11 Tips Keluarga Sakinah menurut Islam

Sponsors Link

Membangun keluarga yang sakinah mawaddah warahmah merupakan cita-cita setiap keluarga. Menjadikan keluarga sakinah dan dipenuhi oleh kebahagiaan merupakan salah satu tujuan menikah dalam Islam. Bagaimana tidak, keluarga yang sakinah akan memberi suami, istri serta anak-anak diliputi kebahagiaan di dunia hingga akhirat nanti.

Dengan tujuan menikah tersebut, maka sudah pasti setiap keluarga perlu mengetahui bagaimana cara untuk bisa membangun keluarga yang sakinah. Berikut ini akan dibahas beberapa tips keluarga sakinah yang bisa dicoba di kehidupan sehari-hari:

  1. Memilih suami dan istri dengan pertimbangan yang tepat

Keluarga yang sakinah tidak bisa diciptakan secara tiba-tiba. Perlu dilakukan persiapan yang matang, bahkan saat sebelum ada pernikahan yang terjadi. Anda harus benar-benar pandai memilih pasangan yang akan membantu Anda untuk mewujudkan keluarga sakinah impian Anda.

Carilah calon suami atau istri yang memenuhi kriteria sesuai Islam. Misalnya, suami atau istri harus sholeh/sholehah, harus mengerti ajaran agama, dan lain sebagainya. Dengan memilih suami atau istri yang telah mengerti ajaran Islam, pasangan suami istri nantinya akan bisa saling mendukung dalam membangun keluarga sakinah mawaddah warahmah.

  1. Hubungan berlandaskan ketakwaan

Selalu jadikan ibadah sebagai tujuan Anda melakukan sesuatu, termasuk saat memutuskan untuk menikah. Lanadasi hubungan Anda dan pasangan dengan niat ibadah dan ketakwaan kepada Allah, maka keluarga Anda akan dipenuhi dengan berkah dari Allah. Dengan adanya ridho dan restu dari Allah, maka keluarga Anda akan bisa dimudahkan untuk melakukan cara membina keluarga sakinah.

  1. Saling mencintai

Tips berikutnya adalah hendaknya pasangan suami istri tersebut memenuhi syarat utama dalam keluarga, yaitu saling mencintai. Dengan adanya rasa cinta yang besar di antara suami dan istri, maka pasangan tersebut akan bisa menerima kekurangan dan memaafkan kesalahan yang pasti akan terjadi selama menjalani bahtera rumah tangga. Rasa cinta pula yang akan membuat pasangan rela berkorban dan saling melindungi dalam kebaikan. Tentu hal ini akan sangat penting dalam usaha membangun keluarga sakinah mawaddah warahmah.

  1. Pengertian antara suami dan istri

Sepasang suami harus saling memberi pengertian satu sama lain. Mereka berdua harus sama-sama melakukan cara menghilangkan sifat egois dalam dirinya. Mereka harus mengetahui juga apa yang menjadi hak dan kewajiban masing-masing sehingga terjadi interaksi yang seimbang antara suami istri.

  1. Menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing

Pasangan suami istri juga merupakan manusia yang tidak luput dari kekurangan. Maka, ketika Anda berdua telah berkomitmen untuk hidup bersama dalam pernikahan, maka Anda dan pasangan harus bisa menerima kekurangan masing-masing.

Hal ini bukan berarti Anda berdua pasrah dalam kekurangan dan tidak melakukan cara merubah kepribadian menjadi lebih baik. Introspeksi diri tetap harus dilakukan supaya bisa menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke hari. Anda berdua harus saling mengingatkan demi kebaikan, tentu dengan cara yang baik. Terus lakukan cara merubah diri menjadi lebih baik setiap hari.

  1. Saling menghargai

Hargailah apa yang telah dilakukan oleh pasangan Anda. Biasakan untuk berterima kasih kepada pasangan dan memberi pujian karena hal ini akan menjadi cara hidup bahagia dalam rumah tangga. Saling menghargai dan memuji juga merupakan tips keluarga bahagia.

  1. Menjaga kepercayaan

Selanjutnya, Anda dan pasangan harus bisa saling menjaga kepercayaan. Jangan sampai ada kebohongan dan rahasia di antara suami dan istri. Lakukan cara menghilangkan rasa curiga terhadap pasangan, karena curiga yang berlebihan pun akan bisa menjadi masalah bagi suami dan istri. Anda pun harus selalu melakukan cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan jika pasangan Anda memang telah setia kepada Anda.

Sponsors Link

  1. Perbanyak bersyukur

Hal ini termasuk mensyukuri telah dikaruniai pasangan yang sholeh/sholehah. Dengan memperbanyak rasa syukur, Allah akan terus menambah nikmat kepada keluarga Anda, dimana nikmat di sini bisa juga berupa keluarga yang sakinah. Mensyukuri keberadaan pasangan pun bisa menjadi cara mencegah selingkuh dan cerai dalam rumah tangga. Jika Anda bersyukur terhadap suami Anda, tentu tidak ada lagi, kan, alasan wanita selingkuh dari pasangannya?

  1. Dekatkan diri pada Allah

Allah merupakan pemilik segala sesuatu, termasuk hati manusia. Maka, jika Anda ingin membangun keluarga sakinah, terus mintalah kepada Allah untuk melindungi suami atau istri Anda. Dengan banyak berdoa dan meminta perlindungan Allah, Anda dan pasangan akan dibantu untuk melakukan cara menjaga rumah tangga yang baik dan terhindar dari perselingkuhan. Hal ini juga akan membantu untuk menghindari penyebab perceraian suami istri.

Bahkan, sejak sebelum menikah pun Anda berdua harus sama-sama melakukan cara menjaga pandangan mata untuk mendekatkan diri pada Allah. Hal ini tentu akan bermanfaat untuk Anda berdua melakukan menjaga hati setelah menikah untuk tidak lagi berkhianat karena sudah terbiasa tidak melirik wanita atau pria lain.

Sponsors Link

  1. Kompak dalam mendidik anak

Anak merupakan titipan dari Allah kepada suami istri. Pasangan suami istri yang dikaruniai anak diberi tanggung jawab untuk bisa melakukan cara mendidik anak dengan benar sesuai ajaran agama. Peran orang tua dalam mendidik anak adalah untuk membesarkannya dengan menanamkan sifat-sifat yang baik serta ilmu yang bermanfaat untuk kehidupannya kelak.

Maka, suami dan istri harus kompak dalam mendidik anak. Jangan sampai suami dan istri membesarkan anaknya dengan cara yang bertolak belakang karena akan membingungkan anak dalam belajar. Sebaiknya, Anda berdua melakukan cara agar tetap istiqomah dalam menanamkan nilai-nilai yang dianggap baik kepada anak Anda.

  1. Selesaikan masalah bersama-sama

Masalah pasti akan selalu muncul dalam kehidupan, apalagi dalam kehidupan rumah tangga. Namun, masalah akan memiliki manfaat jika bisa diselesaikan bersama-sama. Menyelesaikan masalah bersama antara suami dan istri akan membangun rasa saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Anda berdua bisa melakukan cara menyelesaikan masalah dan cara mengambil keputusan untuk mencari solusi pertengkaran dalam rumah tangga. Hal ini juga akan memilikidampak positif bagi hubungan Anda dengan pasangan.

Jika Anda berdua berhasil menyelesaikan masalah bersama-sama, hubungan Anda dan pasangan akan semakin erat. Anda berdua akan lebih menghargai kebersamaan kalian dan merasa dibutuhkan oleh satu sama lain. Di saat yang sama Anda berdua juga bisa semakin mengenali karakter satu sama lain.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 10th, January 2017 / 14:05 Oleh :
Kategori : Keluarga