Punya Pacar Tidak Seiman? Ketahui Dulu 8 Akibat Pacaran Beda Agama

Pacaran beda agama seringkali jadi dilema bagi pasangan yang menjalaninya. Tidak mudah menjalani pacaran beda agama karena masalah terbesar yang akan muncul adalah pertentangan dari keluarga, terutama tentu saja orang tua. Namun meski demikian, banyak juga pasangan beda agama yang sukses membawa hubungan mereka ke jenjang pernikahan dan memiliki kehidupan rumah tangga yang bahagia.

Nah, kamu yang akan menjalani atau baru saja menjalani hubungan pacaran beda agama tentu harus tahu dulu beberapa akibat pacaran beda agama yang ke depannya akan menjadi hambatan untuk hubungan kalian. Nah, langsung saja yuk simak berbagai akibat yang bisa saja terjadi di kemudian hari.

1. Hubungan Tidak Direstui

Masalah yang paling umum terjadi dari akibat pacaran beda agama adalah hubungan yang terhalang restu orang tua dan pertentangan dari keluarga. Baik dari salah satu pihak ataupun keduanya. Mendapat restu orang tua untuk menikah dengan pasangan yang tidak seiman tentulah tidak mudah. Terlebih jika orang tua dan keluarga adalah orang taat pada agama. Mungkin cara meluluhkan hati orang tua pacar yang beda agama bisa kamu coba. Atau kamu bisa juga coba cara mendapatkan restu orang tua untuk menikah beda agama.

2. Hubungan Seringkali Tidak Langgeng

Akibat pacaran beda agama lainnya yang juga akan terjadi ke depannya adalah hubungan putus di tengah jalan alias tidak awet. Penyebabnya bisa dikarenakan berbagai hal yang difaktori oleh perbedaan keyakinan. Sulitnya mendapat persetujuan dari pihak keluarga membuat hubungan pacaran beda agam seringkali harus kandas di tengah jalan. Masalah perbedaan keyakinan yang terjadi di kemudian hari juga menjadi penyebab perceraian suami istri yang cukup banyak terjadi.

3. Keraguan yang Muncul karena Tidak Seiman

Memiliki pasangan yang tidak seiman terkadang juga menimbulkan keraguan dalam hati untuk meneruskan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Keraguan yang jelas muncul karena perbedaan agama yang tentunya juga menggelitik hati jika ingin berumah tangga.

4. Sulit Beradaptasi dengan Pihak Keluarga

Akibat pacaran beda agama yang nantinya juga dirasakan adalah sulitnya untuk beradaptasi dengan pihak keluarga yang beda agama. Meski orang tua telah merestui hubungan tapi tentu dari pihak keluarga ada yang merasa tidak senang dengan perbedaan keimanan ini. Akhirnya kita pun sulit untuk mendekatkan diri agar bisa diterima sepenuhnya oleh pihak keluarga.

5. Pengaruh Orang Ketiga Lebih Besar

Retaknya hubungan akibat pengaruh orang ketiga juga menjadi akibat pacaran beda agama yang sulit dielakkan, lho. Orang ketiga yang dimaksud tidak hanya seseorang yang menjadi ‘pelakor’ dalam hubungan, tapi bisa juga orang ketiga dari pihak keluarga yang berusaha memisahkan karena tidak suka dengan perbedaan agama.

6. Tidak Bisa Menikmati Ibadah Bersama

Jika memiliki pasangan yang beda agama, maka kamu tidak akan bisa menikmati ibadah bersama. Meski bisa ikut merayakan hari-hari besar bersama, tapi tentu tidak senikmat jika kita merayakannya dengan pasangan yang seiman. Selain itu saat beribadah harian seperti sholat 5 waktu, kita tidak akan bisa menjalaninya dengan pasangan.

7. Banyak Kerumitan jika Hubungan Berlanjut ke Pernikahan

Memang bukan hal yang tidak mungkin jika pasangan beda agama bisa bersatu bersama. Tapi kemungkinan masalah yang akan timbul di kemudian hari karena perbedaan agama akan lebih besar jika hubungan terus dilanjutkan ke jenjang pernikahan. Masalah yang cukup rumit juga akan bisa terjadi setelah pernikahan dan memiliki anak dimana nantinya akan bingung bagaimana dengan agama yang akan dianut sang anak.

8. Berpindah Keyakinan Bisa Terjadi

Akibat pacaran beda agama yang paling banyak ditakuti pihak keluarga adalah goyahnya iman hingga akhirnya berpindah keyakinan pada agama yang dianut pasangan. Bicara soal keyakinan, tentu yang namanya keluarga atau orang tua tidak ingin anaknya pindah dari agama yang dianut keluarga besar.

Itulah 8 akibat pacaran beda agama yang bisa terjadi di kemudian hari sehingga jika kamu merasa yakin dengan hubungan bersama pasangan beda agama ini, maka penting juga untuk mempertimbangkan akibat-akibat yang bisa saja terjadi di kemudian hari. Meski cinta tidak pandang bulu dan bisa jatuh pada siapa saja, tapi memilih pasangan yang seiman terlebih untuk dijadikan pasangan seumur hidup tentu lebih baik.

Jika pada akhirnya kamu merasa tidak yakin dengan pacar yang beda agama, beberapa cara memutuskan pacar beda agama yang baik dan cara meninggalkan pacar tanpa menyakiti mungkin bisa kamu coba. Tapi kalau pasangan yang ragu dengan hubungan kalian, tapi kamu justru sangat yakin dan tidak ingin berpisah dengan pasangan, maka cobalah cara meyakinkan pasangan beda agama agar tetap bisa bersama.