Sponsors Link

12 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar Tidak Boros

Sponsors Link

Kehidupan rumah tangga suami istri memang sangat didambakan bagi setiap insan, bagaimanapun itu mereka tetap menginginkan kehidupan rumah tangga yang damai tentram dan sejahtera. Kesejahteraan dari berumah tangga dapat didorong dengan berbagai faktor seperti halnya memiliki anak yang nurut dengan orang tuanya, memiliki penghasilan yang mencukupi, memiliki mertua yang sayang terhadap menantunya, memiliki kehidupan yang nyaman dan lain sebagainya. Namun yang perlu anda tau, yang tak kalah penting dari seluruh kehidupan rumah tangga adalah bagaimana seorang istri yang mampu mengatur keuangan rumah tangganya.

Jika seorang istri saja sudah mampu untuk mengatur keuangan rumah tangga secara otomatis rumah tangga itu akan sejahtera. Mengapa demikian ? tentu saja, karena tak jarang seseorang keluarga hancur berantakan hubungannya hanya karena uang. Mungkin istri yang menginginkan ini itu sehingga uang tidak mencukupi. Dengan demikian pastilah terjadi pertengkaran yang akan membuat hubungan mereka menjadi retak, bahkan sampai pada perceraian. Selain itu bukan hanya perceraian yang didapatkan bahkan kesengsaraan lain juga akan didapatkan seperti kehilangan hak asuh pada anak.

Dengan demikian sangat diperlukan untuk anda agar anda dapat mengatur keungan rumah tangga anda, jadi anda dapat menyimak tips mengatur keuangan rumah tangga yang akan diuraikan dibawah ini agar rumah tangga anda tidak hancur berantakan dan bahkan dapat sejahtera. Berikut adalah Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga :

  1. Sediakan amplop

Tak asing lagi bagi kalian apa yang namanya amplop, ternyata amplop ini dapat bermanfaat untuk mengatur keungan rumah tangga anda, caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu menyediakan beberapa amplop dirumah anda, tentunya amplop-amplop itu sudah harus ditulisi satu persatu, jika amplop sudah ditulisi satu-satu (ditulis untuk menyimpan uang apa amplop itu) kemudian simpan amplop itu ketempat yang aman, yang sulit untuk dijangkau dengan tangan, jadi jangan simpan di dompet, karena meskipun uang sudah disendiri-sendirikan tetapi jika uang itu masih disimpan didompet maka uang itu terkadang akan terambil untuk pengeluaran-pengeluaran lain. Jadi simpanlah uang itu (uang yang memang tidak perlu dibawa, seperti bulanan listrik, air, belanja bulanan, dan lainnya) ke lemari atau tempat yang anda anggap aman.

  1. Buat anggaran belanja

Untuk mengatasi keuangan anda agar tidak terlalu banyak uang yang keluar, lebih baik anda membuat anggaran belanja, anggaran belanja ini sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki pengeluaran yang cukup banyak. Jadi anda dapat membuatnya mulai dari pengeluaran yang terkecil sampai pengeluaran yang terbesar, untuk membuat anggaran belanja in ianda tidak boleh melupakan anggaaran yang kecil-kecil karena justru anggaran yang kecil-kecil ini yang akan membuat anda kehabisan uang anda, jadi berapapun anggaran itu tulislah dalam rencana anggaran belanja. Jangan lupa sertakan realisasi anggaran belanja agar kedepannya anda tetap bisa membuat anggaran belanja yang sesuai. Bila ini sudah rutin dilakukan pasti akan lebih mudah dan keungananpun akan lebih terjamin.

  1. Buat buku tabungan

Memang sangat mudah jika hanya membuat buku tanbungan saja, yang sulit adalah bagaimana kita akan menabung dengan menyisihkan keuangan kita agar tidak terhambur-hamburkan. Ika sudah terbiasa untuk menabung meskipuun ssetiap harinya hanya menabung sepuluh ribu saja palint tidak itu sudah dibiasakan hingga pada akhirnya dimasa tua nanti memiliki uang simpanan untuk hidup dimasa mendatang ketika sudah tidak dapat bekerja lagi.

  1. Buat catatan pengeluaran

Berapapun uang yang anda keluarkan anda harus memiliki catatan pengeluaran dari apa yang anda keluarkan itu, hal ini berguna bagi anda untuk mengetahui berapa uang yang keluar untuk pengeluaran ini itu dan pengeluaran apa saja yang menjadi pengeluaran tak terduga, sehingga untuk anggaran kedepan dapat disesuaikan dengan apa yang memang dibutuhkannya. dengan adanya pencatatan ini tidak akan ada kebohongan. karena bagaimanapun dirumah tangga tetap ada kebohongan.

baca juga: cara mengetahui istri bohong atau tidak  –  cara mengetahui suami bohong atau tidak

  1. Buat catatan pemasukan

Tak berbeda jauh dengan mmbuat catatan keuangan dari pengeluarana, pemasukan juga demikian, untuk mengeplotkan kemana saja dan berapa jumlah uang yang harus dibelanjakan anda harus membuat catatan pemasukan dan pada bulan apa saja uang itu masuk, sehingga anda dapat mengetahui sebereapa uang itu ada setiap bulannya dan berapa pengeluaran yang bisa dikeluarkan atau dibelanjakan dari uang itu. Dengan demikian anda akan dapat membuat anggaran belanja dengan benar dan tertarget, bahkakn kesalahan dalam pembuatan anggaran akan lebih minimalis.

  1. Sisihkan sebagian uang sisa

Menyisihkan sebagian usang sisa ini bahkan tisak hanya untuk keuangan rumah tangga saja, tetapi hal ini juga dapat bermanfaat untuk anda yang masih muda, karena ketika sejak muda sudah membiasakan menyisihkan uang sisa dan disimpan in berarti pada masa ketika sudah berkeluarga akan terbiasa utuk menjaga keuangan rumah tangga anda. selain itu ini juga melatih anda untuk tidak hidup boros, karena bahaya hidup boros itu pasti ada.

  1. Sediakan celengan kecil

Sponsors Link

Menyediakan celengan kecil in ibiasanya daapat anda gunakan jika anda ingin meletaka uang sisa dari sisa belanja anda atau dari sisa-sisa uang bulanan anda. Jika sudah genap satu bulan atau satu mingu tergantung keinginan anda anda dapat menabungkan uang anda kebank, karena bagaimanapun jika uang itu masih berada didekat anda pasti akan lebih mudah untuk diambil dan ini akan menyebabkan uang yang seharusnya untuk tabungan maka akan terhabisi oleh pengeluaran yang tidak terduga. Padahal pengeluaran yang tidak terduga ini biasanya lebih cenderung banyak. jika anda sudah terbiasa untuk menyediakan celengan kecil dan selalu menyelengi merupakan cara agar percaya diri

  1. Persiapkan anggaran tak terduga

Anggaran tek terduga biasanya emang membutuhkan lebih banyak pengeluaran. Jadi paling tidak siapkan anggaran tak terduga ini untuk keseharian anda tetapi tentukan juga anggaran tak terduga ini anggaran yang seerti apa, jangan biarkan anggaran tak terduga ini malah terselewengkan untuk kegiatan yang aneh-aneh. Jika sudah demikian maka bukan anggaran tak terduga namanya, malah menjadi anggaran foya-foya, bahkan ini merupakan salah satu hal yang tidak disukai oleh suami. selain itu untuk para suami juga harus menjaga keungannya jangan sampai tergoda oleh wanita yang matre, berikut ciri-ciri wanita matre

  1. Sesuaikan pemasukan dengan pengeluaran

Jika nda sudah mengetahui berapa penghasilan pemasukan suami and adan anda maka segeralah buat anggaran pengeluaran bagi kebutuhan anda, tentunya anggaran pengeluaran ini ditentukan dengan jumlah pemasukan yang anda dapatkan, sehingga antara pendapatan dan pemasukan tetap seimbang, tidak akan ada istilah lebih besar pasak dari pada tiang.

  1. Keluarkan uang hanya untuk sesuatu yang perlu saja

Jika semuanya sudah anda ditangan (uang) aka anda perlu memanage diri anda untuk mengeluarkan uang itu untuk hal yang perlu-perlu saja, jangan biarkan diri anda untuk membelanjakan uang itu kemana-mana bila memang tidak dibutuhkan. Sehingga anda tetap bisa nabung dan uang anda tidak akan menjadi boros. Maka jadilah anda istri yang dapt mengatur keuangan rumah tangga anda.

  1. Belanjakan yang perlu-perlu saja

Sebagai istri yang baik anda harus membelanjakanuang penghasilan suami untuk belajaan yang perlu-perlu saja, jangan menurti nafsu anda dan membelanjakan segala sesuatu yang dapat menghabiskan uang anda. Jadilah istri yang irit namun tidak pelit.

  1. Jangan mudah terkena bujuk rayu

Untuk anda para istri biasanya mudah terbujuk rayu dengan gombalan-gombalan dan rayuan wajarlah seorang wanita pasti seperti itu. Bujuk rayu disini bukanlah bujuk rayu dari seorang cowok atau suami, tetapi bujuk rayu dari para pedagang, biasanya perempuan mudah terbujuk bila ada sesuatu yang bersifat diskon atau promo-promo lainnya yang lebih murah, padalah bila dikata, ini sama saja mau diskon atau tidak jika itu tidak diperlukan untuuk kebutuhan rumah tangga anda lebih baik jangan di belanjakan, karena ini akan keluar dari perkiraan anggaran belanja anda. jangan sampai anda tergoda dengan pria matre, maka baca ini ciri-ciri pria matre

Itulah tips mudah bagi anda agar anda dapat mengatur keuangan rumah tangga anda, selain keuangan rumah tangga dapat membantu anda menjadi keluarga yang harmonis. keuangan rumah tangga juga akan membantu anda untuk mempersiapkan masa tua anda agar tidak sengsara dan selalu dapat terjamin, bahkan jika keuangan rumah tangga anda dapat ditangani dengan baik maka mutu kehidupan rumah tangga anda bahkan sampai ke anak cucu anda akan terjamin dengan baik.

Sponsors Link

Sebagai bahan pertimbangan anda juga penting untuk mengetahui bahaya dan kerugian yang akan anda dapatkan jika anda tidak dapat mengatur keungan rumah tangga anda

Akibat tidak dapat mengatur keuangan rumah tangga

  1. Rumah tangga bisa hancur
  2. Segala keperluan yang benar-benar penting dapat terbengkalai
  3. Anak cucu bisa terlantarkan
  4. Terjadi perceraian
  5. Banyak hutang seberapa banyak penghasilan jika tidak ada kemampuan untuk mengatur keuangan rumah tangga maka untuk mencukupi kepemenuhan kebutuhan biasanya dengan hutang, bahkan hutang yang berlilit-lilit juga dapat menimbulkan kehancuran dalam rumah tangga
  6. Tidak memiliki tabungan masa tua
  7. Banyak dibicaraakan orang hal ini biasanya karena orang yang tidak dapat mengatur keuangan rumah tangga itu boros sehingga penampilan terkadang juga glamor yang membuat para tetangga tidak suka dengannya dan bahkan ebih sering membicarakan keburukannya.

Lumayan banyak juga bahaya dan dampak negatif dari tidak mampu untuk mengatur keuangan rumah tangga. Maka dari itu anda benar-benar harus mampu untuk mengatur keuangan rumah tangga seperti tips yang sudah dijelaskan di atas tadi. Meskipun sulit tetapi terus berusaa hingga akan menjadi kebiasaan dan itu akan sangat mudah untuk dilakukan.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 12th, May 2016 / 08:28 Oleh :
Kategori : Keluarga