12 Ciri-Ciri Pria Berwibawa (No.7 Sulit Dipraktekkan)

Semua orang ingin dirinya terlihat berwibawa terlebih seorang pria. Seorang pria memiliki hasrat yang tinggi bila berkaitan dengan kewibawaan. Mungkin karena kodrat yang dimiliki oleh setiap diri pria adalah sebagai sosok pemimpin. Sedemikian sehingga pria ingin menjadi sosok yang berwibawa di hadapan siapapun terlebih lagi di hadapan wanita yang dicintainya dan merupakan ciri ciri pria setia. Oleh karena itu, wajar saja jika pria lebih berusaha keras untuk menjadi orang yang berwibawa dibandingkan dengan wanita.

ads

Lantas bagaimana untuk menjadi pria berwibawa? Ciri apa sajakah yang harys dimiliki seorang pria agar bisa dikatakan seorang pria yang berwibawa? Ciri-ciri ini tentunya berkaitan dengan sikap dan tingkah laku yang dimiliki oleh pria tersebut. Dalam artian kewibawaan seorang pria bisa terlihat dari sikap dan tingkah lakunya sehari-hari.

Berikut ciri-ciri pria berwibawa yang bisa tampak dari sikap dan tingkah lakunya, diantaranya:

1. Percaya diri

Memiliki rasa percaya diri di dalam diri merupakan ciri-ciri pertama yang tampak dari pria berwibawa. Pria yang berwibawa pasti memiliki rasa percaya diri. Bagaimana tidak, kepercayaan dirinya inilah yang nantinya akan memperlihatkan kemampuan dirinya sehingga menimbulkan kewibawaan di mata orang lain karena kemampuannya tersebut. Di manapun dia berada, pria berwibawa akan selalu percaya pada kemampuannya sendiri.

2. Gaya bicara tegas dan jelas

Ini berkaitan juga dengan ciri pada poin 1. Orang yang percaya diri tentunya akan memiliki rasa keyakinan terhadap hal yang dibicarakannya. Sedemikian sehingga dengan keyakinan tersebut dia mengutarakan apa yang dibicarakannya secara tegas dan jelas. Contohnya ketika sedang melakukan persentasi di depan klien bagi seorang pria pebisnis. Dia akan terlihat meyakinkan dan berwibawa di hadapan para kliennya apabila bisa menyampaikan plan bisnisnya dengan penuh percaya diri, tegas, dan jelas.

3. Mudah bergaul

Pria yang memiliki wibawa pasti akan memiliki ciri yang ketiga ini. Dengan rasa percaya dirinya dia tidak akan merasa minder dengan siapapun yang ada di dekatnya, mulai dari rekan maupun kompetitor atau saingannya. Sedemikian sehingga dia mudah untuk bergaul dengan siapa saja di manapun keberadaannya.

4. Jiwa sosial tinggi

Rasa mudah bergaul dengan siapa saja di manapun dia berada tentu menjadi indikasi bahwa pria berwibawa memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap orang lain. Kepedulian inilah yang nantinya membentuk dan menjadikan jiwa sosial yang tinggi di dalam dirinya. Di manapun dia berada, dia akan selalu memiliki rasa senang dan rela untuk membantu orang lain terlebih orang yang memang sedang membutuhkan bantuan.

5. Tidak membeda-bedakan orang

Dengan kombinasi sikap yang mudah bergaul dan jiwa sosial tinggi menandakan bahwa pria yang memiliki wibawa tidak membeda-bedakan orang yang ditermui dan dibantunya. Entah itu teman, saingan maupun orang lain yang bahkan dia tak mengenalnya sekalipun, perlakuan yang tunjukkan oleh pria berwibawa akan tetap sama dengan dengan keadaan yang ada.

6. Memiliki sikap optimis

Ciri pria berwibawa yang berikutnya adalah orang yang memiliki sikap optimis dalam dirinya. Karena pria berwibawa sudah memiliki rasa percaya diri terhadap apa yang dilakukannya tentu menindikasikan bahwa dia juga akan merasa optimis akan usaha dan hasil dari apa yang dilakukannya tersebut. Rasa optimis inilah yang menjadi cermin kesebandingan dengan rasa percaya diri yang dimilikinya.

7. Rendah hati


Meskipun sudah memiliki rasa percaya diri dan optimis terhadap usaha dan hasil yang telah dilakukannya, lantas tak membuat pria berwibawa menjadi tinggi hati atau sombong. Dia akan tetap bersikap rendah hati dengan pemikiran bahwa dirinya bukanlah orang yang sempurna sehingga masih banyak kekurangan yang harus dibenahi. Dia beranggapan bahwa masih banyak orang-orang yang jauh lebih baik darinya sehingga masih banyak hal yang harus dipelajarinya untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Itu menandakan bahwa pria berwibawa memiliki rasa rendah hati di dalam dirinya, sedemikian sehingga dia akan selalu menjadi diri yang lebih setiap harinya.

8. Pendengar yang baik

Pria yang berwibawa bukan hanya tegas dalam sikapnya atau penyampaian yang dilakukannya, tetapi juga seorang yang bisa menjadi pendengar yang baik. Rasa rendah hati yang dimilikinya, di mana selalu merasa bahwa masih banyak orang lain yang lebih baik darinya membuatnya untuk selalu mendengarkan saran dan kritik yang disampaikan orang lain terhadapnya ataupun mendengarkan apapuan yang disampaikan orang lain terkait pekerjaan, interaksi sosial (sebagai masyarakat) maupun hubungan asmaranya.

Media mendengarkan itulah yang dijadikannya sarana untuk bisa belajar menjadi diri yang lebih baik lagi dalam kehidupan, entah dalam hal pekerjaan, interaksi sosial (sebagai masyarakat), asmara hingga tanggung jawabnya sebagai kepala rumah tangga. Dia juga tidak akan pernah malu untuk menerima saran dan kritik meskipun dari bawahannya sekalipun jikalau dia adaah seorang atasan atau bos.

9. Memiliki prinsip

Pria yang berwibawa pasti memiliki sebuah prinsip yang dijadikan pedoman atau pegangan dalam menjalani kehidupannya sehari-hari, baik dalam hal pekerjaan, interaksi sosial (sebagai masyarakat) maupun hubungan percintaan dan rumah tangganya. Dengan prinsip itulah rasa kewibawaan dalam dirinya muncul karena orang yang memiliki prinsip cenderung bisa dipercaya, baik terkait perbuatan yang dilakukannya maupun perkataan yang dikatakannya.

10. Berpikiran positif

Berpikiran positif juga merupakan ciri yang ditunjukkan oleh pria berwibawa, baik berpikiran positif terhadap dirinya sendiri maupun orang lain. Dengan berpikiran positif inilah dia akan mampu dengan mudah berinteraksi dengan orang lain dan dirinya pun akan dengan mudah mendapat kepercayaan orang lain. Karena orang lain tentunya juga akan mempercayai orang yang memiliki pemerikiran positif terhadap mereka.

11. Hormat, Sopan dan Santun kepada orang lain

Pria yang berwibawa tentu juga akan menjunjung tinggi tata krama atau sopan santun terhadap orang lain termasuk sopan dan santun dalam menyampaikan pendapatnya serta menanggapi pendapat orang lain.


Ini sebagai bukti bahwa pria berwibawa memiliki rasa hormat dan rasa menghargai kepada orang lain sehingga orang lain pun akan menaruh rasa hormat dan rasa menghargai yang sama terhadap dirinya.

12. Mampu berpendapat, menanggapi, dan menguatkan pendapat orang lain

Dengan rasa percaya dan optimis yang dimilikinya, seorang pria berwibawa pasti mampu untuk menyampaikan pendapatnya tentang suatu hal, entah terkait pekerjaan, interaksi sosial (sebagai masyarakat) maupun kepala rumah tangga. Penyampaian pendapatnya pun didasari dengan rasa hormat, sopan, dan santun (sesuai poin 11) sehingga tidak menyinggung perasaan orang lain. Terlebih lagi saat diminta untuk menanggapi pendapat orang lain.

Pria yang berwibawa juga bisa menguatkan pendapat yang disampaikan orang lain sehingga akan membuat rasa saling percaya dan kerjasama yang kuat antara pria berwibawa tersebut dengan orang di sekitarnya termasuk orang yang menyampaikan pendapat tersebut. Sedemikian sehingga pria berwibawa tahu kapam dia harus setuju dengan pendapat yang disampaikan oleh orang lain atau kapan harus menanggapi bahkan penyanggah pendapat yang disampaikan oleh orang lain.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 10th, December 2015 / 10:19 Oleh :
Kategori : Pria