Sponsors Link

10 Cara Menghadapi Orang Iri Hati dan Dengki

Sponsors Link

Manusia itu tidak sempurna. Dalam diri seseorang tidak mungkin selalu hanya ada ciri – ciri orang baik hati. Sedikit banyak, setiap orang memiliki sisi buruk dalam hatinya juga. Yang membedakan adalah bagaimana caranya orang tersebut mengelola sisi negatif yang dia miliki di dalam hatinya. Jika dia bisa mengalahkan sisi buruk tersebut, maka orang tersebut akan memiliki sifat yang baik. Namun jika menyerah kepada perasaan yang negatif tersebut, dia akan tampak seperti orang yang tidak baik.

ads

Begitu pula dengan orang yang memiliki sifat iri hati atau dengki. Rasa iri sangat wajar dirasakan apabila melihat orang lain yang lebih beruntung daripada kita. Akan tetapi, jika kita membiarkan rasa iri itu berkembang maka hal tersebut akan menguasai diri kita dan akan sulit menemukan cara membuat hati ikhlas dan tenang dalam menjalani hidup. Pernahkah Anda menjadi sasaran dari rasa iri hati seseorang? Jika pernah, lalu apa yang Anda lakukan? Jika bingung mengenai cara apa yang tepat untuk menghadapi orang iri kepada Anda, maka beberapa Cara Menghadapi Orang Iri  berikut bisa dicoba:

1. Coba pahami penyebabnya

Kelebihan Anda bisa menjadi bahan untuk orang lain merasa iri. Walaupun mungkin Anda tidak membangga – banggakan kondisi diri sendiri, tapi hanya melihat saja sudah cukup untuk membuat orang merasa iri. Jika mengalami hal seperti ini, janganlah menanggapi dengan berlebihan. Coba kembangkan rasa empati Anda dan lihat dari sisinya, mengapa kira – kira ia merasa iri kepada keadaan Anda. Mungkin saja saat ini dia sedang memiliki masalah atau mengalami suatu kekurangan dalam hidupnya sehingga iri melihat kehidupan orang lain.

2. Cari pendapat orang lain

Selalu ada kemungkinan bahwa Anda salah merespon sikap orang lain, bisa saja Anda salah sangka menganggap orang tersebut iri. Untuk meluruskan situasi, Anda bisa bertanya kepada orang sekitar yang dekat, misalnya teman dan keluarga. Minta mereka untuk mengamati juga, apakah memang benar ada tanda – tanda orang tersebut merasa iri kepada Anda. Mereka bisa membantu melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda.

3. Tetap berpikir positif

Memang sulit untuk tetap bersikap positif bila menghadapi orang dengki, karena biasanya dia tidak hanya merasakan namun juga berharap kejatuhan Anda. Bahkan ada kemungkinan dia berusaha sendiri untuk menjatuhkan dari belakang Anda. Namun menanggapinya dengan negatif juga tidak akan menyelesaikan masalah, malah semakin membuatnya beranggapan yang terburuk tentang diri Anda. Usahakan untuk tetap memelihara pikiran positif sebagai cara menjaga kesehatan hati.

4. Beri dia pujian

Bersikap baiklah kepadanya walaupun Anda tahu dia masih memendam rasa iri kepada Anda. Puji dia untuk segala kelebihan dan hal baik yang dia lakukan. Gunanya agar dia juga menyadari bahwa Anda juga merasa memiliki kekurangan dalam diri sendiri dan masih jauh dari kata sempurna sebagai pribadi, sehingga dia juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan kekurangan Anda. Hal ini akan membuatnya sadar bahwa setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing yang tidak dapat disamakan antara orang satu dengan lainnya.

5. Selalu bersikap rendah hati

Tunjukkan kalau Anda pun masih membutuhkan cara menjadi pribadi yang baik dan masih banyak kekurangan yang harus dibenahi dalam diri Anda. Walaupun memang memiliki sesuatu yang bisa dibanggakan, tetaplah tampilkan sikap yang rendah hati mengenai segala kelebihan tersebut. Tunjukkan sikap Anda seperti biasanya sehari – hari agar dia tidak semakin berpikiran buruk. Rendah hati juga bisa menjadi cara agar disukai banyak orang lain dan cara menghindari sifat takabur.

Sponsors Link

6. Bantu orang tersebut

Cara menghadapi orang yang iri adalah dengan mengulurkan tangan kepada orang itu. Maksudnya berilah bantuan yang dia butuhkan. Contohnya, jika dia iri terhadap keberhasilan Anda maka ajak dia untuk sedikit mencicipi keberhasilan itu jika mungkin. Dengan berbagi, maka kesan buruk yang dia miliki terhadap Anda bisa terkikis sedikit demi sedikit dan ia bisa membangun kesan yang lebih positif kepada Anda. Dengan demikian ia juga bisa mengetahui cara membersihkan hati yang kotor karena perasaan iri dengki.

7. Bersikaplah tulus

Jangan berpura – pura menghadapi orang yang iri kepada Anda. Bahaya menjadi orang munafik akan timbul jika Anda berpura – pura menjadi orang tulus di depannya. Jika bisa, tunjukkan sikap yang tulus. Seandainya Anda tidak bisa bersikap baik karena sedang jengkel kepadanya, lebih bagus jika Anda tidak menunjukkan sikap bermusuhan. Selalu tampakkan wajah ramah dan tersenyum kepada orang yang iri kepada Anda, agar lama kelamaan hatinya akan luruh dan tidak merasa iri lagi. Tunjukkan bahwa Anda tahu cara menghargai orang lain walaupun orang tersebut bersikap buruk kepada Anda.

8. Jangan menyombongkan diri

Menonjolkan kelebihan anda tentu tidak sama dengan menyombongkannya setiap waktu. Menyombongkan diri ketika Anda sedang mendapat nasib baik hanya akan membuat orang lain semakin merasa iri. Ketahuilah cara menghindari sifat riya sehingga Anda tidak menjadi orang yang suka pamer. Jadilah orang yang tahu cara menghilangkan sifat sombong dan cara menghilangkan sifat angkuh diri sendiri agar kita tidak menampilkan kesan yang keliru kepada orang lain yang sedang iri kepada kita.

Sponsors Link

9. Minta bantuan orang lain

Kalau Anda sudah berusaha merendah dan tidak membesar – besarkan kelebihan atau rejeki yang didapat, tetapi orang itu masih saja memendam rasa iri. Anda bisa mencoba minta bantuan orang lain yang dekat dengan orang tersebut untuk menyadarkan dirinya agar bisa menyurutkan perasaan irinya kepada Anda. Siapa tahu dengan bantuan orang lain maka dia bisa menemukan kesadaran bahwa sikap iri tersebut sangat tidak baik untuk diteruskan dan dipelihara, dengan demikian akan tahu cara merubah sifatnya yang buruk tersebut.

10. Jaga jarak

Cara terakhir ini dapat Anda lakukan jika sudah mencoba semua pendekatan dan cara bersikap sabar namun tidak berhasil mengubah pikiran orang tersebut. Ketahuilah bahwa rasa iri dapat berkembang menjadi fitnah kepada Anda. Cara menghindari perilaku fitnah terhadap diri Anda adalah dengan menjauhi orang yang iri dengki kepada Anda. Jangan beri dia peluang untuk berada dalam kehidupan Anda jika dia memang tidak bisa mengetahui cara menghindari perilaku tercela dirinya sendiri.

Banyak orang yang terlalu tenggelam dalam kesulitan dirinya sendiri dan sibuk mengasihani diri atas kesulitan yang mereka alami, sehingga merasa iri kepada kesuksesan orang lain yang dianggapnya lebih beruntung. Mereka lupa jika dibalik keberuntungan seseorang juga selalu ada hal yang membuat mereka susah. Tidak ada satupun kehidupan yang sempurna, kita tidak dapat tahu dengan jelas apa yang terjadi dibalik semua kemujuran orang lain. Karena itu janganlah membiasakan diri menjadi orang yang iri dengki kepada orang lain agar hati tenang dalam menjalani hidup.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 15th, November 2016 / 05:13 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan