Sponsors Link

6 Cara Memberikan Motivasi Pada Teman

Sponsors Link

Semua manusia di dunia ini pasti pernah memiliki kawan dan ingin memiliki kawan atau teman. Memiliki seorang teman bukan hanya untuk bersenang-senang saja akan tetapi tentunya untuk hal yang lebih baik. Siapa yang tidak mau memiliki seorang teman yang bisa menjadi tempat bersandar ketika sedang ada masalah, menjadi pendukung ketika anda sedang membutuhkan dukungan, dan menjadi seorang yang siap berada di samping, di belakang, dan di depan anda pada kesempatan yang berbeda-beda serta kita dapat mengetahui ciri ciri teman yang baik dan tulus.

ads

Teman merupakan bagian penting dalam kehidupan bersosial. Sebagai objek yang membutuhkan kawan, mungkin kita tidak terlalu memusingkan diri tentang bagaimana menjadi seorang kawan yang baik. Tapi ada baiknya, ketika kita ingin mendapatkan teman yang baik,kita juga harus bisa menjadi seorang kawan yang baik agar kita dapat memberikan motivasi yang baik kepada sesama teman.

Berikut adalah cara memberikan motivasi pada teman :

1. Selalu siap untuk anda

Kawan yang baik adalah juga kawan yang siap untuk membantu anda kapanpun anda minta. Siap artinya tidak hanya dalam soal membantu. Setiap orang membutuhkan orang lain dalam posisi yang berbeda-beda. Sekali-kali anda pasti membutuhkan seorang pemimpin, sekali anda juga pasti membutuhkan seorang pendamping, dan bahkan anda juga pasti pernah membutuhkan seorang pendorong.

Kawan yang baik adalah seorang kawan yang bisa menempati ketiga posisi ini kapan pun dibutuhkan. Ketika anda berharap ingin bisa menjadi seorang kawan yang baik, maka anda harus tahu kapan anda harus memposisikan diri sebagai seorang pemimpin, sebagai seorang pendamping, dan juga sebagai seorang pendorong. Caranya hanya dengan memperhatikan kawan anda baik-baik.

2. Menjadi pendengar yang baik

Semua orang bisa dengan mudah berbicara apapun di depan umum. Semua manusia dengan mudah bisa berbicara pada siapapun. Akan tetapi, jarang manusia yang bisa memposisikan dirinya sebagai seorang pendengar yang baik. Kawan yang baik adalah juga seorang pendengar yang baik. Maka ketika anda ingin menjadi seorang kawan yang baik bagi kawan anda, jadilah pendengar yang baik.

Dengarkan semua cerita mereka dengan seksama, dan berbicaralah di waktu yang tepat dan jika dibutuhkan. Ada beberapa kejadian dimana sebenarnya kawan anda hanya ingin didengarkan dan tidak ingin mendapatkan timbal balik dari anda kecuali perhatian anda untuk mendengarkannya. Ketika anda mampu menjadi pendengar yang baik, menjadi seorang pemerhati yang baik, maka anda akan tahu bagaimana memposisikan diri ketika kawan anda membutuhkan anda.

3. Bertemanlah tanpa pamrih

Tentu saja, pertemanan harus dibangun tanpa rasa pamrih. Jangan pernah terlintas dalam pikiran anda untuk berteman dengan seseorang untuk bisa mendapatkan sesuatu darinya. Bertemanlah dengan tulus. Jika anda berteman dengan pamrih, maka anda tidak akan tahu bagaimana kawan anda itu secara utuh, dan anda tidak akan bisa menjadi kawan yang baik. Bertemanlah dengan ikhlas dan tak mengharap apapun. Karena hal itu bisa membuat anda tahu bahwa sebuah hubungan pertemanan sangat lah menyenangkan dan bisa membuat hidup anda lebih berwarna.

Sponsors Link

Selanjutnya, ketika anda menjadi seorang kawan, ada hal yang harus selalu bisa anda lakukan dengan baik, yang jarang ada seseorang yang bisa berada di posisi ini. Posisi tersebut adalah posisi sebagai seorang pendukung atau motivator. Dalam artikel kali ini saya akan mengatakan beberapa cara untuk memotivasi kawan anda.

4. Kenali sumber motivasi kawan anda

Pertama, sebelum anda memotivasi kawan anda, anda harus tahu apa hal yang bisa membuat kawan anda termotivasi. Apa yang bisa membuatnya berjuang dan rela melakukan apapun untuk itu. Anda hanya harus meyakinkan kawan anda. Terkadang, kawan anda hanya ada dalam posisi ragu dan anda hanya harus sedikit meyakinkannya hingga ia kemudian yakin bahwa jalan yang ia ambil adalah jalan yang tepat. Nah, untuk sampai ke titik itu, kenali dulu sumber yang bisa memotivasi kawan anda tersebut.

5. Jadilah orang yang sudah termotivasi

Ini adalah salah satu cara paling utama dan pertama yang harus anda lakukan ketika anda hendak menjadi seorang motivator bagi kawan anda. Anda harus sudah menjadi seorang yang bersemangat dan termotivasi sebelum anda mencoba untuk memotivasi kawan anda. Hal ini tidak mudah karena anda harus berusaha sebaik mungkin menerima keadaan dan selalu berpikir positif.

Ketika anda bisa melihat hal positif dari semua kejadian, maka anda bisa lebih mudah memotivasi diri anda dan kemudian memotivasi kawan anda. Hal ini tentunya berguna agar ketika anda memotivasi kawan anda, ia tidak sangsi mendengarkan motivasi anda karena ia melihat pada diri anda bahwa anda sudah menjadi orang yang benar-benar termotivasi, bersemangat dan kawan anda harus mengikuti jejak anda.

Sponsors Link

6. Pahami kawan anda

Ketika anda ingin memotivasi kawan anda, anda tentunya harus memahami kawan anda. Jika anda tidak paham sama sekali tentang kawan anda, maka anda tidak akan bisa memberikan saran yang tepat untuk kawan anda. Hal ini bisa berdampak fatal bagi kawan anda.

Maka dari itu, proses menjadi seorang kawan yang baik haruslah anda lalui sehingga anda bisa mengenal baik kawan anda dan kemudian bisa memotivasinya dengan baik pula dan membantu teman anda mencari cara menenangkan hati dan pikiran ketika sedang mengalami masalah. Karena, ketika anda memahami kawan anda, anda tahu, dalam beberapa kasus, ia harus melakukan apa dan harus bagaimana. Karena pada dasarnya, setiap orang punya insting adaptative sendiri-sendiri pada setiap keadaan yang ia alami. Kita hanya harus menyarankan yang terbaik baginya.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 14th, December 2015 / 10:19 Oleh :
Kategori : Teman