10 Cara Mutusin Pacar Tanpa Sakit Hati Paling Jitu

Memiliki sebuah hubungan, selalu diawali oleh keinginan ingin selalu bersama selamanya. Cara menjaga hubungan dengan pacar agar langgeng dapat dilakukan dengan banyak cara.. Akan tetapi, pada kenyataannya, sebagain dari impian itu, tidak dapat di di rasakan oleh sebagian pasangan. Hal ini karena hubungan mereka harus berakhir sebelum bisa berlanjut kejenjang yang lebih jauh. Membuat keputusan untuk memutuskan pacar bukanlah keputusan yang mudah, terlebih jika hubungan itu telah berjalan lama hingga bertahun- tahun, oleh karena itu, haruslah kamu putus dengan cara mengambil keputusan yang tepat.

ads

Akan tetapi, banyak faktor yang menjadi penyebab putus cinta. Entah karena tidak ada kecocokan, atau tidak ada keharmonisan lagi. Akan tetapi, memutuskan pasangan bukanlah hal yang mudah. Karena memutuskan pacar, sebenarnya kita telah menyakiti mereka. Akan tetapi, jika tidak ada solusi lain selain putus, maka pilihan itu adalah jalan terakhir. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat memutuskan pasangan tanpa sakit hati? Berikut ini cara mutusin pacar tanpa sakit hati, seperti berikut :

1. Pilih Waktu yang Tepat

Saat akan memutuskan pasangan, pastikan kamu telah memilih waktu yang tepat. Jangan disaat pasangan kamu telah bersedih akibat kehilangan kucing kesayangannya, kamu minta putus kepada pasangan kamu. Hal ini sama saja dengan menuang minyak ke dalam bara api. Pilihlah moment dimana pasangan kamu sedang dalam kondisi kuat secara mental, serta kuat secara fisik. Jangan ajak dia putus ketika pasangan kamu sedang flu. Hal ini akan membuat dia semakin sakit. Selain memilih moment yang tepat, kamu juga harus menguatkan hatimu, sehingga kamu akan kuat menerima kemarahan dan ketidak ikhlasan dari pasangan kamu.

2. Jangan Melalui Media Apapun

Jika memutuskan pasanganmu, lakukan dengan penuh penghormatan. Hargailah pasangan kamu yang telah mau membagi waktunya untuk menemani kamu dikala suka maupun duka. Jangan biarkan pasangan kamu tidak dihargai sebagai orang yang pernah mengisi hatimu. Jika ingin memutuskan pasangan kamu, lakukan dengan bertatap muka. Pandanglah wajah pasangan kamu, dan katakan keinginan kamu untuk putus. Jangan pernah memakai media apapun, mulai dari elektronik seperti pesan elektronik maupun surat. Apalagi memakai jasa ojek online sebagai perantara untuk kamu mengungkapkan keinginan untuk putus. Hal itu akan semakin melukai hati pasangan kamu. Jika kamu ingin putus lakukanlah cara putus dengan pacar secara baik baik. Katakanlah putus di depan pasangan kamu, sehingga kamu dapat menatap matanya saat kamu pengatakan putus.

3. Kemukakan Alasan dengan Baik

Gunakan alasan yang baik dan tidak di buat- buat dalam mengatakan keinginan putus. Sehingga pasangan kamu akan mengerti. Jangan sekali- kali memakai alasan yang seolah- olah kamu yang salah seperti “kamu ga salah kog. Semua gara- gara aku”, alasan seperti itu bukanlah alasan yang baik. Bahkan alasan seperti itu tidak akan diterima oleh pasangan kamu. Pilihlah alasan yang masuk akal dan bisa di terima oleh pasangan kamu. Walau itu menyakitkan, akan tetapi jika ia bisa menerimanya, maka kamu dan pasangan dapat putus secara baik- baik.

4. Jangan Mengatakan Ada Orang Lain

Saat ingin putus, jangan sekali- kali mengatakan bahwa ada orang lain yang sudah mengisi hatimu. Setabah dan kuatnya pasangan kamu, dia tidak akan pernah menerima jika tahu bahwa kamu selingkuh dari dia. Menyukai orang lain padahal kamu sudah punya pasangan, sama saja dengan selingkuh, karena walau hanya di dalam hati, tapi itu sudah termasuk tanda tanda orang selingkuh dari pasangannya. Pasanganmu akan sangat sakit hati jika kamu memutuskan dia karena ada oarang lain di hati kamu menggantikan dia. Walau mungkin itu adalah alasan utama kamu memilih pisah, bukan berarti kamu harus jujur mengatakan hal itu. Tidak semua yang diucapkan dengan kejujuran akan berakhir dengan baik. Saat kamu mengatakan ingin pisah karena ada orang lain, kamu sudah menghancurkan hati pasangan kamu yang sudah berusaha untuk selalu setia dengan kamu. 


5. Gunakan Bahasa yang Baik

Jangan memakai bahasa yang kasar, apalagi umpatan saat ingin putus dengan pacar kamu. Gunakanlah bahsa yang baik dan bersahabat, sehingga pasangan kamu dapat menerima semua alasan kamu dengan kepala dingin. Dengan memulai sesuatu memakai bahasa yang baik, maka kamu sudah menghormati pasangan kamu sebagai orang yang pernah mengisi hati kamu. Selain itu, kamu juga dapat memutuskan pasangan kamu dengan cara yang baik- baik, dan lebig manusiawi.

6. Jujurlah Kepada Pasangan

Jujur adalah salah satu cara yang baik untuk memutuskan pasangan. Tapi bukan terlalu jujur, seperti yang di bahas di poin nomer 4. Jujur yang maksud adalah, kamukakan beberapa hal yang tidak kamu sukai dari pasangan kamu. Seperti kamu yang tidak menykai jika terus menerus dilarang melakukan hobi positif yang kamu sukai, atau kamu tidak suka dengan sikapnya yang tidak memperdulikan kamu, dan selalu meminta kamu untuk selalu menemani dia. Hal- hal itu, dpat menjadi bahan koreksi bagi pasangan kamu untuk memperbaiki perilakuknya di hubungan dia selanjutnya.

7. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Jangan pernah menyalahkan dirimu sendiri di depan pasangan kamu, saat kamu ingin putus dari dia. Karena menyalahkan dirimu sendiri, justru akan membuat pasangan kamu merasa semakin bersalah, dan justru menyakiti hatinya. Katakanlah bahwa keputusan ini sudah kamu pikirkan dengan matang, sehingga kamu tidak dapat mengambil pilihan lain selain putus. Jika dia mulai menyalahkan dirinya sendiri, jangan balas dengan mengatakan ini semua salah kamu. Tapi katakan bahwa “tidak ada yang salah dalam hal ini. Hanya saja, kita akan terus saling menyakiti, jika kita tetep ngotot bersama”. Memakai kata- kata yang mendinginkan adalah cara yang lebih baik. 


8. Jangan Memakai Alasan “Kamu Terlalu Baik/ Sempurna Buat Aku”

Memakai alasan pasangan terlalu baik dan sempurna sebagai alasan untuk putus adalah cara yang sangat salah. Terlebih kata- kata tersebut sangat umum digunakan di film maupun sinetron. Memakai kata- kata tersebut, berarti kamu sedang tidak jujur dengan pasangan kamu mengenai alasan sebenarnya dari keputusan putus kamu. Hal itu justru tidak akan bisa diterima pasangan kamu. Bahkan kamu akan semakin menyakiti hatinya. Jauhklan kalimat tersebut saat kamu ingin putus dengan pasangan kamu.

9. Minta Maaf Dengan Tulus

Selama kamu menjalin hubungan dengan pasangan kamu, wajar jika kamu melakukan kesalahan dan pernah menyakitinya. Minta maaflah dengan tulus, sehingga pasangan kamu dapat menerima semua keputusan yang kamu buat. Minta maaf dengan tulus, juga dapat membuat perpisahan menjadi sesuatu yang baik.

10. Tetap Mengajak Berteman

Saat kamu memutuskan untuk putus, ajaklah dia untuk tetap berteman. Bagi sebagian orang, putus akan membuat dia enggan berhubungan dengan kamu. Maka biarkanlah dia jika dia tidakmau berteman dengan kamu. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, maka dia akan memaafkanmu dan mau berteman dengan kamu.

Itulah tadi, 10 tips cara memutuskan pasangan kamu agar tidak sakit hati. Akan tetapi perlu di garis bawahi, bahwa selembut apapun ucapan dan cara kamu putus dari pasangan kamu, hal itu tetap akan menyakiti hati pasangan kamu. Hanya saja tips di atas untuk mengurangi rasa sakit pasangan kamu, sehingga kamu bisa putus baik- baik dengan pasangan kamu. Walau begitu, sebaiknya pikirkan kembali sebelum memutuskan untuk putus. karena ada solusi lain seperti dengan cara memperbaiki hubungan yang hampir hancur diambang putus. Semoga artikel ini bermanfaat.

, ,