Sponsors Link

11 Cara Membuat Tubuh Ideal bagi Pria dan Wanita

Sponsors Link

Tubuh ideal sudah menjadi dambaan semua orang yang ingin memiliki penampilan menarik. Yang dimaksud tubuh yang ideal adalah tubuh yang proporsional, dilihat dari ukuran dan bentuknya tentu saja. Memang tidak semua orang dikaruniai bentuk tubuh yang ideal. Beberapa orang harus berusaha keras untuk mewujudkan keinginannya memiliki bentuk tubuh yang proporsional.

ads

Motivasi orang untuk memiliki bentuk tubuh ideal berbeda – beda. Ada yang ingin memiliki tubuh ideal sebagai cara membuat pacar bahagia dan cara menyenangkan pacar, sebagai bagian dari proses atau cara merubah kepribadian, menjaga penampilan demi cara membahagiakan istri tercinta,  Jika ingin memiliki bentuk tubuh bagus yang bisa bertahan lama, usia remaja adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Hal itu disebabkan karena pada remaja, otot – otot masih mudah dan fleksibel untuk dikembangkan. Jika Anda sudah tidak tergolong remaja lagi, jangan khawatir. Anda masih bisa membuat tubuh ideal dengan mengubah beberapa sikap tubuh sebagai cara merubah diri menjadi lebih baik.

Membentuk Tubuh Ideal

Tubuh yang ideal biasanya terbentuk dari cara seseorang memperlakukan tubuhnya dalam berbagai posisi, misalnya ketika berjalan, berdiri ataupun tidur. Cara berjalan, berdiri dan tidur yang salah akan membuat postur tubuh tidak bagus, misalnya jadi bungkuk. Ketahuilah cara membentuk tubuh ideal yang benar seperti ini:

1. Mengubah gaya hidup

Tubuh yang tidak memiliki postur ideal seringkali merupakan hasil dari gaya hidup yang dijalani selama ini. Misalnya kebiasaan untuk mengenakan sepatu hak tinggi dalam setiap kesempatan yang bisa mempengaruhi posisi tulang belakang. Mengenakan baju terlalu ketat yang menyebabkan kesulitan bernapas, dan banyak lagi. Mengubah gaya hidup berarti juga bisa menjadi cara mengubah sifat kita, dan bisa menjadi bagian dari cara menjadi pribadi yang baik.

2. Melatih cara berdiri

Ubahlah cara berdiri dengan lebih tegap. Juga cara berdiri dengan menyangga tubuh lebih kokoh dengan dua kaki yang menapak lantai dengan kuat. Caranya adalah dengan menarik perut serta pantat ke dalam, lalu berdiri dengan menjajarkan kaki dengan bahu. Cara berdiri yang tegap bisa menjadi cara agar percaya diri kita meningkat juga.

3. Melatih cara berjalan

Jika Anda terbiasa berjalan sambil membungkuk maka hal itu tidak akan baik untuk tubuh ideal Anda. Cobalah hilangkan kebiasaan membungkuk dengan berdiri menempel pada tembok. Beri jarak tumit dengan tembok sekitar lima belas senti. Sejajarkan kepala, bahu, tubuh dan kaku dengan tambok. Kemudian tarik perut dan pantat ke arah dalam. Ini akan menjadi latihan yang bagus untuk menghilangkan postur bungkuk. Berjalan yang tegak dan tegap akan menunjukkan cara meningkatkan keyakinan diri seseorang.

4. Mengubah posisi tidur

Posisi tidur yang kurang sesuai juga akan menyebabkan tubuh terlihat kurang ideal. Sesuaikan posisi tubuh yang nyaman untuk tidur agar tidak mudah mengalami cedera pada leher dan punggung karena posisi tidur yang salah. Juga gunakan kasur yang baik untuk menyangga tubuh saat tidur agar tidak menimbulkan masalah pada tulang punggung, misalnya menjadi bungkuk.

5. Olahraga renang

Sudah umum diketahui bahwa berenang bisa memperbaiki postur tubuh menjadi lebih ideal. Olahraga ini harus dilakukan secara rutin untuk bisa merasakan hasilnya. Selain memperbaiki bentuk tubuh, renang juga bisa menjadi alat untuk terapi kesehatan, misalnya mengatasi masalah pernapasan seperti asma. Berenang bisa menjadi salah satu tips menghilangkan rasa bosan.

Sponsors Link

6. Cobalah yoga untuk tubuh ideal

Melakukan yoga banyak manfaatnya bagi tubuh, antara lain membuat tubuh menjadi santai dan otot tubuh menjadi rileks. Yoga membantu peregangan otot, maka olahraga ini bisa membantu perubahan postur menjadi tubuh yang lebih ideal. Manfaat meditasi dari yoga juga bisa menjadi cara menenangkan hati dan pikiran dan cara bersikap tenang.

7. Pilih makanan sehat

Salah satu hal terpenting dalam membentuk tubuh yang ideal adalah memakan makanan yang sehat. Tentu saja makanan yang mengandung banyak pemanis, lemak dan kolesterol tidak akan membantu pembentukan tubuh ideal, karena makanan tersebut berpotensi menaikkan berat badan. Aturlah asupan makanan, usahakan banyak memakan sayuran dan buah yang sehat, serta selalu makan di waktu yang tepat dan berhenti makan sebelum terlalu kenyang.

8. Perbanyak minum air putih

Air putih adalah kunci bagi metabolisme tubuh yang sehat. Jika cukup minum air putih maka tubuh juga akan mempunyai sistem metabolisme yang sangat baik, yang erat hubungannya dengan usaha pembentukan tubuh yang ideal. Untuk memperkecil porsi makan, bisa juga dilakukan dengan meminum air putih segelas sebelum makan dan setelah makan sehingga kita akan mudah merasa kenyang.

9. Lakukan olahraga dengan rutin

Cara menghilangkan kejenuhan diantaranya adalah dengan berolahraga yang merupakan aktivitas yang dilakukan ketika bosan. Lakukan latihan kardio seperti jogging, bersepeda atau dengan bantuan treadmill di pusat kebugaran yang akan mempercepat proses pembakaran lemak di tubuh. Latihan beban bisa mengoptimalkan proses pembakaran kalori dalam tubuh, contohnya seperti push up dan sit up. Sedangkan peregangan secara rutin dan teratur misalnya dengan pilates, yang bisa meningkatkan fleksibilitas otot tubuh dan sangat berguna untuk membentuk tubuh ideal.

Sponsors Link

10. Tidur yang cukup

Tubuh yang sehat akan lebih mudah dibentuk. Tidur adalah cara tubuh untuk memulihkan diri setelah energinya terkuras setiap melakukan aktivitas. Sebuah penelitian mengungkapkan, tidur kurang dari delapan jam semalam akan membuat nafsu makan meningkat untuk menggantikan energi yang belum tergantikan karena kekurangan tidur. Tidur cukup akan membantu kita menemukan cara membahagiakan diri sendiri juga.

11. Kurangi mengemil

Memang enak mengemil di sela – sela kegiatan yang kita lakukan. Akan tetapi, mengemil bisa membuat pembentukan tubuh ideal menjadi semakin sulit. Apalagi jika cemilan kita penuh dengan lemak dan kalori. Gantilah cemilan dengan buah – buahan jika masih ingin mengemil di sela kegiatan agar lebih sehat.

Itulah beberapa cara sehat yang bisa dilakukan untuk membentuk tubuh yang ideal. Perlu diperhatikan bahwa semua kegiatan pembentukan tubuh haruslah dilakukan dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan. Melatih tubuh terlalu keras karena ingin segera mendapatkan tubuh yang bagus seyogyanya tidak dilakukan, karena bisa menimbulkan masalah baru yaitu cedera, kelelahan, dehidrasi, dan penyakit. Tubuh orang memang diciptakan berbeda – beda, dan membentuk tubuh agar ideal memang boleh saja dilakukan. Namun yang penting bahwa kita bisa mencintai tubuh kita apa adanya dan jangan lupa juga pada cara menjaga kesehatan hati.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 28th, September 2016 / 10:06 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan