22 Solusi Pergaulan Bebas di Kalangan Pelajar

Sponsors Link

Pergaulan bebas, belakangan ini menjadi tema yang sangat marak, apalagi peragualan bebas dikalangan anak remaja, pasti hal itu sudah tidak asing lagi ditelingga para remaja saat ini, bahkan bukan hanya dikalangan remaja saja, hal itupun menjadi hal yang tidak asing lagi dikaalangan orang tua, jadi orang tua belakangan ini harus menjaga anak agar anak tidak salah dalam bergaul.Untuk ibu-ibu muda harus mengetahui cara mendidik anak laki-laki dan juga cara mendidik anak perempuan agar kelak, putra putrinya dapat menjadi anak yang baik.

Jangan sampai pada saat ia sekolah mendapat masalah mengenai pergaulan bebas karena akibat pergaulan bebas dikalangan pelajar ini sangatlah mengerikan. Bahkan bisa mempengharuhi prestasi dari anak-anak itu sendiri. Oleh sebab itu ketika pergaulan bebas sudah meraja lela dalam diri maka harus ada solusi untuk mengatasinya, selain itu ketika pergaulan bebas belum menyentuh anak-anak kesayangan maka perhatikan hal-hal yang dapat mencegah pergaulan bebas. Berikut akan dijelaskan solusi pergaulan bebas :

  1. Jagalah keimanan

Jika sejak dini anak sudah diajarkan mengenai akan keimanan pasti dewasanya anak akan terbiasa akan keimannan itu, sehingga akan jarang anak-anak yang memiliki iman yang kuat untuk ikut terjerumus kedalam hal-hal buruk seperti pergaulan bebas itu. Tetapi beda halnya jika sejak kecil anak tidak diajarkan keimanan, pasti akan sulit ketika anak diajak hal-hal yang buruk, karena anak kurang mengerti akan landasan yang seharusnya menjadi landasan bergerak itu. kenakalan anak jaman sekarang bukanlah hal yang mudah untuk diatasi, jadi keimanan sejak dini sangat diperlukan untuk membangun pribadi anak yang baik

  1. Perbanyak membaca Al Quran

Selain menjaga keimanan, membaca Al Quran juga diperlukan untuk memperkuat keimanannya, bukan hanya membaca Al Quran saja, tetapi juga memahami akan isi Al Quran sehingga keimanan dapat terjaga dengan baik. Dengan demikian maka pergaulan bebas tidak akan mudah untuk merenggut diri.

  1. Kurangi konsumsi kebaratan

Biasanya konsumsi kebaratan itu membuat orang menjadi lebih mengikuti hal-hal yang berbau barat, dimana hal-hal itu terkadang membuat anak menjadi lebih nakal. Untuk itu kenalkanlah anak-anak ke pada budaya ketimuran.

  1. Kurangi menonton tv yang tidak bermanfaat

Salah satu cara menjadi orang tua yang baik adalah dengan melakukan penjagaan pada anak dengan maksimal terutama untuk menjaga anak agar tidak menonton tv yang tidak bermanfaat, misalnya saja ketika ada film-film yang tidak baik ditonton untuk anak jangan biarkan anak menonton film itu, alihkan perhatian anak agar tidak menonton film-film itu, pengalihan kata dapat dilakukan dengan cara menggunakan tips cerita yang baik untuk anak karena dengan melakukan tips itu dapat dengan mudah untuk melakukan pengalihan pada anak ketika anak sedang asik menonton tivi.

  1. Jaga perkataan

Bantulah anak untuk menjaga setiap perkataan yang akan dilontarkan, jangan biarkan anak untuk mengucapkan kata-kata yang kotor, jangan biarkan anak menjadi anak yang nakal, karena untuk cara mengatasi anak nakal bisa dibilang lebih sulit dibanding harus mendidik anak sejak awal .

Untuk menjadi orang tua yang baik harus mampu menjaga anak dengan sebaik mungkin, jangan biarkan anak menjadi anak yang suka berbohong. Jika anak mulai berbohong katakan pada anak mengenai akibat orang yang sering berbohong agar anak kapok dan tidak akan berbohong dan tidak mengurangi kesalahan lagi.

  1. Isi waktu luang dengan hal bermanfaat

Untuk menghindari pergaulan bebas, jangan biarkan anak untuk melakukan hal-hal yang buruk, biarkan anak mengisi waktu luangnya dengan baik, tetapi jangan sampai lalai dengan anak itu, meskipun membiarkan anak untuk mengisi waktu luang jangan sampai waktu luang itu digunakan untuk hal-hal yang buruk, jangan sampai anak malah menggunakan hal-hal itu untuk hal-hal yang salah sehingga terjerumus pada pergaulan bebas.

  1. Bergaul dengan orang-orang yang baik

Cara terbaik untuk menghindari dari pergaulan bebas adalah dengan memilih orang-orang  untuk diajak berteman atau bersahabat, ibaratnya ketika berteman dengan penjual farfum maka akan terkena wanginya juga, jadi jika berteman dengan orang baik, paling tidak akan ketularan baik juga, atau minimal ada yang mengingatkan ketika mulai salah melangkah.

  1. Ceritakan ketika ada masalah yang sedang dihadapi

Untuk menghidari dari pergaulan bebas adalah selalu ceritakan masalah apapun masalah itu kepada orang-orang terpercaya atau bahkan orang tua sekalipun, jangan takut untuk dimarahi mereka, sebenarnya bila dibilang memarahi itu tidak hanya mengingatkan saja agar tidak terjerumus kedalam hal yang buruk, karena terkadan pergaulan bebas itu berakhir pada zina.

Maka dari itu dengan menceritakan dengan orang yang terpercaya bisa jadi itu akan menjadi cara menghindari zina bagi ramaja dan kaula muda karena selalu ada orang yang mengingatkan ketika ada kesalahan yang diperbuat. Jadi diripun lebih merasa aman dan nyaman.

  1. Jauhi hal-hal yang membawa keburukan

sponsored links
Biasanya orang-orang yang salah dalam pergaulan seperti cabe-cabean jadi jangan sampai anak menjadi seperti cabe itu. Hal itu dapat dilakukan dengan cara membawa anak untuk menjahui hal-hal yang buruk, seperti pergi ke clubing, atau tempat-tempat yang biasa digunakan untuk maksiat, agar anak tidak ikut-ikutan terjerumus kedalah hal yang negatif dan menyesatkan itu.

  1. Perbanyak informasi mengenai bahaya pergaulan bebas

Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti banyak sosialisasi tentang pergaulan bebas, agar kelak dengan sendirinya akan sadar dan tidak akan pernah sedikitpun menyentuh mengenai pergaulan bebas itu. Sehingga anak juga akan lebih mudah mengontrol dirinya untuk menjadi lebih baik.

  1. Lakuakan hal yang positif

ciri-ciri orang baik hati adalah orang yang selalu berfikiran positif, orang yang baik hati biasanya lebih memikirkan orang lain ketimbang dirinya, dalam artian memang hal-hal yang lebih penting itu adalah keperluan orang lain, biasanya orang yang baik hati itu cenderung lebih ingin mengalah ketimbang menjadi orang yang menangan, dengan begitu orang yang baik hati akan memiliki banyak teman. Bahkan teman temannya itu adalah teman yang baik, sehingga akan sulit untuk terjerumus ke hal negatif seperti pergaulan bebas.

  1. Jangan biarkan fikiran kosong

Untuk menghidari pergaulan bebas, jangan pernah membiarkan fikiran kosong, karena kekosongan pikiran itu bisa menjadikan seseoran berfikiran buruk dan akhirnya bertindak buruk juga, beda halnya jika ketika pikiran mulai kosong atau diri mulai menganggur mulai melakukan aktifitas lain yang bermanfaat seperti membaca buku, koran, atau menonton vidio yang bermanfaat yang dapat memotivasi untuk menjadi orang yang lebih baik dan lebih baik lagi.

  1. Tegakkan hukum

Artinya adalah memilih dan menerima serta memahami hukum yang ada, baik itu hukum di Al Quran, maupun hukum dalam negara itu sendiri.

  1. Menikahlah

Salah satu cara terbaik untuk menghidari pergaulan bebas adalah dengan cara menikah, karena biasanya pergaulan bebas itu berujung pada zina, dan pergaulan bebas itu berujung pada sesuatu yang tidak baik, pada intinya hal yang seharusnya dilakukan oleh suami istri yang sudah sah. Untuk itu untuk menghindari pergaulan bebas, bagi anak yang sudah siap maka segeralah menikah namun perlu diperhatikan bagaimana cara suami memperlakukan istri yang baik sehingga akan timbul rumah tangga yang harmonis, karena hal inilah yang merupakan cara menjaga rumah tangga yang baik hingga rumah tangga itu akan terus utuh sampai akhir hayat nanti.

  1. Akrablah dengan orang tua

Cara yang juga paling ampuh untuk menangkal pergaulan bebas adalah dekat dengan orang tua, artinya ketika ada masalah selalulah cerita dengan orang tua, agar orang tua dapat memberikan solusi dan membantu masalha yang ada sehingga tidak akan terjadi kesalah pahaman sehingga tidak menyebabkan pergi kejalan yang salah.

  1. Cari lingkungan yang baik

Untuk proses sosialisasi lingkungan sangatlah penting untuk membentuk sebuah kepribadian dimana kepribadian yang baik nantinya akan membentuk individu yang baik pula, itu artinya ketika lingkungan baik maka orang yang dihasilkan juga akan baik.

  1. Jangan pacaran

Pacaran yang tidak sehat biasanya membawa dampak yang buruk bagi diri sendiri, bahkan pacaran yang tidak sehat ini akan membawa kedalam kesalahan dalam pergaulan, dan ditakutkan pada akhirnya akan berbuat zina dan maksiat yang seharusnya tidak harus dilakukan bagi kaula muda saat ini. Meskipun ingin pacaran berpacaranlah dengan pacaran yang sehat.

  1. Jangan terlalu banyak keluar rumah

Untuk menghidari pergaulan bebas, lebih baik jangan terlalu sering pergi keluar rumah agar tidak terllau terpengharuh dengan hal-hal yang negatif nantinya. Sehingga hidup akan tetap terasa tentram dan nyaman.

  1. Perbaiki komunikasi dengan orang lain

Dengan seseorang mampu memperbaiki komunikasi dengan orang lain biasanya akan membantu orang itupun dalam bersosialisasi. Karena untuk membentuk kepribadian setiap individu diperlukan sosialisasi yang baik. Bahkan tidak hanya sosialisasi saja, dalam berkomunikasi pada orang lain biasanya dapat dilakukan dengan memahami cara menjaga perasaan orang lain sehingga ketika orang berbicara dengan diri individu tidak ada yang merasa tersakiti, karena masing-masing sudah mencoba untuk menjaga perasaan orang itu.

Jangan sampai kata-kata yang dilontarkan malah menyakiti orang lain sehingga membuat orang lain tidak senang dengan diri individu itu, bahkan jika orang tidak senang akan lebih mudah terjerat pada pergaulan bebas nantinya.

  1. Jangan berkata kotor

Untuk menghindari dari pergaulan bebas adalah dengan berusaha untuk tidak berkata kotor, karena perkataan kotor akan memicu orang untuk berbuat buruk, sehingga orang akan merasa bahwa itu pantas menjadi teman yang buruk sehingga akan ikut terjerumus dengan hal-hal yang negatif, yang sebenarnya tidak seharusnya dijalani.

Sponsors Link

  1. Jaga pola hidup dengan baik

Salah satu cara memanjakan anak adalah dengan mengatur pola hidup anak menjadi pola hidup yang baik, sebenarnya jika dibilang memanjakan tidak begitu memanjakan tetapi dapat dibilang lebih menjaga anak ke hal yang lebih baik saja, pada dasarnya anak yang pola hidupnya lebih diatur dengan baik akan lebih mudah memilih teman dalam bergaul dan mempermudah untuk mendapatkan teman-teman yang baik.

Maksud dari pola hidup yang baik diantaranya adalah tidak merokok, tidak bermain wanita, karena terkadang bermain wanita itu menyesatkan diri dan orang lain, sebagai contoh saja wanita yang terlalu matre, jika sampai sudah cinta mati pasti akan sulit untuk mengatasinya, untuk itu cara mengatasi cinta mati perlu diketahui dengan baik, selain itu pula bagi seorang individu yang bercinta harus mengetahui mengenai ciri-ciri cinta sejati.

  1. Pikirkan akan masa depan

Seorang anak harus mulai memilih dan memililah mengenai masa depan yang harus diambilnya, jangan sampai anak hanya memikirkan masa yang sekarang,dalam arti lain memiliki pikiran yang pendek.

Itulah solusi pergaulan bebas, sehingga anak tidak lagi mengikuti atau ikut-ikutan terjerumus dengan pergaulan bebas yang merajalela belakangan ini, yang terpenting adalah merawat anak sejak sedini mungkin agar anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang baik.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 16th, June 2016 / 02:36 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan