Sponsors Link

12 Tips Menghilangkan Rasa Bosan

Sponsors Link

Rasa bosan dapat dikatakan mencuri kesenangan dari momen-momen hidup Anda. Perasaan ini adalah gejala bahwa ada sesuatu yang tidak lurus, ada alarm yang mengindikasikan bahwa sesuatu harus diubah. Pada dasarnya rasa bosan adalah pertanda bahwa hidup tidak dimanfaatkan sepenuhnya sebagai anugerah, bahwa ada sesuatu yang hilang, dan bahwa bukan sesuatu yang ada di luar diri Anda yang membuat Anda bosan melainkan karakter, kepribadian, prioritas, serta pola pikir Anda.

ads

Anda ingin mengakhiri saat-saat di mana hidup Anda terasa lamban dan tidak lagi menyenangkan? Anda bisa melakukannya. Dan, itu tidak sulit. Anda hanya harus tahu cara mengambil keputusan dan melangkah keluar dari kesehariaan Anda untuk melawan rasa bosan itu.

Penyebab Anda Bosan

Menurut Dr. Irving Biederman, seorang ahli syaraf di University of Southern California, Los Angeles, masalah kebosanan melibatkan opioid, kimiawi yang memberi otak kita kesenangan. Faktanya, reseptor yang dipelajari adalah reseptor yang menerima zat-zat adiktif seperti morfin dan heroin. Sebuah pengalaman baru yang dialami oleh manusia akan merangsang pelepasan opioid. Otak manusia telah dirancang untuk selalu mencari lebih dari yang didapatkan. Perhatian kita kemudian terpusat pada satu hal dan menganggap hal lain membosankan. Tetapi ketika kita sudah mengalami hal tersebut, otak akan menangani dan merespon data yang didapat dan membebaskan neuron lain untuk menyerap hal baru.

Hal itulah yang menjadi penyebab mengapa orang mudah bosan. Mengulangi hal yang sama akan terasa tidak lagi seru seperti pengalaman-pengalaman awalnya dan kita akan secara konstan mencari sesuatu yang baru untuk diserap dan direspon. Kebosanan ternyata sudah terprogram dalam diri kita dan akan terus datang. Namun jika kebosanan sudah melanda dan mengganggu keseharian Anda, saatnya Anda belajar cara membuat keputusan untuk melangkah dari keseharian Anda dan menghilangkan rasa bosan tersebut.

Menghilangkan Kebosanan

Saat ini Anda merasa bosan? Menghilangkan rasa bosan sebetulnya lebih dari sekadar menemukan suatu hal untuk dilakukan. Terkadang, Anda harus menemukan sebab mengapa Anda merasa bosan lebih dulu namun dengan cara-cara berikut Anda tidak hanya akan menemukan aktivitas yang dilakukan ketika bosan tetapi juga bagaimana Anda dapat mencegah rasa bosan yang terus-menerus, Berikut adalah tips menghilangkan rasa bosan :

1. Cari inspirasi

Keluarkan kertas dan pena atau pensil dan tulislah beberapa hal yang Anda nikmati atau yang Anda pikir menarik. Cobalah untuk melakukan hal-hal tersebut dalam satu hari. Jika Anda menyukai seni dan kerajinan tangan, Anda mungkin tertarik pada hal-hal seperti pembuatan sabun atau lilin atau menyulam. Jika Anda suka menggambar atau melukis, ambil peralatan gambar atau lukis dan pergilah ke luar. Gambar atau lukislah sesuatu yang menurut Anda menarik.

2. Lakukan hal baru

Terkadang orang bosan karena mereka melakukan hal yang sama berulang kali. Sebuah perubahan adalah jalan terbaik untuk menghilangkan rasa bosan. Misalnya, jika Anda sedang di tempat kerja atau di sekolah, pertimbangkan untuk makan siang di tempat baru. Anda mungkin akan bertemu orang baru. Atau misalnya, jika jarang keluar rumah, coba untuk berjalan-jalan di pusat kota atau pergi menonton film sendirian.

3. Buat kotak ide

Tulislah hal-hal yang Anda nikmati dan dapat Anda lakukan dalam satu hari pada secarik kertas lalu lipat dan letakkan dalam sebuah wadah. Kapanpun Anda merasa bosan, ambil secarik kertas dari dalamnya dan lakukan apapun yang tertulis di atasnya. Anda dapat menulis banyak hal mulai dari proyek kerajinan tangan, memasak resep baru atau memanggang kue, hingga berenang dan jogging.

4. Baca buku

Membaca buku adalah cara yang baik untuk membuat Anda lupa bahwa Anda sedang bosan. Kata-kata penulis yang Anda baca dapat membawa Anda menyelami petualangan-petualangan baru. Buku anak dan remaja biasanya buku yang memiliki unsur petualangan yang kental. Anda juga dapat sekaligus berandai-andai dan bernostalgia ke masa kecil Anda.

Sponsors Link

5. Tidur siang

Jika Anda bosan karena tidak ada hal yang dapat membuat Anda sibuk, Anda bisa mencoba tidur untuk beberapa saat. Jika Anda tidak bisa tidur, coba dengarkan musik yang dapat membuat Anda mengantuk.

6. Buat sebuah karya

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan rasa bosan adalah dengan membuat diri Anda sibuk. Anda dapat membuat sesuatu dan tidak perlu menjadi orang yang terampil seperti seniman. Cukup bersenang-senang saja seorang diri. Anda dapat melukis, membuat rajutan atau kolase, atau memasak. Melakukan hal-hal yang menstimulasi keterampilan seperti ini bukan hanya cara menghilangkan rasa bosan tetapi juga cara meningkatkan keyakinan diri dan cara agar percaya diri. Anda juga dapat memberikan karya yang Anda buat tersebut pada teman atau keluarga sebagai wujud dari cara menghargai orang lain. Namun ketika Anda sibuk sendiri dengan kegiatan itu, jangan sampai Anda lupa kewajiban anak di rumah atau bagaimana menghabiskan waktu dengan anak sebagai cara menjadi orang tua yang baik.

7. Lakukan aktivitas fisik

Menjaga tubuh tetap aktif akan membuat pikiran Anda aktif pula sehingga rasa bosan tidak mudah melanda. Kegiatan fisik seperti lari, berlatih bulu tangkis, atau yang simpel misalnya mengerjakan tugas rumah seperti merapikan lemari atau mencuci piring, dapat Anda praktikkan. Jika hal ini sudah biasa dan membuat Anda bosan, mungkin Anda harus coba bergabung dengan klub olahraga lokal. Anda dapat sekaligus juga bersosialisasi dengan anggota klub lain.

8. Undang orang lain untuk bergabung dengan Anda

Ajak teman-teman Anda pergi menonton film atau makan di luar. Hanya mengobrol di telepon pun selain dapat mengusir bosan juga menunjukkan ciri-ciri teman yang baik dan tulus dan ciri-ciri orang baik hati. Terutama jika teman Anda sedang memiliki masalah. Mengundang teman untuk bermain atau sekadar mengobrol dapat menjadi cara memberi motivasi pada teman. Anda juga dapat menelepon orang tua Anda karena itu juga merupakan cara menghormati orang tua.

9. Menjauh sebentar dari internet, komputer, atau sofa

Terkecuali ada acara TV yang harus Anda tonton, hindari penggunaan TV atau sosial media untuk mengisi waktu. Hal ini akan membuat Anda melamun dan berfantasi tentang apa yang seharusnya Anda lakukan dan malah akan membuat Anda semakin bosan.

Sponsors Link

10. Bersosialisasi

Sebagai bentuk pergaulan masa kini, bergabunglah dengan klub atau perkumpulan. Lebih bagus lagi apabila Anda bergabung dengan perkumpulan orang-orang yang memiliki atau menekuni minat yang sama dengan Anda. Berinteraksi seperti ini dapat juga menjadi cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan akan hidup Anda yang terasa monoton dan membosankan. Bonusnya, jika beruntung ini bisa sekaligus menjadi cara memilih pendamping hidup atau mendapat kenalan baru.

11. Istirahat sejenak dari tugas sehari-hari

Jika Anda bekerja atau memiliki proyek yang memakan waktu yang panjang, berikan diri Anda sesuatu yang Anda nantikan seperti acara TV favorit, buku yang ingin Anda baca, atau video yang ingin Anda tonton, ketika Anda memiliki celah untuk istirahat. Keluarlah sebentar dari tempat kerja atau tempat belajar Anda. Bahkan jika Anda hanya pergi sebentar untuk mengambil air dan minum, beberapa menit tersebut dapat membuat Anda segar kembali. Contoh lain yang dapat Anda lakukan jika bosan di sela kesibukan Anda adalah pergi ke kebun atau taman dan hiruplah udara segar.

12. Minum air

Dehidrasi dapat membuat Anda lelah dan lesu di mana dua hal ini yang biasanya menjadi sumber dari rasa bosan Anda. Air dapat menyegarkan kembali sistem Anda dengan mudah. Bawalah air setiap hari agar Anda tetap terhidrasi dan tetap segar.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 09th, September 2016 / 15:04 Oleh :
Kategori : Kehidupan