibiarkan terus menerus akan membuat keharmonisan keluarga anda menjadi berkurang. Bahkan anggota kelurga merasa tidak betah lagi di dalam rumah. Untuk itu sangat penting menjaga komunikasi, meskipun itu hanya sebentar saja. Intinya, cobalah untuk menciptakan komunikasi sehingga masing-masing merasa saling dibutuhkan. (baca juga: Tips Agar Disukai Banyak Orang)

Sponsors Link

6. Hindari Sikap Emosi dan Egois Ketika Sedang Bermasalah

Setiap individu tentunya memiliki tingkat emosi masing-masing. Sisi emosi ini bisa meluap kapan saja bila tak bisa dikendalikan. Untuk itu, pentingnya agar masing-masing pasangan dapat mengendalikan sisi emosi tersbeut apalagi ketika sedang terjadi masalah di dalam kehidupan keluarga anda. Anda bisa mencoba untuk mengalah pada pasangan ketika sedang berdebat. Bersikap mengalah bukan berarti jika anda kalah, anda cuma bersikap dewasa agar menghindari perdebatan lainnya. Dengan konsisten menerapkan sikap tersebut maka lama kelamaan pasangan anda akan juga mengikuti sikap anda tersebut.

7. Jangan Terlalu Mengatur Pasangan

Dalam rumah tangga, semuanya memang harus serba diatur agar dapat berjalan dengan baik. Namun jika salah satunya terlalu mendominasi, maka hal ini akan menimbulkan konflik yang membuat hubungan keluarga menjadi tidak harmonis. Untuk itu, setiap pasangan harus menempatkan diri secara proporsional,sehingga tahu kapan harus memberi saran dan kapan pula membiarkan pasangannya yang mengambil keputusan. (baca juga: Ciri Ciri Teman Tapi Mesra)

ads

8. Usahakan Untuk Selalu Berunding Ketika Mengambil Keputusan

Ketika sedang mengambil keputusan di dalam keluarga, sekecil apapun itu akan lebih baik bila didiskusikan terlebih dahulu dengan pasangan anda. Jika terdapat keputusan yang diambil secara sepihak, tentunya hal ini akan menciptakan konflik diantara kedua belah pihak. Jika hal ini terus dilanjutkan, maka tentu saja akan memperkeruh suasana di dalam keluarga. Untuk itu akan lebih baik jika mendiskusikan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan yang berkaitan di dalam rumah tangga.

9. Bijak dan Tegas Ketika Menghadapi Masalah

Tentunya di dalam kehidupan keluarga dan rumah tangga, selalu ada masalah dan rintangan yang menghampiri. Agar dapat menciptakan hubungan yang harmonis, tentunya bagi anda kepala keluarga akan lebih baik bila mencoba untuk bersikap tegas dan selalu berpedoman pada ajaran-ajaran agama anda. (baca juga: Cara Mengatasi Perselingkuhan)

10. Tidak Membawa Masalah Dari Luar Ke Dalam Rumah

Tentunya anda akan selalu memiliki aktivitas di luar rumah yang dapat menciptakan beragam masalah di luar lingkup keluarga anda. Sehingga akan lebih baik bila anda menghindari membawa masalah anda di luar rumah ke dalam rumah. Permasalahan yang anda bawa ke dalam rumah hanya akan dapat membuat keharmonisan menjadi berkurang. Untuk itu akan lebih baik bila anda fokus pada keluarga saja saat berada di rumah. Urusan di luar rumah pikirkan ketika berada di luar rumah saja.

11. Jangan Membiasakan Merendahkan atau Mengkritisi Pasangan

Terkadang terdapat kondisi dimana anda dapat merendahkan pasangan anda. Sehingga hal ini membuat pasangan anda merasa tidak dianggap. Mengkritisi pasangan bukanlah hal yang tidak diperbolehkan, namun juga harus diserta dengan solusi yang baik agar tidak membuat pasangan anda merasa direndahkan. Pilihlah cara yang terbaik dalam mengingatkan pasangan agar membuat pasangan tak merasa terteka dengan kritikan anda.

12. Jangan Lupa Memberi Apresiasi Pada Pasangan

Di dalam rumah tangga, jangan lupa untuk memberikan apreasiasi pada pasangan anda. Cara seperti ini akan memperlihatkan bil anda mengakui kelebihan pasangan anda. Meskipun hal ini terlihat remeh, namun akan memiliki dampak yang besar untuk pasangan anda. Bentuk-bentuk apresiasi yang bisa anda lakukan adalah seperti memuji, memberi hadiah, dan lainnya yang membuat pasangan anda senang.

13. Biasakan Untuk Sharing

Dengan sharing atau berbagi cerita tidak hanya membuat anda menjaid lega, namun juga dapat membuat keharmonisan rumah tangga lebih terjaga. Anda bisa bercerita mengenai pengalaman anda sehingga membuat pasangan anda mengetahui kegiatan-kegiatan apa sajakah yang anda lakukan. Kebiasan seperti ini akan membuat hubungan menjadi lebih dekat dan terbuka satu sama lainnya.

14. Berikan Perhatian Pada Anak

Bagi yang sudah memiliki anak, tentunya anda harus dapat memberikan perhatian penuh pada anak-anak anda. Sesibuk apapun kegiatan anda, anda harus menyediakan waktu luang untuk anak-anak anda. Sedikit perhatian tersebut akan sangat berharga untuk anak-anak anda.

15. Biasakan Gaya Hidup Sehat Pada Keluarga

Memiliki gaya hidup sehat tentunya menjadi keinginan bagi setiap orang. Menciptakan gaya hidup sehat di dalam keluarga tentunya akan membuat kehidupan keluarga menjadi harmonis. Untuk itu terapkan selalu gaya hidup sehat di dalam keluarga anda. Anda bisa memulai dari hal-hal yang terkecil terlebih dahulu seperti olahraga, jogging, dan lainnya.

Nah itu tadi beberapa tips yang dapat membantu anda menciptakan keluarga harmonis. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

baca juga:

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 29th, April 2017 / 07:04 Oleh :
Kategori : Keluarga