Sponsors Link

30 Cara Melupakan Masa Lalu Yang menyakitkan dan buruk

Sponsors Link

Cara melupakan masa lalu yang menyakitkan sangat sulit dilakukan, namun terkadang bagi sebagian orang masa lalu kelam tersebut dapat mudah dilupakan. Kehidupan seseorang memang tidak ada yang tahu akan seperti apa jalannya. Kadang kebahagiaan selalu menyelimuti kehidupan, namun tak jarang duka cita juga muncul dalam kehidupan kita. Kedua hal tersebut seperti perputaran roda dalam kehidupan. Kebahagiaan memang selalu kita harapkan hadir dalam perjalanan hidup, namun hidup tanpa masalah justru akan membuat kebahagiaan itu menjadi lebih bermakna.

Sayangnya, sebagiaan orang tidak menyukai adanya duka cita dalam kehidupan. Terkadang duka yang muncul itu pun begitu mendalam hingga sulit kita lupakan. Duka tersebut akhirnya menjadi kenangan masa lalu yang melekat erat dalam hati dan pikiran. Meski pikiran sudah berusaha menghilangkan ingatan tersebut, namun hati tetap merasakan sakit terhadap kenangan itu sehingga sangat sulit untuk dilupakan. Sulitnya melupakan masa lalu yang buruk, entah itu percintaan, kehilangan orang terkasih seperti keluarga, kehilangan kesempatan baik, atau lain halnya, merupakan sesuatu yang wajar terjadi.

Karena sudah menjadi kodrat ketika hati seseorang sulit menerima kenyataan pahit apalagi melupakannya. Perlu adanya usaha keras juga keteguhan hati tanpa ragu. Berikut ada beberapa tips yang bisa membantu apabila Anda ingin melupakan masa lalu Anda yang buruk. Melupakan masa lalu bukan berarti menghilangkan kenangan tersebut dari pikiran dan hati kita. Melupakan yang dimaksud dalam konteks ini adalah melupakan kejadian menyakitkan itu tanpa harus melupakan pelajaran yang bisa kita ambil. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

1. Menganalisa Segala Permasalahan

Masa lalu yang sulit dilupakan merupakan permasalahan dalam hidup kita. Ketika kita sulit melupakan masa lalu, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah menyendiri terlebih dahulu. Renungkanlah permasalahan yang telah menimpa kita tanpa menghakimi diri kita bahwa kita bersalah. Analisislah segala permasalahan yang muncul. Yakinilah bahwa setiap permasalahan pasti selalu memiliki solusi. Jadi, renungkanlah kesalahan apa atau permasalahan apa yang muncul pada diri Anda, lalu berusaha untuk menemukan jalan keluar dari masalah dan berusaha tidak mengulangi kesalahan yang sama.

2. Membiarkan Mengalir

Meskipun kita tahu bahwa masa lalu yang kita alami buruk dan sulit dilupakan, namun yakinilah bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita sudah digariskan oleh Tuhan. Apapun kejadian atau kenangan buruk itu adalah cobaan yang Ia berikan. Tetap yakin bahwa kelak Tuhan telah merencanakan sesuatu yang lebih baik untuk Anda. Biarkan hidup terus berjalan, jadikan masa lalu itu untuk menaikkan level Anda menjadi orang yang lebih baik.

3. Hadapi Masa Lalu Itu

Cara terbaik untuk melupakan masa lalu adalah menghadapinya. Berani menjadi kunci utama dalam proses ini. Hidup dengan bayang-bayang masa lalu yang buruk memang tidak mudah. Namun ketika kita berani dan berjuang untuk menghadapinya lambat laun kita akan mampu menerimanya dan ikhlas dengan segala yang terjadi. Bagaimanapun masa lalu merupakan bagian dalam hidup kita. Melupakannya berarti melupakan diri kita sendiri. Maka hadapilah masa lalu, peluklah masa lalu itu agar kita mampu menghadapi hari depan dengan penuh makna.

4. Pantang Menyerah

Anda pasti pernah melihat seorang anak yang terjatuh ketika berlatih menaiki sepeda. Meski terjatuh berapa kali pun, jika anak itu berani maka ia akan kembali belajar menaiki sepeda agar lambat laun ia fasih menggunakan sepeda. Begitu pula kehidupan Anda. Ketika Anda merasa terjatuh dan sakit jika mengingat masa lalu Anda, namun Anda harus segera bangkit. Jangan menyerah dan bangkitlah menatap masa depan yang lebih. Dengan terus memfokuskan diri pada masa lalu, secara tidak langsung Anda akan mengabaikan kehidupan Anda di masa yang akan datang. Anda bisamengingat masa lalu, tapi hanya sebatas menjadikannya sebagai sebuah pembelajaran untuk menghadapi masa depan sehingga nanti Anda tidak akan menjadi seseorang yang lemah.

5. Mau Memaafkan dan Melupakan

Jika masa lalu yang sulit Anda lupakan itu merupakan rasa sakit yang disebabkan oleh orang lain maka maafkanlah orang yang telah menyakiti Anda. Lupakan kesalahan yang pernah ia buat kepada Anda. Setiap manusia pernah melakukan kesalahan, jadi memaafkan adalah langkah yang tepat. Atau mungkin Anda sulit melupakan masa lalu karena justru Anda sendiri yang melakukan kesalahan? Tetap sama dengan penjelasan tadi, bahwa memaafkan merupakan jalan terbaik. Maafkanlah diri Anda dan mulailah berbenah diri.

6. Senantiasa Bersyukur

Cara melupakan masa lalu yang paling mudah adalah dengan bersyukur. Ingatlah kenangan apa saja yang begitu menyenangkan dalam hidup Anda. Segala permasalahan di masa lalu yang sulit dilupakan merupakan bagian yang sangat kecil dalam hidup jika dibandingkan dengan hal-hal indah lainnya yang telah kita alami. Ingatlah kejadian kecil namun memiliki pengaruh positif yang begitu besar untuk Anda. Dengan begitu Anda akan merasa bahwa hidup Anda sangat indah hingga Anda merasa bahwa bersyukur adalah cara yang tepat untuk menikmati berbagai hal-hal indah dalam hidup.

7. Mengambil Hikmah dalam Setiap Masalah

Jangan pernah menyesali permasalahan atau keputusan apapun yang membuat Anda kecewa. Ketahuilah bahwa menyesal adalah perbuatan yang tidak profesional sama sekali. Segala keputusan yang ada dalam hidup kita, kita sendiri yang menentukan. Kita juga tidak mampu mengulang waktu dan mengontrol segala permasalahan agar semua berjalan seperti yang kita mau. Menyesal adalah pemikiran salah. Ketahui dan yakinilah bahwa dalam setiap kejadian pasti akan selalu ada hikmah di dalamnya.

8. Fokus pada Kehidupan Anda Saat Ini

sponsored links
Terlalu memikirkan masa lalu akan membuat jalan hidup Anda berantakan. Apa yang sedang Anda jalani saat ini harus dilakukan dengan penuh keyakinan. Terkadang, mengingat masa lalu yang buruk membuat kita ingin segera menuju ke masa depan, berharap masa depan bisa memberikan harapan yang lebih indah. Namun, terlalu fokus pada masa depan juga tidak baik. Mengharapkan perubahan yang terlalu cepat merupakan hal sulit. Setiap perubahan pasti membutuhkan waktu. Bersabarlah dan senantiasa berpikir positif, karena berpikir positif akan menuntun Anda untuk melakukan hal-hal positif pula.

9. Cintailah Diri Anda

Jika Anda tidak bisa melupakan masa lalu karena disakiti oleh seseorang, maka jangan merasa rendah diri. Ketahuilah bahwa setiap orang memiliki kelebihan. Terkadang, disakiti oleh seseorang membuat kita merasa sebagai orang yang penuh dengan kekurangan. Kita selalu berprasangka bahwa orang lain menyakiti kita karena kekurangan yang kita miliki. Cintailah diri Anda. Lihatlah orang-orang di sekitar Anda yang senantiasa peduli pada Anda. Lihatlah apa saja yang mampu Anda lakukan untuk orang sekitar, maka Anda akan mampu melihat kelebihan apa saja yang Anda miliki sehingga Anda akan mencintai diri Anda apa adanya.

10. Jangan Kejam terhadap Diri Sendiri

Seringkali kita menyalahkan diri kita sendiri terhadap kejadian buruk yang kita alami. Jangan sampai Anda melakukan hal tersebut pada diri Anda. Kejam terhadap diri sendiri bukan pilihan tepat. Dengan menyalahkan diri sendiri, kita akan merasa depresi karena kita akan selalu diliputi rasa bersalah. Lupakanlah masa lalu yang buruk, ambil hikmah terhadap segala keputusan yang telah Anda ambil. Suatu hal wajar ketika seseorang melakukan kesalahan dalam hidupnya, tidak terkecuali Anda. Maka maafkanlah diri Anda dan kembali lanjutkan hidup.

11. Lakukan Hal-hal Menyenangkan Bersama Sahabat

Ada begitu banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan dalam hidup. Carilah teman-teman baik Anda kemudian lakukan hal-hal menyenangkan bersama mereka. Berkumpul bersama sahabat akan membantu Anda melupakan buruknya masalah yang Anda alami. Selain itu, hal-hal menyenangkan yang Anda lakukan akan membuat Anda berpikir positif bahwa masih banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan dalm hidup. Dengan begitu, Anda akan mudah menjalani hidup tanpa bayang-bayang masa lalu.

12. Positive Thinking

Berpikir positif akan membuat Anda senantiasa berprasangka baik terhadap segala hal buruk yang terjadi dalam hidup Anda. Yakinilah bahwa segala sesuatu yang telah terjadi merupakan skenario terbaik yang diberikan oleh Tuhan. Mungkin dengan permasalahan tersebut Anda juga bisa mengambil hikmah dan menjadikannya pembelajaran. Dengan selalu berpikir positif, masa lalu yang buruk bukan lagi menjadi penghalang masa depan yang lebih baik. Selain itu, dengan berpikir positif, kelak segala permasalahan yang mungkin muncul dalam hidup kita, seberat apapun permasalahan itu, pasti kita akan mampu menangani dan mengahadapinya.

13. Ambil Keputusan

Melupakan atau tidak melupakan masa lalu merupakan keputusan yang datangnya dari diri kita sendiri. Hal ini berhubungan dengan tekad dan niat yang kuat dari diri Anda. Segala keputusan, Andalah penentunya. Jika memang masa lalu itu membebani diri Anda, maka lupakanlah. Putuskan langkah apa yang akan Anda ambil. Jika Anda ingin bahagia menatap hari depan, putuskan sekarang juga bahwa masa lalu biarlah menjadi masa lalu, melupakan adalah keputusan yang harus segera kita ambil.

14. Berdoa

Kekuatan spiritual seringkali mampu memberikan bantuan terhadap diri kita. Berdoa, selain mampu mendekatkan diri kita pada Tuhan, juga mampu menyadarkan kita bahwa Tuhan telah merencanakan sesuatu yang indah dalam hidup kita. Kekuatan spiritual akan meneguhkan hati sekaligus menenangkan hati Anda. Usaha yang diiringi dengan doa akan selalu berbuah manis. Tuhan juga pasti senantiasa mendengarkan doa kita ketika kita memintanya dengan sepenuh hati dan jiwa yang ikhlas.

15. Instropeksi Diri

Jika Anda ingin melupakan masa lalu, maka lupakan kenangan menyakitkan itu. Namun renungilah, mengapa hal tersebut bisa terjadi dan menimpa diri Anda. Dengan instropeksi diri, Anda juga akan belajar memperbaiki diri agar menjadi orang yang lebih baik. Selain itu, Anda juga akan menjadi pribadi yang lebih menyenangkan karena Anda terlahir menjadi seseorang yang baru dan lebih baik.

16. Selalu Bahagia

Tahukah Anda, ketika Anda selalu bersedih di hadapan orang-orang di sekeliling Anda, hal tersebut akan membuat aura negatif dalam diri Anda. Berbahagialah kapanpun dan di manapun. Meski sulit, namun dengan selalu berbahagia, Anda akan memberikan pengaruh positif bagi lingkungan Anda juga untuk diri Anda sendiri. Dengan berbahagia, segala permasalahan pasti akan menemukan solusi.

17. Berkumpul Bersama Teman-teman Dekat

Teman-teman dekat seringkali mampu menghibur hati kita yang sedang sedih. Berkumpul bersama teman-teman terdekat sambil menceritakan hal-hal menyenangkan akan membuat Anda makin dengan teman-teman Anda. Anda juga akan udah melupakan masa lalu yang menyakitkan. Teman-teman dekat kadang juga mampu memberikan referensi-referensi mengenai apa saja yang dapat kita lakukan untuk melupakan masa lalu. Teman-teman dekat seringkali menjadi tumpuan bagi kita untuk menghadapi berbagai permasalahan. Selain itu, mereka juga seringkali mampu memahami perasaan kita.

18. Menghilangkan Benda Masa Lalu

Terkadang masa lalu yang buruk akan kembali teringat seiring seringnya kita melihat benda peninggalan orang yang menyakiti kita. Kasus ini sering terjadi pada jalinan percintaan yang gagal. Kadang kita sulit melupakan mantan kekasih kita. Apalagi ketika kita melihat benda-benda yang pernah ia berikan kepada kita. Maka, langkah terbaik selanjutnya dalah menghilangkan benda peninggalan darinya.

Buang atau berikan kepada orang lain yang mungkin membutuhkan. Yang penting, usahakan agar kita tidak melihatnya lagi. Melihat benda-benda yang diberikan mantan kekasih akan membuat kita mengingatnya kembali. Jadi, seiring menghilangnya benda darinya, maka akan hilang pula segala kenangan darinya.

19. Lakukan Hal-hal yang Ingin Anda Lakukan

Cara melupakan masa lalu yang buruk dapat dilakukan dengan melakukan hal hal yang menyenangkan. Catatlah hal-hal menarik yang bisa Anda lakukan namun belum sempat Anda lakukan. Melakukan hal-hak menarik yang tertunda akan memberikan waktu penuh pada Anda untuk bersenang-senang. Dengan demikian, tidak akan ada waktu untuk memikirkan masa lalu dengan berbagai kenangannya yang buruk. Jika perlu, lakukan hal-hal menyenangkan itu bersama sahabat dekat atau keluarga Anda. Hubungan dengan keluarga dan juga dengan sahabat akan semakin erat, masa lalu yang pahit pun lambat laun akan terlupakan.

20. Mencari Teman-teman Lama

Mencari teman-teman lama yang sudah jarang ditemui akan menyita banyak waktu Anda. Selain itu, dengan menemui mereka, Anda akan mendapatkan pengalaman-pengalaman menyenangkan bersama mereka. Anda akan saling berbagi cerita karena hubungan yang sudah lama tidak terjalin. Pengalaman-pengalaman tambahan akan menambah wawasan dan membuka pikiran Anda bahwa masih banyak kejadian-kejadian penting yang belum diketahui.

21. Cari Teman Baru

Mencari teman baru dapat Anda lakukan melalui lingkungan yang baru. Memang hal ini terkesan seperti perubahan yang terlalu cepat. Namun, dengan menemukan teman baru, pengalaman Anda akan semakin bertambah. Mencari teman baru dapat Anda lakukan dengan mencari tempat kerja yang baru atau berlibur ke tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi.

22. Sibukkan Diri

Lakukan pekerjaan-pekerjaan yang menyita waktu. Pekerjaan-pekerjaan tersebut akan membantu Anda melupakan masa lalu. Ketika Anda sibuk, Anda tidak akan memiliki waktu untuk memikirkan masa lalu. Kadang, pekerjaan-pekerjaan disertai dengan masalah-masalah kecil akan mengalihkan perhatian Anda dari masa lalu. Anda juga akan terlatih untuk menyelesaikan permasalahan dalam pekerjaan Anda. Tapi jangan lupa, menyibukkan diri bukan berarti Anda melupakan diri sendiri. Terkadang, orang yang terlalu sibuk mampu melupakan masa lalunya sekaligus melupakan diri sendiri.

23. Tidak Membiarkan Diri Menyendiri

Saat menghadapi suatu masalah, terkadang kita membutuhkan waktu untuk menyendiri. Kita membutuhkan waktu untuk merenungi permasalahan-permasalahan yang ada dalam hidup kita. Namun, terlalu lama membiarkan diri seorang diri justru mampu membuka peluang bagi diri kita sendiri untuk makin mengingat masa lalu.

Membiarkan diri berada dalam kesendirian akan membuka celah dalam diri kita untuk terus mengingat masa lalu dan berpeluang membuat kita menyalahkan diri sendiri. Maka, ketika kita sudah mampu merenungi segala permasalahan pada masa lalu kita, akan lebih baik jika kita mencari teman untuk bersendau gurau. Pemikiran terhadap masa lalu akan segera teralihkan oleh lingkungan yang ramai.

24. Cari Teman Bicara

Jika Anda merasa bahwa Anda tidak sanggup menanggung beban masalah seorang diri, maka carilah teman bicara. Carilah teman bicara yang memang Anda percaya mampu menjaga rahasia dan juga Anda yakini bahwa ia mampu memberikan solusi atas permasalahan yang Anda hadapi, bukan seseorang yang menghakimi segala permasalahan secara subyektif. Beban berat yang mungkin selama ini Anda tanggung sendiri akan terasa lebih ringan dengan menceritakan masa lalu kita pada orang lain. Selain itu, hati akan terasa lebih tenang karenanya.

Baca : Cara memberikan motivasi pada teman – Ciri ciri teman yang baik dan tulus – Bahaya berteman dengan mantan

Sponsors Link

25. Menghindarkan Pertanyaan yang Menyangkut Masalah Anda

Sebanyak-banyaknya orang yang mengenal kita, terkadang ada beberapa di antara mereka yang tidak mengetahui kondisi dalam hati kita. Terkadang ketika kita ingin melupakan masa lalu yang menyakitkan, justru orang lain mengungkit-ngungkit permasalahan itu.

Ada beberapa orang, ketika berbicara dengan kita, justru mengarahkan topik pembicaraan atau menayakan sesuatu hal yang berkaitan dengan masa lalu yang menyakitkan itu. Jika hal itu terjadi, segera hindari dengan cara apapun. Alihkan topik pembicaraan, atau jika tidak mungkin melakukan hal tersebut, maka hindarilah orang yang hendak membawa kita pada kenangan masa lalu.

26. Catat Keinginan Masa Depan

Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti memiliki tujuan hidup. Catatlah keinginan apa saja yang belum terwujud. Catat juga cita-cita hidup Anda serta keinginan terbesar dalam hidup. Lihatlah berapa banyak hal yang ingin Anda lakukan yang tertuang dalam catatan. Mengetahui banyak hal yang ingin Anda capai akan memotivasi diri Anda untuk melakukan segala sesuatu agar keinginan Anda bisa tercapai.

Daftarlah berbagai hal apapun yang akan Anda lakukan untuk memperoleh atau mencapai segala sesuatu yang baru Anda catat. Selain memberikan motivasi hidup, hal tersebut akan membantu Anda dalam merencanakan masa depan yang baik. Rencana terarah akan menunjukkan ke mana Anda seharusnya berjalan.

27. Lebih Bersemangat Mencapai Tujuan Hidup

Anda sudah mencatat apa saja yang ingin Anda capai? Anda juga sudah mencatat langkah apa saja yang harus Anda lakukan? Langkah selanjutnya dalah merealisasikannya. Mengetahui tujuan dan juga cita-cita akan memupuk semangat Anda untuk meraihnya. Tentukan langkah awal yang harus Anda ambil untuk mulai mewujudkan cita-cita tersebut. Semangat yang tinggi akan mempercepat tercapainya cita-cita Anda.

28. Menikmati Apa yang Sudah Anda Punya

Lihatlah sekeliling Anda. Apakah Anda memiliki hal-hal yang tidak dimiliki oleh orang-orang di sekeliling Anda? Jika ya, nikmatilah itu semua. Syukuri apa yang sudah dimiliki sehingga rasa tenang dan optimis selalu menyertai kita. Jangan biarkan kita tenggelam dalam kenangan buruk masa lalu. Berkacalah, lihatlah betapa Anda memiliki anugerah yang indah dalam hidup, seperti teman-teman yang baik dan selalu menyenangkan bagi Anda, keluarga yang selalu bijaksana menanggapi segala permasalahan, serta siapapun di sekekliling Anda yang begitu memperhatikan Anda.

29. Hindari Hal Negatif

Jangan melakukan hal-hal apapun yang bisa berakibat buruk pada diri Anda. Pikirkan dengan bijaksana setiap langkah dalam hidup. Mengambil keputusan yang salah bisa berakibat jatuhnya Anda di lubang yang salah. Hal-hal negatif, selain merugikan Anda, juga akan membuat Anda makin terpuruk dan kembali menyalahkan diri sendiri atas segala permasalahan yang terjadi dalam hidup Anda. Maka langkah yang terbaik adalah memperhitungkan segala resiko ketika Anda mengambil sebuah keputusan. Apakah hal tersebut merupakan hal yang positif ataukah negatif bagi diri Anda?

30. Mulai Memperbaiki Penampilan

Melainkan mencoba untuk membuka lembaran baru. Hal ini biasanya berkaitan dengan gagalnya hubungan percintaan. Langkah yang bisa Anda ambil adalah memperbaiki penampilan dan mulai mencari pengganti si mantan. Buktikan bahwa Anda adalah seseorang yang luar biasa dan mampu menjalani hari dengan lebih baik tanpa mantan kekasih.

Itulah beberapa tips untuk melupakan masa lalu. Terkadang masa lalu yang menyakitkan memang sulit untuk terlupakan. Namun hal tersebut bukannya tidak mungkin. Jadikanlah pengalaman di masa lalu sebagai guru terbaik agar menjadi manusia yang lebih baik.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 22nd, December 2015 / 08:31 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan