Home » Kehidupan » 7 Cara Membuat Teman Merasa tenang Ketika Gugup

7 Cara Membuat Teman Merasa tenang Ketika Gugup

by Dio Pratama

Gugup adalah perasaan yang lumrah dialami siapa saja. Cara membuat teman merasa tenang ketika gugup mungkin sedang Anda butuhkan untuk membantunya berbicara.

Ya, siapa saja pernah yang mengalami gugup, grogi, maupun gelisah. Jika tidak dikendalikan dengan baik, gugup bisa merusak semua persiapan yang sudah Anda lakukan. Ketika akan berhadapan orang lain seperti melakukan presentasi hingga kencan pertama sekalipun, penting untuk mengelola rasa grogi tersebut.

Teman Anda sedang gugup saat ini? Bantu si dia agar lebih relax dan tenang lewat cara membuat teman menjadi tenang ketika gugup yang akan Cinta Lia bahas di bawah ini. Yakin mau melewatkannya? Let’s check this out!

1. Latih pernapasan

Gugup adalah berbuat atau berkata dalam keadaan yang tidak tenang. Seseorang yang mengalami perasaan gugup akan kesulitan untuk mengontrol dirinya dirinya terlebih jika rasa grogi yang ia rasakan berlebihan.

Tak hanya Anda, teman Anda pun pernah mengalaminya. Sebagai teman yang baik, Anda perlu membantu si dia lewat tips-tips jitu dalam cara membuat teman merasa tenang ketika gugup agar ia lebih tenang sehingga tak akan mempermalukan dirinya.

Pertama, pinta teman Anda untuk melatih pernapasannya. Trik ini adalah cara jitu untuk mengatasi perasaan tidak tenang saat akan melakukan sebuah kegiatan. Cobalah untuk meminta si dia untuk menarik napas dalam-dalam, lalu mengeluarkannya secara perlahan.

Setelahnya, teman Anda akan merasa lebih tenang. Trik melatih pernapasan ini juga akan membantunya untuk tidak panik berlebih. Dare to try?

2. Tetap fokus

Cara menghilangkan sifat pemalu adalah kunci agar teman Anda yang sedang gugup bisa menjadi lebih percaya diri. Ya, setiap orang lahir dengan kepribadian yang berbeda-beda. Pada orang yang pemalu, rasa gugup berlebih bisa lebih mudah datang.

Setelah membantunya melatih pernapasan, cara selanjutnya agar si dia siap dalam menghadapi kegiatan yang akan di hadapi adalah dengan memintanya untuk tetap fokus.

Rasa gugup berlebih dapat merusak segalanya, termasuk semua persiapan yang sudah ia lakukan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk membantunya agar tetap fokus.

Ingatkan pada teman Anda untuk selalu mengalahkan rasa gugupnya dengan fokus yang tetap terjaga. Pusatkan pikirannya pada kegiatan yang akan ia hadapi seperti materi apa yang akan ia sampaikan saat presentasi di depan banyak orang.

3. Lakukan latihan di menit terakhir

Gugup, grogi, dan gelisah bisa datang kapan saja. Reaksi orang yang mengalaminya, seperti tangan gemetar hingga gagap saat berbicara. Jika teman Anda sedang mengalaminya, coba ajak si dia untuk melakukan latihan untuk terakhir kalinya.

Latihan sebelum tampil di depan banyak orang sangatlah penting. Tujuan adalah agar teman Anda mampu menunjukkan yang terbaik. Tanpa adanya latihan, rasa gugup akan lebih mudah datang.

Untuk itu, pinta si dia untuk melakukan sesi latihan mendekati waktu tampil. Trik ini dilakukan agar ia mampu mengingat apa saja yang harus ia lakukan nantinya serta ampuh untuk menyingkirkan perasaan gugup yang sedang dialaminya.

4. Tumbuhkan mindset “tidak semua peduli”

Kunci untuk mengatasi gugup saat berbicara adalah dengan menjadi percaya diri. Oleh karena itu, cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu di depan umum penting untuk teman Anda tanamkan.

Percayalah, kepercayaan diri akan sangat membantu dirinya. Meski tak mudah, Anda bisa membantunya secara perlahan dengan memintanya untuk menumbuhkan mindset “tidak semua peduli”.

Ya, tidak semua orang peduli dengan apa yang teman Anda lakukan. Si dia mungkin adalah pribadi yang perfeksionis dan ingin semua orang memperhatikannya. Walaupun tak salah, pemikiran ini bisa menjadi penyebab munculnya rasa gugup berlebih.

Pinta teman Anda untuk menyingkirkan pemikiran “ingin dicintai semua orang”. Dengan begitu, ia akan merasa lebih relax dan tenang karena tidak mengharapkan ekspektasi apapun dari orang lain, namun ingin melakukan yang terbaik semampunya.

5. Berbincang dengan orang lain

Saat sedang grogi, terkadang kita butuh dukungan atau support dari orang lain. Tahukah Anda jika sedang grogi, berbincang dengan orang lain dapat mengesampingkan perasaan gugup yang sedang dialami?

Ya, trik ini cukup ampuh bagi sebagian orang. Jika teman Anda sedang merasakan gugup karena akan tampil di depan banyak orang dalam waktu dekat, sarankan kepada si dia untuk mencoba berbincang dengan orang-orang yang ada di sekelilingnya.

Cara mudah bersosialisasi akan membantunya jika ia adalah pribadi yang pemalu dan sulit untuk membuka topik pembicaraan dengan orang lain.

Dengan berbicang dengan orang lain, rasa gugupnya akan sedikit teralihkan. Ia pun akan lebih siap untuk menghadapi apa yang ada di depan matanya.

6. Tetap positive thinking

‘Ingin tampil sempurna tanpa adanya kesalahan tentu keinginan setiap orang. Namun, mindset seperti ini bisa menjadi beban terhadap diri sendiri. Pada akhirnya, rasa gugup berlebih pun datang.

Teman Anda mungkin memiliki ketakutan berlebih jika nantinya ia melakukan kesalahan karena mindset ingin tampil sempurnanya. Berbagai pemikiran negatif pun mulai menguasai pikiran si dia.

Jangan sampai ketakutannya ini menjadi kenyataan dengan meminta teman Anda untuk selalu positive thinking. Ini merupakan salah satu cara mengubah diri menjadi lebih baik yang penting untuk dilakukan siapa saja.

Percayalah, selalu berpikir negatif hanya akan merugikan diri sendiri. Sarankan teman Anda untuk selalu optimis agar mampu menampilkan yang terbaik.

7. Berdoa

Keenam trik di atas sudah teman Anda lakukan. Selanjutnya, langkah terpenting yang harus ia lakukan adalah dengan menyerahkan segalanya kepada Yang Di Atas.

Ya, sebelum akhirnya tampil, ingatkan teman Anda untuk selalu berdoa kepada Tuhan. Tujuannya tentu agar apa yang ia lakukan dilancarkan.

Cara meningkatkan keyakinan diri ini juga berguna untuk membantunya agar lebih tenang dan tidak gugup berlebih. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi teman Anda untuk tetap fokus dan tak mengalami tangan gemetar hingga bicara gagap saat berhadapan dengan banyak orang.

Itu dia Cara membuat teman merasa tenang ketika gugup yang sudah Cinta Lias ulas dan rekomendasikan untuk Anda. Good luck!

You may also like