Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Sifat Kekanak-kanakan

Sponsors Link

Usia yang matang atau sudah memiliki keluarga bukan merupakan acuan dari kedewasaan. Sifat kedewasaan hanya bisa didapatkan dari pengalaman hidup. Jika seseorang tidak atau belum memiliki sifat kedewasaan maka dirinya menjadi pribadi yang kekanak-kanakan yang terkadang kita tidak sadari kecuali dari penilaian orang di sekitar kita.

ads

Cara merubah sifat menjadi dewasa bukanlah hal yang sulit dilakukan tetapi jiwa anak-anak tentu sangat sulit dihilangkan karena itu sudah menjadi sifat alami manusia untuk bisa mendapatkan kesenangan. Jika kita tidak memilikinya kita akan melihat dunia dengan mata yang membosankan yang selalu memikirkan hal-hal yang justru membuat kita stress. Sifat anak-anak ini yang menyeimbangkan kehidupan kita karena selalu menginginkan kesenangan. Namun ada beberapa tindakan kekanak-kanakan yang justru membuat pribadi kita tidak terlalu disukai dan orang-orang disekitar kita akan menjadi risih.

Berikut beberapa ciri orang yang kekanak-kanakan.

  • Manja dan egoisme yang tinggi.
  • Lari dari tanggung jawab atas segala perbuatannya
  • Suka mengeluh dan menyalahkan orang lain atas masalahnya
  • Menjadi benalu di orang-orang sekitarnya
  • Mudah marah.
  • Merasa sempurna dan lebih baik dari orang lain
  • Memiliki sifat iri yang berlebihan.
  • Impianya tinggi namun tidak segera dilakukan
  • Hidup dengan foya-foya
  • Tidak berpendirian tetap.

Ciri tersebut sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Disadari atau tidak salah satu dari ciri tersebut terkadang ada dalam diri kita tanpa kita sadari, tetapi sifat kekanak-kanakan merupakan pendapat orang lain terhadap diri kita. Kita tidak akan mengetahui apakah kita kekanak-kanakan atau tidak

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan sifat kekanak-kanakan yang dapat dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Berhenti untuk mementingkan diri sendiri

Sifat mementingkan diri sendiri adalah tanda bahwa pribadi tersebut tidak memiliki kematangan dalam berpikir dan beremosi. Orang yang bersifat kekanak-kanakan memiliki kecendrungan untuk selalu memaksakan kehendak pribadi tanpa menghiraukan perasaan dan lingkungan sekitar. Pribadi yang egois terkadang bersikap tidak adil sehinggu membuat orang disekitarnya gerah atas segala perbuatannya. Pribadi yang memaksakan kehendak sendiri tidak akan tahu cara merubah kepribadian menjadi lebih baik.

  1. Berpikir sebelum bertindak dan berkata

Kematangan berpikir sangatlah menunjang sifat seseorang, dengan melatih kebiasaan berpikir sebelum bertindak dan betutur kata kita akan banyak mendapatkan teman. Kita akan menjadi ciri-ciri teman yang baik dan tulus. Orang-orang disekitar kita akan menghargai segala tindakan kita dan membuat kita lebih berkarisma. Berpikir sebelum bertindak juga akan membantu kita dalam menjalin komunikasi yang mendapatkan penilaian baik dari lawan bicara kita.

  1. Atur Emosi

 Cara meredam emosi diri sangatlah penting untuk menghilangkan sifat kekanak-kanakan. Pribadi yang dewasa tahu kapan harus marah dan kapan harus bersedih. Kita dapat mengatur emosi agar mendapatkan empati publik sehingga kita bisa disukai oleh orang lain. Orang yang menggebu-gebu atau pemarah dalam hal-hal kecil terkesan memiliki sifat labil. Hal itu akan mempengaruhi dirinya dalam berpikir dan mencari solusi. Sifat kedewaasaan akan melatih untuk tahu cara menenangkan hati dan pikiran saat ada masalah.

  1. Rubah pola pikir

Mindset kekanak-kanakan harus kita hilangkan. Orang dewasa memiliki kemampuan untuk memikirkan hal-hal secara tak terduga. Latih pola pikir dengan mengambil sudut pandang yang berbeda dari biasanya kita lakukan. Selalu untuk melihat sesuatu dari kacamata pribadi dan orang lain. Hal ini akan mempepngaruhi perbuatan kita dan tahu cara menjaga perasaan orang lain.

  1. Perbanyak teman yang baik

Orang dewasa tahu ciri-ciri teman yang baik dan tulus agar tidak terjerumus kedalam pola hidup yang hedonis dan suka hura-hura. Teman adalah orang memiliki pengaruh dalam pembentukan sikap kita di lingkungan sekitar. Gaya hidup yang masih suka bersenang-senang tidaklah membantu untuk menjadi dewasa. Sifat kekanak-kanakan tidak tahu cara menghindari pergaulan bebas.

Sponsors Link

  1. Carilah panutan

Sikap kedewasaan dapat juga ditularkan dengan melihat orang-orang yang menurut kita tidak kekanak-kanakan, dengan menjadikannya sebagai role model akan memudahkan kita dalam berubah. Sikap kharismatik dan gaya hidupnya dapat kita tiru untuk menghilangkan sifat kekanak-kanakan yang kita miliki. Cara meningkatkan harga diri dapat dilihat hasilnya jika kita tahu bersikap lebih baik.

  1. Rubah gaya hidup

Kejenuhan sering kali menghampiri kita, dengan segala aktifitas yang kita lakukan kita harus pandai dalam mengatur gaya hidup kita. Cara menghilangkan kejenuhan dalam hidup tidaklah harus dengan gaya hidup hura-hura dan perilaku berfoya-foya. Sifat kekanak-kanakan muncul ketika kita tidak pandai mengolah tips menghilangkan rasa bosan sehingga kita akan mencari pelampiasaan dengan perilaku hedon yang menurut kita mencerminkan kedewasaan tapi hanya memperburuk keadaan.

Gaya hidup tidak sehat akan membuat tubuh kita tidak sehat karena pengaruh alkohol bahkan obat-obatan terlarang yang dekat dengan gaya hidup berfoya-foya. Karena tubuh yang tidak sehat akal juga ikutan sakit dalam berpikir positif sehingga menjadikan prilaku kita di masyarakat menjadi cerminan buruk bagi generasi muda.

  1. Berani mengambil resiko

Perubahan sifat memang agaklah sulit tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Orang baik bisa berubah dalam sekejap begitu juga sebaliknya. Semuanya kembali kepada bagaimana cara mengambil keputusan yang tepat. Sifat kekanak-kanakan dapat kita hilangkan dengan pengalaman hidup kita, seiring dengan banyaknya pengalaman hidup banyak juga pelajaran yang bisa kita petik untuk menjadi instropeksi diri kita masing-masing. Cara menjadi percaya diri membuat kita lebih berani hidup tanpa memikirkan yang lain.

Sponsors Link

  1. Tentukan tujuan hidup

Memiliki tujan dalam menjalani hidup memberikan kita arah dalam bagaimana menyikapi hidup, dengan memiliki tujuan hidup kita dapat membentuk sifat dengan mudah. Menghilangkan sifat kekanak-kanakan dengan menetapkan tujuan hidup sangatlah efektif. Sifat kekanak-kanakan terksesan terjadi karena pribadi kita kehilangan arah dan makna hidup. Bagi beberapa agama sudah dapat dilihat tujuan hidup menurut masing-masing kitab sucinya. Dalam islam kita harus mengikuti tujuan hidup menurut islam dan Al Quran.

  1. Tanamkan sifat disiplin

Pribadi yang kekanak-kanakan tidak mengetahui cara yang dilakukan untuk dapat bekerja keras, pantang menyerah, dan ulet. Sifat tidak disiplin membuat kita tidak memiliki cukup waktu untuk berpikir dalam bertindak. Perkara ini mempengaruhi keputusan kita terhadap suatu masalah. Sifat kedisiplinan mencerminkan sikap kedewasaan kita terhadap segala tindakan kita di masyarakat. Semakin kita disiplin maka pola pikir dan tingkah laku kita juga berubah.

Jika bermanfaat share ke teman dekat anda.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 16th, September 2016 / 03:20 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan