Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Sifat Sombong pada Diri Sendiri

Sponsors Link

Sombong adalah salah satu sifat yang dibenci oleh agama manapun. Sifat kesombongan juga dapat membuat kita di jauhi oleh orang-orang terdekat. Tidak ada orang yang menyukai orang yang sombong. Sifat sombong sering menganggap orang lain lebih rendah dari dirinya. Anda harus tahu cara mendidik anak laki-laki yang benar agar jauh dari sifat sombong.

ads

Pentingnya pendidikan karakter sejak dini dapat membuat keluarga terutama anak anda terhindar dari sifat sombong. Banyak sekali segi kehidupan kita yang bisa disisipi oleh sifat sombong. Cara mendidik anak yang tepat adalah mengajarkan bahaya dari sifat sombong. Memberitahukan sejak dini bahwa sifat sombong tidak diterima di dalam tatanan kemasyarakatan.

Dalam agama sifat sombong merupakan sifat yang dilarang. Sifat ini bisa melukai hati siapa pun. Setelah diri anda mengetahui bahwa pernah melakukan kesombongan. Tidak ada kata terlambat untuk cara merubah kepribadian menjadi lebih baik. Sombong itu dapat dihilangkan.

Tipe-Tipe Sombong

Sebelum mengetahui cara menghilangkan kesombongan. Ada beberapa sifat kesombongan yang banyak terjadi di masyarakat modern ini. Terdiri dari tiga kesombongan yang sering dilihat dan mungkin saja anda pernah berpapasan dengan tipe seperti ini. Dalam lingkungan sekolah, kantor, atau dalam sosial bermasyarakat.

  • Sombong Karena Jabatan.

Jabatan dan kedudukan sering menjadikan diri seseorang menjadi sombong. Dirinya merasa sebagai orang penting dan merendahkan diri orang lain. Kesombongan sering kali tidak tahu cara menghargai orang lain. Orang lain derajatnya lebih rendah. Jabatan dan wewenangnya sering disalahgunakan.

  • Sombong Karena Kekayaan.

Berlimpahnya harta sering membuat manusia tertutup hati nuraninya. Menganggap apa saja bisa dibeli dengan hartanya. Mereka terkadang tidak tahu cara memanjakan anak dengan baik. Bahkan untuk kehidupan sehari-harinya selalu di nilai berdasarkan harta.

  • Sombong Karena Kepintaran

Di lingkungan pendidikan pun tidak luput dari sifat sombong. Merasa dirinya pintar. Dia merendahkan kawan-kawannya di sekolah. Memisahkan diri dari orang yang menurut dia tidak selevel. Ciri-ciri orang baik hati dan mudah dilihat tidak nampak dalam pribadi orang yang sombong.

Bahaya Sifat Sombong

Sifat sombong ibarat penyakit. Namun penyakit hati. Jika hati penuh dengan penyakit maka hidup anda akan selalu dihantui oleh kesakitan itu sendiri. Banyak bahaya sifat sombong yang dapat anda lihat atau mungkin anda rasakan. Berikut adalah beberapa bahaya dari sifat sombong.

  • Dijauhi Oleh Orang Dekat

Bahaya sifat sombong yang paling sering adalah anda dijauhi oleh orang terdekat anda. Bahkan keluarga anda sekalipun bisa menjauhi anda. Karena sering kali sifat sombong merendahkan harga diri orang lain.

  • Ditutupnya Pintu Hidayah

Sifat sombong dapat membuuat anda ditutup hidayah keatas diri anda. Anda tidak bisa mendengarkan saran dan pendapat orang lain. Padahal saran dan pendapat itu membuat anda lebih baik.

  • Disulitkan Kehidupan Dunianya

Orang yang sombong akan banyak mengalami kesulitan. Jika anda diminta bantuan yang dulunya orang itu adalah orang yang sombong. Anda pasti tidak ingin membantunya. Karena mungkin saja orang itu pernah menyakiti hati anda. Makanya orang yang sombong sulit mendapatkan bantuan di dunia.

Cara Menghilangkan Sifat Sombong

Dalam merubah sifat, banyak cara yang bisa dilakukan. Cara menjadi pribadi yang baik dan dewasa harus dilakukan. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi pribadi yang baik dalam hidup ini. Semua bisa dirubah. Apalagi jika sudah ada niat dalam hati. Cara menghilangkan sifat sombong.

  1. Sadari Sifat Sombong

Sebelum kita merubah sifat sombong. Terlebih dahulu sadari sifat itu dalam diri anda. Anda tidak bisa menghilangkan sifat sombong tanpa tahu tipe kesombongan yang sering anda lakukan. Cara menghindari sifat takabur yang dibenci allah dengan menyadari sifat itu sendiri. ketahui dampak negatif yang terjadi dengan adanya sifat sombong anda. Apakah anda di jauhi oleh teman, sahabat atau bahkan keluarga anda. Sifat sombong ibarat tameng yang memisahkan anda dengan orang lain. Oleh sebab itu sombong sangat tidak disukai bahkan oleh sang pencipta sekalipun.

Sponsors Link

2. Akui Kekurangan Anda

Anda harus mengakui kekurangan yang terdapat dalam diri anda. Jika anda menyadari banyak kelemahan yang anda miliki. Niscaya anda tidak memiliki apa-apa untuk disombongkan. Ciri-ciri teman yang baik dan tulus selalu mengingatkan anda bahwa anda sedang bersikap sombong terhadap orang lain. Jika anda tidak mengetahui kekurangan anda. Anda bisa berkonsultasi dengan sahabat anda atau anggota keluarga anda. Karena dengan pendapat orang terdekat anda bisa memiliki info yang akurat. Cara menghilangkan sifat egois dalam diri yang penuh kesombongan adalah dengan menyadari perbuatannya.

3. Perbanyak Beribadah

Beribadah adalah salah satu jalan untuk menenangkan hati. mendekatkan diri kepada sang pencipta dapat membuat hati anda tenang dan tidak gelisah. Meminta bantuan kepada yang memiliki kekuatan diatas kekuatan manusia perlu anda lakukan. Cara menenangkan hati dan pikiran saat ada masalah adalah dengan beribadah. terkadang kesombongan atau berperilaku sombong terjadi karena kita ada kekurangan. Ada masalah yang tidak ingin diungkapkan. sehingga mengalihkan perhatian orang lain daripada masalah anda dengan bersifat jelek. Tanpa disadari anda melakukan hal-hal yang jauh dari sifat baik.

4. Belajar Ikhlas

Untuk menghilangkan sifat sombong anda harus ikhlas atas perbuatan anda. Anda harus pahami cara membuat hati ikhlas dan tenang. Hati ikhlas akan membuat kesombongan dalam diri kita tidak ada sama sekali. Anda tidak akan mempunyai kesempatan untuk membuat anda membeberkan kebaikan anda di hadapan orang lain.

Sponsors Link

5. Jangan Egois

Sifat egois dapat juga membawa anda pada sifat sombong. orang yang egois terkadang ingin menang sendiri. Jika orang itu memiliki kekurangan dan ingin menutupinya. Orang yang egois akan menyombongkan apa yang dimilikinya. Pribadi yang tahu cara menghilangkan sifat egois pada diri sendiri tahu cara untuk bersikap lebih rendah hati dan tidak sombong.

6. Sejajarkan Diri Anda Dengan Orang Lain

Anda dan orang lain adalah jenis yang sama. anda hidup didunia dengan tujuan yang sama. bentuk tubuh anda sama dengan orang lain. Jika anda menyadari itu. anda akan menyadari bahwa anda bukanlah siapa-siapa. tidak ada yang patut disombongkan dari diri anda. Jangan bersifat kekanak-kanank. Pribadi yang tidak sombong tahu cara menghilangkan sifat kekanak-kanakan.

Jika anda praktekkan cara tersebut anda dapat terhindar dari sifat tercela. Cara menghindari perilaku tercela termasuk sombong diharapkan dapat membawa kehidupan yang lebih bahagia bagi anda dan sekeluarga. Niscaya apapun yang anda perlukan dapat terlaksana dengan baik.

 

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 28th, September 2016 / 14:36 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan