10 Cara Mudah Bersosialisasi dengan Orang Lain

Dalam keseharian, manusia pasti akan melakukan interaksi dengan sesamanya dengan berbagai bentuk, terutama dalam menjalin pergaulan bersama orang lain di luar lingkup keluarga. Interaksi dengan orang lain ini disebut proses bersosialisasi. Melalui proses sosialisasi ini manusia belajar mengembangkan keterampilan sosialnya dan mengasah kematangan pribadinya dalam menghadapi berbagai macam sifat orang lain. Jika seseorang dapat bersosialisasi dengan baik, maka ia akan membaur dengan mudah ke dalam pergaulan di lingkungannya dan diterima dengan baik. Akan tetapi ketahuilah, bersosialisasi bukanlah kegiatan yang mudah bagi semua orang.

ads

Sementara sebagian orang bersosialisasi dan bergaul semudah menarik napas, ada orang yang sangat sulit untuk memulai sosialisasi dengan orang lain. Biasanya hal itu disebabkan oleh sifat mereka yang tertutup atau pemalu, sehingga memulai keterlibatan dengan orang baru sangatlah sulit.Mungkin saja ada perasaan takut ditolak ketika berusaha memulai pergaulan dengan seseorang. Bila itu terjadi, orang yang sulit bersosialisasi harus mencari cara menghilangkan rasa malu dan cara menghilangkan sifat pendiam agar tidak mempersulitnya untuk bisa bergabung dalam pergaulan sosial di lingkungannya. Berikut adalah beberapa cara mudah bersosialisasi dengan orang lain :

1. Perhatikan penampilan 

Langkah awal untuk memupuk cara agar percaya diri dan mencari cara meningkatkan keyakinan diri untuk bisa bersosialisasi dengan lancar adalah melalui penampilan. Memang ada pepatah yang mengatakan ‘don’t judge a book by it’s cover’ akan tetapi pada kenyataannya, kesan yang baik mengenai seseorang seringkali didapat dari penampilannya. Yang dimaksud disini tentunya bukan penampilan mahal, namun lebih kepada memilih gaya yang bisa membuat orang lain terkesan kepada sosok Anda sehingga tertarik untuk berada di dekat Anda.

2. Perhatikan bahasa tubuh

Seringkali bahasa tubuh menunjukkan bagaimana sesungguhnya perasaan Anda. Jadi jika merasa gugup atau tidak percaya diri, segeralah cari cara mengatasi kurang percaya diri dan cara menghilangkan rasa pemalu ketika berusaha berbaur atau bersosialisasi dengan orang lain. Cobalah kendalikan bahasa tubuh Anda agar menunjukkan cara bersikap tenang dan percaya diri daripada terlihat gugup serta gelisah. Atur napas agar tenang dan tidak berkeringat karena gugup. Tegakkan punggung, tatap mata lawan bicara serta usahakan untuk berbicara dan bergerak dengan mantap.

3. Basa basi

Untuk sebagian orang, basa basi adalah ha yang diremehkan dan dianggap tidak perlu. Padahal, keterampilan berbasa basi adalah salah satu hal yang dapat menyelamatkan kebuntuan ketika bersosialisasi dengan orang. Seringkali kita belum menemukan jalan untuk membuka percakapan dengan orang yang baru dikenal. Dalam keadaan seperti ini, kemampuan berbasa basi akan sangat menyelamatkan situasi.

Tidak ada salahnya berbicara tentang cuaca atau acara televisi yang Anda lihat kemarin untuk membuka percakapan dengan orang baru. Percakapan basa basi yang tepat dapat menjadi cara bergaul agar disenangi orang lain dan cara mendapatkan banyak teman. Misalnya, memuji pakaian atau aksesoris yang dikenakan seseorang.

4. Coba berbicara kepada orang yang berbeda

Bersosialisasi inti nya adalah mencoba bergaul dengan sebanyak mungkin orang dalam lingkungan Anda. Cobalah untuk menyapa orang – orang yang berbeda setiap harinya. Hal itu juga dapat menjadi cara agar disenangi orang lain dalam pergaulan, karena Anda terlihat berusaha bersikap baik kepada semua orang.

Ketika membuka pembicaraan, hindari untuk menanyakan hal yang bersifat pribadi. Juga, jangan lupa hindari pertanyaan yang jawabannya adalah kata ya atau tidak. Ajukan pertanyaan atau buka pembicaraan yang memungkinkan seseorang menjawab dengan panjang lebar, agar ada kesempatan untuk terus membuka pembicaraan.

5. Tunjukkan ketertarikan Anda

Mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa untuk menarik perhatian orang lain, maka Anda harus terlihat menarik. Hal itu ada benarnya, namun dalam beberapa situasi akan jauh lebih baik jika Anda lah yang terlihat tertarik kepada suatu situasi atau kepada orang lain. Tips agar disukai banyak orang dan cara agar disenangi teman salah satunya adalah ketika Anda berusaha menampilkan perhatian kepada mereka. Sederhananya, orang lain tidak akan tertarik kepada Anda apabila Anda tidak menaruh perhatian pula kepada mereka.

6. Cari kenalan baru

Bagi orang yang tertutup dan mengalami kesulitan bersosialisasi, orang baru biasanya menjadi lambang dari segala kesulitan dalam pergaulan yang tidak ingin mereka lalui. Yaitu proses berkenalan, berbasa – basi dan seterusnya. Mereka lebih nyaman untuk menarik diri dan menjalani zona nyaman dengan orang – orang yang sudah dikenal lebih dulu. Disinilah Anda harus bisa mengumpulkan rasa percaya diri untuk bersosialisasi dengan orang baru, tidak perlu merasa minder karena bagi dia Anda juga adalah orang yang baru dikenalnya.


7. Belajar untuk lebih peka

Satu dari sekian banyak hal yang perlu Anda miliki saat berusaha bersosialisasi adalah belajar untuk lebih peka terhadap orang lain. Belajarlah membaca perilaku orang lain terutama dari bahasa tubuhnya. Kemampuan untuk mengetahui hal – hal yang tersirat ini akan menjadi modal besar bagi Anda dalam bersosialisasi, karena hal ini membuat Anda menjadi seseorang yang bisa berempati dan bisa membaca situasi dengan tepat. Menjadi orang yang peka juga merupakan cara agar dihargai orang lain.

8. Perluas pengetahuan dan dunia Anda

Untuk bersosialisasi dengan baik dan menemukan cara mudah bersosialisasi dengan orang lain, Anda tidak dapat hanya berkecimpung dalam dunia kecil Anda sendiri. Anda harus mencari dunia baru untuk dijelajahi, misalnya menemukan hobi pria yang disukai wanita atau hobi wanita yang disukai pria. Dengan banyak mempelajari hal baru, maka Anda akan banyak juga mendapat pengetahuan dan kenalan baru yang akan memperluas lingkup pergaulan Anda.


9. Seringlah melibatkan diri

Orang yang bersifat tertutup akan sering menolak undangan orang lain dan juga jarang mengundang orang lain untuk terlibat bersamanya dalam berbagai kegiatan. Hal itu sama sekali tidak akan memperbaiki kemampuan bersosialisasi Anda dengan orang lain. Cobalah cara menghilangkan nervous ketika berhadapan dengan orang lain. Kapan saja waktu memungkinkan sebaiknya usahakan untuk memenuhi undangan orang lain untuk suatu kegiatan, dan sebaliknya usahakan juga untuk selalu melibatkan orang lain dalam kegiatan Anda.

10. Kenali dunia luar

Ada sebagian orang yang mengartikan sosialisasi sebagai bagian dari kegiatannya di dunia maya, padahal yang jauh lebih baik adalah membangun jaringan sosial di dunia nyata. Memang jika Anda merupakan bagian dari suatu komunitas tertentu di internet, hal itu adalah kegiatan yang sangat bagus. Akan tetapi sejujurnya Anda hanya sering berinteraksi dengan komputer, dan bukan dengan orang nyata. Sebaiknya imbangi juga kegiatan Anda di dunia maya dengan pergaulan yang sebenarnya di dunia nyata.

Sebenarnya sebab utama mengapa seseorang kurang terampil bersosialisasi dan menarik diri dari pergaulan adalah karena takut ditolak ketika ia mencoba menjalin pertemanan dengan orang lain. Padahal jika ditelaah, tidak ada satupun alasan mengapa dirinya takut ditolak. Tidak ada salahnya untuk mencoba mencari kenalan baru dengan lebih percaya diri. Pada akhirnya jika benar – benar ada orang yang menolak ketika Anda mencoba mengajaknya berteman, maka anggap saja orang tersebut juga tidak cukup berarti untuk juga mendapatkan perhatian Anda kepadanya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 23rd, January 2017 / 16:09 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan