Sponsors Link

19 Cara Meningkatkan Keyakinan Diri dan Kepercayaan Diri

Sponsors Link

Menjadi diri sendiri bukan berati kita bisa seenaknya sendiri dalam bertingkah, tetapi dengan memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri kita agar kita bisa menjadi lebih baik. Menjadi diri sendiri ketika tingkah laku dan sifat kita sudah baik tidak masalah, tetapi jika tingkah kita dan perilaku kita belum baik maka berusahalah menjadi lebih baik. Menjadi diri bukan hanya dari segi penampilan, tetapi juga pikiran dan hati yang lebih utama.

Ketika anda mampu menjadi diri anda sendiri dengan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri maka akan meningkatkan keyakinan diri. Ketika anda bisa yakin dengan diri anda, maka orang lain juga bisa yakin dengan anda. Tetapi jika diri anda saja tidak yakin dengan anda sendiri, bagaimana dengan orang lain? karena seharusnya yang lebih tau tentang diri anda adalah anda sendiri, bukan orang lain.

Jika anda termasuk orang yang belum memiliki keyakinan diri yang kuat, maka anda dapat mempelajari serta mencoba hal-hal berikut Cara Meningkatkan Keyakinan Diri :

  1. Berpikir positif

Berpikiran positif akan membantu diri kita tetap yakin dengan diri kita sendiri. Buanglah pikiran negatif karena hal tersebut hanya akan merugikan diri kita sendiri. Dengan membiasakan berpikir positif maka hati dan perbuatan kita akan ikut menyeimbangi pikiran kita, sehingga pikiran, hati dan perilaku kita akan positif karena sudah menjadi kebiasaan.

  1. Selalu bersikap ramah dan baik hati

Sikap ramah dan baik hati sangat penting untuk dapat meningkatkan keyakinan dalam diri kita. Dengan bersikap ramah terhadap orang lain maka akan meningkatkan keyakinan dalam diri kita. Demikian juga dengan sikap baik hati yang akan semakin meningkatkan keyakinan pada diri anda. Orang yang terbiasa dengan bersikap ramah dan baik hati maka banyak orang yang senang dan baik terhadapnya sehingga akan menciptakan keyakinan diri.

  1. Mengenali diri sendiri yang sebenarnya

Jika anda ingin meningkatkan keyakinan dalam diri anda, maka kenalilah diri anda terlebih dahulu. Pahami apa kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri anda. Kenali juga hal-hal apa saja yang bisa membuat anda senang, emosi atau sedih sehingga anda dapat mengatasi berbagai masalah yang ada dalam diri anda dengan baik. Anda juga perlu untuk mengenali potensi dan bakat yang anda punyai sehingga dapat mengasah bakat anda sehingga dapat lebih berkembang.

  1. Jangan mementingkan diri-sendiri

Mementingkan diri sendiri tidak beda jauh dengan egois. sifat mementingan diri sendiri akan menjadikan keyakinan diri menjadi berkurang. Dahulukanlah kepentingan bersama diatas kepentingan diri sendiri. Jika kita berniat baik untuk membantu sesama, maka kita sendiri akan dibantu oleh orang lain, maka tidak usah ragu ketika akan melakukan hal baik untuk orang lain atau kepentingan umum.

  1. Berpakaian sopan dan menarik

Cara berpakaian juga mempengaruhi keyakinan dalam diri anda, jadi anda jangan menyepelekan cara berpakaian. Pakaian yang rapi dan sopan akan menjadikan percaya diri tumbuh dalam diri seseorang sehingga akan timbul juga keyakinan diri. Pakaian yang sopan dan rapi juga dapat mencerminkan kepribadian seseorang. Orang yang berpakaian rapi menjadi ciri bahwa orang tersebut menjaga kebersihan dan kerapian. Berpakaian rapi juga akan menimbulkan aura positif kepada orang lain sehingga orang akan positif thinking terhadap kita.

  1. Menjaga kebersihan diri

Kebersihan sangat penting dalam kehidupan kita. Ada juga pepatah yang menyebutkan kebersihan adalah sebagian dari iman. Menjaga kebersihan sangat penting selain untuk menjaga diri dari berbagai penyakit, menjaga kebersihan dapat meningkatkan keyakinan pada diri seseorang. Jika seseorang menjaga kebersihan diri saja tidak bisa bagaimana jika memimpin suatu organisasi atau kelompok sosial, karena orang yang mampu memimpin dimulai dari mampu memimpin dirinya sendiri. Mulai dari sekarang jaga kebersihan diri anda, sehingga keyakinan dalam diri anda akan meningkat.

  1. Berjalan dengan lebih cepat

Cara jalan seseorang juga mencerminkan keyakinan diri seseorang tersebut. Seseorang yang berjalan dengan cara tegap dan cepat menandakan bahwa orang tersebut disiplin dengan waktu yang dimilikinya serta mempunyai tujuan yang jelas yang hendak dicapainya, kecuali jika seseorang sedang terburu-buru. Berjalanlah 25% lebih cepat agar keyakinan diri anda lebih meningkat, selain itu juga akan menjadikan waktu anda lebih efektif.

  1. Bersyukur

Bersyukur selain merupakan kunci kebahagiaan juga merupakan cara untuk meningkatkan keyakinan diri. Orang yang senantiasa bersyukur akan memikirkan apa saja yang telah didapatkannya sehingga tidak akan mengeluh. Jika kita terlalu fokus dengan memikirkan apa yang kita inginkan maka kamu akan berpikir kenapa tidak bisa mendapatkannya. Padahal semua hal telah diatur oleh sang maha pencipta. Tugas manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, sementara hasilnya serahkan pada yang telah mengatur semua urusan manusia. Dengan banyak bersyukur akan semakin meningkatkan keyakinan diri serta menambah kebahagiaan dalam hidup.

Sponsors Link

  1. Puji orang lain

Saat kita tidak mempunyai pikiran negatif terhadap diri sendir, maka ini dapat berlanjut dengan membicarakan orang lain. Membicarakan orang lain merupakan perbuatan yang tidak baik, apalagi jika membicarakan kejelekannya di belakang orang tersebut, maka hal ini dapat menyebabkan fitnah. Untuk menghindari pembicaraan jelek kepada orang lain maka lebih baik kalau kita memuji orang lain. Dengan memuji orang lain maka akan banyak orang yang akan menyukai anda, sehingga keyakinan diri akan meningkat. Maka biasakanlah memuji orang lain, bukan malah membicarakan kejelekan orang lain.

  1. Duduk dibarisan depan

Dalam suatu acara ataupun tempat umum, seperti sekolah, kantor, kuliah seminar atau kegiatan lain, kebanyakan orang memilih untuk duduk dibelakang dibanding di depan. Orang yang memilih duduk dibelakang, banyak yang mempunyai alasan karena takut menjadi pusat perhatian, hal ini merefleksikan bahwa keyakinan diri kurang ada. Dengan duduk di bagian depan menjadikan seseorang akan menghilangkan rasa takut yang tidak rasional sehingga akan membantu meningkatkan keyakinan diri anda. Dengan duduk di depan anda juga bisa lebih fokus dengan semua pembicaraan orang penting sehingga informasi atau ilmu pengetahuan dapat diserap dengan baik.

  1. Bicaralah dengan tegas

Saat anda berbicara di depan umum usahakan berbicara dengan tegas karena bicara dengan tegas akan mampu meningkatkan keyakinan dalam diri seseorang. Kebanyakan orang penting akan berbicara dengan tegas sehingga keyakinan akan tercipta dalam diri orang tersebut. Berbicara tegas bukan berati harus dengan nada yang tinggi dan suara lantang tetapi cukup dengan suara yang cukup didengar serta tidak lembek.

  1. Bina prinsip hidup yang mantap

Pegang prinsip hidup anda dengan baik serta laksanakan dengan optimis yang tinggi. Orang yang mempunyai prinsip hidup yang baik akan meningkatkan keyakinan diri seseorang. Mantapkan prinsip hidup anda serta lakukanlah berbagai kegiatan yang baik kepada semua orang, dengan begitu maka keyakinan diri akan semakin meningkat.

  1. Tetapkan matlamat hidup

Matlamat hidup perlu anda punyai dan tetapkan karena orang yang tidak mempunyai matlamat hidup maka hidupnya seperti tidak mempunyai tujuan yang jelas, tetapi seperti samar. Maka tetapkanlah matlamat hidup karena merupakan sumber utama untuk meningkatkan keyakinan dalam diri seseorang.

  1. Bina pelan tindakan mencapai matlamat

Setelah anda mempunyai dan menetapkan matlamat dalam hidup anda, maka langkah selanjutnya yaitu bina dengan pelan matlamat yang sudah anda tetapkan. Rancang sedetail dan sebaik mungkin matlamat hidup anda, karena jika hanya menetapkan matlamat tanpa merancangnya maka hanya seperti angan-angan saja tanpa tindakan. Setelah rancangan jadi maka laksanakan, hal ini akan semakin meningkatkan keyakinan dalam diri anda.

  1. Tingkatkan ilmu pengetahuan

Ilmu pengetahuan sangat penting untuk kehidupan semua orang. Ilmu pengetahuan merupakan bekal untuk hidup di dunia ini ataupun di akhirat nanti. Orang yang mempunyai ilmu pengetahuan lebih tinggi maka akan mendapatkan keyakinan diri yang lebih tinggi, karena mereka yakin dengan dirinya bahwa mereka lebih berkompeten dengan keahlian ataupun pengetahuan yang mereka miliki.

Meningkatkan ilmu pengetahuan tidak hanya bisa dilakukan dengan menuntut ilmu di bangku sekolah ataupun kuliah, kita bisa meningkatkan ilmu pengetahuan dengan mengikuti kursus, seminar, membaca buku ataupun hal lain yang bisa kita ikuti seperti organisasi atau lainnya.

  1. Tingkatkan kemahiran-kemahiran

Ilmu pengetahuan saja untuk zaman sekarang kurang untuk bisa bersaing dengan yang lain. apalagi sekarang sudah zaman era modern, maka akan lebih banyak pesaing-pesaing yang lebih hebat, maka tingkatkan juga kemahiran yang anda miliki. Ilmu pengetahuan tanpa skill atau kemahiran akan terkalahkan dengan mereka yang mempunyai ilmu pengetahuan dan disertai dengan kemahiran yang mendukung ilmu pengetahuan yang dimiliki. Mulai sekarang tingkatkan kemahiran anda agar keyakinan diri anda semakin meningkat.

  1. Tingkatkan kualitas kesehatan diri

Kualitas kesehatan juga mempengaruhi keyakinan diri dalam diri seseorang. Kesehatan yang baik akan mempengaruhi pikiran kita dan aktifitas kita sehingga akan baik juga. Tetapi jika kesehatan kita kualitasnya rendah, maka akan menyebabkan kita lemah dalam berpikir sehingga keyakinan diri dalam seseorang juga akan menurun. Jaga kualitas kesehatan diri anda dengan melakukan pola hidup yang sehat. Lakukan olahraga minimal seminggu sekali, mengkonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup.

  1. Tingkatkan kualitas penampilan diri

Penampilan sangat mempengaruhi keyakinan pada diri seseorang. Orang yang berpenampilan rapi, sopan dan menarik akan mempunyai tingkat keyakinan diri yang lebih baik dibanding dengan orang yang penampilannya kurang rapi.

Jaga kualitas penampilan diri anda dengan tetap memperhatikan penampilan. Penampilan diri bukan berati hanya penampilan fisik saja tetapi juga aura wajah anda.

Sponsors Link

Senyuman merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas penampilan diri anda. Jadi selain penampilan fisik dari segi pakaian anda juga harus memberikan senyuman ramah agar semakin meningkatkan keyakinan dalam diri anda.

  1. Terima, sayangi serta hormati diri anda

Seseorang yang paling paham dengan diri anda yaitu anda sendiri, maka terima, sayangi serta diri anda. Jika anda sendiri tidak mampu melakukannya maka orang lain pun akan ragu dalam melakukannya. Apa yang ada dalam diri anda maka jika itu baik kembangkanlah, jika itu hal yang kurang baik, maka berusalah untuk memperbaikinya. Dengan melakukan hal tersebut maka keyakinan dalam diri anda akan semakin meningkat.

Hal lain yang perlu anda lakukan yaitu hormati diri anda sendiri, bukan berati anda sombong dan gila dengan kehormatan, tetapi jika anda sendiri saja tidak bisa menghormati diri anda sendiri, maka orang lain akan semakin merendahkan anda. Lakukan hal tersebut bukan untuk menyombongkan diri, tetapi untuk berlatih untuk menghargai sehingga kita juga bisa menghargai dan menghormati orang lain.

Demikian beberapa Cara Meningkatkan Keyakinan Diri anda. Kunci utama dalam meningkatkan keyakinan dalam diri anda yaitu anda sendir, jadi percaya dirilah bahwa anda dapat melakukannya dengan baik. Lakukan usaha meningkatkan keyakinan diri dengan niat yang baik, karena dengan niat yang baik maka segala hal akan tercapai dengan mudah.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 10th, March 2016 / 09:16 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan