29 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran saat ada Masalah

Kehidupan memiliki rodanya tersendiri dimana terkadang berada di atas dan terkadang berada di bawah. Kadang merasa bahagia namun terkadang juga orang mengalami depresi dan perasaan yang tidak tenang. Rasa takut dan cemas akan sesuatu hal yang belum terjadi terkadang menjadi salah satu hal yang membuat manusia merasa depresi dan kehilangan arah serta tujuan hidupnya. Tidak mudah memang membuat hati dan pikiran tenang apalagi jika dalam keadaan terhimpit, tertekan oleh pekerjaan atau suatu hal lainnya.

ads

Meskipun anda sangat sibuk namun jangan sampai kesibukan tersebut merenggut anda dalam menikmati kehidupan. Memiliki hati dan pikiran yang tenang merupakan salah satu cara yang bisa digunakan supaya manusia bisa menikmati dengan kehidupan sebagaimana mestinya sehingga tidak akan merasa putus asa, hilang harapan, kecewa, takut, cemas dan lainnya. pikiran dan hati memang dua bagian yang berbeda namun keduanya harus bersinergi supaya tubuh bisa menjadi lebih sehat bukan hanya fisik saja namun juga dari dalam jiwanya.

Pada dasarnya manusia memang makhluk yang selalu diliputi oleh rasa takut dan kecemasan seperti penyebab cinta ditolak. Apalagi ketika manusia sedang dilanda masalah dimana dirinya tidak siap menghadapinya sehingga membuat jiwa, hati dan pikirannya terguncang dan hal ini menjadi hal yang wajar dirasakan oleh setiap manusia yang dilahirkan ke bumi ini.

Berikut ini ada beberapa cara menenangkan hati dan pikiran :

1. Membuat penataan ulang lingkungan

Salah satu cara yang banyak digunakan oleh orang ketika pikirannya sedang kalut ialah dengan melakukan penataan ulang pada lingkungan sekitarnya baik itu kamar, rumah maupun ruang kerja. Lingkungan yang baru dapat merubah mindset pikiran dan hati yang bisa membuatnya menjadi lebih tenang dan lebih segar dalam menghadapi kerasnya kehidupan. Dengan mengubah tatatan ulang lingkungan juga membuat anda tidak mudah bosan, jadi sebaiknya lakukan penataan ulang ruangan terutama ruangan pribadi secara berkalan dan rutin supaya anda tidak mudah cepat bosan.

2. Melakukan relaksasi

Jika pikiran anda sedang kalut dan bingung cobalah untuk melakukan relaksasi dengan cara melakukan olah pernafasan dan sedikit melakukan pemanasan tubuh. otot-otot tubuh akan bekerja kembali sesuai dengan fungsinya seusai anda melakukan kegiatan ini sehingga pikiran anda akan menjadi lebih tenang. Anda juga bisa menambahkan aroma terapi tertentu yang bisa membuat suasana menjadi lebih rileks dan anda bisa berfikir lebih jernih pada masalah yang sedang anda hadapi.

3. Curhat dengan orang lain

Meskipun mungkin orang lain tidak akan membantu mengenai apa yang tengah anda rasakan namun setidaknya anda sudah mengeluarkan atau membagi apa yang ada di dalam jiwa sehingga jiwa anda akan terasa lebih ringan. Cara ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam membuat pikiran dan hati menjadi tenang. Namun perlu diingat sebaiknya anda curhat dengan orang yang dekat dengan anda dan orang yang bisa menyimpan rahasia anda. Jangan sampai anda cerita ke sembarang orang dan mereka justru akan membuat anda mengalami masalah yang lebih sulit nantinya.

4. Mengasingkan diri

Saat mengalami pikiran yang kalut dan bingung, anda bisa coba untuk keluar dari zona nyaman anda dan mengasingkan diri ke tempat yang bisa membuat anda tenang. Biasanya tempat ini seperti di dalam kamar, pantai, pegunungan dan tempat sepi lainnya. ketika anda sendiri anda bisa mencurahkan semuanya kepada diri anda sendiri dan anda bisa berfikit lebih jernih karena tidak ada orang lain yang menekan anda. Dengan ini anda akan merasa lebih nyaman dan ketika pikiran anda sudah mulai tenang anda bisa kembali ke kehidupan anda yang sebenarnya dan menghadapi masalah yang memang harus dihadapi dengan baik dan bijaksana.

5. Olahraga

Mungkin memang terdengar sepele namun jangan salah dengan melakukan olahraga pikiran dan hati anda akan terasa lebih senang. Hal ini dikarenakan tubuh anda akan mendapatkan oksigen lebih banyak dibandingkan saat anda sedang gelisah sehingga pikiran dan hati anda akan merasa lebih tenang dan baik. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan olahraga ringan saja seperti jogging, senam, dan lainnya supaya pikiran jadi lebi fresh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda melakukannya dengan rutin setiap saat dan secara berkala.

6. Melakukan komunikasi

Pikiran dan hati anda merasa tidak tenang mungkin disebabkan karena anda tidak bisa mengutarakan apa yang menjadi masalah dengan orang lain. Sebagai salah satu solusinya anda bisa menggunakan orang ketiga untuk menyampaikan masalah atau anda bisa langsung mengutarakannya sendiri kepada orang tersebut. Namun sebaiknya ketika anda melakukan hal ini, lakukanlah dengan hati-hati dan jangan brekata kasar dengan orang lain.

7. Coba untuk mendengarkan musik

Banyak orang yang ketika dalam masalah dan gelisah memilih untuk mendengarkan musik. Musik mampu mengeluarkan semacam hormone bahagia ke dalam tubuh. banyak orang yang sudah membukatikan hal ini bahkan banyak terapis juga menganjurkan hal ini. pilihan musik yang disarankan adalah jenis musik klasik yang berinstrumen gitar, biola, violin, piano dll. Namun karena setiap orang memiliki karakter berbeda-beda mungkin anda bisa mendengarkan jenis musik sesuai dengan musik yang anda sukai.

8. Tertawa

Tertawa merupakan hal mudah dan ampuh dalam membuat pikiran dan hati menjadi tenang. Dengan tertawa semua masalah akan terasa hilang dan akhirnya pikiran akan menjadi lebih tenang dan tentram. Tertawa juga bisa membuat tubuh menjadi sehat dan awet muda lho. Untuk bisa tertawa sangat mudah anda bisa berkumpul dengan teman atau sekedar menonton film komedi saja.

9. Melakukan banyak ibadah

Tidaklah heran jika banyak orang yang sedang dilanda akan rajin dalam beribadah karena memang beribadah dan mendekatkan diri pada sang pencipta dapat mengurangi berbagai masalah yang ada di dalam fikiran anda. Beribadah juga bisa menimbulkan rasa percaya diri dan mendapatkan kembali arah tujuan dalam kehidupan ini jadi anda akan merasa hidup ini tidak sia-sia dijalani.

10. Berfikiran positif

Berfikir positiflah setiap saat terutama saat anda sedang mengalami banyak masalah. Pikiran yang positif akan menstimulasi otak bahwa dirinya bisa menghadapi segala permasalahan yang ada di dalam kehidupan ini. dengan memiliki pikiran yang positif juga dapat membuat tubuh terasa lebih ringan dan lebih fresh Karena yakin semua masalah pasti ada masanya dan ada solusinya.

11. Sabar

Setiap agama pasti akan menyuruh umatnya untuk senantiasa sabar dalam menghadapi segala cobaan dan masalah yang datang menimpa. Senantiasa sabar dapat membuat seseorang akan menerima dan siap menghadapi apapun masalah yang ada di dalamnya.

12. Curhat kepada Tuhan yang maha Esa

Sudah menjadi kodrat manusia dimana dirinya sedang merasa galut pasti akan mencari orang lain yang ingin dibagikan kisahnya. Mungkin anda bisa mencari teman atau terapis namun akan lebih baik jika anda juga mengadukan semua masalah yang sedang anda hadapi kepada sang pencipta seperti meminta petunjuk permasalahan anda mengenai ciri ciri pria setia dan serius serta bertanggung jawab.

13. Mengingat Tuhan sang pencipta

Jika anda beragama islam anda bisa melakukan dzikir setiap saat terutama setelah melakukan sholat. Menurut penelitian telah terbukti bahwa dengan melakukan dzikir tubuh akan merasa lebih fresh dan akan terasa lebih ringan. Jadi, setiap ada masalah yang dihadapinya akan senantiasa terangkat dengan sendirinya.

14. Cintai diri sendiri

Ini yang perlu diperhatikan, mungkin anda akan mudah dalam mencintai orang lain namun bagaimana dengan mencintai diri anda sendiri? Mungkin saja anda merasa bahwa diri anda tidak pantas dicintai dan disayangi oleh karenanya anda akan mudah mendapatkan rasa gelisah karena anda merasa anda tidak berguna. Padahal sebelum anda bisa mencintai orang lain sangat wajib hukumnya untuk mencintai diri anda terlebih dahulu.

15. Melakukan hubungan yang baik dengan keluarga

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan orang disekitarnya, dengan melakukan interaksi ini anda akan lebih mudah dalam mendapatkan hati dan pikiran yang tenang apalagi jika anda berkumpul dengan orang-orang tersayang baik saudara, keluarga maupun teman karena secara tidak langsung anda akan merasa termotivasi oleh keberadaan mereka tanpa anda harus menceritakan apa yang tengah anda rasakan di dalam hati dan di dalam pikiran.

16. Sering melakukan aktivitas di luar rumah

Jika anda sedang merasa sedih sebaiknya kurangi intensitas menyendiri meskipun sebenarnya menyendiri juga bisa menjadi salah satu solusi untuk menenangkan pikiran dan hati yang galau. Menyendiri boleh dilakukan namun jangan dilakukan dengan berlebihan karena bisa membuat anda akan mendapatkan pikiran yang negatif dan mengacu pada hal yang buruk. Keluarlah dari kamar dan rumah, mulailah aktivitas di luar rumah seperti belanja, olahraga, berbincang dengan tetangga dan lainnya. ini akan membuat anda semakin terpacu untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dan membuat hati dan pikiran anda menjadi lebih tenang.

17. Berinteraksilah dengan alam

Tahukah anda bahwa ternyata melakukan interaksi dengan alam sangat bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan raga? Ya, dengan sering melakukan interaksi dengan alam seperti berkebun, menanam bunga dan lainnya akan mendekatkan manusia pada alam dimana di dalam sendiri sebenarnya memiliki energy kuat yang bisa anda dapatkan sehingga pikiran anda akan menjadi positif dan tentunya anda akan merasa lebih baik dibandingkan dengan hari sebelumnya. menanam beberapa jenis bunga di dalam rumah juga bisa membantu menenangkan pikiran supaya menjadi lebih fresh dan bugar.

18. Menangis

Jika memang anda merasa ingin menangis jangan ditahan langsung saja keluarkan sebanyak yang anda inginkan. Di dalam air mata terkandung racun di dalam tubuh sehingga selain membuat anda lebih lega juga bisa lebih menyehatkan tubuh anda. Hal ini tidak hanya berlaku bagi kaum hawa saja lho namun kaum adam pun sangat tidak dilarang jika ingin menangis karena menangis merupakan suatu hal yang wajar bagi manusia yang memiliki emosi dan simpati.

19. Selalu menghargai apa yang menjadi potensi di dalam diri

Jika memang di dalam diri terdapat kemampuan yang belum dieksplor sebaiknya anda mulai membedah potensi tersebut sehingga pikiran anda akan menjadi lebih tenang dan hati anda juga akan menjadi lebih bersih dan segar.

20. Fokus pada jenis warna yang menenangkan

Tahukah anda bahwa ternyata warna juga bisa mengubah mood seseorang? Hal ini sudah dilakukan beberapa penelitian oleh para peneliti dan mendapatkan hasil bahwa beberapa kombinasi warna bisa mengubah mood dan perasaan bagi orang yang memandangnya. Kombinasi warna terang seperti oranye, merah dan kuning akan memberikan tenaga ke dalam tubuh sehingga jika anda memandang kombinasi dari warna cerah ini darah yang ada di dalam tubuh anda akan terpacu dan mengalir lebih cepat sehingga membuat anda akan merasa semangat dan lebih bergairah. Di sisi lain jika anda memandang kombinasi dari warna hijau, putih dan biru akan membuat kesan damai, nyaman, sejuk dan tenang karena kombinasi warna ini hampir seperti warna air yang memberikan kesan nyaman dan tenang. Jadi, jika anda sedang dalam pikirang yang kalut anda bisa memandang warna air saja.

21. Gunakan aroma terapi yang menenangkan

Sudah menjadi rahasia umum jika aroma terapi bisa membuat mood seseorang berubah menjadi lebih baik. Aroma terapi yang terkenal dalam memperbaiki mood adalah aroma lavender namun anda juga bisa memilih aroma terapi lainnya yang lebih anda sukai. Untuk mendapatkan aroma yang tepat sebaiknya anda bertanya kepada ahlinya, atau jika anda memiliki terapis , anda bisa berkonsultasi mengenai pemilihan aroma terapi ini. aroma terapi yang digunakan dapat diaplikasikan pada berbagai sudut ruangan atau bahkan menjadi parfum yang bisa dibawa kemana saja.

22.  Sebaiknya anda hindari kebisingan

Anda yang sedang memiliki hati dan perasaan yang kalut sebaiknya untuk menghindari keramaian dan suara yang bising. Karena saat seseorang sedang merasa gundah dan gelisah perasaannya dan seluruh inderanya akan sangat sensitive sehingga sebaiknya hindari keramaian. Keramaian dan kebisingan dapat membuat aliran darah mengalir sangat cepat, detak jantung lebih cepat dan bisa memberikan kesan psikologis lainnnya di dalam tubuh sehingga akan sangat berbahaya jika anda mengunjungi keramaian. Alih-alih mendatangi keramaian sebaiknya anda mendengarkan alunan musik klasik yang santai saja.

23. Mencoba menyampaikan komunikasi dengan baik dan benar

Biasanya masalah akan timbul antara dua orang atau lebih dikarenakan oleh komunikasi yang buruk yang terjadi diantara keduanya. Sehingga lebih baik anda mencoba untuk melakukan komunikasi yang baik apalagi jika anda memiliki pendapat yang berbeda dengan teman anda tersebut. Jika anda tidak bisa menyampaikanya secara langsung anda bisa meminta bantuan kepada orang ketiga sebagai mediatornya. Percayalah cara ini merupakan salah satu cara yang efektif dalam mengatasi hati dan pikiran yang sedang tidak tenang atau gelisah.

24. Mengubah sedikit kebiasaan

Mengubah sedikit kebiasaan yang membuat anda terbiasa berfikir negatif dan membuat hati dan pikiran tidak tenang adalah hal yang sangat penting dilakukan. Jadi, meskipun agak sulit melakukannya namun hal ini harus dilakukan untuk menyongsong hari esok yang lebih baik lagi. Kebiasaan buruk bisa membuat anda menjadi manusia yang tidak baik juga.

25. Mengubah cara pandang

Mengubah cara pandang disini adalah bagaimana memandang hal yang negatif menjadi pandangan yang positif. Hal ini  biasanya dilakukan ketika takut dan cemas pada masa depan yang akan datang. Jadi misalnya saat ini anda merasa tertekan dengan keadaan dan pekerjaan yang sedang anda jalani namun pikirkanlah lagi bahwa di luar sana banyak orang yang ingin menjadi seperti anda dengan posisi yang anda miliki. Jadi, jangan lama-lama tertekannya karena bisa jadi anda akan menyesal karenanya.

26. Senantiasa mengingat Tuhan yang maha Esa

Dengan selalu mengingat Tuhan yang maha esa anda akan lebih percaya diri dalam menjalani hidup ini dan apa yang anda kerjakan memiliki tujuan yang jelas yaitu semata-mata karena ibadah yang dilakukan untuk Tuhan yang maha esa. Beribadah akan mendekatkan diri dengan sang pencipta dan anda akan lebih mensyukuri bahwa ternyata apa yang terjadi di dalam hidup anda ini memang sudah seharusnya terjadi dan harus dilewati dengan ikhlas dan penuh rasa percaya diri. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan hati dan pikiran yang lebih tenang dan segar.


27. Peregangan otot

Jika anda sedang merasa sedih, gundah dan tertekan bukan hanya jiwa anda saja yang merasakan namun tubuh anda juga akan melakukan hal yang sama. Oleh karena itu lakukanlah olahraga ringan yang bisa meregangkan otot supaya tidak tegang. Dengan peregangan otot ini, oksigen akan mengalir lebih lancar ke dalam sirkulasi tubuh anda dan akhirnya anda akan merasakan lebih tenang baik di dalam hati maupun di dalam pikiran. Lakukanlah hal ini secara rutin bahkan juga sangat penting dilakukan ketika anda dalam keadaan baik-baik saja.

28. Minta motivasi dari orang lain

Anda juga bisa meminta nasihat dan motivasi dari orang lain terkait dengan permasalahan yang sedang anda hadapi. Sebaiknya anda meminta nasihat dari orang yang lebih tua seperti orang tua, kakak, paman, bos dan lainnya karena mereka ini sudah memiliki pengalaman hidup lebih banyak dibandingkan dengan yang masih muda. Anda tidak harus mendapatkan inspirasi dan motivasi dari orang secara langsung lho, anda bisa juga membaca buku ata menonton film untuk mendapatkan nasihat ini.

29. Berbagi kepada orang lain

Berbagi apa yang telah didapatkan dengan orang lain terutama bagi mereka yang membutuhkan sangatlah penting dan ternyata bisa membuat hati dan pikiran menjadi tenang. Mengapa demikian? Karena dengan berbagi anda akan tahu bahwa di luar sana masih banyak orang yang berada di bawah anda dan membutuhkan bantuan dari anda. Jadi, anda harus tetap berjuang dan semangat supaya mereka juga memiliki masa depan yang cerah

Cara membuat hati dan pikiran supaya menjadi tenang ini patut anda ketahui karena jika hati dan pikiran tenang akan membuat kehidupan menjadi berkualitas. Ketika anda mengalami berbagai masalah dalam kehidupan ini pastinya anda sudah tidak perlu bingung lagi bukan harus berbuat apa karena ternyata mengatasinya mudah asal terdapat kemauan di dalam diri masing-masing untuk berubah menjadi lebih baik.

Baca juga artikel cinta lainnya :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 03rd, December 2015 / 09:32 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan