15 Hobi Yang Cocok Untuk Wanita

Hobi yang cocok untuk wanita salah satunya adalah menyanyi, karena hampir seluruh wanita selalu menyanyi di setiap hal yang dilakukan. Hobi adalah sesutu yang selalu menarik dilakukan dalam kondisi apapaun. Pada dasarnya, setiap orang berhak memilih hobinya masing-masing, akan tetapi alangkah lebih baik jika hobi tidak hanya dijadikan sebagai kegiatan mengisi waktu luang tetapi juga memiliki nilai tambah bagi pelakunya.

ads

Lalu, bagaimana cara menemukan hobi yang bermanfaat? Bagi para pria, menemukan hobi semacam ini tidaklah sulit, misalnya saja membuat maket atau miniatu, game, musik dan lain sebagainya. Namun, bagi wanita menemukan hobi yang pas dan memiliki nilai guna terkadang menjadi lebih sulit.

Bagi Anda para wanita yang sedang mencari hobi baru untuk ditekuni, cobalah beberapa hobi berikut. Siapa tahu satu dari ulasan jenis hobi yang pas bagi wanita berikut dapat memberikan manfaat lebih bagi Anda selain hanya untuk nersenang-senang.

Inilah hobi yang cocok untuk wanita :

  1. Melukis

Melukis adalah suatu seni yang diapkikasikan dalam bentuk gambar. Namun, dengan ketekunan dan keratifitas tinggi hobi ini bisa jadi ladang penghasilan yang menggiurkan. Mengapa hobi ini cocok untuk wanita? Tentu saja karena wanita biasanya lebih telaten daripada pria. Ide yang muncul dari seorang wanita biasanya juga lebih ke arah perasaan dan kreatif.

Jika sebelumnya Anda belum pernah mencoba dunia lukis, sebaiknya pelajari terlebih dahulu teknik melukis dasar. Kemudian, lanjutkan sendiri sesuai dengan kreatifitas Anda. Misalnya saja melukis dengan serpihan batu akik, layaknya yang dilakukan oleh keluarga sandhika, atau bahkan melukis dengan barang bekas seperti batang korek api dan sisa kertas yang sedang booming saat ini.

  1. Design

Hobi yang satu ini memang memerlukan keahlian khusus, tetapi dengan sedikit ketelatenan, karena setiap wanita pasti bisa melakukannya. Hobi design lebih dekat dengan wanita karena wanita merupakan objek yang pas untuk perkembangan desain. Anda bisa mencoba dengan mendesain motif kain dan dilanjutkan dengan mendesain pakaian. Jika memang Anda punya pashion dalam dunia design, bukan tak mungkin karya desain Anda akan menjadi trend center di dunia mode.

  1. Merajut

Merajut tidak hanya dapat menjadi hobi, melaikan dapat pula memberikan penghasilan tambahan. Tentu saja ini dikaitkan dengan banyaknya produk yang dapat dihasilkan melalui rajutan. Misalnya saja sepatu, tas, dompet, gantungan kunci atau bahkan baju.

Untuk menambah jual dari hobi ini Anda bisa memanfaatkan material yang tidak umum, seperti tali rafia, sayatan pelepah pisang kering atau limbang enceng gondok. Setelah hobi ini sudah berhasil Anda selami, Anda juga bisa memperluas usaha dengan mendirikan tempat kursus atau bahkan memberikan pelatihan pada ibu-ibu agar lebih kreatuf dan produktif.

  1. Berdandan

Hobi berdandan seringkali di sepelakan dan bahkan dinilai sebagi sebuah pemborosan belaka. Padahal, berdandan atau merias diri tak hanya bisa memberikan tampilan yang cantik, berdandan juga bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan yang mudah dan cepat. Jadi, jika punya hobi berdandan maka Anda tak perlu riau. Bermodalkan keahlian, penampilan, maka Anda bisa menyalurkan hobi Anda pada jasa rias, lalu les make up, atau bisa juga salon kecantikan.

  1. Menulis

Berbeda dengan pria yang cenderung menyimpan perasaan mereka, wanita lebih sering menyampaikan keluh kesahnya kepada orang lain atau yang lazim disebut “curhat”. Daripada melakukan hal semacam ini mengapa tidak mencoba menuliskan apa yang Anda rasakan dalam bentuk tulisan. Kita bisa menuliskan beberapa hal tentang cinta, kasih sayang atau cara menolak wanita.

Tulisan mungkin tak bisa menjawab keluh kesah yang wanita rasakan. Tetapi setidaknya cara seperti ini lebih aman daripada curhat kepada orang lain yang belum tentu bisa dipercaya.

Selain itu, tulisan yang terkumpul nantinya juga bisa menjadi pendulang rupiah jika publikasikan melalui blog atau bahkan diukukan.

  1. Kerajinan tangan atau handycraft

Berbicara tentang kerajianan tangan tentu tak akan ada habisnya mengingat banyak sekali jenis kerajinan tangan. Dalam konteks ini, jenis kerajinan tangan yang cocok dijadikan hobi bagi wanita adalah kerajinan tangan yang sifatnya tak melibatkan tenaga dalam proses pembuatnnya. Misalnya saja pembuatan bross dari kain perca, hiasan menggunakan mank-manik dan berbagai jenis assesoris lainnya.

Hobi seperti ini cocok bagi wanit,a karena selain dapat melatih kreatifitas juga dapat membantu wanita memenuhi kebutuhannya. Misalnya saja, jika biasanya harus membeli bros dari toko, maka dengan hobi ini Anda bisa membuatnya sendiri atau bahkan melakuakn produksi dengan brand sendiri.

  1. Memasak

Memasak adalah hal yang harus dilakukan setiap wanita. Akan tetapi tak semua wanita dapat menghasilkan masakan yang lezat meski menggunakan resep dan metode masak yang sama. Biasanya wanita matre selalu mengajak pasangan akan di restoran mahal. Memasak bisa menjadi cara mengatasi wanita matre agar bisa sadar, bahwa masakan sendiri jauh lebih enak. Hal ini seringkali dihubungkan dengan passion dan suasana hati wanita tersebut saat memasak. Karena itu, memiiki hobi memasak dapat menjadi penolong wanita memunculkan perasaan senag memasak sehingga masakan yag dihasilkan lebih lezat.

  1. Menari

Menari adalah hobi yang pas bagi seorang wanita, terutama bagi mereka yang ingin menjaga bentuk tubuhnya tetap ideal. Hal ini dikarenakan gerakan-gerakan dalam tari yang akan membantu wanita membakar kalori dalam tubuhnya secara maksimal. Selain itu, menari juga dipercaya mampu membatu wanita untuk menunjukkan kepercayaan dirinya. Tak hanya itu, melalui tarian, wanita dapat menunjukkan kemampuan dan keluwesan dengan sangat mudah. Hal ini juga dipengaruhi oleh inner beauty seorang wanita yang akan keluar dengan sendirinya saat menari.

  1. Berkebun

Jangan disalah artikan bahwa berkebun adalah hobi yang murahan. Bekebun bisa Anda jadikan jalan membuka bisnis pribadi. Coba Anda renungkan, berapa harga bibit tanaman hias sekarang ini? Berapa pula harga jasa penataan taman? Tidak murah bukan. Karena itu, cobalah memAndang kata berkebun dari sisi lain. Mungkin awalnya hobi ini tak akan membawa keuntuungan, namun lambat laun Anda akan mulai bisa memanfaatkan celah bisnis, seperti menjual bibit tanaman dan membuka jasa penataan taman.

Soal mengapa hobi ini cocok bagi wanita, lagi-lagi alasannya adalah masalah ketelatenan. Wanita lebih telaten dan lebih mmapu bekerja secara disiplin dibandingkan pria. Selain itu, wanita juga cenderung menyukai keindahan sehingga berkebun, terutama berkebun bunga akan menjadi hobi yang menyenangkan.

  1. Memelihara hewan

Tidak semua orang suka dengan hewan peliharaan. Namun, jika Anda termasuk orang suka dengan binatang, mengapa tak menjadikan hal ini sebagai hobi? Hobi memelihara hewan sangat cocok untuk wanita karena hewan peliharaan bisa menjadi sahabat setia bagi pemiliknya. Dengan memilihara hewan peliharaan, wanita akan merasa lebih nyaman tinggal dan melakukan aktifits di rumah. Kabar baiknya, hobi ini juga bisa menghasilkan uang. Melaui hobi ini, Anda bisa mendirikan pet shop atau salon khusus hewan.

  1. Traveling

Kebanyakan wanita pasti menyukai traveling. Traveling atau jalan-jalan memang membarikan manfaat lebih bagi wanita. Selain hanya sekedar hobi menyenangkan, traveling mapu menghadirkan pemiiran yang lebih fresh bagi wanita. Traveling ke tempat terbuka seperti pegunungan dan tempat berhawa segar juga mmapu membuat wanita berfikir lebih produktif dan memperbaiki mood. Selain itu, traveling juga bisa menjadi cara membuat wanita jatuh cinta pada kita sebagai lelaki.

Keuntungan lain dari menjalankan hobi ini adalah pengetahuan budaya tanbahan yang dapat dipelajari secara langsung dari tempat-tempat yang dikunjungi. Tentunya, cara pembelajaran seperti ini akan jauh lebih efektif daripada hanya belajar lewat video, film atau bahkan buku-buku budaya.

  1. Basket

Zaman dahulu, basket mungkin dikaitkan dengan para atlet pria bertubuh kekar. Akan tetapi, zaman sekarang sudah berubah. Bukan hanya pria yang dapat melakoni aktifitas basket, akan tetapi kaum hawa juga bisa dengan bebas melakukannya. Dengan sedikit usaha keras, wanita juga mendapat kesempatan untuk menjadi pemain olahraga yang mengharuskan postur tubuh ini.

Basket menjadi olahraga yang pantas dikatagorikan sebagai hobi yang cocok untuk wanita karena basket dapat melatih otot lengan, paha, dan betis yang serimgkali menjadi sarang lemak pada tubuh wanita. Dengan demikian, jenis olahraga ini dapat menjadi hobi menyenangkan, menyehatkan sekaligus membantu wanita mendapat tubuh yang ideal.

  1. Bermain alat musik

Alat musik tidaklah identik denga pria ataupun manita, melainkan lebih netral dan dapat dimainkan oleh siapa saja. Akan tetapi, pada faktanya wanita cenderung lebih memilih memainkan piano, gitar, biola ayau posisi vokalis. Padahal, wanita juga memiliki kesempatan yang sama untuk bermain alat musik yang biasa dimainkan oleh pria, misalnya saja bas atau drum.


Bermain alat musik drum atau bass dapat membantu wanita melatih konsentrasi mereka, karena pada dasarnya 2 alat musik inilah yang memegang tempo pada irama musik. Sedangkan bermain alat musik secara keseluruhan (terlepas dari apapun jenis musiknya) dapat membantu wantita meredakan stess, mengontrol emosi, melatih interaksi dan memunculkan kepercayaan dirinya.

  1. Bermain catur

Hobi yang satu ini seringkali luput dari pandangan para wanita,padahal hobi bermain catur sangat membantu wanita meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan juga logika. Berbeda dengan pria yang memang dibekali kemampuan logika yang lebih tinggi dengan analisis yang harus sedikit diasah, wanita justru cenderung mengedepankan analisis dan perasaan dibanding dengan logika. Karena itu, permainan catur bisa dinilai sebagai hobi yang bermanfaat bagi wanita karena dapat menyeimbangkan antara logika, analis dan juga konsentrasi.

Meski hobi catur ini sangat bermanfaat bagi wanita, tetapi hobi ini tak dianjurkan bagi Anda yang memiliki karakter introvet. Sebab, jenis hobi yang satu ini menutut pemainnya lebih banyak diam.

  1. Menyanyi

Salah satu hobi yang sangat klise tetapi cocok bagi kaum wanita adalah menyanyi. Bagi seorang wanita menyanyi bukan hanya sekedar melafalkan lirik lagu, tetapi bisa juga dijadikan sebagai cara untuk melampiaskan emosi mereka. Hal ini bisa dibuktikan dengan kecenderungan wanita yang menyanyikan lagu sesuai dengan suasana hatinya, berbeda dengan pria yang hanya akan menyanyikan lagu sesuai karakter musik yang disukainya.

Selain itu, hobi menyanyi juga dapat dijadikan sebagai latihan kecil bagi wanita yang ingin belajar berinteraksi sosial dan juga public speaking. Hal ini dikarenakan, menyanyi dapat melatih wanita mengontrol emosi, memunculkan kepercayaan diri dan juga konsemtrasi di saat yang bersamaan.

Itulah jenis hobi yang cocok untuk wanita. Adakah yang sesuai dengan karakter Anda? Ingat, pilihlah hobi sesuai dengan karakter yang Anda miliki dan jangan terpancing dengan trend. Jika hobi yang dijalankan sesuai passion dan kemampuan, tentu menjalankannya akan lebih mudah dan menyenangkan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 08th, April 2016 / 02:48 Oleh :
Kategori : Wanita