16 Persiapan Pernikahan yang Matang

Apakah Anda sedang mempersiapkan pernikahan? Pernikahan menjadi salah satu langkah yang sangat spesial bagi semua orang. Menikah tidak hanya menyatukan antara pria dan wanita tapi juga menyatukan dua keluarga yang berbeda. Terkadang perbedaan karakter ini menyebabkan tekanan sebelum pernikahan. Tekanan kecil bisa menjadi hal yang besar dan menyebabkan persiapan pernikahan menjadi rumit. Persiapan pernikahan membutuhkan waktu yang lebih panjang. Pernikahan bukan hanya tentang pesta namun juga kenangan. Untuk menyiapkan kenangan yang indah sepanjang perjalanan kehidupan Anda, maka Anda bisa mencoba melakukan persiapan pernikahan dengan cara yang paling bijak.

ads

Berikut ini adalah beberapa persiapan pernikahan yang bisa Anda lakukan bersama dengan pasangan.

  1. Pertemuan Kedua Keluarga

Sebelum pernikahan ada beberapa karakter pasangan yang berbeda. Beberapa pasangan memulai dengan pacaran atau masa perkenalan selama beberapa waktu. Beberapa pasangan juga bisa saja tidak memerlukan masa pacaran dan hanya perkenalan yang sangat meyakinkan. Apapun tahap pertemuan dengan calon pasangan Anda,maka pertemukan kedua keluarga sangat penting. Pertemuan kedua keluarga bisa dilakukan dalam beberapa tahap seperti : pertunangan, penentuan tanggal pernikahan dan kesepakatan antara kedua keluarga. Dalam pertemuan ini ada beberapa hasil penting seperti:

  • Tanggal pernikahan yang disepakati kedua keluarga.
  • Kedekatan kedua keluarga yang memudahkan rencana selanjutnya.
  • Rencana pernikahan yang diiinginkan keluarga.
  1. Konsep Pernikahan

Setelah mendapatkan waktu yang tepat maka hal selanjutnya adalah memilih konsep pernikahan. Pembicaraan mengenai konsep pernikahan awal sebaiknya dilakukan berdua saja oleh calon pengantin. Hal ini bertujuan untuk memilih konsep awal dan menghindari pertentangan kecil yang membuat persiapan pernikahan menjadi lebih sulit. Beberapa pertimbangan untuk konsep pernikahan adalah seperti:

  • Keyakinan pasangan calon pengantin dan keluarga.
  • Kebudayaan yang dimiliki oleh calon pengatin ( mengingat ada banyak budaya di Indonesia)
  • Keinginan calon pengantin sesuai dengan impian.
  • Faktor lain seperti pekerjaan, profesi, hobi, dan lain-lain.

Beberapa konsep yang sangat umum di Indonesia seperti pernikahan adat, pernikahan sakral sesuai agama, pernikahan internasional, pernikahan dengan konsep kebun, alam, gunung atau pantai. Setelah kedua pasangan menentukan konsep yang diinginkan maka pembicaraan dengan keluarga sangat diperlukan. Keluarga bisa mendukung konsep pernikahan sehingga semua berjalan lancar.

  1. Mengatur Persiapan Pernikahan

Setelah Anda melakukan langkah 1 dan 2 maka lakukan cara untuk mengatur persiapan pernikahan. Beberapa cara untuk mengatur persiapan pernikahan ini dilakukan dengan beberapa pertimbangan, seperti:

  •  Waktu yang dimiliki untuk mempersiapkan pernikahan
  • Apakah menggunakan jasa event organizer atau tidak?
  • Berapa jumlah tamu yang akan diundang?
  •  Berapa jumlah biaya yang diperlukan?
  • Dimana tempat pernikahan? (gedung, rumah pribadi, taman, pantai, hotel dan tempat lain)
  • Persiapan tambahan yang sangat inti ( undangan, dekorasi, dan lain-lain)
  1. Menentukan Waktu Pernikahan

Menentukan waktu pernikahan juga sangat penting untuk dilakukan. Calon pengantin wanita dan pria beserta keluarga bisa memilih hari atau tanggal yang spesial. Usahakan untuk memilih waktu pernikahan yang juga nyaman untuk undangan, misalnya hari Sabtu atau Minggu. Hindari memilih hari pernikahan pada saat waktu kerja karena kemungkinan tidak semua undangan akan bisa datang.

  1. Pembicaraan Biaya untuk Pernikahan

Jika Anda telah lama menjalin hubungan, maka mungkin Anda sudah memiliki tabungan untuk rencana pernikahan yang diinginkan. Jika Anda belum mempersiapkan dana maka bisa disesuaikan dengan rencana pernikahan. Biasanya budaya di Indonesia mengadakan acara pernikahan di kedua tempat yaitu di tempat mempelai wanita dan pria. Perayaan di tempat wanita biasanya identik lebih besar atau sesuai dengan kondisi keluarga. untuk mengadakan acara ini maka lakukan pembicaraan keuangan secara terbuka. Apakah biaya akan sepenuhnya ditanggung oleh keluarga mempelai wanita, atau pihak mempelai pria juga ikut bertanggungjawab? Pembicaraan ini sangat sensitif sehingga harus dilakukan dengan cara yang bijak. Ingat, untuk tidak terlalu banyak menghamburkan dana saat pesta pernikahan, karena kebutuhan rumah tangga Anda juga akan sangat besar setelah pernikahan.

  1. Pilih Tempat Pernikahan

Pernikahan memang harus menjadi kenangan yang sangat indah untuk semua pasangan. Untuk itu tempat pernikahan harus dipilih sejak awal. Apakah Anda ingin menikah di rumah pribadi atau rumah orang tua? Tempat lain juga bisa Anda pilih seperti hotel, gedung pernikahan, pantai, taman, rumah ibadah atau tempat lainnya. Pemilihan tempat pernikahan harus sesuai dengan konsep pernikahan dan anggaran yang disiapkan. Jika tempat pernikahan harus menyewa maka pastikan untuk menghubungi pemilik atau pengelola gedung jauh-jauh hari.

  1. Pakaian Pernikahan

Pakaian yang akan dikenakan selama pernikahan juga harus menjadi bagian dari persiapan pernikahan. Ada banyak jenis pakaian yang bisa Anda pilih, namun harus tetap sesuai dengan konsep pernikahan. Anda bisa memilih pakaian seperti sesuai dengan latar belakang adat budaya keluarga. Anda juga bisa memilih konsep pernikahan yang lebih umum seperti nasional atau internasional. Anda juga bisa memilih pakaian yang unik sesuai dengan profesi, kesukaan dan hal-hal unik lainnya. Perhatikan juga untuk memilih pakaian untuk orang tua dan keluarga terdekat.

  1. Cincin Pernikahan dan Perhiasan

Salah satu hal yang paling identik dengan pernikahan adalah cincin pernikahan yang biasanya disiapkan oleh mempelai pria. Cincin pernikahan bisa menjadi hal yang sangat indah untuk pengantin perempuan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih cincin pernikahan, misalnya:

  • Jika Anda ingin memberikan kejutan, maka jangan memberi tahu bentuk cincin pernikahan hingga saat acara pernikahan. Anda bisa mencari ukuran jari calon pasangan dengan meminjam cincin yang dipakai. Anda juga harus mengetahui jenis cincin seperti apa yang diinginkan oleh calon istri Anda.
  • Jika Anda bijak ingin memberikan cincin pernikahan yang sesuai maka bisa berbicara dengan calon istri. Kedua mempelai bisa datang berdua ke toko perhiasan.
  • Cincin pernikahan memang sangat penting, tapi memberikan perhiasan lain juga bisa menjadi ide yang menarik. Namun cara ini bisa disesuaikan dengan adat yang diikuti.
  • Material cincin pernikahan biasanya seperti emas, emas putih atau perak. Hiasan seperti berlian, permata atau batu imitasi bisa menjadi pilihan yang sangat umum.
  1. Undangan

Salah satu cara untuk memberikan kabar gembira ke semua orang mengenai pernikahan Anda adalah dengan undangan. Para tamu undangan bisa merasakan kebahagiaan jika mereka menerima undangan dari Anda dan pasangan. Untuk menentukan undangan maka ada beberapa poin yang harus dipertimbangkan yaitu:

  • Jumlah undangan dari mempelai wanita.
  • Jumlah undangan dari mempelai pria.
  • Jenis undangan yang akan digunakan. Sebaiknya sesuaikan dengan konsep pernikahan yang sudah direncanakan.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan hal penting dalam undangan seperti : nama penerima undangan, nama calon pengantin, nama keluarga pengantin seperti bapak dan ibu, tanggal pernikahan, tempat pernikahan, kostum para tamu undangan (jika diperlukan), dan hal mengenai menerima hadiah dari tamu undangan atau tidak.
  1. Makanan atau Katering

Makanan dalam acara pernikahan sangat penting untuk dipertimbangan. Makanan memberi penilaian kepada tamu Anda. Para tamu undangan biasanya akan merasa bahagia dengan hidangan pernikahan karena ini menjadi ciri khas. Jenis makanan yang akan dihidangkan harus sesuai dengan konsep pernikahan. Beberapa konsep yang sangat umum misalnya ketika tamu bisa memilih dan mengambil sendiri makanan yang dihidangkan. Anda bisa mencoba mempertimbangan bagaimana persiapan makanan seperti dengan menggunakan jasa katering. Jika Anda ingin menggunakan jasa katering maka lakukan beberapa cara dibawah ini:

  • Pilih katering yang sudah berpengalaman dengan acara pernikahan.
  • Memilih jenis menu makanan berdasarkan paket atau pilihan lain yang umum.
  • Memilih paket makanan sesuai dengan anggaran yang sudah ditentukan.
  • Jangan lupa untuk mempersiapkan makanan lebih dari jumlah tamu undangan untuk mencegah kehabisan makanan.
  1. Dekorasi

Dekorasi juga menjadi bagian yang penting dalam persiapan pernikahan. Dekorasi tempat pernikahan harus dilakukan sesuai dengan konsep pernikahan yang sudah direncanakan. Beberapa dekorasi yang umum seperti dekorasi sesuai dengan adat budaya, dekorasi sesuai dengan konsep pernikahan yang sederhana, mewah, klasik atau unik. Beberapa poin yang dipertimbangan dalam dekorasi misalnya seperti:

  • Warna tenda.
  • Warna dinding ruangan
  • Konsep lampu
  • Bunga
  • Taman buatan
  1. Hiburan

Salah satu cara untuk membuat para tamu undangan ikut berbahagia dengan acara pernikahan adalah memberikan hiburan yang menarik. Hiburan dalam acara pernikahan biasanya dimulai setelah acara sakral pernikahan. Ketika tamu undangan menikmati hidangan atau berbincang bersama tamu lain maka bisa menikmati undangan. Beberapa hiburan yang menarik dan sangat umum adalah musik. Jenis musik bisa disesuaikan dengan konsep pernikahan sesuai pilihan pengantin dan keluarga. Para tamu undangan juga bisa terlibat dalam acara hiburan ini.

  1. Suvenir untuk Tamu

Salah satu ciri khas dalam acara pernikahan adalah ketika tamu undangan menerima suvenir pernikahan sebagai bentuk ucapan terima kasih dari mempelai dan keluarga. Mempelai dan keluarga bisa memilih jenis suvenir pernikahan sesuai dengan anggaran yang sudah disiapkan. Biasanya suvenir pernikahan tidak harus mahal tapi juga jangan sampai sangat murah. Hal terpenting adalah suvenir ini bisa menjadi kenang-kenangan atau digunakan oleh penerima. Anda bisa memilih jenis suvenir karena biasanya pembuatan suvenir membutuhkan waktu yang lebih lama. Perhatikan untuk memberikan detail penting seperti ucapan terima kasih dari mempelai pengantin. Biasanya ditulis dalam kertas kecil.

  1. Foto

Foto pernikahan menjadi bagian kenang-kenangan yang tidak akan pernah terlupakan seumur hidup. Foto pernikahan biasanya dipajang di dinding rumah untuk mengingatkan masa indah dalam hidup Anda. Untuk mendapatkan foto kenangan terbaik maka calon pengantin bisa memilih fotografer atau jasa foto yang sudah berpengalaman. Biasanya mereka menyediakan paket yang sudah termasuk dengan foto prewedding, foto selama acara sakral, foto pernikahan, foto keluarga dan foto bersama dengan undangan, foto bersama teman dan berbagain foto menarik lain. Pastikan Anda melihat hasil karya jasa foto yang Anda pilih.

  1. Rencana Bulan Madu

Apakah Anda merencakan untuk pergi bulan madu? Mungkin tidak semua calon pengantin mempersiapkan hal ini. Namun persiapan bulan madu akan masuk dalam rangkaikan persiapan pernikahan. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah biaya yang dibutuhkan dan bagaimana pasangan pengantin akan menikmati bulan madu. Pertimbangkan untuk menentukan waktu terbaik untuk bulan madu, tujuan yang diinginkan, berapa lama akan melakukan bulan madu dan akomodasi selama bulan madu. Semua rencana ini harus dipertimbangkan jauh-jauh hari bersama persiapan lainnya.

  1. Mengajukan Ijin Kerja

Hal terakhir yang sangat penting agar acara pernikahan berjalan lancar adalah menentukan ijin kerja selama waktu pernikahan. Jika Anda bekerja untuk perusahaan atau dinas tertentu maka pastikan mengajukan ijin kerja atau cuti jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan. Biasanya perusahaan atau dinas akan memberikan ijin khusus untuk acara pernikahan. Jangan sampai Anda tidak merencanakan hal ini sehingga menganggu hari pernikahan.

Membuat acara pernikahan memang akan membuat calon pengantin merasa tertekan dan stres. Salah satu harapan yang paling besar adalah agar acara tersebut berjalan lancar dan sempurna. Berikut ini tips supaya pernikahan berjalan lancar.

  1. Selalu mengatur persiapan pernikahan sesuai dengan anggaran. Jika Anda memiliki angggaran yang besar maka akan lebih mudah untuk melakukan semua rencana sesuai keinginan. Namun jika Anda memiliki angggaran yang terbatas, maka ingat untuk memilih acara pernikahan yang sederhana, sesuai anggaran dan berkesan.
  2. Usahakan untuk membuat rencana berdasarkan waktu yang tersedia sesuai dengan pembicaraan keluarga atau calon pengantin. Anda harus menyiapkan semua hal berdasarkan urutan dan waktu yang dibutuhkan.
  3. Usahakan untuk selalu memilih detail pernikahan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa detail yang harus dipikirkan misal, baju pernikahan, baju untuk keluarga, katering, undangan, hiburan dan suvenir.
  4. Pilih konsep pernikahan sesuai dengan anggaran dan impian pasangan. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan pendapat keluarga. Ingat bahwa pernikahan tidak hanya untuk pengantin tapi juga kedua keluarga dan semua tamu undangan.
  5. Usahakan untuk selalu mencegah masalah sebelum terjadi. Misalnya ketika Anda memilih jasa fotografer maka usahakan untuk memiliki beberapa pilihan sebelum ditetapkan. Hal ini juga berlaku untuk berbagai detail lain.

Tips Memilih Wedding Organizer untuk Pernikahan Anda

Jika Anda dan pasangan tidak memiliki banyak waktu untuk membuat rencana pernikahan sendiri, maka sekarang Anda bisa menggunakan jasa perencana pernikahan. Jasa ini akan bekerja sesuai dengan keinginan klien dan juga memberikan pendapat sesuai dengan pengalaman mereka. Agar tidak salah memilih jasa perencana pernikahan, ikuti beberapa tips dibawah ini:

  1. Usahakan untuk selalu melihat pengalaman yang dimiliki oleh perencana pernikahan. Mereka biasanya membuat katalog yang berisi informasi lengkap. Anda juga bisa melihat hasil pernikahan klien-klien lain dari foto atau video. Jika Anda mendapatkan rekomendasi dari teman atau keluarga maka bisa menjadi pilihan yang baik. Lihat bagaimana perencana pernikahan tersebut bekerja dan membuat acara pernikahan yang lancar.
  2. Anda juga bisa memilih jasa perencana pernikahan berdasarkan rekomendasi dari teman atau keluarga. Anda bisa melihat bagaimana hasil dari acara milik teman. Dengan cara ini maka Anda bisa memiliki keyakinan yang kuat untuk memilih jasa tersebut.
  3. Usahakan untuk memilih jasa perencana pernikahan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Setelah itu jangan lupa untuk mengatakan kepada jasa tersebut jumlah anggaran yang dimiliki untuk acara pernikahan tersebut. Dengan cara ini maka jasa pernikahan bisa membuat konsep pernikahan yang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.
  4. Berikan gambaran kepada perencana pernikahan mengenai konsep dan tema pernikahan yang Anda inginkan. Dengan cara ini maka Anda bisa mengetahui apakah perencana pernikahan yang Anda pilih bisa melaksanakan ide tersebut atau tidak. Bahkan cara ini bisa membuat Anda menerima ide-ide lain yang menarik.
  5. Usahakan untuk selalu melakukan sesi konsultasi dengan perencana pernikahan. Konsultasi akan membuat perencana pernikahan mengetahui karakter calon pengantin dan memastikan semua rencana berjalan dengan baik.
  6. Biaya sewa jasa pernikahan. Biaya menjadi hal penting untuk memilih jasa pernikahan yang sesuai dengan anggaran. Anda harus menentukan dengan cara yang bijak sehingga anggaran pernikahan bisa dipakai sesuai rencana.
  7. Kontrak hubungan dengan perencana pernikahan harus jelas sejak awal. Dalam sebuah kontrak akan terdapat hal-hal yang detail mengenai biaya, waktu pembayaran dan hal-hal lain. Cara ini menjadi ikatan yang sah antara calon pengantin dan jasa perencana pernikahan.
  8. Usahakan untuk selalu berbicara dengan keluarga mengenai jasa pernikahan yang dipilih. Cara ini akan membuat hubungan dengan keluarga tetap lancar meskipun Anda sedang mempersiapkan pernikahan.

Tips untuk Calon Pengantin Wanita

  1. Persiapan mental untuk menjadi seorang istri sebenarnya lebih besar dibandingkan dengan persiapan pernikahan itu sendiri. Hal pertama yang harus dipikirkan adalah bahwa Anda akan menjadi istri dan memiliki kewajiban lebih banyak dibandingkan saat masih lajang.
  2. Jika Anda akan menjadi istri maka pertimbangkan untuk memiliki berbagai kemampuan. Anda bisa mulai belajar untuk memasak, memilih dekorasi rumah, mengatur keuangan dan membuat keputusan berdasarkan keinginan bersama dengan calon suami.
  3. Persiapan fisik menjelang pernikahan juga sangat penting. Persiapan fisik bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan, menjaga pola makan, melakukan diet jika memiliki berat badan berlebihan, dan melakukan olahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran.
  4. Untuk menjaga penampilan sebelum acara pernikahan maka melakukan perawatan kulit dan kecantikan juga sangat diperlukan.
  5. Usahakan untuk menjaga kesehatan, termasuk mulai melihat beberapa rencana kesehatan berkaitan dengan sistem reproduksi. Cara ini bisa dilakukan dengan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh di rumah sakit. Biasanya rumah sakit menyediakan paket pemeriksaan untuk calon pengantin. Hal ini berlaku untuk pengantin wanita dan pria.
  6. Bersiaplah untuk menerima pasangan dan keluarga seperti ketika Anda menerima orang yang paling dekat dengan Anda. Dengan cara ini maka bisa meningkatkan hubungan keluarga dengan keluarga calon suami.

Tips untuk Calon Pengantin Pria

  1. Laki-laki harus bersiap untuk menjadi pemimpin keluarga sebelum benar-benar melakukan acara pernikahan. Laki-laki memiliki beberapa kewajiban yang besar dalam rumah tangga seperti menjadi pemimpin keluarga, bertanggung jawab terhadap keuangan keluarga, menjadi pengambil keputusan dan harus menjadi suami yang baik untuk istri.
  2. Laki-laki harus bisa mendukung ide-ide dalam acara pernikahan, mencoba untuk mengatasi masalah bersama pasangan selama mempersiapkan pernikahan.
  3. Calon suami juga harus menjaga kesehatan dan kebugaran sebelum acara pernikahan. Caranya dilakukan dengan olahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat dan mendapatkan istirahat yang cukup.
  4. Sebagai calon suami maka Anda memiliki kewajiban untuk memberikan cincin pernikahan. Bahkan jika perlu Anda bisa memberikan perhiasan lain sebagai bentuk bahwa itu tanda kenangan pernikahan Anda. Anda bisa mencari perhiasan tersebut bersama pasangan atau sendiri jika akan memberikan perhiasan tersebut sebagai kejuatan pernikahan.
  5. Persiapan mental bagi pegantin pria juga sangat diperlukan. Biasanya banyak pengantin pria yang merasa lebih gugup dibandingkan dengan pengantin wanita. Persiapan mental diperlukan untuk menghadapi keluarga calon istri, masuk ke dalam lingkungan keluarga dan mengucapkan janji pernikahan.
  6. Pria biasanya akan lebih sulit memahami calon istri saat menghadapi acara pernikahan. Sedangkan calon istri biasanya memiliki keinginan yang lebih lengkap. Untuk mengatasi hal ini maka usahakan untuk selalu mengambil keputusan dengan sangat bijak.
  7. Selalu usahakan untuk menunjukkan tanggungjawab menjelang pernikahan hingga setelah menjadi suami. Suami memiliki tanggung jawab khusus yang sangat penting untuk menjalankan rumah tangga. Karena itu pertimbangan untuk selalu mengambil keputusan dengan cara yang lebih bijak.

Jika dilihat memang ada banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang pernikahan. Karena itu banyak calon pengantin yang merasa tertekan lalu sakit. Untuk menghindari semua masalah tersebut maka usahakan melakukan semua persiapan dengan detail. Hindari mempersiapkan pernikahan yang rumit jika memiliki waktu yang terbatas.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pernikahan