17 Ciri Ciri Teman Yang Baik dan Tulus

Jika ada seseorang selain keluarga dan kerabat yang patut anda perjuangkan di dunia ini adalah seorang teman. Teman merupakan salah satu harta yang paling berharga yang dimiliki oleh manusia. Teman merupakan salah satu tempat bagi anda untuk mengutarakan segala keluh kesah dan masalah. Teman bisa menjadi tempat untuk berbagi kesedihan dan rasa senang. Tentunya hal ini membuat anda semakin berarti di dunia ini. namun ada baik tentu saja selalu ada yang jahat begitu juga dengan teman. Ada teman yang benar-benar tulus, ada pula teman yang hanya ada pada saat butuh saja.

ads

Nah, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri teman yang baik dan tulus, simak selengkapnya berikut ini :

1. Selalu ada dalam segala kondisi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika teman merupakan tempat untuk menumpahkan segala suka dan duka bukan hanya teman yang ada pada saat dia butuh saja. teman yang baik dan tulus akan menjadi orang pertama yang menhibur anda ketika anda sedang sedih dan gundah. Teman yang seperti inilah yang harus anda pertahankan di dunia ini.

2. Senantiasa memberi

Salah satu ciri teman yang baik dan tulus selanjutnya adalah dia yang akan senantiasa memberikan bantuan ketika anda membutuhkannya, bahkan terkadang tanpa anda sadari sebenarnya teman anda membantu anda dengan cara diam-diam supaya anda tidak tahu. Nah teman yang seperti ini merupakan teman yang baik dan tulus tentunya. Bukan mereka yang akan menuntut anda dalam melakukan berbagai hal yang tidak seharusnya anda lakukan seperti mengerjakan PR, meminta traktir, dan lainnya. kalau yang itu sih namanya teman yang tidak tulus dan suka meminta saja.

3. Teman yang mampu menjaga rahasia

Salah satu ciri teman yang baik adalah teman yang mampu menjaga rahasia yang anda bagi dengannya. Dia juga akan menjaga rahasia anda tanpa anda minta bukan malah mengumbarkan segala rahasia yang anda miliki lho. Ini sangat penting sekali karena saat ini banyak orang yang bermuka dua dimana ketika di depan anda akan berkata baik namun di belakang anda malah mencemooh anda. Nah, anda tidak ingin memiliki teman yang seperti ini bukan?

4. Teman yang sikapnya tidak dibuat-buat

Teman yang baik adalah teman yang tulus kepada anda dan sikap serta perilakunya tidak dibuat-buat. Teman yang seperti memang terkadang menyebalkan karena sering berterus terang dengan anda mengenai hal baik maupun hal buruk yang anda miliki. Misalnya saat ini anda mengenakan sebuah pakaian, lalu teman anda akan memberikan kritik bahwa pakaian tersebut tidak cocok untuk anda atau warnanya kurang cocok dan sebagainya. Namun perlu diingat, apabila anda berada di pihak teman anda tadi lakukanlah dengan lembut dan tidak terlalu menusuk hati karena justru bisa menyakiti hati anda.

5. Teman yang baik adalah teman yang mau memaafkan

Dalam setiap hubungan baik hubungan dengan pacar, keluarga dan persahabatan juga biasanya terdapat siklus baik siklus senang maupun tidak senang alias berantem. Ketika anda bertengkar dengan teman anda maka teman yang baik adalah mereka yang mau memaafkan dan minta maaf tanpa adanya gensi entah itu dari anda dahulu atau dari teman anda terlebih dahulu.

6. Teman yang mampu menjadi pendengar yang baik

Teman mungkin memang tidak bisa memberikan solusi terhadap masalah yang sedang anda hadapi namun teman yang baik pasti akan mau mendengarkan setiap keluh dan kesah yang sedang anda hadapi. Teman yang bisa menjadi pendengar yang baik artinya mampu menghargai segala sesuatu yang terjadi diantara anda. Teman yang seperti ini juga senantiasa bisa mengorbankan waktu dan kesempatannya untuk menemani anda terutama saat anda dalam keadaan gundah dan sedih.

7. Senantiasa berperilaku jujur

Jika dia memang teman yang baik pasti dia akan memberikan yang terbaik untuk anda termasuk dengan memberikan saran dan perkataannya yang jujur. Teman yang satu ini bisa membuat anda menjadi lebih baik karena segala yang anda lakukan akan dikoreksi dan dibenarkan. Teman ini juga akan memberikan umpan balik dan saran kepada anda jika anda membutuhkannya. Namun sebaiknya lakukan dengan perkataan yang halus ya, jangan sampai justru perkataan anda akan menyakiti teman anda tersebut.

8. Senantiasa memberikan bantuan untuk anda

Teman yang baik tidak akan pergi meninggalkan anda disaat anda berada dalam kesusahan. Sebaliknya teman yang baik akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk membantu segala permasalahan yang anda miliki baik diminita oleh anda atau dengan tanpa diminitai bantuan. Dengan kata lain, teman yang baik akan selalu ada di saat suka dan duka.


9. Teman yang tidak bersaing dengan anda

Teman sejati adalah mereka yang selalu mendukung teman satu sama lain. Bukannya malah berkompetisi. Memang terkadang sesame teman juga berkompetisi namun ketika satu temannya berhasil maka teman yang lain akan ikut senang juga bukan malah mencemooh anda. Jika anda menemui jenis teman yang satu ini sebaiknya jangan pernah kecewakan mereka ya.

10. Teman yang memberikan anda ruang

Teman sejati juga akan selalu memberikan anda ruang karena menjadi teman bukan berarti harus selalu ikut campur dalam dunia mereka. Berikan waktu luang untuk teman berfikir sendiri dan pada saat tertentu supaya mereka tetap nyaman dengan anda. Selain itu teman yang baik juga akan senantiasa menghargai segala pendapat yang anda berikan bukannya malah memaksakan pendapatnya sendiri.

11. Teman akan selalu merasa senang jika anda juga merasa senang

Salah satu ciri teman yang baik lainnya adalah dia yang akan merasa senang ketika temannya juga sedang merasa senang. Dengan begitu berarti bahwa dia memang benar-benar tulus saat menghadapi anda.

12. Teman yang selalu setia

Kesetiaan merupakan salah satu poin penting dalam sebuah hubungan baik dalam hubungan keluarga, sahabat, pacar dan lainnya. mengapa kesetiaan sangatlah penting? Karena di dalam kehidupan pasti terdapat pasang surutnya dimana tidak selalu berada di atas melainkan juga pasti akan merasakan ketika berada di bawah. Teman yang baik dan setia akan selalu berusaha menemani anda dan menghibur anda ketika anda sedang berada di bawah. Jika anda menemukan teman yang satu ini, jangan sia-siakan selalu hormati dia.

13. Teman yang respek

Respek atau rasa hormat dan menghargai sudah semakin sulit ditemukan dimiliki oleh seseorang. Jika anda ingin dihargai pastinya anda juga harus menghargai seseorang tersebut karena tidak enak bukan jika terus diabaikan dan disanggah terus menerus pendapatnya? Jadi, menunjukkan rasa respek kepada teman anda merupakan hal yang sangat mutlak untuk anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari sebenarnya bukan hanya untuk teman saja namun juga dalam kegiatan lainnya seperti keluarga.

14. Tanpa syarat kepada anda

Teman sejati adalah dia yang akan membantu anda tanpa pamrih dan tidak menginginkan imbalan apapun dari anda. Namun ketika anda memiliki teman yang demikian jangan lupa untuk selalu melakukan hal yang sama ya, karena tidak enak bukan jika anda terus menolong namun ketika anda ingin ditolong teman tersebut tidak bisa menolong anda. Jadi, take and give merupakan hal yang penting untuk anda lakukan dalam hal apapun.


15. Teman yang dapat dipercaya

Seorang teman sejati adalah mereka yang tidak akan menusuk anda dari belakang dan membocorkan segala rahasia dan keburukan yang anda miliki. Jadi, teman yang baik adalah teman yang bisa dipercaya oleh anda. Jadi, jika anda ingin mengatakan sesuatu kepada teman pastikan teman anda bisa menyimpan rahasia yang anda miliki.

16. Peduli

Sebaiknya anda tidak egois dalam menjalin hubungan persahabatan dengan teman, keluarga dan komunitas lainnya. teman yang baik adalah teman yang tidak hanya mempedulikan dirinya sendiri melainkan peduli dengan sesame temannya. Hal ini sangat penting dimiliki oleh semua orang sebenarnya.

17. Teman yang dapat diandalkan

Teman yang baik adalah mereka yang dapat diandalkan dan tidak hanya berkata pada janji palsu saja. mereka ini teman yang baik akan senantiasa bisa diandalkan saat orang lain tidak bisa diandalkan karena dengan itu anda bisa mengerti mana teman yang sejati atau mana teman yang hanya mau pada saat ada maunya saja.
Demikian, beberapa ciri dan tanda dari teman yang baik dan tulus. Tentunya ini tidak hanya menjadi ukuran bagi teman anda namun anda juga bisa berintrospeksi diri apakah anda ini termasuk dalam golongan teman yang baik ataukah tidak. selalu budayakan take and give supaya anda juga akan mendapatkan timbal balik dari yang anda perbuat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 08th, December 2015 / 10:17 Oleh :
Kategori : Teman