15 Adab Terhadap Orang Tua Yang Benar

Sponsors Link

Orang tua adalah panutan kita, merekalah yang membesarkan kita sejak bayi hingga bisa hidup mandiri. Dalam seluruh hidup kita tidak akan lepas dari peran dan keberadaan orang tua. Peran orang tua dalam mendidik anak sangat besar. Tanpa mereka, tidak ada yang menjaga dan mendidik kita dengan baik dan penuh kasih sayang. Karena itulah kita mempunyai kewajiban untuk menghormati dan meninggikan posisi orang tua dalam hidup kita.

Cara Menghormati Orang Tua

Bagaimana cara menghormati orang tua? Tentunya kita bisa menghormati orang tua dengan bersikap penuh etika kepada mereka. Sikap kita terhadap orang tua tentunya berbeda dengan sikap kita terhadap teman sebaya atau saudara. Adab yang kita terapkan kepada orang tua bertujuan untuk menghormati orang tua kita. Sebagai seorang anak, ada beberapa hal yang bisa diterapkan sebagai adab terhadap orang tua yaitu:

1. Sopan santun dalam berbicara

Memperhatikan pemakaian kata – kata ketika berbicara dengan orang tua adalah sesuatu yang harus dilakukan. Berbicaralah dengan penuh sopan santun dan dengan ucapan yang mulia, jangan pernah mengatakan ‘Ah’ dan jangan pernah menghardik kepada orang tua. Jika perlu sesekali gunakan kata mutiara untuk orang tua agar mereka senang dan merasa dihargai.

2. Taat kepada orang tua

Usahakan selalu menuruti perkataan orang tua kecuali jika hal itu mengarah kepada maksiat. Cara membahagiakan orang tua adalah dengan berusaha menuruti perkataan mereka. Sebab, jarang ada nasihat orang tua yang menyimpang selain menginginkan kebaikan untuk anaknya.

3. Bersikap lemah lembut

Jangan bersikap sinis atau kasar tehadap orang tua, walaupun mereka melakukan kesalahan. Perlakukan mereka dengan penuh kelembutan sebagai cara untuk menghargai mereka, agar kita tidak menampakkan ciri anak durhaka terhadap orang tuanya.

4. Menjaga nama baik dan harta orang tua

Sebagai anak, adab yang baik terhadap orang tua adalah dengan berkelakuan baik untuk menjaga nama baik orang tua dan membuktikan bahwa mereka tidak mendidik dengan sia – sia. Kita juga harus menjaga harta milik orang tua dengan baik dan selalu meminta izin apabila hendak mempergunakan harta milik orang tua.

5. Ringankan beban orang tua

Bantulah orang tua kapanpun kita bisa tanpa harus diminta terlebih dulu. Misalnya dengan membantu pekerjaan rumah, belajar dengan giat, dan melayani orang tua. Itu adalah sebagian dari kewajiban anak di rumah dan tanggung jawabnya.

6. Meminta izin, nasihat dan bimbingan

Jika perlu,kita selalu bisa meminta nasihat dan saran kepada orang tua, serta usahakan selalu berunding dan bermusyawarah mengenai hal apapun yang membutuhkan pertimbangan orang tua. Bimbingan orang tua berguna untuk mencegah kita mengambil keputusan yang salah. Misalnya, dalam cara memilih pendamping hidup yang baik dan tepat untuk kita, membuuhkan bimbingan orang tua.

7. Memuliakan orang tua

Memuliakan kedua orang tua ketika masih hidup dengan menjunjung tinggi peran mereka dalam hidup kita sangat penting, juga cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal dengan cara selalu mendoakan mereka.. Yang dimaksud memuliakan adalah mendahulukan kepentingan mereka ketika mereka meminta, dan utamakan ibu daripada ayah lebih dulu.

8. Hindari membantah dan menyalahkan

Walaupun tidak sependapat, jangan sampai terkesan kita membantah dan menyalahkan orang tua. Gunakan kata – kata yang baik untuk menunjukkan duduk perkara yang sebenarnya kepada mereka agar bisa dipahami dengan baik. Jelaskan dengan kata – kata yang santun. Dalam berbicara, selalu ingat peran ayah dalam keluarga dan peran ibu dalam keluarga.

Sponsors Link

9. Posisi tubuh di depan orang tua

Perhatikan posisi kita saat sedang berkumpul dengan orang tua. Ketika mereka dalam posisi berdiri, kita tidak bisa duduk begitu saja. Persilakan dulu mereka untuk duduk , atau jika tidak ada kursi, kita bisa mencarikan untuk tempat mereka duduk. Juga tidak bisa menjulurkan kaki di depan mereka, duduklah dengan sikap tubuh yang baik. Jika hendak lewat di depan mereka, pastikan kita agak menundukkan tubuh dan meminta izin untuk lewat.

10. Dahulukan orang tua

Selalu mendahulukan orang tua daripada diri sendiri. Misalnya ketika mereka memanggil, segerakan mendatangi mereka dan jangan ditunda – tunda. Tinggalkan apa yang sedang kita kerjakan jika bisa untuk memenuhi panggilan orang tua. Mereka sudah berusaha memenuhi cara untuk menjadi orang tua yang baik, karena itu kita juga harus membalasnya dengan setimpal.

11. Rendah hati

Ketika sudah mencapai kesuksesan, sadarilah bahwa itu semua kita dapatkan berkat peran orang tua dalam mendidik dan mengantarkan kita menjadi orang sukses. Jangan sampai kita menjadi tinggi hati dan terbuai kesuksesan sehingga bersikap sombong kepada orang tua. Sikap rendah hati adalah cara untuk menghargai orang lain juga.

12. Memberi nafkah kepada orang tua

Cara menghormati orang tua adalah dengan memberi nafkah kepada mereka ketika kita sudah mampu. Jika kita sudah berkecukupan dalam soal harta maka kita punya kewajiban untuk membaginya dengan orang tua. Sudah sewajarnya hal itu kita lakukan, tetapi jika belum mampu maka janganlah memaksakan diri apalagi jika menempuh cara yang kurang baik.

13. Jangan mencela dan berbohong

Hindari berbohong kepada orang tua dan usahakan selalu berkata jujur kepada mereka. Orang tua berusaha mencari cara mendidik anak yang baik, satu diantaranya selalu mengajarkan anak agar tidak berbohong. Maka kita pun harus mengusahakan untuk selalu berkata jujur, juga tidak mengatakan hal – hal yang buruk tentang mereka.

14. Meminta dengan halus

Peran keluarga dalam pendidikan kita yait u melalui orang tua, yang salah satu perannya untuk membentuk pribadi anak menjadi santun dan lemah lembut. Karena itu jika kita menginginkan sesuatu, mintalah dengan menggunakan kata – kata yang halus dan lembut.

Sponsors Link

Ucapkan terima kasih jika mereka memberikan apa yang diminta, dan jangan terlalu banyak meminta serta menuntut hal yang sulit mereka penuhi. Jangan pula bersikap buruk jika ada permintaan yang tidak bisa dipenuhi orang tua karena keterbatasan mereka.

15. Memenuhi sumpah kedua orang tua

Jika kedua orang tua telah menyatakan suatu sumpah, maka peran anak dalam keluarga adalah wajib berusaha membantu mereka untuk memenuhinya. Selama sumpah atau niat itu bukan mengarah kepada perbuatan yang mengandung maksiat, maka tidak ada alasan untuk menolak membantu orang tua melaksanakannya.

Jasa – jasa orang tua yang baik tidak terhitung lagi kepada kita selama kita hidup, karena itu sebenarnya juga sulit untuk mengukur seberapa jauh kita telah membalas budi kepada orang tua yang telah memberikan begitu banyak pengorbanan kepada kita. Oleh sebab itu kita dapat mengusahakan selalu menerapkan adab yang dapat meninggikan posisi orang tua yang seharusnya.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 08th, September 2016 / 14:54 Oleh :
Kategori : Orang Tua