11 Cara Menjadi Percaya Diri dan Tidak Pemalu di Depan Umum

Pemalu adalah suatu sifat yang dimiliki manusia dan telah tertanam di dalam diri semenjak lahir. Orang yang memiliki sifat pemalu akan terlihat sejak ia kecil. Lalu sifat pemalu itu akan terbawa hingga ia remaja dan tumbuh dewasa. Orang yang pemalu biasanya juga kekurangan rasa percaya diri sehingga membuat orang yang pemalu menjadi sulit untuk bergaul dengan orang lain. Mereka akan memilih berdiam diri dan tidak banyak bicara. Dalam pergaulan pun mereka hanya akan akrab dengan beberapa teman saja yang bisa membuat mereka nyaman.

ads

Menjadi pemalu dan tidak percaya diri akan membuat seseorang sulit untuk maju dalam lingkungannya. Meskipun ia memiliki kemampuan yang patut dihargai banyak orang, namun semua itu hanya akan terpendam karena orang yang pemalu ini lebih memilih untuk tidak mengeksplor kemampuannya mengingat sifat pemalunya akan membuat ia merasa canggung untuk mempertunjukkan kemampuannya itu.

Bagi kamu yang memiliki sifat pemalu ini, ada baiknya untuk menyimak cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu lagi di depan banyak orang.

  1. Tumbuhkan keinginan untuk menjadi percaya diri.

Agar bisa mengikuti cara menghilangkan sifat pemalu dari dalam diri sehingga bisa berubah menjadi orang yang percaya diri, haruslah di dasari dari kemauan dan keinginan yang kuat dari dalam diri sendiri. Tanpa adanya dorongan dan keyakinan untuk mau berubah maka semua itu hanya akan sia-sia.

  1. Tinggalkan sifat pendiam dan cuek.

Orang pendiam akan dinilai sebagai orang yang cuek bahkan sombong karena dalam situasi apapun si pendiam ini akan lebih memilih untuk hanyut dalam keasyikannya sendiri ketimbang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Jika kamu ingin berubah maka tinggalkanlah kebiasaan menyendiri ini.

  1. Mulailah untuk bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain.

Membiasakan diri untuk berani bersosialisasi dengan orang lain secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa percaya diri dari dalam diri dan secara perlahan pun akan membuat sifat kamu yang pemalu akan berangsur berkurang seiring berjalannya waktu. Perbanyaklah mempelajari cara mudah bersosialisasi dengan orang lain.

  1. Jadilah terbuka dengan lingkungan sekitarmu.

Si pendiam biasanya cenderung bersifat tertutup dan akan selalu berusaha untuk menutup diri dari orang lain bahkan dengan lingkungan terdekatnya. Mulai sekarang untuk kamu yang pemalu mulailah untuk bersifat terbuka dengan orang-orang sekitarmu. Hal ini juga akan sangat membantu dalam menghilangkan sifat pemalu dan tidak percaya diri kamu.

  1. Percaya dengan kemampuan dan kelebihan yang kamu miliki.

Kamu harus percaya dengan kemampuan yang kamu miliki dan anggaplah semua itu suatu kelebihan yang ada dalam diri kamu. Kalau kamu sudah yakin dengan kemampuan kamu sendiri maka kini saatnya kamu harus mengeluarkannya agar kemampuan kamu itu mendapat apresiasi dari orang lain dan menjadi sesuatu hal yang luar biasa.

  1. Tetap bersyukur dengan kekuranganmu dan jangan menganggapnya suatu beban.

Setiap manusia terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun ada orang yang mampu menutupi kekurangannya dengan kelebihan lain sehingga kekurangan itu menjadi tertutupi. Tapi ada juga orang yang terus meratapi kekurangan yang ia miliki sehingga ia sulit untuk maju karena terpaku dengan kekurangannya sendiri. Dan kamu jadilah bagian dari orang yang bisa menutup kekurangan diri sendiri.

  1. Renungkan pertanyaan ini ‘Orang lain bisa, kenapa aku tidak?’

Mungkin kamu pernah merasa kagum melihat orang lain yang tampil dengan percaya diri dimana saja ia berada dan bisa menyesuaikan diri dengan keadaan dengan cepat. Orang lain bisa melakukan apa saja di depan orang banyak dengan kepercayaan diri yang tinggi, dan kenapa kamu tidak bisa berbuat demikian? Jadikan orang lain itu sebagai motivasi diri untuk tampil percaya diri dengan cara merubah sifat pemalu kamu itu.


  1. Jangan takut merasa akan di tertawakan karena manusia tidak ada yang sempurna.

Seringkali yang menjadi ketakutan bagi si pendiam yang krisis kepercayaan diri adalah merasa takut dan sangat malu jika dirinya ditertawakan oleh banyak orang jika kamu berbuat kesalahan. Cara menghilangkan rasa malu yang berlebihan ini adalah dengan mengubah cara pandang kamu. Anggaplah mereka itu tertawa karena mereka merasa terhibur karena ulah kamu dan menyukai aksimu.

  1. Timbulkan keberanian dalam diri dan hadapi dengan yakin.

Hal apa yang membuat kamu merasa gugup, tegang, malu dan tidak percaya diri? Tutuplah mata kamu dan percayakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa melewati semua itu dan kamu harus mempersiapkan diri dengan baik sebagai cara merubah sifat pemalu menjadi pemberani dan percaya diri.

  1. Jadilah orang yang optimis.

Jangan selalu menjadi orang yang pesimis dalam berpikir namun jadilah orang yang selalu optimis dan selalu berpikir positif. Jangan mengatakan kamu tidak bisa sebelum mencobanya. Tanpa mencoba maka kamu tidak akan tahu bagaimana kemampuan kamu sebenarnya.

  1. Bayangkan kesuksesan menantimu setelah berani untuk tampil percaya diri dan tidak lagi jadi orang yang pemalu.

Agar kamu bisa berani untuk menjadi percaya diri bayangkanlah apa yang akan datang kepadamu dimasa depan jika kamu berani memulai dari sekarang. Bayangan dan harapan tersebut akan menjadi penyemangat dan pendorong bagi kamu untuk meninggalkan sifat pemalu dan tidak percaya diri itu.

Semoga semua cara-cara merubah sikap pemalu yang kamu miliki agar menjadi percaya diri diatas bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai cara merubah diri menjadi lebih baik.

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan