Ketahui 10 Cara Mendapatkan Restu Orang Tua untuk Menikah Beda Agama

Cinta bisa membutakan mata dan hati seseorang sehingga perbedaan yang ada satu sama lainnya tidak lagi menjadi penghalang bagi sepasang ke kasih yang hatinya sudah terpaut karena cinta. Bahkan perbedaan agama antara sepasang kekasih terkadang juga tidak mampu menjadi pembatas di antara mereka. Perbedaan keyakinan yang di anut satu sama lain ini sering kali mendapat pertentangan dari pihak keluarga dan orang tua yang jelas akan sangat sulit untuk mendapatkan restu pernikahan dari mereka. Namun sebelum hal ini terjadi kamu juga harus tahu cara memilih pacar yang baik dan benar untuk dijadikan cinta sejati.

ads

Dan memang tidak bisa dipungkiri bahwa perbedaan keyakinan kerap menjadi penyebab hubungan tidak direstui orang tua. Perbedaan keyakinan untuk pasangan yang ingin segera menikah akan menjadi tantangan tersendiri bagi mereka untuk bisa segera mendapat restu dari orang tua. Untuk mengatasi masalah seperti ini kamu bisa melakukan cara-cara dibawah ini untuk mendapatkan restu dari orang tua.

  1. Berbicaralah secara baik-baik dengan orang tua.

Hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan restu orang tua untuk menikah dengan calon pasangan dari agama lain adalah dengan membicarakan semuanya secara baik-baik dengan orang tua. Jangan pula sampai membuat pertegkaran dengan orang tua karena kamu sebagai anak yang berbakti juga harus memahami rasa keberatan orang tua terhadap calon pasangan kamu yang berbeda agama.

  1. Mintalah pengertian orang tua dengan tulus.

Kamu bisa meminta pengertian dari orang tua secara tulus. Berikan alasan yang kemungkinan bisa di terima oleh orang tua kamu dan bisa merestui hubungan kalian dan segera bisa menikah karena terkadang orang tua memiliki kriteria sendiri sebagai cara memilih pendamping hidup untuk anaknya.

  1. Bersabarlah untuk mendapat restu orang tua.

Kamu juga harus bersabar untuk mendapatkan restu dari orang tua karena bagaimanapun juga orang tua pasti akan merasa sangat keberatan jika anaknya harus menikah dengan orang yang beda agama dan keyakinan. Jadi bersabarlah hingga orang tua bisa merestui.

  1. Teruslah berjuang hingga hati orang tua bisa luluh dan menerima perbedaan keyakinan di antara kalian.

Jika kamu bersikeras untuk menikah dengan pasangan kamu yang beda keyakinan ini kamu juga harus terus berjuang untuk mendapatkan restu orang tua. Sebaik-baiknya pernikahan adalah yang direstui oleh orang tua. Maka kamu jangan mudah menyerah untuk meyakinkan orang.

  1. Berikanlah penjelasan dan pemahaman yang bisa dipertimbangkan oleh orang tua.

Berikanlah penjelasan dan pemahaman yang bisa dijadikan pertimbangan oleh orang tua. Seperti pasangan kamu adalah orang yang baik dan pengertian meskipun kalian berbeda agama atau perbedaan keyakinan diantara kalian berdua tidak akan membuat iman kamu tergoyahkan atau penjelasan lainnya yang kemungkinan besar bisa di terim oleh orang tua kamu.

  1. Yakinkan orang tua bahwa kamu bisa menjalankan pernikahan beda agama.

Ungkapkan kepada orang tua kenapa kamu begitu keras dan yakin untuk menikah dengan orang yang beda agama. Bisa jadi dengan melihat keyakinan dan niat kamu yang begitu keras menikah dengan pasangan beda keyakinan bisa meluluhkan hati orang tua kamu sehingga mereka bisa merestui.


  1. Bangun kedekatan antara orang tua dan pasangan kamu.

Seperti yang pepatah bilang “Tak kenal maka tak sayang”. Maka kamu harus berusaha mendekatkan pasangan kamu dengan orang tua. Apapun respon yang diberikan orang tua kamu dan pasangan harus bisa memakluminya. Namun teruslah berusaha untuk membangun kedekatan di antara mereka.

  1. Ajaklah pasangan kamu untuk mengambil hati orang tua.

Buatlah kesepakatan dengan pasangan kamu untuk bersikap baik kepada orang tua mu dan berusaha mengambil hati mereka. Melihat sikap dan santunnya calon pasangan kamu itu, lambat laun bisa saja orang tua kamu hatinya menjadi luluh dan mau merestui hubungan kalian.

  1. Jangan melawan dan membantah orang tua.

Jika orang tua kamu belum bisa merestui janganlah kamu melawan mereka dan menunjukkan sikap yang tidak baik kepada orang tua. Sikap seperti ini bisa membuat orang tua berfikir bahwa kamu menjadi pembangkang karena memiliki pasangan yang berbeda agama. Hal ini jelas akan membuat orang tua kamu mencap buruk pasangan kamu karena telah membuat anaknya menjadi bersikap tidak sopan dan berani melawan pada orang tuanya sendiri dan jelas hal ini akan menjadi penyebab cinta tak direstui.

  1. Tunjukkan sikap yang baik dan positif dari hubungan kalian kepada orang tua.

Tunjukkan perubahan positif dari diri kamu kepada orang tua selama berhubungan dengan pasangan kamu. Misalnya dari sifat yang pemalas menjadi rajin, dari sifat nakal menjadi lebih baik dan perubahan-perubahan lainnya sehingga orang tua kamu bisa melihat hal positif dari hubungan kalian.

Demikianlah cara mendapatkan restu orang tua untuk menikah beda agama yang bisa kamu coba untuk meluluhkan hati orang tua kamu. Namun kamu juga harus berpikir dengan matang sebelum melakukan persiapan pernikahan dengan keyakinan yang berbeda karena bisa menjadi penyebab perceraian suami istri di kemudian hari.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Percintaan