14 Cara Menghilangkan Sifat Cuek dan Jutek

Cuek dapat diartikan sebagai sifat yang tidak peduli dengan keadaan atau situasi di sekelilingnya. Seseorang yang bersikap cuek seringkali sulit untuk terlibat dalam berbagai situasi dimana dirinya dibutuhkan. Ia akan lebih memilih mengurusi kepentingannya sendiri daripada terlibat dalam berbagai kegiatan. Orang cuek memang terlihat memiliki perbedaan yang kecil dengan orang egois dan jutek.

ads

Seringkali orang yang cuek juga bersikap jutek atau judes kepada orang lain, karena mereka tidak ambil pusing dengan pendapat orang. Menjadi orang yang cuek dan jutek akan membuat mereka tersisih dari pergaulan. Tidak akan ada orang yang menyukai untuk bergaul dengan orang cuek dan jutek.

Apakah Anda termasuk orang yang senang bersikap cuek? Bersikap cuek artinya Anda tidak tergerak untuk ambil bagian dalam hal apapun yang melibatkan diri sendiri dan orang banyak. Anda lebih suka mengurusi diri sendiri. Namun Anda tentu tidak ingin dikucilkan olah lingkungan bukan, dan ingin menemukan cara agar disukai banyak orang? Anda bisa mengatasi sikap cuek dengan beberapa cara menghilangkan sifat cuek dan jutek berikut:

1. Menyadari sifat buruk diri sendiri

Cara merubah sifat yang cuek dan jutek hanya akan berhasil jika Anda menyadari kekurangan diri sendiri dan memang berniat mengubahnya dengan cara menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Mulailah dari hal kecil seperti berbuat dengan mempertimbangkan cara menjaga perasaan orang lain, sehingga Anda akan lebih menjaga setiap ucapan dan tindakan yang dapat menyakiti hati orang lain.

2. Belajar berempati

Orang yang cuek memang biasanya tidak memiliki empati atau rasa kepedulian terhadap orang lain, sehigga dia tidak mempertimbangkan setiap tindakannya. Anda dapat melakukan cara merubah kepribadian agar menjadi lebih peduli kepada orang lain dengan cara menempatkan diri di posisi orang lain. Dengan begitu Anda akan tahu cara menghargai orang lain dan dapat menghilangkan sifat cuek tersebut sedikit demi sedikit.

3. Berusaha memikirkan orang lain

Jika biasanya Anda hanya tahu cara memikirkan diri sendiri, Anda harus mencoba untuk mulai memikirkan orang lain dan dampak dari setiap perbuatan Anda kepada orang tersebut. Ciri – ciri teman yang baik dan tulus dapat Anda miliki jika berusaha memikirkan perasaan dan kondisi orang lain, dan juga merupakan cara agar teman menyukai kita.

4. Belajar membaca situasi

Orang yang cuek tidak bisa membaca situasi yang sedang berlangsung. Dia akan tetap melakukan berbagai hal sekehendaknya tidak peduli bagaimana situasi yang terjadi. Anda dapat belajar membaca situasi dengan benar. Misalnya, ketika suatu saat Anda sedang menghadapi orang yang marah atau tersinggung pada Anda, maka cara menghadapi orang pemarah harus dapat Anda atasi dengan baik.

5. Mulai terlibat

Untuk menghilangkan sifat cuek, Anda bisa memulainya dengan terlibat dalam lingkungan sekitar. Mulailah bergabung dalam kegiatan di lingkungan Anda, misalnya bergabung dalam keluarga dan komunitas di tempat tinggal Anda. Hal ini akan menjadi cara untuk mulai menumbuhkan rasa peduli pada diri Anda.

6. Mulai mendengarkan

Seorang yang memiliki sifat cuek biasanya tidak akan repot – repot mau mendengarkan orang lain yang sedang memiliki masalah. Cobalah untuk menemukan cara menghilangkan sifat egois diri sendiri dengan mulai berusaha menjadi pendengar yang baik bagi orang lain, dan kesampingkan dulu kebutuhan pribadi Anda sejenak.

7. Memperluas pergaulan

Sifat yang cuek biasanya juga tidak akan peduli dengan menjalin pertemanan yang akrab. Hal ini terutama disebabkan karena dia terlalu sibuk dengan diri sendiri dan menganggap orang lain tidak penting. Untuk menghilangkan sifat cuek, Anda bisa memperluas pergaulan dengan mulai mencari teman – teman baru.

8. Memperbaiki kekurangan diri

Mungkin Anda bersikap cuek karena sebenarnya Anda ini seorang yang kurang percaya diri, mungkin juga pendiam dan pemalu. Jika ini masalahnya, Anda bisa mencari cara menghilangkan rasa pemalu, cara menghilangkan sifat pendiam, dan cara mengatasi kurang percaya diri dengan lebih melibatkan diri dalam pergaulan.


9. Coba lebih ringan tangan

Jika sebelumnya Anda lebih banyak berdiam diri dan cuek ketika mengetahui bahwa orang lain sedang membutuhkan bantuan, kali ini Anda harus berusaha untuk mengulurkan tangan dan memberi bantuan. Hal ini perlu agar Anda dikenal sebagai orang yang kerap menunjukkan ciri – ciri orang baik hati daripada orang yang cuek dan jutek, serta tidak bisa didekati orang lain.

10. Lebih ramah

Tidak pernah ada ruginya untuk menemukan cara merubah diri menjadi lebih baik dengan bersikap ramah. Mulailah untuk menyapa orang – orang yang Anda kenal dengan hangat dan tulus. Tanyakan kabar mereka, mulai perbincangan kecil, dan tunjukkan kepedulian Anda terhadap diri mereka dengan tulus pula. Jangan lupa untuk selalu tersenyum.

11. Belajar mengalah

Untuk menghilangkan sikap cuek dan jutek Anda harus bisa belajar mengalahkan kepentingan sendiri daripada orang lain. Terkadang kepentingan diri sendiri akan terlihat lebih mendesak dibandingkan orang lain, namun disinilah pentingnya Anda menentukan prioritas agar bisa belajar mengalah kepada orang lain.


12. Manfaatkan media sosial

Keberadaan media sosial saat ini akan sangat membantu Anda untuk mengatasi sikap cuek dan jutek. Anda bisa belajar untuk berkomentar lucu di status orang lain atau hanya sekedar menunjukkan keberadaan Anda. Hindari komentar kasar dan jutek, atau yang mengandung penghinaan. Usahakan berkomentar dengan bijak dan humoris, jika perlu hindari nerkomentar di status orang lain yang kontroversial.

13. Belajar mengungkapkan perasaan

Orang yang cuek akan terbiasa tidak bisa mengungkapkan perasaannya dengan gamblang. Anda bisa belajar mengungkapkan perasaan dan menjalin komunikasi dengan orang lain agar sifat cuek dan jutek tersebut perlahan mencair dan anda dapat menjadi orang yang lebih luwes dalam pergaulan.

14. Belajar memberikan pujian

Jika dulu Anda tidak terbiasa mengapresiasi keberhasilan orang lain karena terlalu cuek, Anda bisa memulainya sekarang. Mulailah dari hal yang kecil dulu, misalnya memuji teman karena mengenakan baju bagus, atau karena mereka berprestasi dalam suatu hal.

Untuk menghilangkan sifat cuek dan jutek dalam diri sendiri memang harus dimulai dari diri Anda sendiri. Orang lain bisa menolong akan tetapi jika Anda tidak mempunyai kemauan yang kuat maka akan sulit untuk menghilangkan kebiasaan cuek dan jutek kepada orang lain. Miliki tekad yang kuat untuk menjadi sosok yang berbeda dan lebih baik, maka Anda akan berhasil.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Saturday 26th, November 2016 / 08:18 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan