20 Cara Meningkatkan Harga Diri Seseorang

Sponsors Link

Menghargai diri sendiri merupakan bentuk kecintaan kita terhadap diri sendiri. Keberadaan harga diri merupakan hal yang dapat meningkatkan nilai moral dalam bersosialisasi. Mereka yang memiliki sifat buruk, umumnya dicap sebagai orang yang membuat martabat keluarga atau masyarakat pada lingkungan yang sama menurun. Berbeda dengan mereka yang mampu menjaga harga diri dengan baik, maka lingkungan serta keluarganya pun akan dipandang lebih terhormat.

Pentingnya harga diri

Harga diri memegang peranan yang begitu penting terutama sebagai penghargaan terhadap diri maupun sekitar lingkungan tempat kita tinggal. Harga diri tidak akan terbentuk jika anda tidak mau menghargai diri anda sendiri. Mereka yang dinilai tidak memiliki harga diri merupakan tipe orang yang disisihkan dalam pergaulan. Inilah kenapa menghargai diri sendiri juga menjadi salah satu cara untuk kita supaya dapat diterima pada lingkungan.

Harga diri seseorang, tidak akan terbentuk jika orang tersebut tidak ingin menghargainya. Harga diri bukanlah barang bisa dijual ataupun dibeli seperti halnya barang dagangan. Tingginya harga diri seseorang bukan karena dia menjualnya  ataupun jika harga dirinya rendah bukan pula karena ditentukan oleh nilai mata uang.  Nilai harga diri seseorang dimulai dengan bagimana orang tersebut menilai dan memperlakukan dirinya sendiri.

Menghargai diri supaya dapat meningkatkan harkat serta martabat diri maupun lingkungan dapat dilakukan melalui beberapa cara. Berikut ini cara meningkatkan harga diri :

  1. Hindari perilaku yang merugikan

Entah sadar ataupun tidak, kita sering melakukan tindakan yang dapat merusak diri sendiri. Banyak contoh dari tindakan merusak diri sendiri seperti bertindak semaunya sendiri saat bekerja, senang ugal- ugalan di jalan atau bahkan senang berbicara kasar terhadap orang lain. Terutama bagi pekerja kantor, jangan harap anda bisa naik posisi jabatan jika tindakan anda tidak mencerminkan kebaikan sedikit pun di dalamnya. Yang ada, anda akan segera dikeluarkan dan terpaksa mencari pekerjaan baru yang belum tentu lebih baik dari pekerjaan anda sebelumnya. Berlaku baik di kantor, tidak hanya sekedar karena anda bekerja dengan orang lain, namun juga berguna untuk menjaga diri sendiri dari masalah.

Bagi anda yang gemar bersepeda, anda bisa menunjukkan bagimana cara menghargai diri sendiri dan lingkungan yang anda huni dengan cara berkendara secara santun. Jangan membuat kebisingan yang membuat orang lain menjadi terganggu karenanya.  Ada banyak sekali contoh tindakan buruk yang harus dihindari supaya tidak merugikan orang dan membuat orang lain  tidak suka pada kita dan merupakan cara agar disukai banyak orang.

  1. Jaga nama baik anda

Orang lain tidak akan mau menghargai anda, jika anda memiliki kebiasaan buruk yang membuat anda tersisih. Saat nama anda telah tercemar akibat hal buruk yang anda lakukan, maka dengan sendirinya orang lain akan menjauh dari anda. Inilah alasan kenapa seseorang sebaiknya menjaga namanya sendiri supaya tidak tercemar dan dianggap masyarakat sebagai orang yang buruk.  Saat nama seseorang menjadi tercemar atas tindakan buruknya maka akan semakin sulit untuk memperbaikinya.

Ada banyak sekali contoh perilaku menyimpang yang dapat mencermarkan nama seseorang seperti tindak asusila, mencuri, gemar bertindak kasar atau mungkin pelanggaran tindak hukum lainnya. Seseorang yang ketahuan terutama oleh masyarakat gemar melakukan aksi buruk, maka seketika itulah dia akan kehilangan namanya. Jika belum terlanjur, hindari perbuatan merusak tersebut dan jika sudah terlanjur, maka anda masih punya kesempatan untuk memperbaikinya. Jangan sia-siakan kesempatan berubah yang ada dan gunakan kesempatan tersebut untuk  memperbaiki perilaku diri sendiri.

Bertindak buruk bukan hanya beresiko mencemarkan nama diri sendiri melainkan juga mencemarkan nama baik keluarga, tempat kita bekerja serta orang-orang yang dekat dengan kita.

  1. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan diri terutama dengan orang lain yang berada di atas kita tidak akan ada habisnya. Di atas seseorang yang tinggi, tentu ada yang lebih tinggi lagi dan begitu seterusnya. Alhasil anda tidak akan pernah merasa puas dan terkadang malah menimbulkan rasa kecewa dengan diri sendiri. Setiap orang diciptakan sebagai individu yang unik dan istimewa. Berusaha menjadi seperti orang lain atau bahkan berjuang keras dalam memenuhi ekspektasi orang lain hanya akan membuat kepribadian anda sendiri terusir. Akibatnya anda akan kehilangan diri anda sendiri.

Mau menerima kekurangan diri merupakan hal bijak yag harus dilakukan. Mencintai diri sendiri merupakan langkah baik untuk memulai hari-hari anda dengan hidup yang menyenangkan. Jangan sampai anda merasa gagal dan tidak berguna lantaran tidak bisa memenuhi harapan orang lain . Terima kekurangan anda dan lakukan yang terbaik yang bisa anda lakukan dan merupakan cara meningkatkan keyakinan diri dan kepercayaan diri.

  1. Hargai diri sendiri

Jangan pernah merasa ragu untuk menghargai diri sendiri. Anda bisa melakukan hal ini dengan cara setiap saat menjaga kualitas diri anda untuk semakin baik dan baik lagi. Anda bisa membuat catatan mengenai kelebihan yang anda miliki untuk keperluan meningkatkan diri sendiri supaya lebih berkualitas.

  1. Gunakan pakaian rapi dan sopan

Dalam bersosialisasi tentu anda membutuhkan armor yang tepat. Hindari menggunakan baju yang tidak sopan namun beralihlah menggunakan baju yang rapi dan meningkatkan kualitas diri anda. Baju merupakan cerminan pribadi seseorang. Mereka yang gemar berpakaian rapi tentu memiliki kepribadian yang bagus. Sebaliknya mereka yang tidak peduli penampilan dan cenderung tidak ambil pusing dengan apa yang tengah dipakainya, bisa menjadi sebuah cerminan buruk bagi diri sendiri. Gunakan pakaian rapi dan nyaman sehingga orang yang melihatpun akan senang . (baca : cara menghindari fitnah)

  1. Hindari orang yang banyak berpikir negatif

Meraka yang banyak berpikir buruk dan hanya menambah keburukan pada pola pikir anda, sebaiknya dihindari. Orang dengan tipe demikian, merupakan jenis orang yang tidak tahu bagaimana cara memperbaiki hari- hari buruk yang telah dilalui dan cenderung menutup diri dengan perubahan yang ada. Mereka yang demikian merupakan tipe orang berpikiran sempit dan dapat memberi pengaruh pada pikiran anda untuk berlaku serupa seperti mereka.

Mereka yang gemar berpikir negatif, dapat memberi efek buruk bagi jiwa dan mental seseorang. Inilah kenapa sebaiknya anda mulai memperbanyak bergaul dengan mereka yang memiliki pandangan hidup optimis dan selalu berpikiran positif. Bertemanlah dengan mereka yang banyak mewarnai hari anda dengan tawa, sehingga mampu mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi anda saat bergaul dengan mereka.

sponsored links

  1. Fokuslah pada tujuan

Tuhan telah menciptakan hidup dan menjadi tugas kita untuk menghargai serta memberi arah mau kemana tujuan hidup kita. Hal-hal tersebut kitalah yang menentukan. Kalau perlu anda bisa menulis daftar tujuan hidup anda. Tuliskan pula setiap peningkatan yang telah anda raih entah besar ataupun kecil lalu puji diri sendiri karena telah melakukannya. Hal ini merupakan salah satu cara dalam mengapresiasi diri sendiri.

  1. Gaya hidup yang baik

Sebuah gaya hidup yang baik dan sehat mampu mendatangkan energi positif yang mampu membuat hidup kita manjadi lebih terarah dan menyenangkan. Gaya hidup yang baik bisa anda mulai dengan cara mengonsumsi banyak makanan yang sehat dengan kandungan yang bagus dan baik. Biasakan pula berolahraga secara rutin supaya stress yang anda alami bisa teratasi dan slalu memiliki cara meredam emosi. Hal ini juga berperan dalam menjaga tubuh kita supaya tetap sehat dan bugar.

  1. Lakukan hobi anda

Setiap orang tentu memiliki hobi. Jangan hanya fokus pada pekerjaan yang tengah dilakukan namun anda juga perlu melakukan hobi yang anda gemari. Melakukan hobi menjadi salah satu cara bagi anda untuk menjalai hidup yang semakin bergairah. Jangan biarkan pekerjaan serta kesibukan harian memakan waktu anda tanpa sedikit pun mampu meluangkan waktu untuk menyalurkan hobi. Kalau perlu anda bisa mengambil cuti kantor untuk meringankan beban anda dan membuat pikiran kembali segar. (baca : hobi yang cocok untuk wanita)

  1. Bersyukur

Setiap orang memiliki masalahnya masing-masing. Tidak pelu cemas dan terus menerus merasa sedih karena pada dasarnya, orang lain juga memendam masalah meski tidak semua masalah yang dia punya diceritakan pada anda. Biasakan diri untuk senantiasa bersyukur meski dalam kondisi yang buruk sekalipun. Dalam menjalani hidup tentu ada masanya anda terpuruk namun tidak jarang pula anda anda mengalami masa-masa yang menyenangkan dan bahagia. Jangan hanya terpuruk oleh keadaan namun ingat pula saat anda mengalami masa-masa menyenangkan.

Perbanyak bersyukur atas hal yang telah anda dapat dan jadilah orang yang lebih baik lagi terhadap diri maupun orang-orang sekitar anda.

  1. Hindari pikiran negatif

Kebalikan dengan sikap positif, sikap negatif cenderung merusak. Mereka yang gemar berpikir negatif nyatanya akan semakin terpuruk, terlebih saat berada di tengah kesulitan. Pikiran negatif layaknya pesimis dan terlalu serius dalam menanggapi sesuatu dapat merusak hidup anda dan menjauhkan anda dari kesenangan. Hal ini, juga akan menurunkan harga diri anda.

Saat berada dalam kondisi yang tidak menyenangkan sebaiknya cari sisi positif dari kejadian tersebut dan jangan lantas terpuruk begitu saja. Inilah kenapa sebaiknya buang pikiran-pikiran negatif dari diri anda dan mulai memperbanyak pikiran positif dan memiliki cara menenangkan hati dan fikiran anda. Berlakulah lebih baik dengan diri sendiri dan mulai pikirkan apa saja kelebihan yang anda miliki, keyakinan apa yang anda punya, bagaimana tingkat pengetahuan anda dan lain sebagainya.

  1. Nilai diri anda sendiri

Sangat penting bagi anda untuk mengetahui apa yang menyebabkan anda dipandang rendah oleh orang sekitar. Cari tahu ke dalam diri anda dan mulailah diperbaiki. Sebagai contoh ringan saja adalah ketika anda berhadapan dengan orang baru. Apa yang cenderung membuat anda merasa kurang percaya diri saat berhadapan dengan mereka? Tubuh anda yang kecil atau mungkin karena kurangnya kemampuan komunikasi yang mumpuni dan lain-lain. Jika sudah mengetahui apa saja yang membuat harga diri anda turun, maka anda tinggal membereskannya.

Seperti contoh diatas, saat anda kurang percaya diri dengan tubuh anda yang kecil, maka anda bisa mulai memjalani pola hidup sehat dengan makan teratur. Jika anda susah berkomunikasi, maka anda bisa memulai percakapan ringan sembari membangun kepercayaan diri anda sendiri.

Namun ketika kritikan yang ditujukan kepada anda terkait dengan pengetahuan atau mungkin tingkat sosial dalam keluarga yang rendah seperti halnya keuangan yang buruk dan lain-lain, sebaiknya anda tidak terlalu memperhatikan apa yang mereka bicarakan. Jangan sampai anda terbawa suasana dan berakibat pada masuknya pikiran buruk dan mulai mencela diri sendiri. Perlu diingat, tidak semua yang mereka katakan adalah kebenaran. Jika apa yang mereka katakan merupakan hal yang salah, tunjukkan bahwa hal itu memang salah. Jangan lantas membenarkan apapun yang mereka ucapkan dan menutup diri kemudian.

  1. Jangan menyalahkan orang lain

Ada banyak sekali kasus yang melibatkan orang lain sebagai penyebab anda merasa tidak berharga. Menyalahkan orang lain atas tuduhan yang mereka lancarkan kepada anda hanya anda memperburuk suasana. Banyak orang yang lantas mencari kambing hitam saat berada berada dalam suasana yang tidak menguntungkan. Namun sayangnya, mengkambinghitamkan orang lain sama sekali tidak mengatasi masalah yang tengah anda hadapi karena hanya membuang-buang waktu berharga anda saja.

Jika memang anda melakukan kesalahan, akui kesalahan tersebut dan mulailah menerima semua hal buruk yang telah terjadi. Hal ini bukanlahn semata-mata karena anda menyalahkan diri anda sendiri. Melainkan inilah cara anda menerima diri sendiri berikut dengan dengan masalah yang ada dan menimpa anda.  Segala hal buruk yang anda alami merupakan bagian dari tanggung jawab anda. Mau mengubahnya menjadi hal yang lebih baik atau malah memilih terpuruk tentu semua pilihan di tangan anda. Andalah yang memiliki tanggungjawab besar supaya tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

Saat anda berhasil mengakui kesalahan yang anda buat dan melangkah ke jalan yang lebih baik lagi. Saat itulah anda telah bertindak sebagai orang bijak dan mau menghargai diri sendiri. Adanya masalah dalam hidup bukanlah semata-mata kesalahan yang harus anda jalani melainkan juga pengalaman yang dapat membuat anda menjadi semakin dewasa dan berkembang.

  1. Jalin hubungan baik dengan diri sendiri

Menjalin hubungan baik bukan hanya dilakukan dengan orang lain melainkan juga penting dilakukan dengan diri sendiri.  Saat anda bisa bertanggung jawab atas apa yang anda lakukna maka pada saat ituah anda telah bisa menerima diri sendiri. Hal ini juga menjadi penentu dalam pencapaian target yang anda inginkan dalam hidup. Ketika seseorang mau menerima diri sendiri bagimanapun keadaannya, maka saat itulah kebahagiaan akan lebih mudah datang kepada anda.

Anda akan lebih mudah bersyukur saat anda menjalani hidup dan berterimakasih pada sang pencipta karena masih diberi kepercayaan dalam menjalani hidup untuk merubah banyak hal yang anda rasa kurang benar.

  1. Perbaiki diri anda

Memperbaiki diri merupakan tindakan positif untuk memajukan diri sendiri. Jika anda sudah bisa menerima diri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang anda miliki, maka anda bisa meningkatkan kualitas hidup anda sendiri. Hal yang harus diingat adalah untuk berlaku positif dan lakukan dengan cepat supaya meningkatkan kualitas diri tanpa menunda-nundanya.

Memperbaiki diri merupakan yang baik dan harus dilakukan jika anda masih merasa banyak kekurangan. Memperbaiki diri membantu anda untuk lebih tertata hidupnya sekaligus menjadi seorang individu yang lebih berkualitas.

  1. Mulai hari dengan senyuman

Senyuman merupakan ekspresi wajah yang sangat mudah dilakukan. Saat memulai hari, biasakan dengan tersenyum di depan cermin anda. Senyuman sederhana yang dilakukan mampu membuat suasana hati menjadi lebih cerah dan yang pasti menghilnagkan ketegangan. Alhasil langkah anda dalam upaya peningkatan kualitas hidup akan semakin ringan. Senyuman membantu anda untuk selalu berpikir dengan positif sepanjang hari.

Sponsors Link

  1. Katakan pada diri sendiri jika anda mampu dan bisa

Pada tiap tindakan yang anda lakukan dan anda pilih, lakukanlah dengan keyakinan dan jangan setengah-setengah. Hindari pikiran-pikiran negatif yang hanya mebuat anda merasa terpuruk dan mulai berpikir negatif atas kemampuan diri anda yang sebenarnya mumpuni. Katakan pada diri sendiri jika hidup anda sekarang akan lebih baik daripada yang lalu. Biasakan pemikiran positif dan katakan jika anda bisa melakukan banyak hal. Setelahnya berjuanglah hingga keberhasilan anda dapatkan.

  1. Perluas wawasan anda

Semakin luas wawasan yang anda miliki, maka orang lain dengan sendirinya juga akan lebih menghargai anda. Wawasan yang luas mencerminkan jika anda merupakan orang yang pintar dan di atas rata-rata. Orang yang memiliki wawasan luas, umumnya akan memiliki banyak teman dan menjadi seseorang yang disegani.

  1. Bangun simpati dan empati dengan orang lain

Jangan pernah hanya memikirkan diri sendiri melainkan pikirkan pula orang yang berada di sekitar anda. Semakin anda menunjukkan jika anda peduli dengan mereka, maka sebaliknya mereka juga akan semakin peduli dengan anda. Inilah pentingnya peka terhadap lingkungan dengan membangun simpati juga empati dengan orang di sekitar.

Saat melihat orang lain dalam kesulitan, jangan ragu-ragu untuk membantu mereka. Mereka yang gemar menolong orang lain, maka akan banyak orang yang juga menolongnya di kala susah.

  1. Lakukan usaha yang nyata

Sekedar niat tidak akan mengubah anda menjadi apapun atau siapapun. Jika telah ada niat untuk merubah hidup ke arah yang lebih baik, sebaiknya lakukan tindakan yang nyata dan jangan hanya sekedar omong saja di mulut. Mereka yang hanya suka berbicara tanpa melakukan tindakan realistis tidak akan mendapatkan pencapaian yang berarti dalam hidup mereka. Ketika anda diejek berbadan gemuk dan membuat anda stress karena banyak pikiran akibat ejekan tersebut, sebaiknya segera lakukan tindakan atau program penurunan berat badan. Berat badan yang gemuk cenderung mengarah ke obesitas merupakan bentuk tubuh yang kurang baik karena memicu beragam jenis penyakit. Sehingga tidak hanya banyak pikiran akibat ejekan orang, namuan resiko terkena penyakit berbahaya juga akan merugikan diri anda sendiri.

Mereka yang memiliki harga diri tinggi akan dihormati dan menjadi orang yang disegani. Saat berada di kantor pun pendapat anda akan didengarkan dan dihargai. Mereka yang memiliki wawasan luas juga bisa dijadikan sebagai arena bertanya bagi orang lain. Orang dengan wawasan luas biasanya dihormati karena ilmunya yang mumpuni dan lebih banyak tahu dibandingkan dengan orang lain. Memiliki harga diri yang tinggi dan dipandang orang lain sebagai orang yang perlu dihormati tentu membawa banyak sekali manfaat. Manfaat tersebut akan banyak dirasakan, terutama pada kehidupan sehari-hari mereka entah saat berada di dalam kantor ataupun saat bersosialisasi dengan masyarakat.

Hal diatas tentu berbanding terbalik dengan orang yang tidak memiliki harga diri yang disebabkan oleh tindakan buruknya pada masyarakat. Mereka yang tidak memiliki harga diri umumnya akan dikucilkan dalam masyarakat. Masyarakat akan menganggap jika orang tersebut merupakan tipe orang pengganggu yang keberadaan tidak dibutuhkan dalam dunia mereka. Alhasil orang-orang tersebut akan dikucilkan dan tidak memiliki teman. Mereka yang tidak mau menghargai diri sendiri merupakan orang yang tidak mau bersyukur dan dapat dengan mudah menyalahkan orang lain akibat kegagalan yang diterima dalam kehidupan mereka. Mereka yang seperti ini merupakan tipe orang yang tidak mau berjuang keras demiki pencapaian diri mereka pribadi dan lebih memilih mengkambing hitamkan orang lain.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 24th, May 2016 / 08:15 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan